Macam Macam Buah Segar Lengkap dengan Nama dan Manfaatnya

  • Whatsapp

16. Buah Mangga

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Tak terkecuali berbagai macam buah yang kaya vitamin. Semua buah buahan tersebut bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah buah mangga.

Mangga menjadi salah satu jenis buah favorit di Indonesia. Hal ini disebabkan karena mangga mempunyai rasa manis dan daging buahnya cukup tebal. Bentuk serta tingkatan rasa manis buah mangga juga berbeda tergantung dari jenis mangga seperti apa. Sebab ada macam macam buah mangga yang bisa anda pilih dengan rasa yang berbeda.

Bacaan Lainnya

Buah ini mendapatkan julukan sebagai king of fruit atau rajanya buah. Hal ini disebabkan karena kepopulerannya. Selain itu, mangga dan bisa tumbuh subur di Indonesia. Di indonesia ada beberapa jenis buah mangga yang cukup terkenal dengan paduan rasa yang lezat. Diantaranya ada mangga harum manis, mangga manalagi, mangga madu, mangga gadung dan berbagai macam jenis mangga lainnya.

Ada banyak manfaat baik bagi tubuh yang diberikan oleh buah mangga ini. Buah mangga memiliki kandungan gizi penting seperti kalium, folat, mangan, niasin, magnesium, thiamin, riboflavin, serta antioksidan. Sehingga buah ini baik untuk anda konsumsi. Buah mangga juga bisa menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah diabetes hingga mengurangi resiko penyakit jantung.

17. Buah Manggis

Anda tentunya sudah pernah melihat buah manggis bukan? Buah manggis ini mempunyai warna merah yang agak keunguan saat sudah matang. Biasanya buah manggis dikenal sebagai ratu buah. Sementara raja buahnya disematkan pada buah durian.

Pohon manggis memiliki masa hidup yang bisa mencapai puluhan tahun. Pohonnya selalu hijau dan memiliki tinggi 6 hingga 20 meter. Batang pohon buah manggis tegak dan terlihat jelas struktur batangnya. Memiliki kayu keras, kulit pohonnya kecoklatan dan memiliki getah berwarna kuning tidak rata dan kasar. Sistem percabangan pohon memiliki cenderung simetris.

Di dalam buah manggis terdapat kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Dalam berbagai macam penelitian menyatakan bahwa manggis adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Apalagi jika dibandingkan dengan macam macam buah lain yang ada di dunia.

18. Melon

Kesegaran buah melon menjadikannya cocok sebagai hidangan penutup maupun sajian segar ketika cuaca sedang terik. Melon umumnya dijadikan sebagai makanan pelengkap dalam menu berbahan dasar buah.

Untuk memperoleh buah melon tidak begitu sulit. Sebab ada banyak penjual buah ini di pasaran. Umumnya ada tiga jenis melon yang terkenal seperti melon hijau atau sky rocket, golden melon dan melon kuning atau rock melon.

Buah melon merupakan salah satu jenis buah dan tanaman yang menarik dan cukup banyak peminatnya. Jenis buah ini termasuk kedalam jenis labu labuan. Melon dapat dimakan secara langsung maupun jadikan sebagai campuran es buah.

Daging kuah melon sendiri mempunyai warna orange muda atau berwarna kuning keemasan. Walaupun anda juga sering menemui bagi buah melon yang memiliki warna putih kehijauan.

Meskipun ada macam macam buah melon, namun semuanya sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang baik. Seperti vitamin C yang cukup tinggi serta antioksidan yang kuat agar bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat buah melon juga sangat banyak seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melancarkan sistem pencernaan, mencegah hipertensi dan buah melon juga bagus untuk wanita hamil. Melon bisa menjadi salah satu makanan pelengkap nutrisi untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika anda mengkonsumsi melon secara rutin sebagai cemilan atau makanan pelengkap.

19. Buah Naga

Jenis buah yang satu ini sering kali dianggap sebagai buah yang membawa berkah. Khususnya bagi orang-orang Vietnam dan Tiongkok. Biasanya mereka meletakkan buah naga di antara patung naga yang berada di atas meja altar.

Dalam bahasa Inggris buah ini sering disebut sebagai Dragon Fruit. Semantara dalam bahasa China mereka menuebutnya Thang Loy. Buah naga memiliki tekstur yang sering disamakan dengan buah kiwi. Hal ini karena biji buah naga hitam dan sangat renyah. Daging buah naga terasa manis ketika dimakan. Anda bisa memilih buah naga diantara macam macam buah yang ada untuk dikonsumsi sehari-hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *