Contoh Proposal Kegiatan, Pentas Seni, Kampus, dan Desa

  • Whatsapp
contoh proposal

Contoh Proposal – Bagi mereka yang berkecimpung secara aktif di dalam organisasi tentu tidak asing lagi dengan istilah Proposal. Proposal sangat sering ditemukan di dalam kegiatan kemahasiswaan serta kegiatan-kegiatan yang melibatkan jumlah orang dan kegiatan yang banyak. Proposal merupakan sebuah urain rencana pelaksanaan sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam sebuah organisasi dengan tujuan dan maksud tertentu. Di dalam sebuah proposal tercantum landasan serta latar belakang dari sebuah kegiatan, tujuan serta manfaat dari kegiatan tersebut, uraian pelaksanaan, jadwal kegiatan, susunan kepanitiaan, serta rancangan anggaran pelaksanaan kegiatan. Proposal kegiatan diajukan kepada pihak-pihak tertentu guna mendukung pelaksanaan dari acara atau kegiatan yang akan dilaksanakan baik berupa secara material maupun non material.

BACA JUGA: Contoh Cerita Inspiratif Kesuksesan hingga Percintaan

Bacaan Lainnya

Ada beberapa komponen penting dalam sebuah pembuatan proposal, seperti yang akan ditampilkan pada beberapa contoh proposal di bawah ini. Berikut adalah komponen utama dari sebuah proposal, khususnya proposal kegiatan.

Bagian-bagian proposal :

  1. Lembar Pengesahan(Lembar keterangan singkat kegiatan yang disahkan oleh ketua dan pembina organisasi terkait)
  2. Nama Kegiatan
  3. Tema Kegiatan
  4. Latar Belakang Kegiatan
  5. Tujuan Kegiatan
  6. Dasar Pemikiran atau Landasan Kegiatan
  7. Jenis Kegiatan (Rangkuman Kegiatan beserta penjelasan singkat dan padat)
  8. Jadwal Kegiatan (Kalender Kegiatan )
  9. Penyelenggara (Susunan Kepanitiaan)
  10. Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Kegiatan
  11. Dokumentasi Kegiatan (Bila kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin, maka sangat penting menunjukan dokumentasi kegiatan sebelumnya guna menarik minat serta antusiasme lembaga atau perusahaan dalam ikut memberikan dukungannya).
  12. Penutup

Nah poin-poin diatas merupakan bagian penting dari sebuah proposal kegiatan khususnya yang diajukan ke lembanga-lembaga formal dan non-formal dalam penggalangan dukungan demi keberlangsungan kegiatan. Dalam beberbagai situasi, proposal dapat berbentuk grafis dengan desain dan layout sedemikian rupa untuk menarik minat lembaga atau sebuah perusahaan dalam ikut serta memberikan dukungannya. Nah berikut di bawah ini adalah beberapa contoh proposal yang dapat kalian gunakan sebagai referensi dalam membuat sebuah proposal. Simak beberapa contoh proposal di bawah ini.

Contoh Proposal Kegiatan

Dalam melakukan kegiatan khususnya dalam ruang lingkup organisasi baik di sekolah, kampus, kantor, bahkan desa sekalipun, tentu harus memiliki sebuah perencanaan. Nah proposal adalah salah satu dari bagian perencanaan yang akan mengarahkan bagaimana nantinya sebuah kegiatan itu berlangsung baik dari segi administrasi hingga pembiayaan.  Nah berikut ini adalah contoh proposal dari suatu kegiatan. Simak contoh proposal kegiatan berikut ini.

PENGESAHAN

Nama Kegiatan  : Social Night Tahun 2018

Ketua Panitia     : Rara Ayuningtyas

Anggota              : Mahasiswa Semester 2, 4, 6, dan 8

Biaya                   : (Terlampir)

                                                                                                Malang, 19 Februari 2018

Ketua Jurusan,                                                                         Ketua Himpunan,

Dr. Abdul Martatilaar, S.Pd., M.Pd.                                       Moh. Tirta Husein

NIP 198245628782001                                                           NIM 1512031181

PROPOSAL KEGIATAN

SOCIAL NIGHT

TAHUN 2018

  1. NAMA KEGIATAN

Social Night Tahun 2018

2. TEMA UMUM

“The Spirit of the Almighty Archipelago”

3. LATAR BELAKANG

               Mahasiswa sebagai peserta didik menjalankan kewajibannya untuk menuntut ilmu terkait dengan jurusan yang ditekuni. Kegiatan tersebut dinamakan dengan kewajiban akademik. Disamping itu ada kewajiban lain yang bersifat non akademik yang mahasiswa harus jalankan sebagai bagian dari warga dari sebuah kampus. Layaknya warga masyarakat tentu terorganizir dalam satu kesatuan organisai yang nantinya memfasilitasi kebutuhan kegiatan akademik dan non akademik. Organisasi juga merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk kemudian melatih keterampilan yang tidak ditemukan di dalam kelas dalam proses pembelajaran.

               Dalam berbagai proses organisasi, mahasiswa dilatih untuk lebih mendalami istilah soft skills. Istilah ini mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan yang tidak secara langsung di dapatkan di dalam ruang kelas. Soft skills mengacu pada tanggung jawab, tepat waktu, percaya diri, kepemimpinan, dan lain sebagainya yang mengacu pada kepribadian seseorang. Nah melalui organisasilah hal-hal seperti ini ditempa dan dilatih sehingga kemudian menjadi sebuah kebiasaan dan keterampilan yang melekat pada seorang mahasiswa.

               Organisasi mahasiswa tersebar hingga ke satuan terkecil daripada sebuah kampus yaitu jurusan. Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia adalah salah satu dari berbagai organisasi yang ada di Kampus Universitas Negeri Malang. Keberadaan himpunan ini tentu merupakan sebuah wujud dari persatuan dari mahasiswa dan mahasiwa di Jurusan Bahasa Indonesia. Dalam rangka menyambut dan merayakan hari jadi Jurusan Bahasa Indonesia yang berlangsung pada April mendatang, himpunan akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, dan salah satu dari kegiatan tersebut adalah Sosial Night.

               Sosial Night merupakan sebuah event konser sosial yang diselenggarakan sebagai puncak acara perayaan ulang tahun jurusan. Acara ini merupakan acara puncak ulang tahun yang sekaligus merupakan acara penggalian dana untuk kegiatan amal setelah event sukses terlaksana. Dalam kegiatan ini, ada beberapa pengisi acara baik dari internal jurusan serta bintang tamu yang meramaikan acara. Harapan dari acara ini adalah dapat terkumpul sejumlah dana dari hasil penjualan tiket konser yang kemudian akan disumbangkan sesuai dengan tujuan amal yang sudah disetujui bersama.

               Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu wahana untuk miningkatkan soft skill mahasiswa hingga solidaritas dan kekompakan dari organisasi dan mahasiswa di lingkungan jurusan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah dalam menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dan pengembangan soft skill itu sendiri. Dukungan semua pihak baik dari internal jurusan serta eksternal sangat dibutuhkan guna kelancaran acara secara keseluruhan.

4. TUJUAN

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Social Night Tahun 2018 antara lain:

  1. Meningkatkan kekeluargaan dan solidaritas dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia
  2. Memberikan wadah pembelajaran dan pengembangan diri kepada mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia
  3. Memberikan wadah penyaluran minat dan bakat untuk mahasiswa, siswa, dan guru yang nantinya akan terlibat di dalam kegiatan ini.
  4. Menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat.
  5. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa agar nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
  6. Menumbuhkan kreativitas mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia
  7. Memperkenalkan Jurusan Bahasa Indonesia kepada masyarakat.

5. DASAR PEMIKIRAN

  • Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2017/2018

    6. JENIS KEGIATAN

Adapun kegiatan Social Night 2018 yaitu sebagai berikut:

  • Social Night
  • Tema acara

Charity under the Moonlight”

  • Bentuk Kegiatan

Social Night merupakan puncak dari serangkaian acara dalam perayaan hari ulang tahun Jurusan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen yang ada di lingkungan Jurusan Bahasa Indonesia serta Kampus Universitas Negeri Malang. Pada kesempatan ini juga kami akan mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Sosial Kota Malang untuk turut hadir menyaksikan acara puncak hari jadinya Jurusan Bahasa Indonesia. Dalam acara Sosial Night akan ditampilkan beberapa kreasi mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia  yaitu tari kontemporer, pertunjukan kolaborasi  mahasiswa, serta penampilan perwakilan dosen. Dalam rangka memeriahkan acara ini, kami juga akan mengundang bintang tamu untuk menarik minat masyarakat luar untuk datang dan meramaikan konser amal ini. Bintang tamu tersebut diantaranya Tulus, Danilla Riyadi, serta Fiersa Besari. Beberapa solois tersebut akan kami tampilkan guna memeriahkan kegiatan konser amal yang juga merupakan puncak acara dari ulang tahun Jurusan Bahasa Indonesia

  • Pengisi Acara

Dalam memeriahkan acara ini diestimasikan akan ada lebih dari 1000 orang yang akan datang. Unsur tersebut datang dari jumlah mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia, staff pegawai jurusan hingga fakultas, pejabat jurusan, dekanat, dan rektorat, undangan pihak luar baik pejabat kota Malang, sponsor acara, komunitas sosial, serta masyarakat luar dari sekitar kota Malang. Selain itu akan ada partisipan aktif dari para pengisi acara Sosial Night yaitu dari bintang tau serta crew yang bertugas.

  • Penonton

Acara ini terbuka untuk umum. Panitia mengestimasikan akan ada lebih dari 1000 orang yang akan datang menontonacara ini karena mengingat bintang tamu yang diundang datang dari berbagai kalangan dengan jejaring fans yang berbeda-beda. Dengan ini harapannya akan mampu mengumpulkan jumlah masa yang besar dan tentunya juga akan menambah hasil dari konser amal itu sendiri.

7. WAKTU PELAKSANAAN ACARA

Minggu, 29 Maret 2018

8. PENYELENGGARA

               Penyelenggara kegiatan ini adalah mahasiswa dari lintas semester yang bekerja besama-sama dalam satu kesatuan kepanitian yang terbagi-bagi dalam beberapa bagian sie yang bekerja dengan tugas khusus dan pekerjaan yang spesifik.  

9. SUSUNAN PANITIA

Penanggung Jawab                           : Moh. Tirta Husein

Ketua Panitia                                    : Rara Ayuningtyas

Wakil Ketua                                     : Jimmy Marta

Sekretaris                                          : Ayuning Mahima

Bendahara                                        : Prabaningrum

Sie Kerohanian                                 : Nike Ayu Mas

Sie Acara                                          : Joe Prapta

Sie Kesekretariatan                          : Inggit Mutiara

Sie Perlengkapan dan Dekorasi       : Prasta Prawira

Sie Transportasi                                : Pamungkas Dewa

Sie Tempat dan Keamanan              : Abdul Gofar

Sie Konsumsi                                   : Merry Hartani

Sie Penggalian Dana                        : Gina Mas Permata

Sie Publikasi & Dokumentasi          : Angga Mas

 (Detail panitia terlampir)

10. RANCANGAN ANGGARAN BIAYA

Total anggaran dana yang dibutuhkan dalam penyelenggaran acara Sosial Night adalah 250.340.000 yang terbagi dalam beberapa pos keuangan dan dirinci sebagai berikut terlampir pada bagian akhir proposal ini.

11. PENUTUP

               Demikian proposal kegiatan Sosial Night  ini dibuat dan untuk diajukan. Besar harapan kami Bapak/Ibu dapat ikut berpartisipasi dan mendukung bersama kelangsungan acara konser amal ini. Kami berharap dukungan dari semua pihak sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik dan kemudian dapat bermanfaat untuk semua sumber daya manusia yang terlibat dalam penyelenggaran acara ini. Demikian proposal ini kami sampaikan, sekian dan terima kasih.

Malang, 19 Februari 2018

Ketua Panitia,                                                                          Sekretaris ,

Rara Ayuningtyas                                                                   Ayuning Mahima

NIM 1325162718                                                                   NIM 1345678766

                                                            Mengetahui

Ketua Jurusan,                                                                         Ketua Himpunan,

Dr. Abdul Martatilaar, S.Pd., M.Pd.                                       Moh. Tirta Husein

NIP 198245628782001                                                           NIM 1512031181

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Nah berikut di bawah ini adalah contoh proposal kegiatan sekolah. Simak contoh proposal berikut ini.

A. Judul Proposal

Proposal Malam Budaya SMA Tunas Bangsa dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional

B. Latar Belakang

Salah satu ajang berkreatifitas bagi kalangan siswa-siswi SMA adalah pentas seni. Selain berkarya di bidang akademik, potensi siswa-siswi di bidang non akademik harus diberikan wadah untuk mereka berkarya. Melalui pentas seni, siswa-siswi dapat menyalurkan imajinasi mereka dan menuangkannya kedalam sebuah karya berupa sebuah pertunjukan. Pentas seni ini juga sebuah upaya untuk menyeimbangkan aktivitas-aktivitas yang ada di sekolah.

Maka dari itu, kami dari pihak Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Tunas Bangsa bersama dengan Majelis Perwakilan Kelas berencana menggelar pentas seni sebagai ajang penyaluran bakat siswa dan siswi SMA Tunas Bangsa. Pentas seni yang digelar ini juga dalam rangka menyambut hari Pendidikan Nasional. Pentas seni yang bertajuk Malam Budaya ini akan diselenggarakan pada 30 April 2018 dan mengambil tempat di Pangguang Terbuka SMA Tunas Bangsa. Dalam serangkaian acara Malam Budaya ini akan diselenggarakan pameran pendidikan yang berisikan karya-karya di bidang akademik dan non akademik dari siswa-siswi SMA Tunas Bangsa.

C. Tema Kegiatan

Pada kegiatan pentas seni ini, kami selaku panitia kegiatan Malam Budaya ini mengambil tema “Pendidikan Berbudaya dan Berjiwa Muda”. Melalui tema ini kami ingin memberikan pandanga pada siswa-siswi serta masyarakat luas bahwa pendidikan tidak semata-mata urusan akademis yang haya terbatas pada urusan angka-anga. Namun pendidikan adalah sebuah budaya yang khususnya kita anak muda, tentu berjiwa muda untuk meraih cita-cita dan harapan di masa depan.

D. Jenis Kegiatan

Dalam acara Malam Budaya akan diadakan serangkaian acara yang berlangsung selama sehari penuh. Acara dibagi menjadi dua paruh. Paruh siang hingga sore, dna paruh sore hingga malam. Pada paruh siang hingga sore, akan berlangsung acara donor darah serta pameran pendidikan dengan pemajangan karya-karya siswa-siswi SMA Tunas Bangsa. Acara paruh sore hingga malam dilanjutkan dengan Malam Budaya yang dimeriahkan dengan pementasan karya-karya seni siswa-siswi SMA Tunas Bangsa yang berupa Teater Musikal, Sendra Tari, Drama Kolosal, Pertunjukan Sulap, Stand Up Comedy, Modern Dance, serta penampilan band siswa serta guru SMA Tunas Bangsa.

E. Peserta

Kegiatan ini adalah kegiatan internal dari SMA Tunas Bangsa, sehingga peserta dari kegiatan ini adalah seluruh warga sekolah SMA Tunas Bangsa yang terdiri dari seluruh siswa kelas X, XI, XII, guru, dan pegawai SMA Tunas Bangsa.

F. Waktu dan Tempat

Hari /Tanggal                 : Senin, 30 April 2018

Pukul                              : 11.00 – 16.00

Tempat                           : Aula Gedung SMA Tunas Bangsa

Hari /Tanggal                 : Senin, 30 April 2018

Pukul                              : 17.00 – 21.00

Tempat                           : Panggung Terbuka SMA Tunas Bangsa

G. Susunan Panitia

Pelindung                           : Drs. Johan Mulyawan, M.Pd. (Kepala SMA Tunas Bangsa)

Pembina                             : Bambang Gerlad, S.Pd., M.Pd. (Pembina OSIS)

Penanggung Jawab         : Joe Tan Tra (Ketua OSIS)

Ketua Panitia                     : Ben Suprapta

Sekretaris                          : Nenen Ainur

Bendahara                         : Ihsan Widi

Sie Malam Budaya           : Wahidin

Sie Pameran                      : Wika Salim

Sie Dokumentasi              : Merry Siskayani

Sie Perlengkapan            : Gamal Bintang Perkasa

Sie Humas                        : Maria el Galeiel

Sie Keamanan                  : Markus S Muhtar

H. Anggaran Dana

Daftar Anggaran Biaya

  1. Penyewaan Panggung dan Tata Cahaya                                 : Rp. 5.000.000
  2. Penyewaan Alat Musik                                                                : Rp. 2.000.000
  3. Konsumsi                                                                                     : Rp. 2.500.000
  4. Perlengkapan                                                                               : Rp. 500.000
  5. Dokumentasi                                                                                : Rp. 300.000
  6. Lain-lain                                                                                        : Rp. 500.000

Total                                                                                                    : Rp. 10.800.000

I. Penutup

Demikian proposal ini dibuat untuk dapat di ajukan. Besar harapan kami dengan adanya dukungan dari berbagai pihak dapat kemudian melancarkan kegiatan ini. Terima kasih

Jakarta, 1 April 2018

Ketua Panitia,                                                                          Sekretaris ,

Ben Suprapta                                                                          Nenen Ainun

                                                            Mengetahui

Pembina OSIS,                                                                        

Bambang Gerlad, S.Pd., M.Pd.

NIP. 1986120345200087602                          

Proposal Kegiatan Pdf

Nah berikut di bawah ini adalah contoh proposal kegiatan dalam bentuk pdf. Download contoh proposal  pdf berikut ini.

Proposal Kegiatan Desa

Nah berikut di bawah ini adalah contoh proposal desa. Simak contoh proposal berikut ini.

A. Judul proposal

Proposal Kegiatan Pekan Olah Raga Desa (PORDES) Desa Kayu Mekar Tahun 2018

B. Latar Belakang

Menjaga kesehatan tentu adalah hal yang sangat penting dilakukan bagi semua orang tanpa terkecuali. Kesehatan juga merupakan salah satu tolak ukur dari kesejahteraan manusia. Selain tingkat gizi yang cukup, semua manusia berhak atas pelayanan kesehatan yang memadai. Tingginya angka kematian serta memburuknya kualitas kesehatan tentu menjadi sebuah permasalahan yang penting untuk didiskusikan bersama. Karena mengingat bahwa kesehatan tidak hanya tentang mengobati namun tentang gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing. Kesehatan tidak mampu dibeli, namun kesehatan hanya mampu dipelihara.

Selain makan makanan yang bergizi, menyeimbangkan dengan olahraga yang cukup tentu sangat disarankan. Setiap hari manusia dituntut untuk berjalan selama 30 menit guna meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh. Selain itu, berjalan selama 30 menit dapat mengaktifkan organ-organ tubuh secara bertahap saat melakukan aktivitas berjalan kaki. Selain itu, melakukan beberapa olah raga sangat dianjurkan. Ada berbagai cabang atau jenis olah raga yang dapat dilakukan. Baik olahraga bola besar, bola kecil, dan lain sebagainya, sangat baik dilakukan.

Sebagai salah satu desa yang sangat peduli dengan olah raga, baik dalam perihal sarana dan prasarana, tentu ajang pekan olah raga adalah salah satu ajang yang paling ditunggu dan bergengsi. Mengingat antusisme warga Desa Kayu Mekar yang begitu besar akan kecintaanya dengan olah raga. Kami selaku panitia Pekan Olah Raga Desa Kayu Mekar bermaksud mengadakan Pekan Olah Raga Desa Kayu Mekar pada bulan Juni mendatang.

Sesuai dengan salah satu program desa dalam rangka mewujudkan insan-insan yang sehat dan enerjik, Pekan Olah Raga dilaksanakan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan dan kekompakan dari atlet-atlet perwakilan masing-masing RT. Desa melalui panitia PORDES Kayu Mekar akan memfasilitasi dari segi penyelenggaran acara dengan bersinergi dengan pihak-pihak tertentu guna mendukung kelancaran acara ini.

C. Tema

Pada PORDES Tahun 2018 kali ini mengambil tema Warga Sehat, Desa Sehat. Dengan tema ini diharapkan kegiatan PORDES mampu menyadarkan masyarakat desa Kayu Mekar akan pentingnya memelihara kesehatan dengan terus berolah raga.

D. Sasaran 

Kegiatan ini menyasar seluruh warga Desa Kayu Mekar baik yang menjadi perwakilan atlet setiap RT dan non atlet yang juga bisa ikut serta memeriahkan kegiatan PORDES yang akan berlangsung selama 1 minggu.

E. Waktu dan tempat

Kegiatan PORDES akan diselenggarakan selama 1 minggu berturut-turut dan dilaksanakan di beberapa tempat berbeda sesuai dengan cabang olah raga serta kegiatan yang dilaksanakan. Waktu dan tempat sebagai berikut.

Hari, tanggal       : Sabtu – Minggu, 12 – 20 April 2019

Pukul                   : 09.00 – selesai

Tempat                : Lapangan Terbuka, Aula Desa, serta Gedung Olah Raga Desa Kayu Mekar

F. Acara 

Adapun acara yang akan dilaksanakan dalam PORDES Kayu Mekar Tahun 2018 adalah sebagai berikut.

  1. Kompetisi Bola Besar meliputi Sepak Bola dan Bola Voli
  2. Kompetisi Bola Kecil meliputi Bulu Tangkis dan Tenis Meja
  3. Kompetisi Individu meliputi jalan cepat, lari jarak pendek, lari marathon, loncat jauh
  4. Kompetisi Beregu meliputi tarik tambang
  5. Kompetisi Senang-Senang meliputi lempar guling, balap karung,
  6. Pameran Makanan dan Produk Tradisional Desa Kayu Mekar
  7. Gelar Senin Desa Kayu Mekar

G. Penyelenggara

Kegiatan ini diselenggarakan oleh perangkat desa dibantu dengan batuan deleggasi dari masing-masing RT.

H. Biaya Kegiatan

Seluruh biaya dari kegiatan PORDES Desa Kayu Mekar Tahun 2018 ini diserahkan pada Desa Kayu Mekar.

I. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai mestinya. Terima kasih

Desa Kayu Mekar, 19 Maret 2018

Ketua Panitia,                                                                          Sekretaris ,

Jimi Simatupang                                                                      Arini Mahesa Suci

                                                            Mengetahui,

                                  Kepala Badan Musyawarah Desa Kayu Mekar            

                                                           

Moh. Haris Subandono

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Pdf

Nah berikut di bawah ini adalah contoh proposal kegiatan sekolah pdf. Download contoh proposal pdf berikut ini.            

Proposal Kegiatan Kampus

Nah berikut di bawah ini adalah contoh proposal kegiatan kampus. Simak contoh proposal berikut ini.

HALAMAN PENGESAHAN

Judul Kegiatan          : Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Jurusan Bahasa

                                      Indonesia Tahun 2015

Data Ketua Panitia   :          

Nama                           : Jamal Komarudin

Jenis Kelamin              : Laki-laki

Jabatan                                    : Wakil Ketua HMJ Bahasa Indonesia

Jurusan                        : Jurusan Bahasa Indonesia

Fakultas                       : Fakultas Bahasa

Universitas                  : Universitas Negeri Malang

Telepon/email             : 085 xxx xxx xxx/[email protected]

Anggota                      : 40

Waktu Pelaksanaan     : Kamis, 11 Agustus 2015

Biaya yang diajukan   : Rp 4.750.000,00.

RINGKASAN

Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia mengadakan kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2015 pada Kamis, 11 Agustus 2015. Waktu pelaksanaan yaitu pukul 07.00 – 17.30 WITA yang bertempat di Aula Fakultas Bahasa. Peserta pada kegiatan OKK Jurusan ini adalah mahasiswa baru Jurusan Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2015/2016. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan OKK Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2015 ini, yaitu: melaksanakan program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Masa Bakti 2015/2016 dan sebagai kegiatan pengenalan secara umum terhadap lingkungan Jurusan Bahasa Indonesia. Biaya yang diajukan pada proposal ini sejumlah Rp 4.750.000,00.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan Proposal Kegiatan “Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2015” tepat pada waktunya.

Tujuan penulisan proposal ini ialah sebagai bentuk permohonan dana untuk pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh panitia pelaksana OKK Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2015. Dalam proposal ini terdapat rincian kegiatan. Lampiran-lampiran sebagai pendukung dalam proposal ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan.

            Pada kesempatan ini, kami selaku panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan proposal ini. Penyusunan proposal ini tentu masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang konstruktif sangat dibutuhkan pada kegiatan di tahun berikutnya.

            Demikian proposal yang kami susun, kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyusunan proposal ini. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Malang, 1 Juli 2015

Panitia Pelaksana

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Salah satu pilar penting dalam kehidupan manusia adalah pendidikan. Tanpa pendidikan, seseorang tak akan bisa benar-benar mengelola kehidupan dengan lebih baik, walau beberapa diantaranya berhasil. Pendidikan adalah sebuah fondasi kehidupan paling mendasar yang harus didapatkan manusia. Pendidikan mampu membuat orang menjadi orang-orang yang lebih baik dan berguna bagi lingkungannya. Dengan adanya pendidikan, manusia menjadi semakin lebih beradab dan bahkan terus berinovasi untukkehidupan yang lebih baik dan memudahkan segala hal yang mereka butuhkan adalam kehidupan sehari-hari.

Dari zaman ke zaman, pendidikan terus berkembang. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, pendidikan juga berubah dan berusaha mengimbangi teknologi yang berkembang pesat. Teknologi tanpa pendidikan tentu akan menjadi hal yang berbahaya. Kebermanfaatan tentu akan menjadi sebuah bencana jika tidka benar-benar dikelola dengan baik dengan adanya pendidikan dan orang-orang terdidik.

Ada berbagai lembaga pendidikan yang dapat ditemui baik dari sejak kecil hingga tumbuh besar. Salah satu lembaga pendidikan yang sangat berpengaruh pada pola pikir manusia kedepan adalah perguruan tinggi. Perguruan tinggi memberikan kebebasan berpendapat dan berpikir yang sangat luas. Tentu ini berbeda dengan lembaga pendidikan yang di bawahnya yang masih berpatokkan pada kurikulum dan capaian hasil tertentu. Perguruan tinggi hadir berbeda dan memberikan sebuah keleluasaan untuk melakukan ekperimen dan dengan hal-hal yang lebih kompleks.

Dengan adanya hal tersebut tentu output dari oerguruan tinggi akan berbeda dengan output lembaga pendidikan sebelumnya. Perguruan tinggi mencetak sarjana yang memiliki keahlian dan bertanggung jawab atas keahlian yang ia miliki dengan melakukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian baik selama dan setelah menuntut ilmu. Seorang sarjana yang siap dengan segala keadaan di lapangan yang akan membernturkannya pada kejadian-kejadian tertentu.

Memasuki dunia perguruan tinggi tentu bukan hal yang mudah bagi semua orang. Ada berbagai usaha dan daya yang dilakukan sehingga mampu menginjakan kampus di sebuah kampus perguruan tinggi. Pentingnya mengharga setiap proses pembentukan diri saat menjalani masa-masa perkuliahan tentu akan sangat berguna di masa depan. Menyiapkan mahasiswa yang siap menjalani kehidupan kampus yang jauh berbeda dengan lembaga pendidikan sebelumnya tentu sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebuah kampus melalui perpanjangan tanganya di kemahasiswaan serta organisasi yang menaunginya.

Pada setiap pergantian tahun, ada ribuan mahasiwa yang siap bertempur di bangku perkuliahan. Melalui kesempatan ini juga dilakukan upaya-upaya untuk menyiapkan mahasiswa agar siap mengarungi perjalanan yang penuh tantangan. Dengan adanya kegiatan orientasi yang cukup dalam memperkenalkan dunia kampus secara singkat dan jelas akan sangat membantu mahasiswa lebih mudah memahami kehidupan kampus. Serta ini akan memudahkan proses adaptasi yang menyeluruh di semua kalangan mahasiswa baru.

Maka dari itu penting bagi kita semua untuk membuat kegiatan ini ada pada setiap penerimaan mahasiswa baru. Memberikan kesempatan untuk adaptasi dengan lingkungan yang bersahabat dengan acara yang menarik dan bermanfaat tentu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan guna percepata adaptasi calon mahasiswa baru.

  1. Tujuan

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2015 ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk melaksanakan program kerja Bidang I Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Masa Bakti 2015/2016.
  2. Untuk memperkenalkan Jurusan Bahasa Indonesia kepada Mahasiswa Baru Jurusan Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2015/2016.
  3. Untuk memberikan pemahaman mengenai kehidupan kampus yang sebenarnya, khususnya di lingkungan Jurusan Bahasa Indonesia.
  4. Untuk mempercepat dan mempermudah proses adaptasi tehadap kehidupan kampus serta memahami konsep belajar mandiri di perguruan tinggi.
  1. Hasil yang Diharapkan

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Baru dapat mengetahui kondisi dan situasi lingkungan jurusan secara umum.
  2. Mahasiswa Baru bisa beradaptasi dengan lingkungan baru di perguruan tinggi dalam kegiatan perkuliahan maupun kehidupan sosial di lingkungan jurusan.
  3. Mahasiswa Baru dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan yang ada di jurusan.

BAB II
DESKRIPSI KEGIATAN

2.1 Paparan Kegiatan

Kegiatan OKK Jurusan Bahasa Indonesia tahun 2015 ini berupa kegiatan pengenalan Jurusan Bahasa Indonesia secara umum melalui acara kuliah umum jurusan, diikuti dengan pengenalan struktur jurusan, dosen pengajar, dan organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan jurusan yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Indonesia.

2.2 Rencana Kegiatan

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak di lingkungan jurusan maupun universitas. Kegiatan ini dibagi menjadi dua paruh. Paruh pertama yaitu dipagi hari diisi dengan sambutan serta pengenalan staff jurusan dan staff dosen oleh Ketua Jurusan Bahasa Indonesia. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi program karya tulis wajib mahasiswa yang berhadiah pendanaan dari Dikti. Acara dihenikan sementara siang hari untuk keperluan istirahat. Paruh kedua dilanjutkan pada sore hari dengan secara penuh diisi dengan berbagai kegiatan menarik dari Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia.

2.3 Peserta

            Adapun peserta kegiatan OKK Jurusan Bahasa Indonesia Tahun 2015 adalah Mahasiswa Baru Jurusan Bahasa Indonesia sebanyak 176 orang.

2.4 Waktu dan Pelaksanaan

hari, tanggal  : Kamis, 11 Agustus 2015

waktu             : 07.00 – 17.30 WITA

tempat           : Aula Fakultas Bahasa

acara              : Orientasi Kehidupan Kampus Jurusan Bahasa Indonesia

BAB III

RANCANGAN ANGGARAN BIAYA OKK JURUSAN

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN BAHASA INDONESIA

TAHUN 2015

SIE ACARA

No.Nama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1Print  Susunan AcaraRp 200,00120 Lembar (Rangkap 60)Rp 24.000,00
2Print Rundown AcaraRp 200,00240 Lembar (Rangkap 60)Rp 48.000,00
3MapRp 1.500,003 BuahRp 4.500,00
TOTALRp 66.500,00

SIE KESEKRETARIATAN

NoNama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1Print Copy Presensi PanitiaRp 200,0050Rp 10.000,00
2Print Copy Presensi Mahasiswa BaruRp 200,0020Rp 4.000,00
3Print Copy Presensi UndanganRp 200,008Rp 1.600,00
5Print Surat UndanganRp 200,0050 LembarRp 10.000,00
6Print Surat Peminjaman Tempat dan AlatRp 200,0015 LembarRp 3.000,00
4Print Piagam PanitiaRp 4.000,0065Rp 260.000,00
5Kertas PiagamRp 35.000,001 RimRp 35.000,00
6NametagRp 1.000,0030Rp 3.000,00
7Print Nametag PanitiaRp 200,0010Rp 2.000,00
8Print ProposalRp 20.000,001Rp 20.000,00
9Jilid KertasRp 8.000,001Rp 8.000,00
10Jilid PlastikRp 3000,001Rp 3.000,00
TOTALRp 359.600,00

SIE PUBDEKDOK

NONama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1Spanduk 4×2 cmRp 400.000,001 BuahRp 400.000,00
TOTALRp 400.000,00

SIE HUMAS

NoNama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1PulsaRp 10.000,0015 KaliRp 150.000,00
TOTALRp 150.000,00

SIE KONSUMSI

No.Nama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1.Snack KotakRp 5.000,0057 KotakRp 285.000,00
2.Snack BungkusRp 3.500,00100 BungkusRp 350.000,00
3.Aqua gelasRp 25.000,001 DusRp 25.000,00
4.Air Mineral GelasRp 18.000,003 DusRp 54.000,00
5.Nasi BungkusRp 7.000,00250 BungkusRp 1.750.000,00
  TOTALRp 2.464.000,00

SIE KEROHANIAN

NONama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1Canang (7x Rapat)Rp 5000,007 BunkusRp 35.000,00
2PermenRp 8.000,001 BungkusRp 8.000,00
3DupaRp 25.000,001 BungkusRp 25.000,00
4Korek GasRp 6.000,001 BuahRp 6.000,00
5Banten PejatiRp 210.000,002 PaketRp 420.000,00
6BungaRp 6.000,001 BungkusRp 6.000,00
TOTALRp 500.000,00
NoJenis BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1Baterai MICRp 7.000,005 BuahRp 35.000,00
2Isolasi BesarRp 10.000,002 BuahRp 20.000,00
3Isolasi KecilRp 5.000,002 BuahRp 10.000,00
4Double TipRp 5.00,002 BuahRp 10.000,00
5Tali RafiaRp 2.000,003 BungkusRp 6.000,00
6Jam DindingRp 50.000,001 BuahRp 50.000,00
TOTALRp 131.000,00

SIE PERLENGKAPAN

SIE PERTOLONGAN PERTAMA

NoNama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1“Promag” TabletRp 8.000,002 StripRp 16.000,00
2Balsem “Lang” 20 grRp 13.000,001 BuahRp 13.000,00
3“Mylanta Lio” 50 mlRp 12.000,001 BuahRp 12.000,00
4“Counterpain” CR 30Rp 23.000,001 BuahRp 23.000,00
5“Neo Entrostop” TabRp 7.000,002 BuahRp 14.000,00
6“Bodrex” TabRp 7.000,002 BuahRp 14.000,00
7“Paracetamol” IF 50Rp 4.000,002 BuahRp 8.000,00
8“Hansaplas”Rp 16.000,001 PackRp 16.000,00
9Minyak Telon “Cap Lang”Rp 17.000,002 BuahRp 34.000,00
10Air Mineral GelasRp 25.000,001 DusRp 25.000,00
11PembalutRp 10.000,001 BungkusRp 10.000,00
12Biaya Perawatan Tabung OksigenRp 50.000,001 KaliRp 50.000,00
13Biaya Bantuan KSR PMIRp 100.000,001 KaliRp 100.000,00
TOTALRp 335.000,00

SIE KEDISIPLINAN

No.Nama BarangHarga SatuanJumlahTotal Biaya
1GuntingRp 8.600,001Rp 8.600,00
2Penggaris CharctRp 12.500,001Rp 12.500,00
3Gillete “Razor Goal Yellow”Rp 6.500,002Rp 13.000,00
4LepriRp 1.500,007Rp 10.500,00
5Kalung NametagRp 3.000,007Rp 21.500,00
TOTALRp 66.100,00
NAMA SIEJUMLAH PENGELUARAN
SIE ACARARp 66.500,00
SIE KESEKRETARIATANRp 359.600,00
SIE PUBDEKDOKRp 400.000,00
SIE HUMASRp 150.000,00
SIE KONSUMSIRp 2.464.000,00
SIE KEROHANIANRp 500.000,00
SIE PERLENGKAPANRp 531.000,00
SIE PERTOLONGAN PERTAMARp 335.000,00
SIE KEDISIPLINANRp 66.100,00
TOTAL KESELURUHANRp 4.750.000,00

BAB VI

PENUTUP

            Penyusunan proposal ini tentu masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang konstruktif sangat dibutuhkan pada kegiatan di tahun berikutnya.   

            Demikian proposal yang kami buat untuk kami ajukan. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Kalian mau bikin pentas seni? Tapi dana sekolah gak banyak, wah kalau gitu coba aja buat proposal dan ajukan ke pihak-pihak tertentu yang bisa memberi kalian bantuan atau sponsorship ke acara kalian. Nah berikut di bawah ini adalah contoh proposal kegiatan pentas seni yang bisa kalian gunakan. Simak contoh proposal berikut ini.

A. Judul Proposal

Proposal Kegiatan Malam Gelar Seni SMA Bina Bangsa 2018

B. Latar Belakang

Potensi akademik tentu merupakan sebuah potensi yang selalu ada di dalam sebuah lingkup lingkungan sekolah. Begitu pula halnya dengan potensi non akademik, ini juga memiliki posisi yang sama di dalam ruang lingkup lingkungan sekolah. Siswa yang datang ke sekolah memiliki minat, bakat, dan tentunya potensi yang berbeda satu dengan lainnya. Dalam rangka memfasilitasi salah satu potensi khususnya potensi non akademik perlu adanya sebuah media untuk berkreasi. Ini penting untuk mewadahi kreativitas serta potensi non akademik agar tidak bergerak keluar arah atau bahkan mengarah pada hal-hal yang kurang baik.

Berkaitan dengan hal tersebut dan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Sekolah menengah Atas (SMA) Bina Bangsa, maka dari itu kami dari pihak Organisasi Mahasiswa Intra Sekolah (OSIS) berserta dengan Majelis Permusyawarahan Kelas (MPK) menginisiasi sebuah kegiatan yaitu Malam Gelar Senin SMA Bina Bangsa Tahun 2018. Kerinduan siswa akan kegiatan berkesenian merupakan salah satu landasan guna menjawab aspirasi siswa. Maka dari itu penting bawasannya menyambu baik niat dan potensi siswa dan mewadahinya ke dalam sebuah maha karya yang bernama Malam Gelar Seni.

C. Tema

Acara Malam Gelas Seni SMA Bina Bangsa Tahun 2018 ini mengambil tema “Gemah Ripah Manusa”. Ini merupakan sebuah apresiasi bagaimana majemuknya manusia beserta ide-idenya yang harus diwadahi dan menjadi sebuah pesona yang indah untuk dinikmati bersama-sama.

D. Rangkaian Kegiatan

Dalam acara Malam Gelas Seni SMA Bina Bangsa Tahun 2018 akan disuguhkan dengan beberapa penampil terbaik dari SMS Bina Bangsa yang dikemas dalam beberapa segmen yaitu:

  1. Tari Kolosal
  2. Drama Musikal
  3. Tari Kontemporer
  4. Drama Kolosal
  5. Stand Up Comedy
  6. Band Performances

E. Peserta

Adapun peserta dari kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas X,XI, dan XII serta seluruh warga sekolah SMA Bina Bangsa.

F. Waktu dan Tempat

Hari /Tanggal                 : Jumat, 2 Februari 2018

Pukul                              : 17.00 – 22.00

Tempat                           : Panggung Terbuka SMA Bina Bangsa

G. Susunan Panitia

Pelindung                           : Drs. Ibrahim Samad, M.Pd. (Kepala SMA Tunas Bangsa)

Pembina                             : Joni Simatupang, S.Pd., M.Pd. (Pembina OSIS)

Penanggung Jawab         : Pradana Miasa (Ketua OSIS)

Ketua Panitia                     : Henky Widodo

Sekretaris                          : Aisyah Subandono

Bendahara                         : Merry Rosa

Sie Acara                           : Jonathan Waluyo

Sie Dokumentasi              : Tere Putri

Sie Perlengkapan            : Denis Sihombing

Sie Humas                        : Bery Mahamadi

Sie Keamanan                  : Jonny Deep Sukamulyo

H. Anggaran Dana

Daftar Anggaran Biaya

  1. Penyewaan Panggung dan Tata Cahaya                                : Rp. 5.000.000
  2. Penyewaan Alat Musik                                                                : Rp. 2.000.000
  3. Konsumsi                                                                                     : Rp. 3.000.000
  4. Perlengkapan                                                                               : Rp. 500.000
  5. Dokumentasi                                                                                : Rp. 500.000
  6. Acara                                                                                             : Rp. 3000.000
  7. Lain-lain                                                                                        : Rp. 500.000

Total                                                                                                   : Rp. 14.500.000

I. Penutup

Demikian proposal ini dibuat untuk dapat di ajukan. Besar harapan kami dengan adanya dukungan dari berbagai pihak dapat kemudian melancarkan kegiatan ini. Terima kasih

Magelang, 2 Januari 2018

Ketua Panitia,                                                                          Sekretaris,

Henky Widodo                                                                        Aisyah Subandono

                                                            Mengetahui

Pembina OSIS,        

                                                                

Joni Simatupang, S.Pd., M.Pd.

NIP. 198904056720019802                            

Nah itulah tadi beberapa contoh proposal kegiatan yang dapat digunakan sebagai referensi dalam membuat proposal kegiatan.

Dalam beberapa kesempatan, jenis dan bentuk proposal dapat bervariasi. Proposal juga bergantung pada siapa kita akan mengajukannya. Tampilan proposal yang bagus dengan desain yang menarik tentu akan menambah daya tarik. Selain seperti bentuk diatas, proposal juga dapat dibuat dalam grafis yang kreatif dengan inti sari dari isi contoh proposal di atas.

Pembahasan rencana kegiatan yang mendetail serta dilengkapi data yang akurat perihal pembiayaan tentu akan semakin meyakinkan sponsor atau bahkan donatur untuk ikut berpartisipasi mendukung acara atau kegiatan yang akan kita jalankan. Semakin banyak jumlah donatur atau sponsor tentu akan semakin menambah bantuan dan secara tidak langsung membantu kelancaran jalannya kegiatan atau event. Semoga contoh proposal diatas dapat membantu kalian ya dalam membuat proposal acara atau kegiatan kalian. Sekian dan Terima kasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *