Tips Agar Diterima Kerja oleh Perusahaan

CV adalah singkatan dari curriculum vitae dan merupakan gambaran kronologis tentang perjalanan hidup dan karir yang pernah ditempuh seseorang. CV Profesional harus berisi gambaran terperinci tentang kualifikasi, prestasi yang pernah diraih, dan pengalaman Anda.

Entah itu prestasi dalam bidang akademis maupun yang berhubungan dengan pekerjaan yang hendak Anda melamar suatu hari nanti. Sangat penting untuk mencantumkan info pribadi seperti tempat dan tanggal lahir, status perkawinan, dan foto.

Bacaan Lainnya

CV Profesional

Tips Agar Diterima Kerja dengan CV Profesional

Agar dilirik oleh perusahaan, Anda harus melakukan personalisasi CV. Kemudian membuat CV tersebut lebih dari sekedar biografi karier.

Seluruh informasi yang terdapat dalam CV harus tersusun rapi dan runtut. Dengan demikian perusahaan bisa memahami CV secara menyeluruh dan memahami perjalanan hidup Anda.

Jangan sungkan untuk menuliskan rekam jejak yang pernah Anda capai dalam hidup. Pasalnya CV terkadang ditulis hingga dua atau lebih halaman. Jadi, dalam kesempatan ini tulislah terutama segala prestasi yang pernah Anda capai.

Anda dapat membuat resume atau CV Profesional hanya dalam hitungan menit saja. Gunakan resume khusus untuk profesi Anda. Tunjukkan seluruh potensi Anda kepada manajer perekrutan.

Terdapat banyak template resume yang bisa Anda pilih. Desain yang modern, kreatif, dan profesional akan membantu Anda meraih peluang untuk sukses.

Ikuti langkah-langkah yang telah tersedia, asisten resume akan memberikan petunjuk. Bahkan resume cepat, jelas, dan mudah untuk dimengerti. Dengan mudah Anda bisa menulis resume hanya dalam beberapa menit saja secara menawan.

Lebih menariknya lagi, CV Profesional akan memberitahu Anda apa yang harus dilakukan untuk menonjolkan keterampilan.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat mengakses templat resume adalah kenyamanan, cepat, dan lebih hemat waktu. Carilah kustomisasi mudah untuk membuat beberapa template yang bisa diunduh berdasarkan tujuan dan preferensi Anda.

Langkah Membuat Resume Terbaik

Resume berisikan tentang informasi data diri dan ringkasan singkat terkait alasan Anda pantas untuk direkrut oleh perusahaan yang dilamar. Isi resume bisa Anda sesuaikan berdasarkan lowongan kerja yang Anda lamar. Bahkan Anda bisa mengubah sesuai yang diperlukan. Karena tujuan resum merupakan iklan mengenai skill yang Anda miliki.

Apabila dibandingkan CV Profesional yang bisa mencapai dua halaman, resume kebanyakan cukup ditulis satu halaman saja. Langkah membuat resume terbaik dengan memilih template yang tepat. Pasalnya setiap template sudah dirancang secara khusus untuk menarik perhatian penyedia lowongan kerja.

Pada bagian isi mulailah untuk memasukkan riwayat pekerjaan, skill, dan keterampilan. Hal tersebut tentu akan menjadi Anda sebagai kandidat yang perlu dipertimbangkan.

Resume yang telah Anda isi siap untuk digunakan melamar kerja. Langkah berikutnya tinggal menunggu wawancara kerja.

Resume terbaik akan berpengaruh agar memperoleh pekerjaan yang diidamkan. Sehingga membutuhkan CV Profesional yang dirancang secara profesional. Kini terdapat alat pembuat resume online untuk membantu Anda menduduki pada jalur cepat.

Anda bisa memilih template resume yang modern, elegan, dan terlihat profesional. Tersedia lebih dari 20 template yang kreatif. Bahkan Anda bisa mengubah warna serta tata letak ke format resume sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari template resum fungsional, membalikkan kronologis, atau kombinasi keduanya.

Hal lain yang dapat Anda ubah adalah ukuran, gaya font, dan pemilihan spasi. Selain itu, tanpa memakai template resume MS Word, Anda bisa memiringkan, menebalkan, dan menggaris bawahi.

Dengan sempurna Anda akan menunjukkan pengalaman dan keterampilan yang dimiliki. Sedangkan CV Profesional akan menangani pemformatan dan desain terbaik.

Jenis-Jenis Template

Ada beberapa jenis template yang harus Anda ketahui. Pertama template resume profesional yang menawarkan tampilan klasik. Fokus dari penggunaan jenis template ini adalah untuk pencapaian, tujuan, skill, dan pengalaman daripada faktor desain.

Pada bagian uraian lebih jelas, terkait ringkasan profesional, pendidikan, pengalaman, dan skill yang dimiliki. Dengan demikian penyedia kerja bisa menilai sekilas jika Anda benar-benar pas jika menduduki profesi tersebut.

CV Profesional cocok untuk semua jenis industri. Namun jangan sampai mengesampingkan soft skill. Karena hal tersebut dapat membantu Anda lebih menonjol daripada kandidat lainnya.

Kemudian terdapat template resume sederhana dengan font baru dan desain menarik. Lebih ramping dan ringkas mengenai riwayat pencari kerja, keterampilan, dan pendidikan.

Jenis template ini relatif sederhana seperti namanya. Jadi akan memamerkan beberapa pencapaian Anda sehingga lebih menonjol daripada sesama pelamar lainnya.

Berikutnya terdapat template resume modern yang menggabungkan gaya ringkas dan bersih dengan kecanggihan. Pengalaman, ringkasan, pendidikan, dan riwayat pekerjaan Anda sebelumnya akan tampak lebih menarik.

Jenis template ini sangat direkomendasikan banyak profesional di beberapa industri. Termasuk diantaranya adalah bidang pendidikan, kesehatan, dan penjualan. Format resume ini menjadi salah satu pilihan ideal untuk para pelamar yang membutuhkan template CV Profesional standar kontemporer.

Jika pelamar pernah mengalami hambatan di jalan secara profesional, template fungsional ini menjadi solusi terbaik. Desain resume sangat cocok untuk pencari kerja yang sebelumnya pernah mengalami kesenjangan dalam riwayat pekerjaan. Misalnya saja berpindah dari profesi satu ke profesi lainnya.

Pasalnya template resum fungsional akan mengalihkan perhatian pada bagian lainnya. Misalnya saja bagian keterampilan dan pendidikan.

Tips Melamar Kerja Supaya Cepat Dipanggil Wawancara

Sebelum mencari kerja, hendaknya Anda memahami posisi yang dilamar. Anda bisa menyesuaikan dengan ketertarikan, keterampilan, dan pengalaman kerja. Setelah mengirim lamaran tersebut, persiapkan diri berlatih interview dan tes lainnya yang diperlukan.

Anda dapat mencantumkan keahlian dengan cara menjelaskannya secara spesifik pada CV Profesional. Sebutkan bahwa Anda menguasai alat kerja tertentu atau software. Dengan demikian Anda layak dipertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Di era yang serba digital seperti saat ini, kebanyakan kandidat dapat menunjukkan latar belakang dari aktivitas di media sosial. Namun pastikan akun yang Anda miliki berisi hal-hal positif.

Sebaiknya melampirkan surat rekomendasi dari ketua organisasi, dosen, kepala sekolah, atau atasan ketika magang. Hal tersebut bisa menjadi poin tambahan bagi Anda.

Hal yang tidak kalah penting adalah isi resume atau CV Profesional saat melamar pekerjaan. Pelajari deskripsi pekerjaan dengan berbagai pencapaian, pengalaman, dan skill yang telah Anda capai. Jangan sekali-kali menambahkan pengalaman yang tidak relevan dengan pekerjaan tersebut.

Jadi, sertakan informasi yang terkait. Hal tersebut akan membantu pemberi kerja mengetahui potensi Anda untuk posisi yang diperlukan.

Anda bisa menyesuaikan pengalaman dan skil berdasarkan kebutuhan lamaran kerja. namun pertahankan bagian vital seperti informasi kontak dan pendidikan. CV tidak hanya dituntut baik dan benar, namun juga harus menarik agar profil yang Anda miliki lebih menonjol daripada pelamar lainnya.

Perlu menjadi catatan, CV menarik tidak harus tampil secara berlebihan. Anda bisa menggunakan CV Profesional yang memiliki pemformatan dan desain terbaik. Tanpa meninggalkan bagian isi curiculum vitae yang penting, Anda bisa menambahkan keterangan yang mendukung citra profesional tanpa mengaburkan format CV tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.