Cara Membuat Toko Online Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Toko Online dan Tips Menjalankannya

Penawaran hosting VPS murah saat ini telah membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin membuat toko online. Di lain sisi, kemudahan pembuatan toko online pada suatu penyedia hosting juga semakin lebih mudah untuk diaplikasikan. Berencana untuk membuat toko online sendiri? Simak artikel ini hingga selesai.

Bacaan Lainnya

Persiapan Sebelum Membuat Online Store

Sebelum kami jelaskan cara-cara membuat website, alangkah baiknya kami jelaskan apa saja persiapan sebelum membuatnya. Tanpa berlama-lama, berikut kami jelaskan apa saja persiapannya:

  1. Mempersiapkan Apa yang Akan Anda Jual

Sebaiknya persiapkan terlebih dahulu apa yang akan Anda jual sebelum membuat toko online. Tujuannya agar setelah website selesai dibuat, Anda bisa langsung melakukan pemasaran.

  1. Melakukan Riset Website Kompetitor

Bingung menentukan konsep atau tema toko online sering menjadi kendala pembuatan website bagi pemula. Untuk mencari inspirasi jenis website yang akan Anda buat, silahkan survei beberapa website kompetitor.

  1. Mencari Nama Domain

Menentukan nama toko online atau nama domain sangat penting. Anda harus mempersiapkannya dari awal. Kenapa demikian? Karena bisa saja nama yang Anda inginkan sudah digunakan oleh orang lain.

Maka dari itu, Anda juga harus mempersiapkan beberapa nama sekaligus untuk domain Anda.

  1. Memilih Layanan Hosting VPS Murah yang Kredibel

Selanjutnya silahkan Anda pilih salah satu layanan hosting yang akan Anda gunakan. Pilih layanan yang kredibel. Utamakan layanan yang memiliki server bagus yang tidak mudah mengalami down server.

  1. Persiapan Budget

Dalam pembuatan website, persiapan budget harus menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi Anda. Budget sendiri terbagi untuk beberapa hal, mulai dari pembelian layanan hosting, domain, hingga untuk biaya promosi.

Langkah-Langkah Membuat Toko Online

Setelah mempersiapkan segalanya, berikut kami jelaskan langkah-langkah selanjutnya, yaitu membuat toko online. Berikut penjelasannya.

  1. Membeli Layanan Hosting dan Domain

Saat ini layanan hosting dan domain sudah tersedia satu paket. Ada yang menawarkan paket layanan hosting + gratis domain. Penawaran ini cocok untuk pemula yang baru akan membuat atau mendirikan website.

Baca juga: Optimalkan Marketing Melalui Channel Live Event!

Perhatikan juga beberapa aspek yang lain saat memilih penyedia layanan hosting. Beberapa aspek tersebut seperti kredibilitas penyedia layanan, support CS 24 jam, dan lainnya.

  1. Instal WordPress untuk Memulai Membuat

Setelah Anda membeli layanan web hosting dan domain, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah meng-install WordPress. Sebagai informasi, WordPress merupakan platform CMS (Content Management System) dasar untuk pembuatan website.

Silahkan login ke hosting panel suatu penyedia layanan website. Setelah itu, silahkan Anda mulai melakukan instalasi WordPress yang bisa Anda lakukan secara otomatis.

Setelah WordPress berhasil Anda install, selanjutnya silahkan Anda login ke layanan CMS tersebut. Selanjutnya silahkan Anda buat halaman untuk toko online sebelum melakukan instal eCommerce.

  1. Install Plugin WooCommerce

Setelah WordPress berhasil terpasang, selanjutnya silahkan Anda instal plugin toko online, WooCommerce. Plugin ini sudah disediakan secara gratis oleh WordPress.

WooCommerce merupakan salah satu plugin eCommerce terbaik. Plugin ini sudah memiliki banyak fitur yang dapat mendukung aktivitas jual beli online Anda.

Baca juga: Strategi Memanfaatkan Momen Liburan untuk Menarik Sales

WooCommerce juga sudah dilengkapi library ekstensi berbayar. Fitur berbayar ini bisa Anda aktifkan untuk menambah berbagai layanan yang memudahkan Anda saat berjualan online.

Untuk memasang WooCommerce, silahkan Anda akses WP admin terlebih dahulu. Kemudian silahkan cari opsi “Plugins”, kemudian pilih “Add New”, lalu ketik WooCommerce di kolom pencarian. Selanjutnya silahkan pilih kemudian pasang.

  1. Memilih Desain Toko Online yang Cocok

Sempurnakan toko online Anda dengan desain yang menarik dan unik. Untuk mendesain toko online, silahkan gunakan opsi kustomisasi. Opsi tersebut bisa Anda temukan di tema WordPress.

WooCommerce merupakan plugin yang banyak peminatnya. Bahkan sebagian besar tema untuk toko online, sudah kompatibel dengan plugin tersebut. Namun, Anda tidak boleh asal saat memilih tema. Pastikan Anda memilih tema yang cocok dengan toko online Anda.

Untuk memilih tema, silahkan Anda buka “Appearance”, kemudian pilih “Themes”. Setelah itu, pilih dan instal tema yang Anda inginkan.

  1. Masukkan Produk atau Jasa

Sejauh ini, website Anda sudah siap digunakan. Selanjutnya Anda tinggal memasukkan produk atau jasa yang akan Anda jual.

Cara memasukkan produk sangat mudah. Silahkan Anda masuk ke dashboard admin WordPress. Kemudian silahkan pilih menu “Products”, kemudian pilih “Add New”.

Baca juga: Pentingnya CTA untuk Konten Afiliasi dan Manfaatnya

Pada menu “Products” Anda bisa langsung menambah produk dan memasukkan gambar. Setelah itu, silahkan input harga dan menambahkan deskripsi produk.

  1. Kenalkan Toko dan Mulai Berjualan

Setelah semua produk Anda pajang di toko online, selanjutnya silahkan Anda promosikan. Namun, sebelum mengenalkan toko online Anda, cek terlebih dahulu website eCommerce yang akan Anda kenalkan. Pastikan tidak error yang mengganggu.

Pastikan juga semua fitur berjalan dengan baik dan lancar. Contohnya fitur saat proses pemesanan, hingga transaksi.

Tips Sukses Berjualan Online

Membuat website saja belum cukup untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Untuk membantu Anda meraih kesuksesan, berikut sudah kami rangkum tipsnya kepada Anda.

  1. Membuat Landing Page untuk Promosi

Saat proses upload produk atau jasa, Anda bisa membuat sebuah landing page ‘Coming Soon”. Tujuannya untuk memberitahu audiens bahwa tidak akan lama lagi website, atau toko online Anda akan ‘mengudara’.

Jangan lupa juga untuk menyertakan beberapa elemen pada landing page Anda. Contoh elemen-elemen tersebut yaitu seperti gambar, logo, dan lainnya.

  1. Memanfaatkan Sosial Media untuk Memperoleh Traffic

Setelah semuanya siap dipromosikan, silahkan Anda kenalkan website Anda di media sosial. Anda bisa mengenalkannya melalui Facebook, maupun Instagram.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Endorse untuk Marketing

Media sosial merupakan salah satu platform terbaik untuk mengenalkan website Anda. Silahkan Anda pasang link toko online di profil media sosial Anda. Selain itu link website juga bisa ditaruh di kolom status atau postingan Anda.

  1. Mengaplikasikan Strategi Promosi

Ada dua jenis promosi yang bisa Anda aplikasikan untuk memperkenalkan website. Anda bisa memilih promosi gratis maupun promosi berbayar. Anda juga bisa menggunakan kedua metode promosi tersebut sesuai keinginan.

Anda bisa memanfaatkan media sosial dan email marketing untuk promosi gratis. Sedangkan untuk promosi berbayar, bisa dengan memanfaatkan Google Adwords, Instagram Ads, maupun Facebook Ads.

  1. Menyusun Strategi Konten

Pada website, konten adalah raja. Konten mampu menarik banyak pengunjung atau customer ke sebuah toko online.

Buatlah konten yang menarik untuk website bisnis Anda. Anda juga bisa membuat blog pada halaman terpisah di website Anda untuk mengoptimalkan strategi SEO (Search Engine Optimization).

Konten untuk website meliputi artikel (tulisan), gambar, hingga video durasi pendek. Semuanya harus menjadi kombinasi atau satu kesatuan. Tulisan atau artikel adalah konten utama, sedangkan gambar dan video hanya pelengkap.

Baca juga: Manfaat Live Video Streaming Bagi Bisnis Pemula

Nah, kini sedikit banyaknya Anda tahu bagaimana cara membuat website untuk toko online. Tertarik untuk membuatnya? Yuk, pilih layanan hosting VPS murah dan kredibel untuk memulainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.