Manfaat Live Video Streaming Bagi Bisnis Pemula

Kelebihan Live Video Streaming Media Sosial untuk Bisnis

Saat ini, cPanel hosting murah untuk website dan media sosial adalah dua platform yang ideal untuk pemasaran. Selain itu, juga cocok untuk kampanye promosi suatu brand. Terlebih saat ini sosial media sudah menyediakan fitur live video streaming yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang ingin membuat website untuk bisnis, kini telah hadir juga shared hosting Indonesia murah. Untuk mengoptimalkan bisnis Anda, silahkan buat juga akun bisnis di media sosial lalu manfaatkan video live streaming untuk brand awareness.

Media Sosial Terbaik untuk Live Streaming

Tidak banyak media sosial yang menyediakan fitur live streaming. Namun, ada dua media sosial yang sangat ideal sekali untuk keperluan live streaming. Media sosial tersebut yaitu Facebook dan Instagram.

Di lain sisi, Facebook maupun Instagram adalah dua media sosial yang menyediakan akun bisnis. Dengan akun bisnis tersebut, kegiatan usaha Anda di internet akan menjadi lebih mudah dan optimal.

Baca juga: Optimalkan Marketing Melalui Channel Live Event

Facebook dan Instagram adalah dua media sosial yang sangat ideal untuk live streaming. Selain itu, penggunanya pun tergolong sangat banyak sekali. Dengan begitu, video Anda berpotensi dilihat oleh banyak orang.

Maka dari itu, setelah membuat website melalui shared hosting Indonesia murah, silahkan langsung buat juga akun media sosial untuk bisnis. Pilih salah satunya, baik itu Facebook maupun Instagram.

Manfaat Video Live Streaming di Media Sosial Untuk Bisnis

Anda baru memulai bisnis online? Jangan ragu untuk menggunakan fitur live video streaming di media sosial. Bahkan fitur ini bisa Anda gunakan meskipun pengikut akun media sosial Anda masih belum banyak.

Ingin tahu apa manfaat menggunakan fitur video live streaming di media sosial untuk bisnis? Berikut kami jelaskan apa saja kelebihan-kelebihannya.

  1. Media yang Mendekatkan Brand dengan Pelanggan

Melalui fitur video live streaming ini Anda juga bisa berinteraksi dengan para audiens dan konsumen. Fitur ini merupakan jembatan yang akan mendekatkan brand dengan para audiens atau pelanggan.

Audiens juga menjadi merasa dekat dengan Anda. Hal ini tentu akan memberikan efek positif bagi kelangsungan bisnis yang sedang Anda kembangkan.

  1. Sebagai Media Edukasi dan Informasi

Live streaming di media sosial juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan informasi dan edukasi yang berkaitan dengan produk atau jasa. Contohnya mengenalkan fitur-fitur jasa atau produk, atau menjelaskan cara penggunaan produk.

Anda bisa memberitahu secara langsung kondisi produk yang Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa memberikan informasi menarik seputar penawaran promo kepada pelanggan yang ingin membelinya.

  1. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Meskipun Anda punya modal uang yang banyak, namun ada yang tidak bisa Anda beli oleh modal tersebut. Salah satu yang tidak bisa Anda beli oleh modal Anda yaitu kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Strategi Memanfaatkan Momen Liburan untuk Menarik Sales

Dibutuhkan waktu dan proses yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda. Live streaming adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan pelanggan. Silahkan lakukan live streaming secara rutin. Semakin sering Anda melakukannya, maka audiens pun akan semakin tahu terhadap produk atau jasa yang Anda jual.

  1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Media sosial merupakan salah satu platform yang tepat untuk memperluas jaringan pemasaran. Terlebih dua platform seperti Facebook dan Instagram saat ini memiliki jumlah pengguna yang fantastis di Indonesia.

Dengan rutin melakukan live streaming, maka brand Anda akan dikenal luas oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Terutama jika Anda sudah punya banyak followers di media sosial tersebut.

  1. Memangkas Biaya Operasional

Launching produk atau jasa saat ini bisa Anda lakukan melalui live streaming di media sosial. Anda tidak perlu lagi menyewa tempat untuk launching produk. Anda juga tidak perlu mengadakan seminar untuk mengenalkan produk terbaru Anda

Video live streaming akan memangkas sebagian besar biaya operasional bisnis Anda. Dengan begitu, launching produk dan mengenalkan produk Anda tidak perlu dilakukan secara konvensional lagi.

  1. Sebagai Media Promosi Sekaligus Pemasaran

Fitur live streaming juga bisa langsung Anda manfaatkan untuk promosi maupun penjualan. Anda bisa langsung menawarkan produk Anda dan juga penawaran menarik seperti diskon dan promo.

Silahkan tawarkan produk Anda. Arahkan proses transaksi atau pembelian produk melalui DM (Direct Message) atau fitur pesan pada media sosial. Selain itu, bisa juga diarahkan pada marketplace official Anda.

  1. Meningkatkan Keuntungan

Tujuan live streaming untuk bisnis tidak lain untuk meningkatkan keuntungan. Keuntungan bisa Anda dapatkan secara langsung dengan menggunakannya sebagai media untuk pemasaran.

Baca juga: Pentingnya CTA untuk Konten Afiliasi dan Manfaatnya

Selain itu, keuntungan pun bisa bersifat jangka panjang jika Anda menggunakannya sebagai media untuk berpromosi. Pasalnya, fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan strategi brand awareness.

Tips Mengoptimalkan Live Streaming untuk Bisnis

Fitur live streaming saat ini dapat dengan mudah diakses oleh para pelaku usaha. Meski begitu, Anda tetap harus tahu bagaimana mengoptimalkan live streaming agar mampu meningkatkan omset atau pendapatan bisnis Anda. Nah, berikut sudah kami rangkum cara-caranya untuk Anda.

  1. Menonjolkan Produk Atau Jasa Anda

Fitur live streaming bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan produk atau jasa yang Anda miliki. Silahkan tonjolkan kelebihan fitur yang dimiliki oleh produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dengan begitu audiens pun akan tahu apa saja keunggulan produk Anda dibandingkan dengan produk yang lain.

  1. Melakukan Live di Jam-Jam yang Strategis

Fitur live streaming di media sosial bisa Anda gunakan kapan saja. Namun, pastikan Anda jangan asal saat memilih jam yang tepat untuk melakukannya. Ketahui jam-jam strategis saat Anda akan memulainya.

Di Indonesia, jam-jam strategis yang cocok untuk live streaming yaitu di malam hari mulai dari pukul 19.00. Pada jam tersebut umumnya masyarakat sudah berhenti dari aktivitas seperti bekerja.

  1. Energik saat Melakukan Live Streaming

Sebagai pemandu acara, Anda harus energik saat melakukan live streaming di media sosial. Orang yang energik akan membuat penonton bersemangat saat menonton tayangan yang sedang Anda siarkan.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Endorse untuk Marketing

Selain itu, usahakanlah live streaming yang Anda adakan bisa menghibur para penonton. Pastikan juga informasi yang Anda jelaskan menarik, detail, dan juga jelas.

  1. Membagikan Tips yang Bermanfaat

Fitur live streaming tidak selalu harus Anda gunakan untuk pemasaran dan promosi. Sekali-kali Anda bagikan tips bermanfaat kepada para penonton.

Contohnya untuk penjual kerudung, Anda bisa memberikan tips seputar kerudung. Misalnya tips cara menggunakan kerudung yang baik dan benar. Atau tips mengaplikasikan kerudung menggunakan model-model tertentu yang unik dan populer.

Kesimpulan

Fitur live streaming di media sosial tidak hanya sekedar untuk hiburan semata. Bagi para pelaku usaha, fitur ini bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk promosi dan juga pemasaran. Itu artinya, fitur tersebut bisa difungsikan sebagai media untuk meningkatkan omzet bisnis.

Bagi Anda yang sudah memiliki website bisnis dari cPanel hosting murah, yuk, langsung buat akun medsos untuk bisnis Anda. Kemudian promosikan produk atau jasa Anda melalui fitur live streaming. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.