Macam Macam Buah Segar Lengkap dengan Nama dan Manfaatnya

  • Whatsapp

Macam macam buah memiliki warna tekstur serta rasa yang berbeda. Bentuknya pun beragam, sehingga terkadang tampilannya bisa memanjakan mata. Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis buah baik yang sudah sering kita temui sehari-hari maupun buah langka yang jarang sekali kita lihat keberadaannya.

Setiap jenis buah-buahan masing-masing menyimpan kandungan manfaat sendiri-sendiri. Selain itu, buah juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berikut ini akan disampaikan ulasan mengenai berbagai macam buah-buahan yang lengkap dengan gambar serta manfaatnya.

Bacaan Lainnya
Macam Macam Buah Segar Lengkap dengan Nama dan Manfaatnya
medium.com

Mengenal Macam Macam Buah dan Manfaatnya

Semua jenis buah ini bisa menambah pengetahuan anda tentang begitu besarnya ciptaan Allah. Anda juga bisa menjadikannya bahan pengenalan untuk anak-anak tentang berbagai jenis buah yang berada di lingkungan sekitar anda.

1. Buah Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang yang umumnya memiliki warna merah di bagian luarnya saat buah tersebut sudah matang atau sudah siap dimakan. Meski demikian ada juga apel yang kulitnya berwarna kuning atau hijau. Kulit  buah ini terbilang agak lembek, sementara itu tekstur dari buah apel cukup keras.

Apel mempunyai beberapa biji di dalam buahnya. Pohon apel umumnya dapat tumbuh di daerah yang memiliki suhu udara dingin dan sejuk. Pohon apel memiliki ketinggian 3 hingga 12 meter. Selain itu, tanaman ini bisa menghasilkan buah yang mempunyai rasa manis.

Buah dengan nama latin Malus domestica ini umumnya dijadikan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut. Manfaat buah apel juga tidak kalah dengan buah-buahan lainnya. Apel baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Sehingga apel disukai banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

2. Buah Anggur

Macam macam buah segar yang sering kita temui salah satunya adalah anggur. Anggur merupakan jenis buah yang banyak dikenal dan cukup mudah ditemui hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Buah yang memiliki rasa manis dan lezat ini bisa membuat banyak orang terpesona.

Tanaman anggur bisa tumbuh di dataran rendah. Untuk bisa hidup, anggur memerlukan musim kemarau dengan waktu empat hingga tujuh bulan lamanya. Selain itu, anggur juga memerlukan cahaya matahari supaya bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah anggur yang lebat dan manis.

Dari sekian banyak gambar buah dan namanya, anggur memiliki keistimewaan tersendiri. Buah yang satu ini mempunyai beberapa jenis dan warna yang berbeda.

Adapun berbagai jenis anggur diantaranya adalah Cabernet Franc Grape atau anggur dengan warna biru gelap. Kaiji Grape atau berwarna merah agak putih bening. Ada juga warna Chenin Blanc Grape atau anggur berwarna hijau pekat. Sekirei Grape atau merah pekat, Auxerrois Crape atau kuning terang agak keputihan. Ada pula Barborossa Crape atau warna merah dan hijau muda atau Rosario Bianco Grape.

Banyak orang yang menilai bahwa buah anggur ini setelah dikonsumsi bisa dengan mudah terserap tubuh. Selain itu juga mudah masuk ke dalam aliran darah. Dengan demikian, orang yang mengkonsumsi anggur bisa mendapatkan energi yang cukup besar untuk aktivitas fisik dan otak.

3. Buah Alpukat

Mengenal buah buahan lengkap dengan jenis dan manfaatnya memang cukup penting. Seperti mengenal buah alpukat yang satu ini. Diantara macam macam buah yang ada, alpukat menjadi jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. Buah ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam es buah, salad buah, jus buah dan lain sebagainya.

Buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna kuning ini memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk menangkal radikal bebas serta racun yang ada di dalam tubuh. Meski alpukat tergolong ke dalam jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Akan tetapi lemak yang ada di dalam buah ini merupakan jenis lemak yang baik. Sehingga bisa menurunkan kolesterol yang ada dalam darah. Dengan begitu, alpukat menjadi buah yang baik. Buah ini juga bagus dikonsumsi penderita diabetes. Buah alpukat memiliki ukuran 7 hingga 20 cm. Sementara itu, buah ini beratnya bisa mencapai 100 hingga 1000 gram. Biji buahnya besar dengan ukuran 5 hingga 6,4 cm.

4. Buah Belimbing

Saat kita mencari nama nama buah dan gambarnya, buah belimbing pasti selalu muncul. Belimbing merupakan buah yang mempunyai warna kuning kehijauan. Saat masih muda buah ini berwarna hijau. Belimbing memiliki rasa yang manis namun sedikit ada rasa asam.

Bentuk buah belimbing seperti bintang saat buah tersebut dipotong. Buah belimbing satu diantara macam macam buah yang memiliki kandungan vitamin C. Belimbing sangat baik untuk kesehatan tubuh. Disamping bisa membantu berat badan anda turun, nutrisi yang ada di dalam buah belimbing ini bisa juga menurunkan resiko penyakit stroke dan jantung.

Bukan hanya itu, belimbing juga bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Membuat sistem imunitas semakin kuat, hingga membantu mengatasi penyakit maag. Di Indonesia, daerah yang terkenal sebagai penghasil belimbing adalah Demak. Sehingga kita bisa dengan mudah menemukan buah ini dan mengkonsumsinya.

5. Jenis Buah Ceri

Masyarakat Indonesia sebagian besar pasti sudah mengenal buah ceri. Diantara macam macam buah yang ada ceri memiliki warna yang sangat cerah. Walaupun memang ini bukan tergolong buah endemik Tanah Air. Akan tetapi buah ceri yang legit bisa dengan mudah ditemukan dalam berbagai kudapan.

Ceri cukup dikenal di antara semua buah buahan. Kita sering menjumpainya di dalam cake, puding sampai minuman kekinian yang populer di restoran dan kafe. Buah ceri sering juga disebut sebagai buah kersen. Jenis buah yang satu ini biasanya hidup didaerah yang memiliki iklim sedang. Pohonnya rindang dan sering menjadi tempat untuk berteduh.

Julian F Morton dalam penelitiannya menyebutkan bahwa buah ceri punya berbagai macam kandungan dan manfaat. Manfaat buah ceri sendiri bisa menjadi antiseptik. Ceri juga bisa meringankan gejala influenza, antispasmodik, anti diabetes dan membantu meringankan sakit kepala serta anti peradangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *