4 Fitur Wajib Ada dalam Aplikasi untuk HRD

  • Whatsapp

Tugas dan tanggung jawab HRD dalam perusahaan begitu banyak, mulai dari rekrutmen, mempertahankan karyawan lama yang mempunyai kualitas unggul, dan sebagainya. Tugas tersebut memerlukan banyak strategi yang matang. Namun, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim HRD mengingat banyaknya tugas administrasi yang harus HRD selesaikan.

Akan tetapi, kini HRD bisa mengandalkan aplikasi untuk mengotomatisasi proses administrasi yang terkenal memakan waktu lama dan merepotkan tersebut. Apa saja sih fitur yang wajib ada dalam aplikasi untuk HRD? Mari simak ulasan berikut!

Bacaan Lainnya

Fitur Wajib Ada dalam Aplikasi untuk HRD

4 Fitur Aplikasi HRD

Payroll Online

Perusahaan berkewajiban untuk memberikan gaji kepada karyawan setiap bulannya. Dalam hal ini, HRD berperan untuk memastikan bahwa proses penggajian berjalan lancar sesuai rencana dan tidak terhambat.

Fitur payroll online akan membantu HRD untuk menyimpan, memproses, dan menghitung gaji seluruh karyawan secara serentak. Kemudian, HRD akan mengirimkan gaji karyawan ketika payroll online selesai melakukan perhitungan. Jauh lebih mudah dibandingkan payroll manual, bukan?

Penilaian kinerja

Peningkatan kualitas kerja memerlukan evaluasi rutin melalui penilaian kinerja. Tidak masalah jika jumlah karyawan dalam perusahaan di bawah 50 orang. Lalu, bagaimana jika skala perusahaan lebih besar dan mempunyai banyak karyawan?

Aplikasi untuk HRD akan menyelesaikan kendala ini. Fitur penilaian kinerja akan membantu HRD dalam penilaian kinerja untuk seluruh karyawan. Tidak hanya itu, HRD juga dapat membandingkan hasil penilaian kinerja periode terkini dengan periode sebelumnya untuk melakukan analisis perkembangan kinerja. Jadi, hasil dari penilaian kinerja terdokumentasikan dengan baik.

Baca Juga: Tutorial Membuat CV ATS Friendly

Perizinan Cuti dan Sakit

Ada kalanya karyawan mengalami sakit dan hal mendadak yang mengharuskan cuti bekerja. Biasanya proses pengajuan cuti karyawan ini memakan waktu yang agak lama karena pola atau alur yang tidak sistematis.

Berkat adanya aplikasi untuk HRD, kini beban kerja HRD akan berkurang. Aplikasi HRD dapat membantu proses pengajuan cuti baik itu cuti untuk kepentingan tertentu atau sakit jauh lebih sistematis. Di sisi lain, karyawan juga tidak perlu menunggu waktu lama untuk persetujuan dari HRD.

Work Schedule Otomatis

Jam kerja mengalami banyak perubahan di era modern. Sekarang mulai banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote. Sementara itu, ada pula perusahaan yang menerapkan sistem kerja shift untuk memenuhi operasional seperti perusahaan manufaktur dan lainnya. HRD sering dibuat kewalahan dengan adanya berbagai jadwal kerja yang harus dikelola.

Adanya aplikasi dapat memecahkan kerumitan penyusunan jam kerja. HRD dapat dengan mudah mengubah jadwal kerja, menetapkan total jam kerja, hingga menukar shift kerja karyawan ke shift lain sesuai persetujuan karyawan. Semua dilakukan dalam satu aplikasi saja, loh!

Contoh aplikasi untuk HRD yang memiliki 4 fitur wajib di atas adalah LinovHR. Kehadiran 4 fitur pokok ini dapat memudahkan pengelolaan sumber daya manusia jadi lebih praktis dan efektif. HRD pun punya waktu lebih untuk mengalokasikan strategi dan perencanaan seputar pengelolaan karyawan. Semoga informasi di atas dapat membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *