Optimalkan Marketing Melalui Channel Live Event! Menentukan Pemasaran Sesuai Persona Target

  • Whatsapp

Dalam penjualan, ada banyak strategi marketing yang dapat digunakan untuk mempromosikan toko online maupun offline. Selain memperhatikan siapa target konsumen yang harus dicapai, lingkungan bisnis pun harus diperhatikan. Pasalnya, dari sinilah nantinya Anda akan dapat menemukan strategi yang tepat. Misal, target Anda adalah individu yang aktif bermain di media sosial, persona yang berusia 20 awal hingga pertengahan 40 yang melek akan teknologi. 

Bacaan Lainnya

Apa yang akan Anda gunakan untuk menggaet mereka? Pemasaran offline? Tentu tidak. Sebab akan membutuhkan waktu lama untuk membuat mereka mau membeli produk yang ditawarkan. Lantas apa? Online marketing atau biasa disebut digital marketing. Salah satu dalam digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk dapat menggaet mereka secara intens adalah Channel Live Event. 

Kenapa Harus Menggunakan Live Event?

Saat ini, platform media sosial seperti Instagram atau Facebook sudah menawarkan opsi untuk live streaming. Banyak pula aplikasi pendukung yang dapat membuat Anda memiliki banyak kesempatan untuk melakukan live event seperti Periscope, Vimeo, Dacast, Zype, dan sebagainya. 

Baca juga: Teknik untuk Pembelajaran Online

Dengan menggunakan live event, Anda akan memperoleh peluang unik untuk menjangkau audiens yang lebih luas (seperti peserta jarak jauh), meningkatkan keterlibatan peserta, meningkatkan akun media sosial mereka, dan memotong pemasaran biaya. Katakanlah Anda memiliki usaha di bidang hosting murah dan ingin menawarkan promosi menarik untuk pelaku bisnis UMKM. 

Melalui live event tersebut, Anda dapat menjelaskan secara langsung produk hosting unlimited murah yang ditawarkan, promosi yang akan mereka dapatkan usai mengikuti acara, serta tambahan pengetahuan untuk menciptakan toko online Indonesia yang dapat meningkatkan profit mereka. 

Manfaat Menggunakan Live Event dalam Pemasaran

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan Channel Live Event, maka Anda akan memperoleh: 

  • Persona calon konsumen secara detail, mulai dari nama, email, nomor telepon, pekerjaan, hingga tempat bekerja. Dari sana, Anda akan dapat memilah mana-mana calon target konsumen yang memiliki prospek tinggi. 
  • Jangkauan lebih luas. Bila promosi offline membatasi ruang gerak yang didasarkan pada wilayah tertentu, maka dengan live event Anda akan dengan mudah menjangkau ribuan orang dalam satu waktu. Meskipun mereka belum tentu akan membeli, tetapi Anda sudah menginvestasikan diri untuk semakin dekat dengan mereka. 
  • Lebih leluasa mengenalkan produk yang ingin Anda tawarkan. Audiens yang menyaksikan live event Anda memang belum tentu akan membeli. Tetapi, mereka justru mengenal brand Anda, produk yang ditawarkan, serta promosi menarik apa sih yang sedang ditawarkan. Ini adalah investasi penting, sebab mereka akan langsung ingat akan produk Anda ketika suatu saat membutuhkan. 
  • Meningkatkan interaksi dengan calon konsumen maupun pelanggan setia. Tidak hanya bertujuan untuk menggaet para calon pelanggan, live event juga dapat menjadi ajang untuk saling mengenal dan berinteraksi lebih dekat lagi dengan para pelanggan setia. Pasalnya, para pelanggan setia inilah yang akan menjadi media promosi Anda nantinya. Dari tangan-tangan mereka ketika membalas komentar, dari kata-kata yang terucap ketika bercerita, akan semakin mengenalkan produk-produk yang Anda tawarkan

Optimalkan Pemasaran untuk Mengenalkan Produk

Lantas, bagaimana caranya agar manfaat-manfaat tersebut semakin terasa setelah melakukan live event? Optimalkan dengan cara-cara ini: 

  • Buatlah Perencanaan yang Matang dan Terjadwal

Baik media sosial atau channel lain yang akan digunakan untuk media promosi tidak akan memberikan hasil apa pun tanpa adanya konten yang menarik. Untuk dapat menghasilkan konten berkualitas yang menarik, tentu tidak bisa sembarangan. Anda memerlukan perencanaan yang matang, serta memposting konten secara teratur. Lewat sedikit saja, audiens akan dengan mudahnya beralih ke yang lain. 

Baca juga: Contoh CV untuk Lamaran Pekerjaan

Salah satu metode untuk membantu Anda memudahkan dalam perencanaan konten organik ataupun live event adalah dengan menggunakan metode SMART, yang artinya Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely. Artinya, konten yang akan Anda buat harus spesifik dan relevan sesuai profil, dapat terukur dengan tools analisis, serta terjadwal. 

  • Tentukan Platform Apa yang Akan Digunakan

Ada banyak platform yang dapat difungsikan untuk melakukan promosi melalui live event. Seperti Instagram Live, Facebook Live, Vimeo, Youtube Live, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan beberapa secara bersamaan, atau memfokuskan hanya pada dua atau tiga channel saja. Pasalnya, jika semakin banyak channel yang akan digunakan, Anda pun harus memastikan diri untuk sanggup maintenance dan rajin memposting konten. 

Selain itu, dengan menetapkan channel mana saja yang akan dipakai, akan lebih mudah dalam mengukur atau menganalisis hasilnya. Kembali ke metode SMART sebelumnya, konten yang baik adalah yang terukur. 

Baca juga: Contoh Proposal Kegiatan Kampus

Selain itu, tiap-tiap channel juga memiliki target audiens yang berbeda. Seperti Instagram Live, lebih ditujukan kepada persona remaja hingga dewasa yang aktif. Sedangkan TikTok lebih banyak audiens anak muda hingga ibu-ibu muda. 

Jadi, sebelum memutuskan platform apa yang akan digunakan untuk live event, tentukan dulu persona target konsumen Anda. 

  • Bangun Relasi yang Kuat 

Seperti menjalin relasi dengan manusia, membangun sebuah hubungan yang dekat antara brand produk Anda dengan pelanggan pun penting. Keuntungannya, Anda dapat melakukan promosi secara masif, mengenalkan produk lebih jauh, serta kemungkinan untuk terjadi transaksi pembelian akan meningkat. Jika beruntung, mereka justru akan membantu mengenalkan produk atau mempromosikannya kepada rekanan lain melalui mulut atau tulisan. 

Salah satu cara untuk membngun relasi yang kuat antara brand dengan pelanggan adalah melalui konten-konten organik yang relevan dengan kehidupan atau isu-isu hangat yang saat ini terjadi. Konten berbasis storytelling jauh lebih banyak peminatnya daripada konten yang berisi menggurui. Anda pun dapat menyelingi dengan konten berisi pengetahuan tambahan yang dapat menambah wawasan pelanggan. 

  • Perbanyak Acara Live Event 

Live event di sini tidak hanya terbatas di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Youtube. Tetapi, Anda dapat mengadakan acara-acara yang memberi pengetahuan tambahan kepada pelanggan. Tentunya, materi pun disesuaikan dengan brand produk yang ingin Anda tawarkan. 

Misal, bisnis Anda bergerak di bidang konsultan keuangan. Maka, Anda dapat membuat webinar dengan materi perencanaan keuangan yang matang untuk pelaku bisnis kecil menengah. Sasaran targetnya adalah mereka yang sudah memiliki online shop tetapi masih kerepotan dalam mengatur keuangan usaha dan membuat laporannya. 

Baca juga: Contoh Teks Editorial

Dari acara live tersebut, Anda akan mendapatkan data-data calon pelanggan yang profit untuk ditindaklanjuti. Setelah acara, tim marketing dapat menghubungi satu persatu untuk memberikan promosi atau pendampingan bagi mereka yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan usaha. 

Keempat cara tersebut dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan strategi marketing melalui channel live event. Platform apapun yang akan digunakan, kuncinya hanya satu. Konsisten untuk terus menulis konten, memperbanyak acara yang diadakan baik berupa live streaming ataupun webinar. Dengan begitu, audiens Anda akan semakin banyak, toko online serta brand akan dikenal dan penjualan akan lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *