Contoh Surat Izin Sakit Sekolah, Kuliah, dan Kerja Terlengkap beserta Alasannya

  • Whatsapp

Berikut contoh surat izin sakit kerja, sekolah, serta kuliah dengan berbagai alasannya. Selengkapnya, simak contoh surat izin sakit berikut di bawah ini

    

Bacaan Lainnya
contoh surat izin sakit

Contoh surat izin sakit – Terlepas dari kemajuan teknologi dan kemudahan dalam berkomunikasi, tampaknya aktivitas surat-menyurat masih sering dilakukan di dalam keseharian. Meskipun kecanggihan media dalam berkomunikasi sudah sangat mumpuni, aktivitas berkirim surat masih lumayan intens dilakukan lembaga baik perseorangan untuk memberikan pesan dengan maksud tertentu baik untuk perseorangan maupun lembaga.

Surat izin sakit adalah salah satu bentuknya. Pada dasarnya surat izin sakit merupakan sebuah surat yang mewakili orang atau pihak yang bersangkutan untuk memberitahukan bahwa yang bersangkutan tidak dalam keadaan yang sehat sehingga tidak mampu berkegiatan seperti seharusnya.

Tentunya surat izin sakit ini adalah surat yang benar-benar memberitahukan keadaan yang sebenarnya dan kebenarannya dapat dibuktikan dan dipertanggung jawabkan. Dalam membuat surat ini, secara umum hanya membutuhkan bahasa yang formal dan tata bahasa yang baik. Dikarenakan tujuannya merupakan lembagabaik itu sekolah, kampus, ataupun tempat kerja, sudah selayaknya menggunakan kata-kata dan tata bahasa yang baik dan benar.

Surat ini dapat ditulis tangan maupun diketik. Guna profesionalitas, dalam beberapa ketentuan sekolah, kampus, atau tempat kerja kadang mewajibkannya untuk diketik dengan rapi.

Nah berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat izin sakit yang dapat kalian jadikan sebagai referensi dalam membuat surat izin sakit saat diperlukan. Simak cotoh surat izin sakit di bawah ini.

Format Surat Izin Sakit

Pada dasarnya tak ada standar format yang diberlakukan dalam menulis surat izin sakit. Namun begitu, surat tidak boleh dibuat dengan sembarangan atau sekadarnya. Karena ditujukan pada sebuah instansi, sekolah, lembaga, atau perusahan kalian bekerja, tentu harus dibuat dengan baik dan menunjukan sebuah profesionalitas.

Maka dari itu untuk membuat surat izin sakit kalian harus mengikuti kaidah-kaidh kebahasaan yang dibenarkan. Nah berikut ini adalah karakteristik dari surat izin khususnya surat izin sakit agar dapat digunakan sebagai dasar dalam membuat surat izin sakit. Simak karakteristik surat izin di bawah ini.  

Karakteristik Surat Izin

  1. Bahasa: Hal yang paling utama adalah bahasa yang kalian gunakan adalah bahasa yang baku atau bahasa Indonesia resmi. Tak ada alasan untuk mencampur bahasa yang kalian gunakan, apalagi dengan bahasa gaul atau bahasa kekinian.
  2. Tempat dan Tanggal: Hal penting lainnya dan menjadi unsur penting dari setiap tanggal adalah kapan dan dimana surat tersebut dibuat.
  3. Kata Wajib: Bukalah dengan kata “Dengan hormat” dan akhiri dengan “Dengan demikian”. Dengan ini akan menambah kesan resmi dalam surat izin sakit kalian.
  4. EYD: Pastikan kata-kata yang digunakan pada setiap kalimat dalam surat adalah kalimat yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.
  5. Media: Meskipun surat kini dapat dikirim melalui Email atau aplikasi chat seperti Whatsapp, Line, dan lain sebagainya. Beberapa perusahaan masih mewajibkan karyawan atau staffnya untuk mengirim surat secara offline, begitu pula sekolah. Membuat surat dengan rapi pada komputer dan mencetak pada kertas yang sesuai tentu sangat diharapkan.  

Nah itulah dia beberapa ciri-ciri atau karakteristik dari sebuah surat izin. Sebelum lebih lanjut memahami contoh surat izin sakit. Simak beberapa langkah-langkah di bawah ini agar bisa membuat surat izin sakit yang baik dan benar.

Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Untuk dapat membuat surat izin sakit yang benar tentu ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Maka dari itu, simak tahap-tahap menulis surat izin sakit yang baik dan benar di bawah ini.

  1. Mulai dengan menulis tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Tuliskan kemana surat tersebut ditujukan. Misalnya, Kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XIIPA; Kepada Kepala Bagian Sumber Daya Manusia; dan lain sebagainya.
  3. Gunakan salam pembuka yaitu “ Dengan hormat”
  4. Bagian Pembuka: Tuliskan salam atau sapaan kepada penerima surat. Tuliskan kalimat yang singkat serta efektif.
  5. Bagian Isi: Jelaskan pada bagian isi dari tujuan dan pesan yang ingin disampaikan melalui surat tersebut. Terkait surat izin sakit, utarakan secara singkat dan jelas apa yang sedang dirasakan terkait sakit yang dialami.
  6. Bagian Penutup: Mulai dengan kata “Demikian” lanjutkan dengan permohonan maaf dan ucapan terima kasih pada penerima surat.
  7. Tutup dengan “ Hormat Saya” dilengkapi dengan nama dan tanda tangan

Nah itulah beberapa tahapan dalam membuat surat izin sakit. Semoga tahapan tersebut dapat membantu kalian dalam membuat surat izin sakit. Nah terakhir, berikut ini adalah berbagai contoh surat izin sakit yang dapat kalian gunakan sebagai referensi dalam menulis surat izin sakit.

BACA JUGA: Contoh Surat Permohonan Terlengkap-Bantuan, Penangguhan Hutang, Kerja, dan Lainnya

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Berikut di bawah ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena berbagai contoh alasan. Simak contoh surat izin sakit di bawah ini.

Contoh Surat Izin Sakit 1

Badung, 18 Januari 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas V

SD N 1 Dalung

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama    : Made Putra WIjaya

Kelas     : V

Alamat : Jln. Raya Padang Luwih No 18, Dalung, Kuta Utara

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa pada hari ini, Rabu 18 Januari 2020 dikarenakan sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu, kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru Wali Kelas.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Orang Tua Murid

Nyoman Desta Wijaya

Contoh Surat Izin Sakit 2

Denpasar, 11 Februari 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII BHS

SMA Negeri 1 Denpasar

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Gusti Made Bagus Putra Wirakrama, S.E.

Alamat             : Jalan Veteran, Gang Rambutan No 9, Denpasar

Orang tua/wali murid dari:

Nama               : Gusti Ayu Mirah Dewi Wirakrama

Kelas               : XII BHS

Saat ini tidak dapat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam kondisi sakit. Oleh karena itu, mohon kiranya Bapak/Ibu Wali Kelas XII BHS memberikan permakluman.

Demikianlah surat ini saya sampiaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Orang Tua Murid

Gusti Made Bagus Putra Wirakrama, S.E.

Contoh Surat Izin Sakit 3

Denpasar, 3 Oktober 2019

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru SD Bina Karya

di Sesetan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa,

Nama               : Made Joni Saputra

Siswa Kelas     : III SD Bina Karya

Sedang dalam keadaan sakit sehingga tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar seperti biasa. Oleh karena itu, kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di SD Bina Karya pada hari ini, Senin 3 Oktober 2019.

Demikianlah surat ini kami sampiaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Wayan Dwi Putra

Contoh Surat Izin Sakit 4

Singaraja, 21 September 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A1

SMA N 1 Singaraja

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama     :  Wisma Adi Wibawa

Siswa     :  XI-A1 SMA N 1 Singaraja

Alamat  : Jln Wijaya Kusuma Gang 6

Dengan ini menginformasikan bahwa anak saya diatas tidak mampu mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sdang dalam keadaan sakit. Oleh karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru dapat memberikan permaklumannya.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua

Deden Supardi Wibawa

Contoh Surat Izin Sakit 5

Jembrana, 10 Februari 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII BHS

SMA N 1 Mendoyo

di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua dari :

Nama    : Putu Wira Jaya Negara

Siswa    : XII BHS SMA N 1 Mendoyo

Alamat : Jln Ngurah Rai No 166 Negara, Bali

bersama dengan surat ini menginformasikan bahwa anak saya diatas tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Oleh karena itu kami mohon permakluman Bapak/Ibu Guru yang mengajar pada hari ini.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua

Nyoman Wiryatama. S.Pd.

Contoh Surat Izin Sakit 6

Badung, 18 Januari 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII A

SMP Negeri 1 Mengwi

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/wali murid dari:

Nama   : Nyoman Mia Winarti

Siswa   : VII A SMP Negeri 1 Mengwi

Alamat : Jln. Raya Mengwitani No 18

Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya diatas tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar pada hari ini Selasa, 18 Januari 2019.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Orang tua

Wayan Suartama S.H.

Contoh Surat Izin Sakit 7

Jakarta Selatan, 5 Mei 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru

SMA Negeri 3 Jakarta Selatan

di-Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua siswa dari :

Nama               : Gofar Arifin

Kelas                : XI IPS

Alamat             : Jalan Setiabudi No. 66

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit (pencernaan). Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas XI IPS pada hari ini Selasa, 5 Mei 2019.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua,

Sami Pramaditia

Contoh Surat Izin Sakit 8

Malang, 18 Januari 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII A

SMP Negeri 1 Malang

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : Betran Adi Nugraha

Kelas        : VII A SMP N 1 Malang

Alamat    : Jln. Hayam Muruk No 13

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit (pencernaan). Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas XI IPS pada hari ini Kamis, 18 Januari 2019.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua,

Rizaldi Hendriansyah

Contoh Surat Izin Sakit 9

Singaraja, 10 Januari 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 2 Singaraja

di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :

Nama       : Jessica Noviandari

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jln Bakti Seraga No 9 Buleleng

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas XI IPA 3 pada hari ini Selasa, 10 Januari 2019.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua Siswa,

Juan Salombing S.Pd.

Contoh Surat Izin Sakit 10

Karangasem, 4 Oktober 2018

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMK N 1 Karangasem

di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini kami selaku orang tua/wali dari:

Nama       : I Wayan Eka Prasetia

Kelas        : XI Perhotelan

Alamat    : Jln Raya Selat, No 67 Karangasem

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas XI Perhotelan pada hari ini Sabtu 4 Oktober 2018.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua Siswa,

Made Mudira Suardana

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan

Meskipun surat izin berhalangan hadir atau surat izin sakit sekarang bisa dikirim melalui ponsel pintar dengan berbagai aplikasi, namun beberapa sekolah atau perusahaan masih mempertahankan tradisi surat izin tulis tangan. Nah berikut ini adalah contoh surat izin sakit tulis tangan yang formatnya dapat nanti disalin ke dalam tulisan tangan. Simak contoh-contoh surat izin sakit tulisan tangan berikut ini.

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan 1

Surabaya, 2 Februari 2019

Kepada Yth.

Ibu Guru Wali Kelas 5B

SD Negeri 1 Surabaya

Dengan hormat,

Saya bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Ahmad Hasim Prawira

Kelas      : 5B

Alamat   : Jln Muh. Yamin No. 20 Surabaya

dengan surat ini saya mohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang tidak enak badan (demam). Oleh karea itu saya mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 5B pada hari ini Kamis, 2 Februari 2019.

Demikianlah surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Hasim Prawira

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan 2

Yogyakarta, 8 April 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Wali Kelas XI BHS 1

SMA Negeri 5 Yogyakarta

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali dari:

Nama     : Siti Indah Komariah

Kelas      : XI BHS 1

Alamat   : Jalan Gajah Mada No 54 Yogyakarta

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas XI BHS 1 pada hari ini Senin, 8 April 2019.  

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Muhammad Fitra Erian

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan 3

Pasuruan, 7 Januari 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII A

SMP N 1 Pasuruan

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama     :  Wijaya Pamungkas

Siswa     : VII A SMP N 1 Pasuruan

Alamat  : Jln. Raya Pasuruan No 66 Jawa Timur

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas XI BHS 1 pada hari ini Kamis, 7 Januari 2020  

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua murid,

Jaenal Mustofa

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD SMP SMA

Berikut di bawah ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk SD SMP dan SMA karena berbagai contoh alasan. Simak contoh surat izin sakit di bawah ini.

Contoh 1

Menteng, 2 Maret 2019

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Kelas 4 A

SD N 1 Menteng

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :

Nama       : Jonnie Urdian Nasution

Kelas        : 4 A

Alamat    : Jln Thamrin No 81 Jakarta Pusat

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 4 A pada hari ini Kamis, 2 Maret 2019

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua,

Muh Nasution

Contoh 2

Tabanan, 5 Maret 2019

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII B

SMP N 1 Tabanan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :

Nama       : I Made Candra Dinata

Kelas        : VIII B

Alamat    : Desa Kediri, Kec. Kediri, Tabanan

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas VIII B pada hari ini Selasa, 5 Maret 2019

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang Tua,

Wayan Adi Partana

Contoh 3

Mangupura, 18 Mei 2019

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas Perhotelan 1

SMK N 1 Mengwi

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama       : Eka Prada Wijaya

Kelas        : XI Perhotelan 1

Alamat    : Jln Raya Mengitani No 87 Badung-Bali

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 4 A pada hari ini Senin, 18 Mei 2019.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua,

Nyoman Narendra Putra

Contoh 4

Probolinggo, 10 Oktober 2019

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII C

SMP N 3 Probolinggo

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :

Nama       : Dwi Masita Putri

Kelas        : VIII C

Alamat    : Jalan Diponegoro No 88 Probolinggo

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 4 A pada hari ini Rabu, 10 Oktober 2019.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua Siswa,

Mutia Ayu Cahyaning

Contoh 5

Malang, 4 September 2018

Kepada

Bapak/Ibu Wali Murid Kelas VI

SD Negeri 2 Malang

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya informasikan bahwa putra saya yang bernama:

Nama                    : Mahendra Ananda

Kelas                     : VI

Alamat                  : Jln. Gajah Mada No 56 Malang Raya

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 4 A pada hari ini Kamis, 4 September 2018.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua,

Jajang Mulianto

Contoh 6

Wonosobo, 8 April 2019

Kepata Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX B

SMP Negerti 1 Wonosobo

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya selaku orang tua murid dari:

Nama                    : Vivian Enita Putri

Kelas                     : IX B

Alamat                  : Jalan Pangeran Salim No 27 Wonosobo

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 4 A pada hari ini Senin, 8 April 2019.  

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua,

Ediana Murda Wibawa

Contoh 7

Medan, 11 Februari 2019

Kepada Yth

Bapak/Ibu Kelas IV

Guru SDN 1 Medan

Di tempat

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya selaku orang tua murid dari:

Nama                    : Jenny Amartha

Kelas                     : IV

Alamat                  : Jalan Pasupati No 89 Medan, Sumatera Utara

dengan surat ini menyampaikan bahwa anak kami diatas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa karena sedang dalam keadaan sakit. Maka dari itu kami mohon permakluman dari Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 4  pada hari ini Selasa, 11 Februari 2019.  

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Ihsan Herlambang Cahyanto

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Berikut di bawah ini adalah contoh surat izin tidak masuk kerja karena berbagai contoh alasan. Simak contoh surat izin sakit di bawah ini.

Contoh 1

Denpasar, 1 Maret 2018

Perihal     : Surat Ijin Tidak Masuk Kerja

Lampiran  : 1 lembar

Kepada Yth.

Kepala HRD PT. Mitra Dunia Perkasa

di Denpasar

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Made Putra Candra Dinata

Alamat   : Jalan Hayam Muruk Gang Merpati No 9 Denpasar

Jabatan  : Staff Admin

bersamaan dengan surat ini saya mengajukan permohonan untuk izin tidak masuk kerja pada hari ini Selasa, 1 Maret 2018 hingga Rabu, 2 Maret 2018 karena sedang dalam kondisi sakit. Permohonan ini dijaukan berdasarkan anjuran dokter untuk beristirahat. (Surat Keterangan Dokter Terlampir).

Demikian surat ini dibuat dan disampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Denpasar, 1 Maret 2018

Hormat Saya

Made Putra Candra Dinata

Contoh 2

Jakarta Selatan, 18 April 2018

Perihal     : Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja

Lampiran : 1 Lembar

Yth. Kepada

Kepala Bagian Administrasi

PT. Maju Makmur Jaya

Jalan Kemang Selatan No 87 Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap           : Bobi Riyadi Wicaksana

Alamat                         : Jalan Senopati No 88

Jabatan                        : Staff Administrasi

bersama dengan surat ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini Senin, 18 April 2018 hingga Kamis, 21 April 2018 karena sedang dalam masa pemulihan operasi. Hal ini didasarkan pada anjuran dokter untuk beristirahat (surat keterangan dokter terlampir). Oleh karena itu saya mohon permakluman dari Bapak Kepala Bagian Administrasi terkait hal tersebut.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Bobi Riyadi Wicaksana

Contoh 3

Denpasar, 11 Januari 2020

Perihal                  : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran             : 1 lembar

Kepada Yth.

Kepala Bagian Purchasing

PT. Mitra Cuan Sejahtera

Di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                 : Eka Adi Arsana Putra

Alamat                               : Perum Dalung Permai No 99 Dalung, Kuta Utara

Jabatan                              : Kepala Sub Bagian Purchasing

bersama dengan surat ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini Kamis, 11 Januari 2020 hingga Jumat, 12 Januari 2020 karena sedang dalam keadaaan sakit. Hal ini didasarkan pada anjuran dokter untuk beristirahat (surat keterangan dokter terlampir). Oleh karena itu saya mohon permakluman dari Bapak Kepala Bagian Purchasing terkait hal tersebut.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Eka Adi Arsana Putra

Contoh 4

Badung, 16 Mei 2019

Perihal                  : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran             : 1 lembar

Kepada Yth.

Direktur Area Denpasar

PT. Tunas Muda Nusantara

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Ari Putra Satrawiguna

Jabatan            : Kepala Divisi Distribusi

Alamat             : Jalan Dam Indah No 1 Dalung Kuta Utara

bersama dengan surat ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini Jumat, 16 Mei 2019 hingga Selasa, 20 Januari 2019 karena sedang dalam keadaaan sakit dan masa pemulihan. Hal ini didasarkan pada anjuran dokter untuk beristirahat (surat keterangan dokter terlampir). Oleh karena itu saya mohon permakluman dari Bapak Direktur Area Denpasar terkait hal tersebut.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ari Putra Satrawiguna

Contoh 5

Malang, 7 Januari 2019

Perihal                  : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran             : 1 lembar

Kepata Yth.

Manager PT. Adi Putra Perkasa Cabang Malang

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Mochtar Bin Al Husein

Jabatan           : Supervisor Retail

Alamat            : Jalan Merak Gang Manggis No 89 Malang

melalui surat ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini Kamis, 7 Januari 2019 hingga Jumat,  8 Januari 2019 karena sedang dalam keadaaan sakit. Hal ini didasarkan pada anjuran dokter untuk beristirahat (surat keterangan dokter terlampir). Oleh karena itu saya mohon permakluman dari Bapak Manager terkait hal tersebut.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Mochtar Bin Al Husein

Contoh 6

Bandung, 5 Februari 2020

Perihal                  : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran             : 1 lembar

Kepada Yth.

Direktur PT. Jaya Abadi Multinasional

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Permata Mutiara Indah

Jabatan            : Sekretaris Direktur

Alamat            : Jalan Gajah Mada, Gang Arjuna No 77, Bandung.

bersama dengan surat ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini Selasa, 5 Februari 2020 hingga Rabu, 6 Februari 2020 karena sedang dalam keadaaan sakit. Hal ini didasarkan pada anjuran dokter untuk beristirahat (surat keterangan dokter terlampir). Oleh karena itu saya mohon permakluman dari Bapak Direktur terkait hal tersebut.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Permata Mutiara Indah

Contoh 7

Denpasar, 2 Oktober 2019

Perihal                  : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran             : 1 lembar

Kepada Yth.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar

Di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap                  : Putu Eka Gunadi, S.P.

N I P                                       : 1984028 2008112 2 002

Pangkat                                : Penata Muda

Jabatan                                : Staff Bidang Pengembangan Desa Wisata

Alamat                                 : Jalan Seroja No 89 Denpasar

bersama ini saya memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini, Kamis, 2 Oktober 2019 hingga Jumat, 3 Oktober 2019 karena saya dalam keadaan sakit dan harus beristirahat sesuai dengan anjuran dokter. Sehubungan dengan hal tersebut, saya telah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Putu Eka Gunadi, S.P.

Contoh 8

Malang, 4 Maret 2019

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran : 1 lembar

Kepada Yth.

Kepala Divisi Sumber Daya Manusia

PT. Makmur Bintang Jaya

Jalan Senopati No 76 Malang

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap      : Prihanda Irsyandanata

Alamat                    : Jalan Merpati Gang Baik-Baik No 9 Malang

Jabatan                   : Sekretaris Divisi Sumber Daya Manusia

bersama dengan surat ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini Rabu,  4 Maret 2019 hingga Jumat,  6 Maret 2019 karena sedang dalam keadaaan sakit. Hal ini didasarkan pada anjuran dokter untuk beristirahat (surat keterangan dokter terlampir). Oleh karena itu saya mohon permakluman dari Ibu Kepala Divisi terkait hal tersebut.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Prihanda Irsyandanata

Contoh 9

Lombok, 8 Mei 2019

Hal                    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran        : 1 Lembar

Kepada Yth.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram

Di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap      :  Muhamad Ali Sadili

N I P                        :   19880609 200703 2 001

Pangkat                  :  Penata Muda

Jabatan                   : Staff Dinas Perhubungan

Alamat                    : Jalan Soekarno-Hatta No 76 Mataram

bersama ini saya memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini, Selasa, 4 Maret 2019 hingga Kamis, 6 Maret 2019 karena saya dalam keadaan sakit dan harus beristirahat sesuai dengan anjuran dokter. Sehubungan dengan hal tersebut, saya telah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhamad Ali Sadili

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kuliah

Berikut di bawah ini adalah contoh surat izin tidak masuk kuliah karena berbagai contoh alasan. Simak contoh surat izin sakit di bawah ini.

Contoh 1

Singaraja, 11 April 2019

Kepada Yth.

Ibu Prof. Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A.

di Universitas Pendidikan Ganesha

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Adi Gunawan Munarman

NIM                       : 1312031708

Kelas                     : 5A

Program Studi    : Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas               : Bahasa dan Seni

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Selasa, 11 April 2019 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Adi Gunawan Munarman

Contoh 2

Depok, 15 Februari 2018

Kepada Yth.

Bapak Prof. Irsan Muhamad, M.Si.

Universitas Indonesia

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Irfan Johan Budi

NIM                       : 2014567892

Kelas                      : A

Program Studi    : Ilmu Hukum S1

Fakultas               : Hukum

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Jumat, 15 Februari 2018 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Irfan Johan Budi

Contoh 3

Bandung, 7 Maret 2019

Kepada Yth.

Bapak Dr. Budi Artawan S.E., M.M.

di Universitas Pendidikan Indonesia

Dengan Hormat,

Dengan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Indah Purbasari Kencana

NIM                             : 13256748

Kelas                           : 4A

Program Studi          : Manajemen S1

Fakultas                     : Ekonomi dan Bisnis

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Rabu, 7 Maret 2019 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Indah Purbasari Kencana

Contoh 4

Bandung, 16 April 2019

Kepada Yth.

Ibu Dr. Dian Putri Winarti, M.Sc.

Di Universitas Negeri Malang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Vika Alita Permatasari

NIM                   : 16273425

Kelas                 : 6A

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Kamis, 16 April 2019 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Vika Alita Permatasari

Contoh 5

Denpasar, 5 November 2019

Kepada Yth.

Bapak Prof. Dr. Dirgayusa, M.M.

di Universitas Udayana

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                     : Made Putra Ardiatmika

NIM                                       : 13257181

Kelas                                      : 4B

Program Studi                     : Akuntansi

Fakultas                                  : Ekonomi dan Bisnis

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Kamis, 16 April 2019 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Made Putra Ardiatmika

Contoh 6

Bandung, 11 Mei 2019

Kepada Yth.

Bapak / Ibu Dosen Jurusan Fisika

di Institut Teknologi Bandung

Dengan hormat,

Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Eko Putra Ningrat

NIM                              : 124522147

Jurusan                       : Fisika Murni

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Jumat,  11 Mei 2019 hingga Selasa, 15 Mei 2019 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit setelah pemulihan operasi. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Eko Putra Ningrat

Contoh 7

Yogyakarta, 5 Februari 2018

Kepada Yth.

Bapak Prof. Dr. Winardi, M.Pd

Universitas Negeri Yogyakarta

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Imam Nungraha Putra

NIM                       : 1627182910

Alamat                  : Jalan Diponogoro No 89 Yogyakarta

Kelas                     : 3A

Program Studi    : Pendidikan Bahasa Inggris

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Senin, 5 Februari 2018 hingga Rabu, 7 Februari 2018 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit setelah pemulihan operasi. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Imam Nungraha Putra

Contoh 8

Singaraja, 8 Januari 2019

Kepada Yth,

Bapak Dr. Made Hery Santosa, Ph.D

di Universitas Pendidikan Ganesha

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap   : Mega Aristya Putri

NIM                       : 1211253728

Program Studi    : Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas               : Bahasa dan Seni

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Kamis,  8 Januari 2019 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Mega Aristya Putri

Contoh 9

Denpasar, 9 Maret 2018

Kepada Yth.

Bapak Dr. Imam Mulyadi M.M.

Universitas Udayana

Dengan hormat,

Saya bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Meriska Indranita Jayanti

NIM                      : 1324678329

Fakultas               : Ekonomi dan Bisnis

Program Studi   : Manajemen

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Kamis,  9 Maret 2018 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Meriska Indranita Jayanti

Contoh 10

Malang, 8 September 2019

Kepada Yth.

Dosen Pengajar Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Negeri Malang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                      : Irsan Budi Waluyo

NIM                         : 1176283519

Program Studi      : Bahasa dan Sastra Indonesia

Alamat                   : Jalan Senopati Gang Merpati No 76 Malang

dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini Kamis, 8 September 2019 hingga Senin, 12 September 2019 saya tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan karena sedang dalam keadaan sakit setelah pemulihan operasi. Berikut saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, mohon kiranya Ibu dapat memberikan permakluman.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Irsan Budi Waluyo

Demikian contoh surat izin sakit sekolah, kuliah, dan contoh surat izin sakit tidak bekerja. Semoga contoh surat izin sakit diatas dapat bermanfaat dan digunakan dengan sungguh-sungguh. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *