Pentingnya CTA untuk Konten Afiliasi dan Manfaatnya

Tingkatkan Penjualan Afiliasi dengan CTA dan Konten Afiliasi

Sudah membeli layanan hosting untuk website afiliasi tapi belum tahu cara mengoptimalkan penjualan? Di sini kami akan mengenalkan pentingnya CTA (call to action) di dalam konten website berbasis afiliasi untuk meningkatkan penjualan.

Bacaan Lainnya

Mengenal Fungsi CTA  

CTA merupakan sebuah teks yang terdapat pada konten website. Selain itu, CTA juga sering digunakan untuk email marketing, hingga banner iklan.

Fungsi dari CTA sendiri yaitu untuk mengajak atau mengarahkan pengunjung untuk melakukan sesuatu, atau “action”.

Beberapa contoh CTA yang biasa digunakan pada jenis domain info atau domain lainnya seperti:

  • “Daftar Sekarang”
  • “Beli Satu Gratis Satu”
  • “Pesan Sekarang”
  • “Baca Selengkapnya”
  • Dan lain-lain

Tulisan CTA sendiri berbeda-beda tergantung tujuan pemilik website masing-masing. Tulisannya juga bisa berupa bujukan untuk mengunduh hingga mendaftar. CTA sendiri dibuat untuk membujuk audiens secara halus.

Apa Itu Afiliasi dan Konten Afiliasi?

Sebelum kami jelaskan CTA untuk konten afiliasi, alangkah baiknya kami jelaskan apa itu konten afiliasi dan afiliasi terlebih dahulu.

Afiliasi merupakan sebuah program digital marketing yang menguntungkan. Program tersebut memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi setiap kali ada orang yang membeli produk atau menggunakan layanan tertentu.

Contohnya seperti program afiliasi Amazon. Jika Anda berhasil menggiring audiens untuk membeli produk di Amazon, maka akan mendapatkan komisi sebesar 10%.

Baca juga: Optimalkan Marketing Melalui Channel Live Event!

Sedangkan konten afiliasi adalah sebuah tulisan seperti artikel pada hosting yang Anda posting. Namun konten yang dibuat harus relevan dengan apa yang Anda tawarkan.

Contoh konten afiliasi yaitu seperti artikel yang membahas tentang kelebihan produk sepatu tertentu. Artikel tersebut ditulis untuk membangun ketertarikan audiens terhadap produk sepatu yang Anda bahas untuk menciptakan peluang pembelian dari audiens.

Bagaimana Cara Kerja Afiliasi?

Jika masih bingung tentang program afiliasi, di sini kami akan coba membahasnya secara spesifik. Sebenarnya cara kerja afiliasi sendiri terbilang cukup mudah dipahami. Berikut kami jelaskan di bawah ini.

  • Pemilik Produk/Layanan: bisa berupa vendor, perusahaan, dan sebagainya. Mereka adalah pihak yang menyediakan program afiliasi.
  • Seorang Afiliator: orang yang ikut dalam program afiliasi untuk mendapatkan komisi dari pemilik produk/layanan. Afiliator adalah seseorang yang memasarkan produk/layanan ke calon customer.
  • Customer: orang yang membeli produk melalui afiliator.

Cara kerjanya adalah, pertama-tama seorang afiliator mengikuti program yang dikeluarkan oleh pemilik produk atau layanan. Kemudian afiliator akan memasarkannya kepada calon konsumen.

Jika berhasil melakukan penjualan, maka afiliator berhak mendapatkan komisis. Nilai komisinya berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang dipilih.

Jenis CTA yang Digunakan untuk Konten Afiliasi

Seperti penjelasan sebelumnya, CTA sendiri dibuat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing. Untuk jenis konten afiliasi, berikut kami sudah merangkum apa saja jenis CTA yang biasa digunakan untuk kebutuhan konten tersebut.

  • Ajakan untuk Membeli Atau Berlangganan

Jenis CTA ini sangat umum digunakan pada jenis artikel afiliasi. CTA tersebut sangat ideal untuk para pembaca agar membujuk untuk melakukan transaksi. Jenis CTA ini langsung menjurus kepada pembelian atau berlangganan.

Contoh CTA membeli atau berlangganan seperti “Beli Sekarang”, Berlangganan Sekarang”, dan lainnya.

  • CTA Jenis Lead Nurturing

Call to action ini dapat memberikan efek ketertarikan para pembaca. Fungsinya yaitu untuk melakukan penawaran, demo produk, event, layanan gratis dan lainnya.

Baca juga: Strategi Memanfaatkan Momen Liburan untuk Menarik Sales

Namun jenis call to action yang satu ini umumnya hanya digunakan untuk orang-orang yang sudah menjadi leads. Contohnya seperti halaman terima kasih sesudah customer melakukan pemesanan.

  • Tombol CTA Berupa Ajakan Share Media Sosial  

Tombol ajakan share konten ke media sosial memiliki dampak yang sangat besar. CTA jenis ini juga sangat tepat sekali diaplikasikan untuk konten afiliasi.

Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda ke media sosial, maka penjualan pun akan berprospek mengalami peningkatan.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan CTA

Ada banyak alasan kenapa CTA sangat penting sekali dalam dunia digital marketing, khususnya afiliasi. Berikut sudah kami rangkum apa saja manfaat dari CTA yang harus para afiliator ketahui:

  • Memberikan keterangan yang jelas bagi para calon pembeli. Dengan begitu calon pembeli tidak akan kebingungan saat berencana untuk berbelanja.
  • CTA akan memastikan konten afiliasi sesuai dengan strategi pemasaran yang telah disusun.
  • Meningkatkan potensi penjualan dan pelanggan. Bahkan CTA juga mampu meningkatkan konversi audiens menjadi pelanggan.
  • Mengarahkan atau menggiring pembaca agar melakukan pembelian.

Ide Konten CTA Terbaik untuk Afiliasi

Konten afiliasi yang dibuat tidak harus selalu berupa penjualan dan penawaran. Alangkah baiknya konten untuk domain yang sudah Anda miliki untuk keperluan afiliasi merupakan konten informatif.

Konten yang Anda buat dan Anda posting juga harus memiliki benefit untuk para pembaca. Berikut kami jelaskan beberapa contoh ide afiliasi terbaik yang bisa Anda coba.

  •  Konten Tutorial

Artikel tutorial merupakan salah satu jenis konten yang banyak dicari. Konten jenis ini juga sangat bagus untuk meningkatkan konversi afiliasi. Ketika audiens membaca konten Anda untuk mencari cara atau solusi tertentu, Anda yang memberikan solusi bisa menawarkan produk di website tersebut.

Untuk menggiring pembaca, silahkan Anda gunakan CTA di akhir paragraf. Giring pembaca untuk membeli produk atau menggunakan layanan. Silahkan Anda taruh link afiliasi di dalam artikel tutorial yang Anda posting.

  • Konten Berjenis Tips dan Trik

Artikel yang menjelaskan seputar tips dan trik juga tidak kalah disenangi oleh audiens atau pembaca. Tips dan trik adalah konten yang ideal untuk melakukan pemasaran melalui afiliasi.

Pilih tips dan trik yang relevan dengan produk yang akan Anda tawarkan. Contohnya untuk penawaran produk sepatu, maka pilihlah tips dan trik seputar sepatu. Misalnya seperti tips merawat sepatu, membedakan sepatu branded yang asli dengan yang palsu, dan lainnya.

  • Konten Artikel Perbandingan

Pembeli terkadang kerap dihadapkan dengan dua atau beberapa pilihan saat ingin membeli suatu barang. Anda bisa membantu para pembeli untuk menentukan produk yang ingin mereka beli melalui sebuah konten.

Baca juga: Contoh Penulisan Daftar Referensi dalam Tugas Anda

Buatlah konten perbandingan produk yang Anda tawarkan dengan produk milik kompetitor.  Review secara jujur kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. Bersikaplah netral meskipun Anda sedang membandingkan produk Anda dengan kompetitor.

  • Konten Testimonial dari Public Figure

Testimoni merupakan salah satu konten yang dapat meningkatkan kepercayaan customer. Terlebih jika testimonial tersebut datang dari seorang public figure seperti influencer, hingga artis-artis ternama.

Buat konten yang berisi sejumlah figur ternama yang menggunakan produk Anda. Tujuan dari konten ini yaitu untuk meningkatkan peluang penjualan yang lebih banyak.

Kesimpulan

Konten yang bagus adalah salah satu kunci sukses keberhasilan afiliasi. Namun tanpa adanya CTA yang mengajak audiens untuk membeli, maka konten yang dibangun akan sia-sia.

Sederhananya, CTA akan membantu mengoptimalkan konten afiliasi Anda menjadi konten penjualan yang efektif. Dengan adanya CTA, maka pembaca akan langsung digiring pada proses pembelian.

Baca juga: Teknik untuk Pembelajaran Online

Bagi Anda yang punya website dari hosting ternama untuk afiliasi, silahkan optimalkan dengan konten afiliasi yang dilengkapi CTA. Tujuannya yaitu untuk menciptakan peluang penjualan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.