Menjawab Tantangan Startup di Indonesia, Siap Berkembang dan Maju!

Saat ini, perusahaan rintisan atau startup sudah mulai menjamur. Seiring dengan perkembangan zaman, startup di Indonesia mengalami banyak kemajuan. Namun, di balik itu semua terdapat berbagai tantangan startup di Indonesia.

Secara tidak langsung, startup telah mendorong kepercayaan diri bangsa dalam bidang teknologi. Pasalnya, Indonesia sendiri memiliki potensi untuk mengembangkan startup.

Bacaan Lainnya

Hal ini dapat kita lihat dari berbagai faktor. Mulai dari penetrasi internet, smartphone, hingga banyaknya waktu yang digunakan oleh masyarakat tanah air untuk menggunakan teknologi.

Menjawab Tantangan Startup di Indonesia, Siap Berkembang dan Maju

3 Tantangan Startup di Indonesia

Tak dapat kita pungkiri, model bisnis maupun ide startup sangatlah beragam. Beberapa startup ada yang meniru dan terbukti sukses besar di pasaran.

Selain itu, ada pula yang membangun ide startup karena melihat permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Dari banyaknya pilihan startup, terdapat tiga sektor yang paling banyak peminatnya, yakni ekonomi perdagangan atau ecommerce, pendidikan, hingga game.

Namun, di tengah-tengah perkembangan dan perubahan ekosistem startup Indonesia yang sangat pesat ini, terdapat tantangan bagi para founder yang baru merintis startup-nya. Tantangan ini semakin nyata ketika para founder berupaya untuk mendapatkan sumber daya atau talenta digital dan mengembangkan startup tersebut.

Setidaknya, ada tiga faktor utama yang menjadi tantangan startup di Indonesia.

  1. Modal Usaha

Tak dapat terelakkan, modal usaha menjadi salah satu tantangan yang mesti dihadapi oleh bisnis startup. Modal usaha memang menjadi salah satu pintu utama supaya bisnis startup tersebut dapat terbentuk.

Dengan keterbatasan modal, sebuah startup akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya tersebut. Kenyataan yang terjadi, tak sedikit bisnis startup berhenti di tengah jalan karena kekurangan modal.

Hal inilah yang kemudian membuat para founder untuk terus mengembangkan ide dan inovasi supaya startup-nya dapat bertahan. Meskipun menjadi salah satu tantangan yang tidak mudah, banyak startup yang berhasil menghadapinya dan keluar dari kesulitan tersebut.

  1. Investor

Tantangan startup di Indonesia lainnya yakni investor. Investor merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan modal selain dari kas pribadi.

Namun, lagi-lagi ini menjadi tantangan yang cukup sulit, karena tidak mudah untuk mendapatkan investor. Pasalnya, sebagai pemasok modal, investor tidak bisa sembarangan dalam memberikan dananya.

Investor akan mempertimbangkan startup yang mempunyai laporan keuangan stabil dalam peningkatan penjualannya. Selain itu, investor pun juga memiliki keinginan supaya uangnya dapat memberikan keuntungan yang lebih.

  1. Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia juga menjadi salah satu tantangan bagi startup di Indonesia. Terutama mendapatkan SDM dengan keahlian pada bidang tertentu.

Melalui SDM yang potensial maka akan sangat mudah bagi startup untuk berkembang. Tak hanya itu saja, SDM dengan keahlian sesuai bidangnya, juga dapat meningkatkan performa startup itu sendiri.

Begitu pula sebaliknya, ketika bisnis startup tersebut kekurangan SDM yang ahli maka akan terjadi human error. Hal ini dapat menjadi hambatan bagi startup untuk melebarkan sayapnya.

Menjawab Tantangan Startup di Indonesia

Pertanyaan yang saat ini terbesit dalam benak kita, bagaimanakah caranya memberikan fasilitas kepada startup digital yang berkualitas akan tetapi memiliki kendala dan tantangan dalam mengembangkan skala usahanya? Startup Studio Indonesia adalah jawabannya.

Startup Studio Indonesia merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberikan fasilitas kepada startup digital yang telah mencapai tahap product-market fit dan mempunyai founder yang potensial.

Selain itu, Startup Studio Indonesia ini diinisiasi untuk memberikan jawaban dan solusi terkait masalah sulitnya mencari Sumber Daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis. Startup Studio Indonesia hadir  sebagai solusi sekaligus jawaban yang dibutuhkan oleh startup.

Selain itu, demi memberikan kontribusi dan dedikasi penuh, Startup Studion Indonesia memiliki visi untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya dengan sumber daya untuk diakses oleh para founder startup dalam berinovasi guna mendorong transformasi digital Indonesia.

Demi mencapai tujuan tersebut, Startup Studio Indonesia memiliki misi, memfasilitasi akselerasi dari startup berkualitas dengan memberikan sumber daya serta jejaring guna mengembangkan skala usahanya.

Bersama dengan Startup Studio Indonesia, tantangan startup di Indonesia kini terjawab sudah. Demi masa depan bangsa yang semakin baik, kini kita semakin siap untuk mengembangkan dan memajukan startup dalam cakupan yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.