Macam Macam Buah Segar Lengkap dengan Nama dan Manfaatnya

  • Whatsapp

10. Jambu Batu

Selain jambu air, macam macam buah jambu ada yang namanya jambu batu atau jambu biji. Mengapa disebut sebagai jambu batu? Sebab tekstur buah ini sedikit keras seperti batu.

Meski demikian, rasa jambu batu ini tentunya tidak kalah manis dari jambu air. Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis buah yang satu ini. Ketika anda mencari tahu tentang nama buah buahan dan gambarnya, pasti jambu batu termasuk di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Jenis buah jambu batu memiliki biji kecil dengan warna yang orange keputihan. Biji jambu itu berada di bagian tengah daging buah jambu. Ketika sedang berkembang, maka jambu ini memiliki warna hijau tua. Smentara itu saat sudah matang, warnanya akan berubah menjadi kekuning-kuningan.

11. Buah Jeruk

Siapa diantara anda yang tidak kenal dengan buah jeruk? Buah ini kaya vitamin C serta mineral. Selain itu, buah jeruk mempunyai paduan rasa yang manis dan asam. Jenis buah yang satu ini juga bisa langsung dinikmati atau dibuat menjadi minuman dan sari buah.

Ibu-ibu rumah tangga sering mencari buah ini untuk dikonsumsi sehari-hari. Manis atau tidaknya buah jeruk tergantung dari cara budidayanya.

Maka dari itu, tak heran bila jeruk telah menjadi komoditas unggul. Sebab jeruk memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Selain itu buah ini adaptasinya juga luas sehingga banyak digemari masyarakat.

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C, mineral dan kalsium. Ada macam macam buah jeruk yang sering kita temui. Seperti jeruk lemon, jeruk sunkist, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk mandarin dan banyak lagi yang lainnya.

Jeruk merupakan jenis buah yang memiliki rasa asam, manis dan juga segar. Rasanya sangat ditentukan dari jenis jeruk itu sendiri. Disamping itu, rasa jeruk juga ditentukan dari tingkat kematangannya. Olahan jeruk juga sangat mudah dan sederhana. Biasanya jeruk diolah dalam bentuk cair dan bubuk.

12. Buah Kecapi

Sebagian besar dari anda tentu saja sudah tak asing lagi bila mendengar nama buah kecapi. Buah ini memiliki ukuran yang kecil. Selain itu buah ini juga identik dengan warna kuning gelap saat buah tersebut sudah masak.

Kecapi memiliki kulit yang cukup tebal tetapi lunak. Anda bisa dengan mudah membuka buahnya hanya dengan gigitan di bagian kulit. Selain itu, bijinya juga sedikit besar. Rasanya manis dan ada sedikit rasa asam yang segar. Meski demikian, saat ini buah kecapi sudah cukup jarang ditemukan.

Pohon penghasil buah ini cukup besar dan rimbun. Pohon tersebut bisa mencapai ketinggian hingga 30 meter. Jenis pohon kecapi termasuk ke dalam golongan pohon yang memiliki getah.

Manfaat buah kecapi sangat beragam. Diantara macam macam buah yang ada, kecapi ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya bisa mengatasi sembelit.

Hal ini karena kecapi memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, kecapi juga bisa meminimalisir penyakit kanker. Bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati alergi serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

13. Buah Kedondong

Bisa dibilang, buah kedondong adalah buah yang memiliki tekstur keras. Kan tetapi, buah yang satu ini bisa langsung dikonsumsi meski dalam keadaan masih segar atau baru dipetik.

Kedondong banyak dikenal sebagai buah tropis. Meski bisa dimakan saat masih mentah, namun saat buah kedondong matang rasanya bisa lebih enak dan menyegarkan.

Buah ini memiliki bentuk lonjong. Warnanya hijau dan kulitnya agak keras. Kedondong juga memiliki biji yang berserabut.

Daging buah kedondong teksturnya renyah dan rasanya sedikit asam. Daging buahnya saat matang berwarna keemasan. Sangat berair dan mempunyai sampuran rasa seperti mangga dan nanas.

Kedondong sering diolah menjadi rujak dengan campuran macam macam buah lainnya. Bisa juga dibuat menjadi selai, asinan dan acar. Buah kedondong sendiri masuk ke dalam jenis buah mangga-manggaan. Biasanya pohon kedondong akan berbuah mulai dari bulan September hingga Januari pertengahan.

Selain menyegarkan, buah kedondong ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa membantu mengobati batuk, Memelihara kelembutan kulit, Melancarkan pencernaan dan bisa meningkatkan kesehatan mata.

14. Kelapa

Buah kelapa merupakan salah satu buah yang populer asalnya dari daerah dengan iklim tropis. Sejak 4500 tahun yang lalu kelapa sudah dimanfaatkan oleh penduduk negara tropis dengan berbagai cara.

Pohon kelapa bisa tumbuh subur hingga puluhan tahun lamanya. Biasanya pohon kelapa sering dijumpai di daerah sekitar pantai dan daerah yang punya intensitas sinar matahari yang cukup.

Kelapa merupakan buah dari pohon kelapa. Buah kelapa ini sering digunakan sebagai minyak, minuman, sari atau santan. Selain itu, daging  buah kelapa muda juga memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi. Bagian-bagian utama buah kelapa meliputi kulit daging buah kelapa serta air kelapa

Dari macam macam buah yang ada, kelapa yang masih muda mempunyai nilai ekonomi tinggi. Daging buahnya punya komposisi gizi yang baik. Diantaranya mengandung asam amino esensial dan asam lemak yang sangat diperlukan tubuh.

Sementara itu, air kelapa disamping bisa dikonsumsi sebagai minuman yang segar juga memiliki kandungan vitamin, mineral, gula dan asam amino esensial. Dengan demikian, air kelapa bisa dikategorikan sebagai salah satu minuman ringan dengan gizi tinggi dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bila dikonsumsi secara rutin, maka daging buah kelapa muda bisa memberikan manfaat bagus untuk tubuh. Seperti menjaga kesehatan pencernaan, bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok untuk program diet, penunjang fungsi otak, serta bisa memelihara kesehatan organ jantung.

15. Buah Lemon

Ketika anda melihat foto buah buahan dan menemukan buah lemon, mungkin anda beranggapan bahwa buah yang satu ini adalah jeruk nipis. Banyak orang yang beranggapan bahwa jeruk atau lemon sama dengan jeruk nipis.

Anggapan ini sebenarnya kurang benar, sebab lemon mempunyai warna buah yang kuning dan memiliki bentuk yang agak bulat lonjong. Buah lemon mempunyai rasa asam dan sedikit manis. Selain itu, lemon berbeda dengan jeruk nipis. Karena jeruk nipis secara umum mempunyai warna hijau. dan bentuknya bulat. Sedangkan rasanya cenderung asam dan ada sedikit ada rasa pahit. Lemon memang termasuk ke dalam salah satu dari macam macam buah jeruk yang sering kita jumpai.

Buah lemon memiliki banyak sekali manfaat. Dibalik rasa asamnya, terdapat manfaat yang sangat bagus baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat tersebut adalah mendetoks tubuh dari racun yang selama ini tersisa. Dengan begitu, anda akan mendapatkan tubuh yang dan bugar setiap hari .

Selain itu, anda juga bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Bila saat ini anda sedang dalam proses menurunkan berat badan, maka lemon juga bisa menjadi alternatif untuk membuat tubuh anda menjadi langsing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *