Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks, dan Protokol Terlengkap

  • Whatsapp
contoh teks prosedur

Contoh teks prosedur – Setiap kali kita melakukan atau mengerjakan sesuatu pasti ada beberapa tahapan yang kita lakukan. Nah tahapan-tahapan tersebut disebut juga dengan istilah prosedur. Dengan adanya prosedur yang jelas kita akan mampu mengerjakan sesuatu dengan maksimal dan sesuai harapan.

Untuk dapat membuat prosedur yang jelas, tentu saja teks prosedur harus ditulis dengan runut dari tahapan pertama hingga tahapan berikutnya. Tahapan-tahapan yang runut dan spesifik akan dapat membantu kita dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu.

Bacaan Lainnya

Membuat teks prosedur yang sesuai dan mampu membantu pembaca untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu dengan benar adalah tujuan utama dari pembuatan sebuah teks prosedur. Bilamana teks prosedur tersebut sudah jelas, pekerjaan atau misi yang dikerjakan pasti akan tercapai.

Nah untuk bisa membuat teks prosedur berikut di bawah ini akan disajikan beberapa contoh teks prosedur. Namun alangkah baiknya untuk membahami struktur dan karakter dari teks prosedur terlebih dahulu sebelum lanjut membaca contoh teks prosedur berikut di bawah ini.

Struktur Teks Prosedur

Dalam sebuah teks prosedur ada beberapa struktur atau komponen yang perlu diperhatikan. Nah struktur atau komponen dari teks prosedur dijelaskan sebagai berikut.

  1. Tujuan

Sebuah teks prosedur dibuat untuk sebuah tujuan tertentu yang pastinya bersifat spesifik. Tujuan merupakan hal utama yang ingin dicapai dari sebuah teks prosedur. Tujuan tersebut dapat berupa judul atau juga hasil dari langkah-langkah sebuah contoh teks prosedur.

  1. Material

Dalam beberapa jenis teks prosedur, material atau bahan-bahan adalah salah satu bagian dari struktur yang sangat penting. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua teks prosedur mengandung material atau bahan-bahan. Contoh teks prosedur yang berisi struktur material adalah teks prosedur tentang resep makanan, atau membuat sebuah kerjainan, dan lain sebagainya.

  1. Langkah-langkah

Komponen ini adalah salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah teks prosedur. Langkah-langkah merupakan bagian pokok dari sebuah teks prosedur yang menjelaskan tentang bagaimana sebuah hal dibuat atau dikerjakan sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan diatas. Langkah-langkah harus dibuat dan disusun dengan berurutan dan tidak tumpang tindih satu dengan langkah lainnya dan membuat sebuah pembuatan atau pengerjaan selesai dengan benar.

BACA JUGA: Contoh Teks Anekdot

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Sebuah contoh teks prosedur dapat dikatakan sebagai teks prosedur apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Teks prosedur memakai pola kalimat perintah atau imperative sentence

Kalimat perintah ini bertujuan untuk meminta, menutuh, atau memerintahkan seseorang untuk mengerjakan sesuatu sesuai dengan tujuan utamanya. Berikut adalah contoh kalimat perintah:

  1. Tolong potong kukunya!
  2. Jangan buang sampah sembarangan!
  1. Teks prosedur memakai kata kerja aktif dalam setiap kalimatnya.

Penggunaan kata kerja aktif ini akan membuat atau meminta orang untuk melakukan sebuah tindakan untuk melakukan sesuatu. Berikut ini adalah contoh kata kerja aktif:

  1. Melipat
  2. Memotong
  3. Mengiris
  4. Memukul
  5. Teks prosedur memakai kata penghubung atau conjunction  sebagai kata transisi untuk mengurutkan sebuah tahapan – tahapan melakukan atau mengerjakan sesuatau. Kata penghubung tersebut seperti:
  6. Kemudian
  7. Berikutnya
  8. Selanjutnya
  9. Setelah itu
  10. Dll.
  11. Teks prosedur menggunakan kalimat yang mengandung keterangan yang berfungsi untuk memperjelas waktu, tepat, serta tata cara. Hal ini menjadikan sebuah kalimat menjadi lebih jelas dan menghasilkan tindakan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat teks prosedur yang mengandung keterangan baik waktu, tempat, dan cara:
  12. Selanjutnya, iris bawang bombay tipis-tipis!
  13. Semprotkan cairan asam pada beberapa bagian pakaian yang diinginkan!
  14. Rebus telor dalam panci dengan air hangat selama 10 menit!
  1. Teks prosedur dapat memakai kalimat langsung dan tidak langsung untuk meminta atau mengarahkan dalam mengerjakan atau membuat sesuatu.
  2. Teks prosedur dapat memakai kalimat saran dan larangan dalam menjelaskan tahapan mengerjakan atau membuat sesuatu. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
  3. Teks prosedur harus memberikan informasi yang jelas, informatif, dan terperinci. Langkah-langkah yang dibuat dalam sebuah teks prosedur harus merupakan sebuah tahapan yang jelas, tidak tympang tindih, berdifat informatif, terperinci dan membuat seseorang melakukan tindakan yang tepat dalam mengerjakan atau membuat sesuatu.

Macam Macam Teks Prosedur

 Ada beberapa macam teks prosedur yang dibedakan dari tingkat kerumitannya. Ketiga jenis teks prosedur tersebut adalah teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, serta teks prosedur protokol. Nah lihat perbedaan macam-macam teks prosedur tersebut di bawah ini.

  1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur ini adalah teks prosedur paling sederhana. Langkah-langkahnya hanya terdiri dari 2-4 langkah dalam pengerjaannya. Contoh teks prosedur sederhana adalah cara login Instagram, cara menghidupkan komputer, cara menghidupkan smartphone, dan lain sebagainya,

  1. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur berikut ini jauh berbeda dari sebelumnya. Teks yang satu ini mengandung langkah-langkah yang lebih kompleks atau banyak tahapan untuk melakukan pengerjaannya. Itulah makanya disebut sebagai teks prosedur kompleks. Contoh teks prosedur yang satu ini adalah cara membuat rendang, cara mendaftar Google Adsense, cara membuat website, dan lain sebagainya.

  1. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur yang ketiga ini adalah teks prosedur yang langkah atau tahapannya bisa tidak selalu runut namun akan menemui hasil yang sama. Ini dikarenakan ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk mengerjakan atau membuat suatu hal tersebut. Contoh teks prosedur protokol adalah cara membuat kopi, cara memasak mie instan, dan lain sebagainya.

Contoh Teks Prosedur

Berikut ini adalah beberapa contoh teks prosedur.Simak contoh di bawah ini.

Contoh 1

Berikut ini adalah contoh teks prosedur membuat masakan khas Bali yaitu lawar Bali.

Membuat Lawar Bali

Tujuan:

Lawar Bali adalah salah satu makanan khas Bali yang sangat digemari. Lawar Bali biasanya dibuat untuk keperluan keagamaan dan disajikan sebagai sesajen dan juga santapan bersama bagi semua orang yang terlibat dalam acara tersebut.

Masakan ini terbuat dari sayur-sayuran yang bervariasi baik buah nangka atau pepaya, klungah (kelapa muda), kacang, daun belimbing, dan masih banyak yang lainnya. Serta dapat dicampur dengan berbagai jenis daging baik ayam, babi, kambing, atau bahkan kerbau. Nah untuk kali ini, ini adalah cara membuat lawar Bali dengan buah nangka.

Bahan-Bahan:

1 buah Nangka muda

¼ kelapa

10 helai daun lemo

10 siung bawang merah

10 siung bawang putih

¼ kg cabai merah kecil

Bumbu Bali (Base Genep) secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Alat-Alat :

Pisau besar dan kecil

Kompor

Panci

Pan/Penggorengan

Talenan

Parutan Lobang Besar dan Kecil

Sarung tangan plastik

Baskom

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, kupas habis buah Nangka dengan meggunakan sarung tangan dan juga  pisau besar yang telah diolesi dengan minyak goreng (menghindari lengket karena getah buah nangka)!
  2. Setelah bersih, bagi buang nangka menjadi beberapa bagian (tidak terlalu besar dan tidak teerlalu kecil) !
  3. Hidupkan kompor dan panaskan sejumlah air di dalam panci untuk merebus buah nangka yang telah dikupas!
  4. Setelah air panas, masukan buah nangka dan kemudian tunggu hingga buah nangka berubah warna kecoklatan !
  5. Sembari menunggu buah nangka direbus, iris tipis bawang merah, putih, serta cabai merah kecil!
  6. Kemudian angkat buah nangka yang sudah masak dan berubah warna menjadi coklat. Tiriskan dalam sebuah baskom!
  7. Selanjutnya, panaskan minyak dengan pan/penggorengan!
  8. Goreng bawang merah dan putih hingga krispi!
  9. Selanjutnya, goreng cabai merah hingga sedikit layu!
  10. Tiriskan bawang merah, putih, dan juga cabai merah di dalam sebuah piring atau mangkok!
  11. Kemudian bakar kelapa yang sudah dikupas untuk mendapatkan aroma kelapa yang lebih nikmat, tidak terlalu lama, cukup sampai beberapa bagian sedikit menghitam!
  12. Sembari menunggu, iris tipis daun lemo untuk ditaburi nanti diatas lawar yang sudah jadi!
  13. Setelah itu, kembali ke buah nangka, parut buah nangka dengan parutan lobang besar dan tempatkan pada baskom yang besar!
  14. Selanjutnya, parut kelapa yang sudah dibakar dengan parutan lobang kecil sehingga hasilnya akan lebih kecil dan halus!
  15. Kemudian, campurkan parutan nangka dengan parutan kelapa, aduk dengan merata dalam satu baskom besar!
  16. Masukan bumbu Bali secukupnya ke dalam baskom dan aduk secara merata! Disarankan menggunakan tangan dengan sarung tangan sehingga mengaduk dapat dilakukan secara merata.
  17. Beberapa lawar dicampur dengan beberapa jenis daging, hal itu juga dapat dilakukan namun usahakan dengan daging yang sudah matang untuk keamanan dalam konsumsi.
  18. Setelah diaduk merata, masukan bawang merah, bawang putih krispi serta cabai merah, jangan lupa masukan juga irisan daun lemo untuk membuat aroma lawar semakin nikmat!
  19. Kemudian aduk secara menyeluruh dan merata!
  20. Selasai, hidangkan dengan bawang merah dan putih kripsi dan sepiring nasi putih! Selamat menikmati!

Contoh 2

Berikut ini dalah contoh teks prosedur tentang mengubah format file.

Cara Mengubah format file gambar ke PDF

PDF atau Portable Document Format adalah salah satu format dokumen yang banyak beredar dan diperlukan dalam keseharian. Formatnya yang sederhana dan ringan membuat file ini sering dijadikan persyaratan dalam keperluan dokumen tugas, kerja, dan lain sebagainya. Selain itu, filenya sangat aman karena tidak bisa diubah kembali dengan mudah. Nah berikut ini adalah cara mengubah format file gambar ke PDF.

Salah satu aplikasi yang paling mudah untuk mengubah format gambar menjadi PDF adalah Microsoft Word. Nah berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, klik logo Microsoft Word pada Desktop 2 kali atau kalian bisa mengaksesnya melalui All Apps pada pilihan Home lalu memilih Microsoft Office, lalu klik pada Microsoft Word!
  2. Dokumen baru yangberupa blank space  akan terbuka, namun bila tidak mau bisa klik pada bagian menu File dan klik New!
  3. Selanjutnya, klik menu Insert, lalu klik sub menu Pictures pada grup Ilustrasi!
  4. Pilih gambar yang akan diubah formatnya menjadi PDF, setelah itu klik Insert
  5. Rapikan gambar pada layar kerja Microsoft Word!
  6. Setelah selesai, klik menu File dan klik Save As!
  7. Pilih lokasi dimana file akan disimpan, lalu klik PDF pada bagian Save as Type!
  8. Terakhir, klik Save!
  9. Selesai

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah salah satu jenis teks prosedur yang memiliki kharakteristik paling kompleks. Berikut ini adalah contoh teks prosedur kompleks.

Contoh 1

Di bawah ini  adalah contoh teks prosedur kompleks tentang bagaimana cara membuat blog dengan sederhana dan pastinya gratis. Simak contoh teks prosedur berikut ini.

Cara Membuat Blog, Mudah dan Gratis

Langkah-langkah di bawah ini adalah cara membuat blog secara gratis dan dengan sangat mudah menggunakan WordPress. Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke halaman www.wordpress.com !
  2. Selanjutnya, klik tombol “Start your Website” atau “Mulai halamanmu” !
  3. Kemudian kalian akan diarahkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu, untuk memiliki akun wordpress.
  4. Kalian bisa memasukan email secara manual atau masuk menggunakan akun Google atau Apple.
  5. Bila sudah terdaftar dan sudah masuk, tulis nama blog yang akan kalian pakai atau yang kalian inginkan atau juga disebut dengan nama domain. Misalnya: prosedurteks!
  6. Setelah mengetik, akan muncul beberapa pilihan baik yang berbayar serta yang gratis.
  7. Pilih domain yang free! Misalnya: prosedurteks.wordpress.com
  8. Nah lanjutkan dengan klik “start for free”
  9. Selesai, website kalian sudah jadi dan kalian bisa mulai mengedit tampilan serta isinya.

Contoh 2

Contoh teks prosedur kompleks

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Daring

Kesehatan adalah hal yang paling utama bagi semua orang. Meskipun seseorang memiliki banyak uang namun apabila dia sakit-sakitan tentu ia tidak akan bisa menikmati uang banyak yang ia miliki tersebut. Nah maka dari itu, memiliki jaminan kesehatan yang tentunya akan membantu seseorang semakin dan lebih peduli dengan kesehatan adalah hal yang sangat bermanfaat. BPJS kesehatan adalah salah satu penyedia Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial yang berlaku secara umum di Indonesia. Nah berikut ini adalah cara mendaftarkan BPJS secara daring atau online. Simak langkah-langkah di bawah ini.

Di bawah ini adalah syarat dan cara daftar BPJS untuk pekerja penerima upar (PPU) secara daring atau online.

Persyaratan:

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. KK (Kartu Keluarga)
  3. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  4. Nomor telepon
  5. Buku rekening tabungan bank (BNI, BRI, atau Mandiri)
  6. Foto (ukuran maksimal 50 KB)
  7. Alamat e-mail aktif

Langkah-langkah pendaftaran BPJS secara daring atau online:

  1. Pertama-tema, persiapkan dokumen persyaratan pendaftaran secara online di atas
  2. Kemudian, kunjungi bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ yaitu website resmi BPSJS Kesehatan
  3. Selanjutnya, bacalah seluruh petunjuk prosedur pendaftaran lalu klik permintaan persetujuan pada layar monitor anda
  4. Berikan tanda centang untuk melanjutkan proses pendaftaran
  5. Masukan nomor Kartu Keluarga (KK), lalu masukan kode captcha sesuai pada gambar yang muncul di atasnya
  6. Klik inquery untuk Kartu Keluarga (KK)
  7. Klik “proses selanjutnya”, nama anggota keluarga akan secara otomatis terlihat
  8. Kemudian lengkapi form yang tersedia, masukan nomor NPWP, alamat, nomor telepon, serta alamat domisili
  9. Berikan centang pada pernyataan bahwa alamat yang ditulis sudah sesuai dengan alamat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  10. Selanjutnya pilih Faskes Tingkat I pada bagian pencarian (faskes dapat berupa puskesmas, klinik, atau dokter pribadi)
  11. Kemudian upload foto dan klik “proses selanjutnya”
  12. Lalu, lengkapilah data peserta anggota keluarga, kelas perawatan, nomor rekening bank, nama pemilik, nomor telepon, dan alamat email
  13. Lanjutkan dengan melakukan konfirmasi alamat email, klik captcha dan klik kirim e-mail
  14. Tahap berikutnya, buka aplikasi email lalu konfirmasi email BPJS dengan melakukan aktivasi dengan meng-klik URL aktivasi untuk mendapatkan nomor virtual account (VA)
  15. Pendaftaran secara daring sudah selesai, selanjutnya lakukan proses pembayaran sesuai bank yang telah dipilih
  16. Setelah pembayaran selesai, unduh e-ID
  17. Selanjutnya untuk mendapatkan kartu BPJS, kunjungi kantor BPJS terdekat dengan membawa e-ID, bukti pembayaran, fotocopy Kartu Keluarga, KTP, akta kelahiran, serta pas foto ukuran 3 x 4
  18. Tunggulah beberapa saat dan akhirnya kartu BPJS anda selesai dan dapat digunakan saat berobat atau melakukan pengecekan kesehatan

Contoh 3

Contoh teks prosedur kompleks

Cara Mendaftar E-KTP

Kartu identitas merupakan salah satu hal yang wajib bagi setiap warga negara. Selain sebagai tanda pengenal, ada banyak fungsi dari kartu identitas yang membantu dan tentunya memudahkan aktivitas kita dalam melakukan kegiatan apapun. E-KTP merupakan kartu identitas elektronik yang wajib dimiliki oleh warga negara Republik Indonesia. E-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik ini memiliki banyak fungsi berkaitan dengan kependudukan hingga berbagai kepentingan pribadi dan umum lainnya. Nah berikut di bawah ini adalah cara mendaftar E-KTP bagi yang belum memiliki E-KTP atau baru cukup umur untuk mendapatkan kartu identitas.

Syarat-syarat daftar e-KTP:

  1. Warga Negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Surat Keterangan Pindah dari Dinas Penduduk dan Catatan Sipil daerah asal (bagi yang pindah tempat tinggal)

Langkah-langkah daftar e-KTP:

  1. Pertama, datang dan bawalah persyaratan di atas ke UPT atau Dinas Penduduk dan Catatan Sipil setempat untuk melaporkan diri
  2. Ambil nomor antrian dan tunggu hingga nomor dipanggil
  3. Setelah dipanggil, petugas akan mengecek dan melakukan verifikasi data penduduk dan Kartu Keluarga pada sistem database
  4. Selanjutnya anda akan difoto dan diambil sidik jari telunjuk, jempol, serta dilakukan scan iris atau retina mata
  5. Setelah proses di atas selesai, anda akan diminta untuk membubuhkan tanda tangan pada surat panggilan. Surat ini menyatakan bahwa anda sudah melakukan perekaman foto, sidik jari, scan iris atau retina mata, serta tanda tangan.
  6. Selanjutnya, anda akan diminta untuk menunggu panggilan untuk pengambilan kartu penduduk elektronik kurang lebih selama 14 hari
  7. Anda akan mendapat pemberitahuan dari kepala lingkungan setempat untuk pengambilan e-KTP
  8. Akhirnya, e-KTP sudah anda miliki dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Contoh 4

Contoh teks prosedur kompleks

Cara Daftar Beasiswa LPDP

Pendidikan bukan hal yang murah. Hal tersebut tentu sangat dirasakan oleh kalangan menengah ke bawah. Mahalnya biaya pendidikan mungkin bukan menjadi pokok permasalahan, namun biaya lain-lain karena adanya aktivitas dan proses pembelajaran. Biaya hidup khususnya mereka yang merantau untuk mengejar mimpinya menjadi seorang sarjana tentu bukan hal sepele. Selain itu ada banyak biaya-biaya tambahan akibat dari setiap kegiatan dan aktivitas yang dilaksanakan selama proses pembelajaran dari sebuah jenjang pendidikan. Maka dari itu keberadaaan beasiswa sangat membantu meringankan beban tersebut.

LPDP adalah salah satu beasiswa lanjut untuk mahasiswa berprestasi mengejar title magister atau doktoralnya. Beasiswa ini adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk menyekolahkan mahasiswa Indonesia di dalam maupun di luar negeri. Nah berikut ini adalah cara daftar beasiswa LPDP. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Di bawah ini adalah syarat dan cara daftar beasiswa LPDP.

Syarat Umum:

  1. WNI
  2. Lulusan D4/S1 atau S2 perguruan tinggi terakreditasi
  3. Tidak sedang menempuh program belajar S2/S3 lainnya
  4. Surat Ijin Seleksi (bagi yang sudah bekerja)
  5. Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba, Surat Keterangan Bebas TBC (dengan masa berlaku 6 bulan )
  6. Surat Rekomendasi baik dari tokoh, pimpinan, atau pakar di bidangnya
  7. Program Studi dan Perguruan Tinggi yang dipilih sudah sesuai dengan aturan LPDP
  8. Beasiswa tidak berlaku untuk program khusus (kelas karyawan, kelas eksekutif, kelas jarak jauh, dan program khusus lainnya)
  9. Membua rencana studi berdasarkan silabus dari program studi tujuan pelamar  (khusus S2)
  10. Membuat proposal studi dan proposal penelitian

Syarat Khusus:

  1. Menandatangani surat pernyataan
  2. Maksimal usia 35 tahun untuk program magister (S2) dan 40 tahun untuk program doktoral (S3)
  3. Syarat IPK minimun 3,00 untuk program magister dan 3,25 untuk program doktoral
  4. Pelamar yang hanya melakukan penelitian atau Master by Reasearch dan tidak memiliki IPK, diwajibkan untuk melampirkan hasil sidang penelitian dan ijazah
  5. Untuk lulusan luar negeri wajib melakukan konversi IPK

Cara Daftar:

  1. Kunjungi https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Kemudian buatlah akun LPDP dengan menggunakan email dan membuat kata sandi
  3. Lengkapi data yang dibutuhkan
  4. Unggah berkas yang diminta
  5. Pendaftaran selesai dan silahkan tunggu pengumuman selanjutnya

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Berikut ini adalah contoh teks posedur sederhana tentang cara membuat keranjang dari koran bekas. Pemanfaatan koran bekas tentu sangat penting guna mengurangi sampah kertas dan menjadikan bahan bekas menjadi lebih bermanfaat. Nah berikut di bawah ini adalah cara membuat keranjang berbahan koran. Simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Keranjang dari Koran

Bahan-bahan:

  1. Koran bekas
  2. Lem kertas
  3. Tali
  4. Cat

Alat-alat:

  1. Gunting

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tema potong koran bekas secara memanjang  dengan ukuran dan dimensi yang sama
  2. Kemudian gulunglah koran tersebut menjadi bentuk tali
  3. Gunakan lem untuk melekatkan gulungan koran
  4. Lalu ikatlah ujung-ujung gulungan koran tersebut menggunakan tali
  5. Bentuklah banyak gulungan hingga setiap gulungan menyerupai bentuk rotan
  6. Rakitlah gulungan koran tersebut hingga melingkar hingga menyereupai keranjang
  7. Berikan lem pada setiap membentuk lingkaran
  8. Ikat ujung gulungan dengan tali
  9. Akhirnya, keranjang koran siap digunakan

Contoh Teks Prosedur Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh teks prosedur Bahasa Inggris tentang cara bagaimana mencuci motor dengan baik dan benar. Simak contoh teks prosedur bahasa Inggris berikut ini.

How to Simply Wash Your Motorcycle

Materials :

Vehicle Shampoo

Container

Sponge

Kanebo Towel

Water (better with hose)

Steps

  1. First, shower your motorcycle with clean water!
  2. Second, put some water into the container and mix with the vehicle shampoo!
  3. Next, apply the shampoo which has been mix with water by using the sponge!
  4. Make sure it covers every parts of your motorcycle, wipe all the dirts in your motorcycle!
  5. After that, rinse your motorcycle with clean water! It’s better to use hose to speed your work up and better cleaned.
  6. Finally, give the last touch using Kanebo towel to clean the rinsing water in your motorcyle!

Contoh Teks Prosedur Singkat

Contoh 1

Contoh teks prosedur singkat

Cara Mematikan Laptop atau PC dengan Benar

Banyak yang tidak memberikan perhatian khusus pada saat selesai bekerja menggunakan laptop atau komputer. Terlalu lelah saat bekerja atau terlalu exited untuk menyelesaikan tugas dan mengerjakan hal lain akhirnya menyepelekan laptop atau komputer saat selesai menggunakannya. Hal ini juga berfungsi untuk menambah daya tahan agar perangkat kalian bisa digunakan lebih maksimal. Nah berikut ini adalah contoh teks prosedur tentang cara mematikan laptop atau PC dengan benar. Simak cara-cara berikut ini.

Berikut ini cara mematikan laptop atau PC dengan benar.

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama, tutup seluruh aplikasi yang digunakan selama bekerja menggunakan laptop atau PC
  2. Selanjutnya disarankan untuk me-refresh komputer atau laptop dengan cara klik kanan pada dekstop lalu klik refresh.
  3. Lakukan refresh secara berulang-ulang minimal 2x
  4. Kemudian klik menu start pada pojok kiri bawah layar
  5. Lalu pilih power dan klik Shut Down
  6. Tunggu layar monitor laptop/PC benar-benar mati
  7. Serta pastikan lampu pada indikator laptop sudah mati atau CPU telah berhenti atau mati
  8. Kemudian laptop bisa ditutup atau power supply pada komputer dapat dicabut
  9. Rapikan perangkat hardware lainnya sehingga akan mempermudah saat akan menggunakannya kembali
  10. Sekian

Contoh 2

Contoh teks prosedur singkat

Cara Mudah Download Video di Youtube

Terkadang tak selamanya kita memiliki data seluler yang banyak untuk mengakses Youtube dimana saja dan kapan saja. Ada kalanya kita menikmati jaringan wifi yang cepat biasanya di kantor dan mengunduh banyak file sehingga bisa dibuka kembali di rumah, salah satunya video di Youtube. Sebagai media sosial dengan kumpulan video yang sangat bervariasi, video-video Youtube sangat bagus dijadikan sebagai bahan belajar hingga hiburan. Nah berikut ini adalah cara mudah download video di Youtube tanpa menggunakan aplikasi apapun. Simak contoh teks prosedur tentang cara mendownload video berikut ini.

Langkah-langkah:

  1. Pertama, buka Youtube pada Google dan pilih video yang akan didownload
  2. Selanjutnya, tambahkan huruf ss pada URL situs video di addres bar tepat sebelum kata youtube
  3. Kemudian, pengunjung akan dibawa ke halaman download
  4. Selanjutnya pilih kualitas video yang diinginkan misalnya 720p atau 1080p
  5. Terakhir, tunggu video selesai diunduh dan siap ditonton secara offline tentunya tanpa perlu data seluler

Contoh Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol mungkin sangat jarang didengar namun contohnya pada kehidupan nyata sangat sering dilakukan. Jenis teks prosedur yang satu ini adalah teks prosedur yang langkah-langkahnya tidak perlu dirunut. Jadi walaupun langkahnya diacak namun akan tetap mendapatkan hasil yang sama. Nah berikut di bawah ini adalah contoh dari teks prosedur protokol. Simak contoh teks prosedur di bawah ini

Cara Membuat Mie Instan

Ada berbagai cara untuk membuat mie instan baik ingin merebus mie terlebih dahulu atau mencampurkan bumbu terlebih dahulu. Semua sah-sah saja dan hasilnya adalah mie instan juga. Nah berikut ini adalah cara membuat mie instan dengan sederhana.

Alat dan Bahan:

Mie Goreng Instan

Air

Wajan dan Kompor

Langkah-langkah:

  1. Pertama, panaskan air di dalam wajan
  2. Selanjutnya masukan mie mentah ke dalam wajan yang airnya sudah mendidih
  3. Campurkan semua bumbu ke dalam sebuah wadah, piring atau mangkok
  4. Setelah mie matang, saring dengan sendok saring lalu campurkan ke bumbu di dalam wadah
  5. Aduk mie dan bumbu hingga merata, tambahkan telor goreng, rebus, atau sosis untuk membuat mie semakin nikmat
  6. Sekian, mie goreng instan siap disajikan

Cara Mematikan Laptop

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama, tutup seluruh aplikasi yang digunakan selama bekerja menggunakan laptop
  2. Selanjutnya disarankan untuk me-refresh  laptop dengan cara klik kanan pada dekstop lalu klik refresh.
  3. Lakukan refresh secara berulang-ulang minimal 2x
  4. Kemudian klik menu start pada pojok kiri bawah layar
  5. Lalu pilih power dan klik Shut Down
  6. Tunggu layar monitor laptop benar-benar mati
  7. Serta pastikan lampu pada indikator laptop sudah mati
  8. Kemudian laptop bisa ditutup
  9. Rapikan perangkat hardware lainnya seperti mouse dan charger sehingga akan mempermudah saat akan menggunakannya kembali
  10. Sekian

Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Cara Membuat Pizza ala Rumahan

Tujuan:

Pizza merupakan makanan khas Italia yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Pizza banyak dijual di restoran bintang lima hingga kaki lima. Nah apakah pizza bisa dibuat di rumah meski tak memiliki oven tungku atau open elektrik? Mengapa tidak. Mari dicoba, berikut ini adalah cara membuat pizza ala rumahan. Simak langkah-langkah berikut ini.

Bahan – bahan :

  1. ½ kg tepung terigu
  2. 5 gram fermipan
  3. ½ sendok teh garam
  4. 3 sendok makan minyak sayur
  5. 2 sendok makan gula pasir
  6. 250 ml air
  7. Mentega
  8. Keju mozarella secukupnya
  9. Saus tomat
  10. Bawang bombay yang sudah diiris halus
  11. Sosis ayam atau sapi yang sudah diiris tipis

Langkah-Langkah:

  1. Pertama-tama buatlah adonan dengan mencampurkan tepung terigu, gula pasir, garam, fermipan, dan minyak sayur.
  2. Ulen adonan hingga tercampur seluruhnya, tambahkan air secukupnya hingga adonan terbentuk dengan sempurna
  3. Diamkan adonan pada sebuah wadah dan tutup dengan kain bersih
  4. Setelah kurang lebih 30 menit dan adonan sudah mengembang, gilas adonan dan bentuk menjadi bulat atau sesuai keinginan
  5. Masukan saus tomat ke atas adonan, lalu lanjutkan dengan memasukan keju mozarela yang sudah dipotong kecil-kecil dan irisan bawang bombay dan sosis
  6. Siapkan pan yang sudah diolesi mentega
  7. Masak pizza di atas pan dengan api kecil
  8. Tunggu hingga pizza matang dan pizza siap dihidangkan

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Contoh 1

Contoh teks prosedur membuat makanan.

Cara Membuat Ayam Betutu Bali

Bahan-Bahan:

1 ekor ayam kampung, 3 biji jeruk nipis, 1 Sdt garam, 1 Sdt merica bubuk putih, 1 sdm minyak kelapa, 2 batang serai, 2 lembar daun salam, ½ Sdt gula merah, bumbu lengkap Bali (Base Genep secukupnya, kacang tanang yang sudah digoreng secukupnya,  Air 2 liter.

Langkah-langkah:

  1. Pertama, sisihkan ayam dan bagian kaki atau ceker (bila ingin dimasak kembali)!
  2. Kemudian, belah ayam menjadi dua bagian, lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis!
  3. Taburi ayam dengan garam dan merica bubuk putih, lalu diamkan selama 5 menit!
  4. Selanjutnya, lumuri ayam dengan minyak kelapa lalu lanjutkan lumuri dengan semua bumbu bali yang sudah jadi ke seluruh bagian ayam secara merata!
  5. Siapkan panci, masukan ayam yang sudah dilumuri bumbu bali dan kemudian tambahkan air hingga menutupi hampir seluruh bagian ayam!
  6. Tambahkan 2 lembar daun salam yan sudah diremas dan  2 batang serai yang sudah di geprek!
  7. Masak ayam dengan api besar hingga mendidih!
  8. Setelah mendidih, kecilkan api lalu tambahkan gula merah!
  9. Tunggu hingga semua kuah meresap dan ayam siap dihidangkan!
  10. Hidangkan ayam dengan kacang tanah goreng dan nasi putih, selamat menikmati!

Contoh 2

Contoh teks prosedur membuat makanan.

Cara Membuat Donat Mini

Bahan

1 kg tepung terigu

1 bungkus ragi instan

8 Sdm Gula Pasir

6 Sdm mentega

6 Sdm garam

4 butir telur

6 Sdm susu bubuk

400 cc air mineral

Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Pertama, kocok 4 butir telor dengan sendok atau mixer lebih baik, setelah merata, masukan gula pasir, susu, mentega, garam, tepung terigu, dan air lalu aduk hingga semua merata!
  2. Selanjutnya, masukan ragi instan ke dalam air dan aduk secara merata ke dalam adonan yang telah dibuat sebelumnya!
  3. Kemudian uleni adonan hingga tidak menempel pada tangan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit di dalam wadah tertutup agar adonan mengembang!
  4. Selanjutnya, ambil sedikit adonan dan buat bentuk bulat mini sesuai keinginan!
  5. Taruh adonan donat mini sementara ke dalam wadah yang sudah dilumuri dengan tepung!
  6. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang hingga adonan habis, tunggu hingga 20 menit agar adonan donat mini mengembang dengan sempurna!
  7. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dengan api kecil lalu goreng donat hingga berwarna kuning kecoklatan!
  8. Angkat donat dan tiriskan pada wadah yang sudah dilapiri dengan kertas!
  9. Terakhir, saat sudah dingin, taburi donat mini dengan gula halus, atau meses sesuai dengan selera kalian masing-masing! Selamat menikmati!

Contoh 3

Contoh teks prosedur membuat makanan.

Cara Memasak Rendang Khas Padang

Rendang merupakan salah satu makanan khas Nusantara yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Rasanya yang lezat dan nikmat membuat makanan ini begitu terkenal di seluruh wilayah Indonesia dan banyak digemari. Berikut di bawah ini adalah cara membuat rendang daging sapi. Simak langkah-langkah berikut di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 2 kg daging sapi
  • 1 liter santan
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 lembar daun kunyit yang disimpulkan
  • 2 cm gelugur atau asam kandis
  • 2 batang daun serai yang dimemarkan
  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm jahe yang dibakar
  • 1 sendok teh jintan yang disangrai
  • ½ sendok teh pala
  • Penyedap rasa
  • 50 gram cabe merah besar
  • ½ sendok makan ketumbar
  • 3 cm kunyit yang dibakar
  • 1 ½  sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas
  • 50 gram cabe merah keriting

Cara Memasak:

  1. Pertama, potonglah daging sapi berbentuk dadu, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan dan tuangkan seluruh santan kelapa
  3. Masukan irisan bawah merah, kunyit, serai, dan asam ke dalam wajan
  4. Aduk santan secara perlahan dan pastikan bumbu tercampur merata dan santan tida pecah
  5. Sembari menunggu, haluskan bumbu lainnya selain yang sudah dicampurkan ke dalam santan
  6. Selanjutnya masukan bumbu halus tersebut ke dalam campuran santan
  7. Setelah mendidih, masukan potongan daging sapi
  8. Masak hingga santan mengental dan pastikan api kompor tidak terlalu besar
  9. Tunggu beberapa menit hingga bumbu meresap ke dalam daging seluruhnya
  10. Kemudian jika sudah mulai mengental, aduk perahan-lahan agar tidak gosong dan daging sapi matang secara sempurna
  11. Siapkan piring atau mangkok besar dan rendang daging sapi siap dihidangkan

Contoh 4

Contoh teks prosedur membuat makanan.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Singkong adalah salah satu dari sekian makanan pokok orang Indonesia yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong bisa dijadikan pengganti nasi, selain itu singkong juga banyak dijadikan jajanan dan camilan yang lezat dan nikmat. Nah berikut di bawah ini adalah cara membuat keripik singkong balado. Simak langkah-langkah dari contoh teks prosedur di bawah ini.  

Bahan :

1  kg singkong yang sudah dikupas

1 sendok teh garam

5 sendok makan minyak goreng

10 buah cabai merah yang telah dihaluskan

¼  kg gula pasir

4 sendok makan air asam

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama, iris tipis-tipis singkong yang telah dikupas bersih
  2. Selanjutnya, panaskan 3 gelas air garam hingga mendidih
  3. Lalu, masukan singkong yang sudah teriris tipis
  4. Tunggu hingga singkong mengapung ke permukaan lalu angkat dan tiriskan
  5. Selanjutnya panaskan minyak goreng
  6. Goreng singkong hingga menjadi garing atau krispi lalu taruh pada wadah yang kering
  7. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dan tumis garam, gula, cabai, dan air asam
  8. Aduk hingga merata kemudian masukan singkong dan terus aduk hingga bumbu merata pada singkong
  9. Setelah tercampur merata, angkat kripik singkong dan masukan ke dalam wdah yang kedap udara
  10. Akhirnya, kripik singkong balado siap disajikan

Contoh Teks Prosedur Membuat Nasi Goreng Gila

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Makanan sederhana ini sangat diminati karena rasanya yang enak dan murah selain itu cara membuatnya juga sangat mudah sehingga banyak orang menyukainya. Kendati seperti itu, memakan nasi goreng terlalu sering juga tidak baik karena mengandung minyak yang cukup tinggi. Selain itu mengingat apapun yang terlalu sering pasti tidak baik khususnya untuk kesehatan. Nah singkat cerita berikut di bawah ini adalah cara membuat nasi goreng gila. Simak langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. Satu piring nasi putih
  2. 2 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 6 buah cabe rawit
  5. 1 buah cabe merah besar
  6. Garam dan lada
  7. Sosis ayam/sapi secukupnya
  8. Sayur kol secukupnya
  9. Wortel dan seledri secukupnya
  10. 1 butir telor ayam
  11. Kecap manis
  12. Saus cabai
  13. Minyak Goreng
  14. Mentimun

Cara membuat:

  1. Pertama, haluskan bawah merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah.
  2. Selanjutnya, potong sayur kol, wortel, dan seledri kecil-kecil lalu cuci dengan air bersih
  3. Potong sosis menjadi bagian kecil
  4. Setelah semua bahan siap, panaskan wajan dan masukan minyak goreng
  5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  6. Setelah harum, masukan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil
  7. Beberapa saat kemudian masukan nasi putih lalu aduk dengan merata
  8. Tambahkan garam, lada, kecap manis, dan saus
  9. Kemudian tambahkan sosis yang sudah dipotong kecil-kecil
  10. Aduk dengan merata hingga nasi goreng mulai sedikit kecoklatan
  11. Saat sudah matang, taruh pada piring untuk dihidangkan
  12. Selanjutnya, goreng telur sesuai selera baik dadar maupun telor mata sapi (sunny side up)
  13. Terakhir, hidangkan nasi goreng dengan telur goreng dan irisan mentimun
  14. Selamat menikmati, Nasi Goreng Gila (Pedas Gila)

Contoh Teks Prosedur Membuat Jajan atau Kue

Di bawah ini adalah contoh teks prosedur membuat jajan atau kue sederhana. Teks prosedur berikut membahas bagaimana cara membuat jajan pisang goreng.

Cara Membuat Pisang Goreng Keju Coklat

Pisang goreng merupakan salah satu makanan khas tradisional Indonesia yang sangat populer di semua kalangan. Meskipun banyak ditemukan di jalanan pada pedagang kaki lima, pisang goreng juga masuk ke dalam daftar menu restoran terkenal di Indonesia. Nah berikut di bawah ini adalah cara membuat pisang goreng keju coklat. Simak langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

Buah Pisang (1 ijas)

Tepung terigu 1 kg

Gula pasir ¼ kg

Keju batang

Coklat Batang

Garam secukupnya

Air minum secukupnya

Minyak goreng 1 kg

Alat-alat:

Kompor

Penggorengan

Sendok Goreng

Sendok Saring

Baskom

Nampan dan Kertas secukupnya

Parutan kecil

Piring

Langkah-langkah :

  1. Pertama-tama, masukan semua bahan yaitu tepung, gula, garam, serta air minum secukupnya ke dalam baskom lalu aduk hingga merata!
  2. Selanjutnya, belah pisang menjadi dua bagian dan langsung dimasukan ke dalam baskom yang sudah berisi adonan!
  3. Setelah itu, panaskan minyak goreng dengan penggorengan!
  4. Sembari menunggu minyak panas, lumuri semua pisang dengan adonan agar merata dan saat minyak sudah panas, masukan pisang yang sudha dilumuri adonan ke dalam penggorengan!
  5. Masukan pisang secukupnya agar tidak terlalu penuh!
  6. Selanjutnya gunakan sendok goreng atau spatula untuk membolak balik agar tingkat kematangannya merata!
  7. Saat sudah berwarna keemasan, angkat pisang dengan sendok saring dan tiriskan pada nampan yang sudah berlapis ketas diatasnya!
  8. Selanjutnya, siapkan piring untuk penyajian!
  9. Masukan beberapa potong pisang dan taruh dengan rapi!
  10. Parutkan keju dan coklat di atas pisang goreng!
  11. Selesai, pisang goreng keju coklat.

Sekian contoh teks prosedur. Semoga contoh teks prosedur diatas dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *