Manfaat Susu untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Susu tidak hanya dibutuhkan anak-anak saja, ibu hamil dan menyusui juga memerlukannya. Manfaat susu untuk ibu hamil dan menyusui ada banyak. Dari susu tersebut sang ibu akan mendapatkan banyak zat gizi dari susu.

Segudang Manfaat Susu untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bacaan Lainnya

Saat hamil, ibu membutuhkan asupan gizi untuk tubuhnya dan janinnya. Sementara saat proses menyusui, akan memerlukan konsumsi makanan dan minuman yang penuh gizi untuk membantu memperlancar produksi Air Susu Ibu atau ASI.

Asupan gizi akan mempengaruhi jumlah ASI. Untuk itu, manfaat susu untuk ibu menyusui dan hamil sangat penting menambahkannya sebagai asupan gizi.

 

Nutrisi ibu hamil dan menyusui sangat berbeda. Selain memerlukan asupan gizi seperti susu, harus mengkonsumsi banyak sayur dan buah. Kemudian makanan dengan sumber kalori rendah lemak, kaya protein, vitamin, mineral, dan serat.

Hal terpenting lainnya adalah banyak minum air putih, hindari stres, dan istirahat cukup. Manfaat susu ibu hamil dan menyusui sangat baik untuk tubuh. Salah satunya susu Anmum diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui.

Mengandung Zat Gizi Penting

Susu banyak mengandung zat gizi penting seperti vitamin D, asam folat, mineral, dan protein. Sehingga akan membantu tumbuh kembang janin. Untuk kebutuhan gizi ibu hamil, janin, bahkan ibu menyusui sebaiknya minum susu secara rutin.

Menjaga Kesehatan Bayi

Manfaat susu bila mengkonsumsi secara rutin selama masa kehamilan dapat menambah berat badan bayi. Kemudian bayi akan lahir dengan berat badan bayi yang memenuhi standar minimal. Agar bayi lebih sehat, sebaiknya minum susu 250 ml per hari.

Bayi lahir cenderung mempunyai kekebalan tubuh yang lebih kuat dan kadar insulin dalam darah tinggi. Dengan demikian, risiko bayi terkena diabetes tipe II lebih rendah ketika dewasa kelak.

Meningkatkan Kualitas Air Ketuban

Salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan adalah air ketuban. Karena jika air ketuban sampai keruh, menandakan terdapat bakteri. Untuk meningkatkan kualitas air ketuban, dapat minum susu ibu hamil.

Selain itu, manfaat susu lainnya adalah mampu memperbaiki plasenta sebagai jalan makanan yang menghubungkan nutrisi antara ibu dan janin. Kandungan susu ibu hamil akan memberikan protein cukup yang dibutuhkan placenta.

Memperlancar ASI dan Mengurangi Risiko Anemia

Susu khusus ibu hamil dapat dirasakan manfaatnya setelah melahirkan buah hati. Karena dapat memperlancar ASI, apalagi bila meneruskan dengan meminum susu ibu menyusui. Apabila produksi ASI lancar, tentunya bayi akan tumbuh kembang dengan normal dan sehat.

Kurangnya pasokan dari ke tubuh membuat banyak ibu hamil mengalami anemia. Gejalanya adalah ibu merasa pusing dan mudah lelah. Dengan demikian, dibutuhkan asupan zat besi dengan mengkonsumsi susu secara rutin.

Kandungan Susu Ibu Hamil dan Menyusui

Susu hamil dan menyusui mempunyai banyak kandungan nutrisi berupa kalsium. Kandungan kalsium pada susu akan membantu mempertahankan dan menjaga kepadatan tulang. Kemudian dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Susu menjadi sumber kalsium terbaik, karena ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi kalsium 1.300 miligram per hari.

Kemudian asam folat sangat bermanfaat pada masa sebelum, ketika hamil dan saat menyusui. Kualitas ASI akan membaik jika kebutuhan akan asam folat dapat terpenuhi. Janin sangat membutuhkan protein  untuk perkembangan sistem saraf.  Sedangkan manfaat susu sebagai sumber zat besi yang dibutuhkan janin untuk perkembangan tulang.

Kebutuhan vitamin B pada ibu menyusui sangat diperlukan untuk pembentukan energi. Sehingga mampu memproduksi ASI untuk menunjang kebutuhan energi selama masa menyusui berlangsung.

Selain itu, kandungan DHA dan Gangliosida atau GA akan mengoptimalkan perkembangan otak anak. Jumlah DHA dan GA tinggi serta nutrisi yang komplit akan membuat anak menjadi cerdas.

DHA dan GA menjadi komponen vital untuk buah hati mulai dari kandungan hingga masa kanak-kanak. Perannya untuk membentuk koneksi antara sel saraf otak. Proses pembelajaran anak juga akan lebih baik, anak dapat merespon dan menangkap dengan cepat.

Manfaat susu bagi beberapa ibu hamil dapat meringankan heartburn atau sakit perut. Selain itu, keluhan lambung lainnya juga dapat teratasi dengan mengkonsumsi susu secara rutin. Lebih menguntungkannya lagi, ibu hamil akan terhindar dari dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.