Strategi Memanfaatkan Momen Liburan untuk Menarik Sales

Trik Meningkatkan Angka Penjualan saat Liburan
Dunia marketing memang sangat identik dengan pemanfaatan momen. Setiap ada momen tertentu, pasti selalu bisa dimanfaatkan untuk menarik sales. Jadi, bagi Anda yang memiliki bisnis saat ini segera persiapkan diri. Lebih baik persiapkan website bisnis sedini mungkin supaya strategi ini bisa berjalan lancar. Siapkan nama domain.co.id murah yang bagus dan cari layanan hosting yang stabil sebagai pendukung.

Mengapa Momen Liburan?

Bacaan Lainnya

Dari sekian banyak momen yang ada, kali ini kita akan membahas pemanfaatan momen liburan untuk menarik sales. Kira-kira mengapa harus di momen liburan? Berikut adalah beberapa alasan yang mendukung momen liburan sebagai waktu terbaik meningkatkan angka penjualan:

  • Minat Belanja Tinggi

Biasanya di momen liburan, seseorang akan memiliki minat belanja yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ini merupakan sebuah momen istimewa yang tidak biasa sehingga seseorang cenderung bisa memikirkan kegiatan belanja. Tidak seperti hari-hari biasa yang pikirannya disibukkan oleh pekerjaan. Secara otomatis, minat belanja pun jadi lebih tinggi dari biasanya.

Baca juga: Optimalkan Marketing Melalui Channel Live Event!

Ketika melihat iklan atau promosi di waktu liburan, orang cenderung akan memanfaatkan promosi tersebut. Mereka akan dengan mudah melakukan klik pada iklan dan mungkin akan membeli barang yang diiklankan tadi. 

Hal ini disebabkan oleh pikiran seseorang yang sedang santai selama berlibur sehingga cenderung mudah untuk disuruh berbelanja.

  • Waktu Luang Banyak

Di saat liburan, secara otomatis seseorang memiliki waktu luang yang lebih banyak dari biasanya. Waktu luang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk melihat berbagai jenis barang atau jasa yang ditawarkan oleh orang lain. 

Perhatikan saja, saat berlibur ada berapa banyak waktu yang dihabiskan seseorang untuk memeriksa media sosial. Ini bisa jadi sebuah peluang yang sangat menggiurkan.

Pasang iklan di media sosial dan gunakan untuk menarik perhatian banyak orang. Di waktu liburan, biasanya mereka punya banyak waktu memeriksa media sosial. Secara otomatis ada banyak waktu juga untuk melihat iklan-iklan promosi di sana. 

Kondisi ini sudah pasti bisa meningkatkan peluang mereka untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Ingin Memanjakan Diri

Di saat liburan, orang-orang biasanya memiliki kecenderungan ingin memanjakan diri sendiri. Tak heran jika mereka memiliki keinginan berbelanja yang cukup tinggi. Kondisi ini pun bisa dimanfaatkan oleh para digital marketer. 

Langsung saja pasang iklan-iklan menarik dan tawarkan harga promo selama masa liburan. Ini bisa mendukung para konsumen untuk langsung datang dan melakukan transaksi.

Dari tiga alasan ini, jelas sekali bahwa masa-masa liburan memang membuka peluang tinggi bagi Anda untuk meningkatkan angka penjualan. Langkah pertama yang bisa dilakukan sekarang adalah beli domain.co.id murah namun stabil untuk bisnis yang dijalankan. Setelah itu rencanakan bentuk promosi seperti apa yang ingin ditampilkan kepada target konsumen. 

Strategi yang Bisa Dijalankan

Dalam satu tahun, ada beberapa momen liburan yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak angka penjualan. Jika sudah tahu kapan waktunya, maka langsung saja terapkan strategi untuk melancarkan misi ini. 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan terkait pemanfaatan masa liburan untuk menarik sales atau penjualan:

  • Tentukan Target Audiens

Tentu tidak semua orang akan menjadi audiens dari iklan yang akan Anda buat, bukan? Tidak semua orang juga menjadi target konsumen dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Agar strategi marketing ini berjalan secara efektif maka perlu dipersempit mana kelompok orang yang akan dijadikan target audiens. Pilih dulu siapa saja kelompok orang yang akan menjadi audiens dalam langkah marketing ini.

Baca juga: Pengertian dan Tujuan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Itulah mengapa sangat penting bagi para pelaku usaha untuk menentukan target konsumen saat memulai bisnis. Perlu diidentifikasi siapa saja orang yang akan menjadi target pasar dari bisnis tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada langkah marketing sekaligus platform yang digunakan.

  • Kumpulkan Data Audiens

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan data audiens terlebih dahulu. Jika sudah ada siapa saja kelompok target audiens maka kumpulkan data mereka. 

Salah satu caranya adalah dengan membuat kolom data di laman website bisnis Anda. Pengumpulan data ini penting untuk dilakukan jauh-jauh hari, agar bisa dimanfaatkan di waktu yang tepat.

Anda bisa membuat kolom data di laman website bisnis bagi pengunjung yang datang. Data yang dibutuhkan tidaklah banyak, cukup nama, domisili, akun media sosial, serta alamat email. Informasi ini sudah lebih dari cukup untuk dimanfaatkan sebagai strategi marketing bisnis Anda.

Baca juga: Masalah yang Sering Ditemui Jika menggunakan Absensi Karyawan Manual

Itulah mengapa penting untuk memiliki website bisnis sendiri. Website ini bisa menjadi sarana untuk mengumpulkan data-data dari target audiens bisnis Anda. Langsung saja beli domain yang berkualitas agar bisnis Anda punya laman website yang bisa dimanfaatkan.  

  • Susun Konsep Campaign yang Tepat

Apabila Anda ingin memanfaatkan momen tertentu untuk menarik sales, maka penting sekali mempersiapkan materi yang tepat. Salah satu cara menarik angka penjualan adalah dengan mengadakan suatu campaign tertentu. Promosikan bisnis Anda dengan cara yang tepat dan menarik agar bisa diminati oleh banyak orang. 

Susunlah konsep campaign yang tepat dan sekiranya bisa menarik perhatian. Kira-kira jenis promosi seperti apa yang ingin dibagikan kepada target audiens. Hal ini harus dipikirkan matang-matang agar strategi marketing tersebut bisa memberikan hasil yang efektif. 

Cobalah cari referensi campaign digital marketing dari beragam jenis bisnis yang ada di media sosial sebagai inspirasi. 

  • Gunakan Berbagai Platform

Zaman sekarang ini menarik sales lebih mudah karena ada banyak platform yang tersedia. Teknologi sudah semakin canggih dan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Selain menggunakan website bisnis, manfaatkan juga media sosial untuk meningkatkan angka penjualan di masa liburan. Unggah campaign marketing Anda di media sosial dan jaring lebih banyak target audiens.

Baca juga: Contoh Penulisan Daftar Referensi dalam Tugas Anda

Selain media sosial, manfaatkan juga strategi email marketing untuk meningkatkan sales selama masa liburan. Kirimkan email marketing kepada target audiens dan bagikan informasi campaign yang Anda jalankan. 

Itulah mengapa penting untuk mengumpulkan data email target audiens agar strategi marketing seperti ini bisa dijalankan dengan lancar.

  • Lakukan Evaluasi

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setiap kali melakukan strategi marketing apapun. Setiap kali ada momen liburan dan Anda menjalankan strategi marketing tertentu, langsung lakukan pemantauan hasil. Seperti apa angka penjualan setelah dilakukan strategi tersebut. Pantau berapa banyak peningkatan sales yang terjadi di momen liburan tadi.

Hasil evaluasi ini bisa menjadi acuan untuk melakukan langkah berikutnya. Jika memang strategi yang digunakan tepat dan bisa menarik sales di masa liburan, maka lakukan lagi langkah yang sama. 

Jika belum bisa memberikan hasil yang memuaskan, maka cari tahu dimana salahnya. Cobalah untuk mengubah langkah marketing agar hasil penjualan tetap bisa meningkat.

Baca juga: Teknik untuk Pembelajaran Online

Itulah pembahasan singkat mengenai pemanfaatan momen liburan untuk menarik sales. Langsung saja persiapkan langkah-langkah marketing Anda sekarang juga. Buat website bisnis pribadi dan siapkan nama domain murah yang tepat. Kelola media sosial dengan baik dan rencanakan program campaign marketing dari sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.