Macam Macam Buah Segar Lengkap dengan Nama dan Manfaatnya

  • Whatsapp

Macam macam buah memiliki warna tekstur serta rasa yang berbeda. Bentuknya pun beragam, sehingga terkadang tampilannya bisa memanjakan mata. Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis buah baik yang sudah sering kita temui sehari-hari maupun buah langka yang jarang sekali kita lihat keberadaannya.

Setiap jenis buah-buahan masing-masing menyimpan kandungan manfaat sendiri-sendiri. Selain itu, buah juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berikut ini akan disampaikan ulasan mengenai berbagai macam buah-buahan yang lengkap dengan gambar serta manfaatnya.

Macam Macam Buah Segar Lengkap dengan Nama dan Manfaatnya
medium.com

Mengenal Macam Macam Buah dan Manfaatnya

Semua jenis buah ini bisa menambah pengetahuan anda tentang begitu besarnya ciptaan Allah. Anda juga bisa menjadikannya bahan pengenalan untuk anak-anak tentang berbagai jenis buah yang berada di lingkungan sekitar anda.

1. Buah Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang yang umumnya memiliki warna merah di bagian luarnya saat buah tersebut sudah matang atau sudah siap dimakan. Meski demikian ada juga apel yang kulitnya berwarna kuning atau hijau. Kulit  buah ini terbilang agak lembek, sementara itu tekstur dari buah apel cukup keras.

Apel mempunyai beberapa biji di dalam buahnya. Pohon apel umumnya dapat tumbuh di daerah yang memiliki suhu udara dingin dan sejuk. Pohon apel memiliki ketinggian 3 hingga 12 meter. Selain itu, tanaman ini bisa menghasilkan buah yang mempunyai rasa manis.

Buah dengan nama latin Malus domestica ini umumnya dijadikan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut. Manfaat buah apel juga tidak kalah dengan buah-buahan lainnya. Apel baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Sehingga apel disukai banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

2. Buah Anggur

Macam macam buah segar yang sering kita temui salah satunya adalah anggur. Anggur merupakan jenis buah yang banyak dikenal dan cukup mudah ditemui hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Buah yang memiliki rasa manis dan lezat ini bisa membuat banyak orang terpesona.

Tanaman anggur bisa tumbuh di dataran rendah. Untuk bisa hidup, anggur memerlukan musim kemarau dengan waktu empat hingga tujuh bulan lamanya. Selain itu, anggur juga memerlukan cahaya matahari supaya bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah anggur yang lebat dan manis.

Dari sekian banyak gambar buah dan namanya, anggur memiliki keistimewaan tersendiri. Buah yang satu ini mempunyai beberapa jenis dan warna yang berbeda.

Adapun berbagai jenis anggur diantaranya adalah Cabernet Franc Grape atau anggur dengan warna biru gelap. Kaiji Grape atau berwarna merah agak putih bening. Ada juga warna Chenin Blanc Grape atau anggur berwarna hijau pekat. Sekirei Grape atau merah pekat, Auxerrois Crape atau kuning terang agak keputihan. Ada pula Barborossa Crape atau warna merah dan hijau muda atau Rosario Bianco Grape.

Banyak orang yang menilai bahwa buah anggur ini setelah dikonsumsi bisa dengan mudah terserap tubuh. Selain itu juga mudah masuk ke dalam aliran darah. Dengan demikian, orang yang mengkonsumsi anggur bisa mendapatkan energi yang cukup besar untuk aktivitas fisik dan otak.

3. Buah Alpukat

Mengenal buah buahan lengkap dengan jenis dan manfaatnya memang cukup penting. Seperti mengenal buah alpukat yang satu ini. Diantara macam macam buah yang ada, alpukat menjadi jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. Buah ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam es buah, salad buah, jus buah dan lain sebagainya.

Buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna kuning ini memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk menangkal radikal bebas serta racun yang ada di dalam tubuh. Meski alpukat tergolong ke dalam jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Akan tetapi lemak yang ada di dalam buah ini merupakan jenis lemak yang baik. Sehingga bisa menurunkan kolesterol yang ada dalam darah. Dengan begitu, alpukat menjadi buah yang baik. Buah ini juga bagus dikonsumsi penderita diabetes. Buah alpukat memiliki ukuran 7 hingga 20 cm. Sementara itu, buah ini beratnya bisa mencapai 100 hingga 1000 gram. Biji buahnya besar dengan ukuran 5 hingga 6,4 cm.

4. Buah Belimbing

Saat kita mencari nama nama buah dan gambarnya, buah belimbing pasti selalu muncul. Belimbing merupakan buah yang mempunyai warna kuning kehijauan. Saat masih muda buah ini berwarna hijau. Belimbing memiliki rasa yang manis namun sedikit ada rasa asam.

Bentuk buah belimbing seperti bintang saat buah tersebut dipotong. Buah belimbing satu diantara macam macam buah yang memiliki kandungan vitamin C. Belimbing sangat baik untuk kesehatan tubuh. Disamping bisa membantu berat badan anda turun, nutrisi yang ada di dalam buah belimbing ini bisa juga menurunkan resiko penyakit stroke dan jantung.

Bukan hanya itu, belimbing juga bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Membuat sistem imunitas semakin kuat, hingga membantu mengatasi penyakit maag. Di Indonesia, daerah yang terkenal sebagai penghasil belimbing adalah Demak. Sehingga kita bisa dengan mudah menemukan buah ini dan mengkonsumsinya.

5. Jenis Buah Ceri

Masyarakat Indonesia sebagian besar pasti sudah mengenal buah ceri. Diantara macam macam buah yang ada ceri memiliki warna yang sangat cerah. Walaupun memang ini bukan tergolong buah endemik Tanah Air. Akan tetapi buah ceri yang legit bisa dengan mudah ditemukan dalam berbagai kudapan.

Ceri cukup dikenal di antara semua buah buahan. Kita sering menjumpainya di dalam cake, puding sampai minuman kekinian yang populer di restoran dan kafe. Buah ceri sering juga disebut sebagai buah kersen. Jenis buah yang satu ini biasanya hidup didaerah yang memiliki iklim sedang. Pohonnya rindang dan sering menjadi tempat untuk berteduh.

Julian F Morton dalam penelitiannya menyebutkan bahwa buah ceri punya berbagai macam kandungan dan manfaat. Manfaat buah ceri sendiri bisa menjadi antiseptik. Ceri juga bisa meringankan gejala influenza, antispasmodik, anti diabetes dan membantu meringankan sakit kepala serta anti peradangan.

6. Cokelat

Selanjutnya kita akan mengupas mengenai buah coklat. Kita tahu ada macam macam buah yang tumbuh di Indonesia tercinta ini. Salah satunya adalah kakao atau coklat. Seringkali kita menjumpai coklat sebagai bahan untuk membuat makanan ringan, kue, susu dan berbagai jenis makanan lainnya. Sebenarnya cokelat ini berasal dari pohon kakao yang telah berbuah. Buah kakao ini sering disebut cokelat oleh masyarakat.

Aroma yang dihasilkan oleh buah coklat ini gurih dan sangat khas. Oleh sebab itu, tak heran bila cokelat sangat menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Apalagi anak-anak, mereka sangat suka dengan coklat.

Buah coklat mempunyai rasa yang manis. Pertama kalinya buah ini dikonsumsi oleh masyarakat yang berada di kawasan Mesoamerika Kuno. Hingga sekarang orang-orang bisa menikmati coklat dengan berbagai olahan yang lezat. Entah itu sajian coklat dalam bentuk makanan maupun minuman.

7. Buah Duku

Jika anda sedang browsing di internet tentang gambar buah buahan dan namanya, anda pasti akan menemukan buah duku. Dari macam macam buah yang ada, duku termasuk ke dalam jenis buah yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Duku memiliki bentuk yang mirip dengan jenis buah kokosan, celoring, langsat dan buah pisitan. Di negara Indonesia, duku menjadi salah satu buah yang jadi ciri khas Sumatera Selatan. Duku juga memiliki rasa yang terkenal khas dan banyak digemari oleh masyarakat. namanya adalah duku Palembang.

Ciri khas duku memiliki pohon yang berdaun rimbun. Warna daunnya hijau cerah. Bentuk dari buah duku sendiri nyaris bulat dan memiliki kulit lumayan tebal. Disamping itu, buah ini memiliki biji yang cukup kecil. Daging buahnya tebal dan memiliki sedikit getah. Rasa yang dihasilkan dari buah ini adalah paduan dari rasa manis dan asam.

8. Durian

Indonesia merupakan negara yang kaya akan macam macam buah. Salah satu buah yang sering dijumpai di Indonesia adalah durian. Jenis buah ini sangat khas.

Kulit buahnya memiliki lekuk yang tajam seperti duri. Selain bentuknya yang khas, rasanya juga unik. Buah durian memiliki rasa legit yang lezat. Disamping itu, tekstur daging buahnya sangat pulen dan tidak keras, meski begitu buah ini juga tidak lumer.

Banyak masyarakat Indonesia yang suka dengan buah durian ini. Tapi tak sedikit pula orang yang tidak terlalu suka dengan buah yang punya aroma tajam ini. Alasannya karena aroma durian itu sendiri yang kadang membuat orang tidak suka.

Indonesia memiliki banyak jenis buah durian. Adapun berbagai macam jenis buah durian yang sudah populer di Indonesia yaitu durian bokor, durian montong, durian merah, durian bawor dan jenis durian lainnya.

9. Jambu Air

Anda pasti tahu macam macam buah yang memiliki kandungan air cukup banyak. Salah satu jenis buah tersebut adalah jambu air. Sesuai namanya, jambu ini punya kandungan air tinggi. Biasanya buah ini memiliki warna merah muda. Tapi ada juga jambu air yang berwarna hijau.

Jenis buah yang satu ini cocok sekali bila dimakan saat cuaca sedang panas. Buah ini bisa membantu anda mengatasi dahaga. Biasanya jambu air dipakai untuk campuran rujak buah. Kadang jambu air juga dibuat menjadi manisan.  Tanaman jambu air ini asalnya dari wilayah Asia Tenggara dan termasuk dalam suku jambu-jambuan atau myrtaceae.

Daerah tropis seperti Indonesia sangat cocok untuk budidaya jambu air. Selain mudah, potensi pasar yang dimiliki juga cukup besar. Buah segar yang kaya air ini masuk dalam golongan buah musiman. Jambu air ketersediaannya akan melimpah pada musim-musim tertentu.

10. Jambu Batu

Selain jambu air, macam macam buah jambu ada yang namanya jambu batu atau jambu biji. Mengapa disebut sebagai jambu batu? Sebab tekstur buah ini sedikit keras seperti batu.

Meski demikian, rasa jambu batu ini tentunya tidak kalah manis dari jambu air. Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis buah yang satu ini. Ketika anda mencari tahu tentang nama buah buahan dan gambarnya, pasti jambu batu termasuk di dalamnya.

Jenis buah jambu batu memiliki biji kecil dengan warna yang orange keputihan. Biji jambu itu berada di bagian tengah daging buah jambu. Ketika sedang berkembang, maka jambu ini memiliki warna hijau tua. Smentara itu saat sudah matang, warnanya akan berubah menjadi kekuning-kuningan.

11. Buah Jeruk

Siapa diantara anda yang tidak kenal dengan buah jeruk? Buah ini kaya vitamin C serta mineral. Selain itu, buah jeruk mempunyai paduan rasa yang manis dan asam. Jenis buah yang satu ini juga bisa langsung dinikmati atau dibuat menjadi minuman dan sari buah.

Ibu-ibu rumah tangga sering mencari buah ini untuk dikonsumsi sehari-hari. Manis atau tidaknya buah jeruk tergantung dari cara budidayanya.

Maka dari itu, tak heran bila jeruk telah menjadi komoditas unggul. Sebab jeruk memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Selain itu buah ini adaptasinya juga luas sehingga banyak digemari masyarakat.

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C, mineral dan kalsium. Ada macam macam buah jeruk yang sering kita temui. Seperti jeruk lemon, jeruk sunkist, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk mandarin dan banyak lagi yang lainnya.

Jeruk merupakan jenis buah yang memiliki rasa asam, manis dan juga segar. Rasanya sangat ditentukan dari jenis jeruk itu sendiri. Disamping itu, rasa jeruk juga ditentukan dari tingkat kematangannya. Olahan jeruk juga sangat mudah dan sederhana. Biasanya jeruk diolah dalam bentuk cair dan bubuk.

12. Buah Kecapi

Sebagian besar dari anda tentu saja sudah tak asing lagi bila mendengar nama buah kecapi. Buah ini memiliki ukuran yang kecil. Selain itu buah ini juga identik dengan warna kuning gelap saat buah tersebut sudah masak.

Kecapi memiliki kulit yang cukup tebal tetapi lunak. Anda bisa dengan mudah membuka buahnya hanya dengan gigitan di bagian kulit. Selain itu, bijinya juga sedikit besar. Rasanya manis dan ada sedikit rasa asam yang segar. Meski demikian, saat ini buah kecapi sudah cukup jarang ditemukan.

Pohon penghasil buah ini cukup besar dan rimbun. Pohon tersebut bisa mencapai ketinggian hingga 30 meter. Jenis pohon kecapi termasuk ke dalam golongan pohon yang memiliki getah.

Manfaat buah kecapi sangat beragam. Diantara macam macam buah yang ada, kecapi ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya bisa mengatasi sembelit.

Hal ini karena kecapi memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, kecapi juga bisa meminimalisir penyakit kanker. Bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati alergi serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

13. Buah Kedondong

Bisa dibilang, buah kedondong adalah buah yang memiliki tekstur keras. Kan tetapi, buah yang satu ini bisa langsung dikonsumsi meski dalam keadaan masih segar atau baru dipetik.

Kedondong banyak dikenal sebagai buah tropis. Meski bisa dimakan saat masih mentah, namun saat buah kedondong matang rasanya bisa lebih enak dan menyegarkan.

Buah ini memiliki bentuk lonjong. Warnanya hijau dan kulitnya agak keras. Kedondong juga memiliki biji yang berserabut.

Daging buah kedondong teksturnya renyah dan rasanya sedikit asam. Daging buahnya saat matang berwarna keemasan. Sangat berair dan mempunyai sampuran rasa seperti mangga dan nanas.

Kedondong sering diolah menjadi rujak dengan campuran macam macam buah lainnya. Bisa juga dibuat menjadi selai, asinan dan acar. Buah kedondong sendiri masuk ke dalam jenis buah mangga-manggaan. Biasanya pohon kedondong akan berbuah mulai dari bulan September hingga Januari pertengahan.

Selain menyegarkan, buah kedondong ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa membantu mengobati batuk, Memelihara kelembutan kulit, Melancarkan pencernaan dan bisa meningkatkan kesehatan mata.

14. Kelapa

Buah kelapa merupakan salah satu buah yang populer asalnya dari daerah dengan iklim tropis. Sejak 4500 tahun yang lalu kelapa sudah dimanfaatkan oleh penduduk negara tropis dengan berbagai cara.

Pohon kelapa bisa tumbuh subur hingga puluhan tahun lamanya. Biasanya pohon kelapa sering dijumpai di daerah sekitar pantai dan daerah yang punya intensitas sinar matahari yang cukup.

Kelapa merupakan buah dari pohon kelapa. Buah kelapa ini sering digunakan sebagai minyak, minuman, sari atau santan. Selain itu, daging  buah kelapa muda juga memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi. Bagian-bagian utama buah kelapa meliputi kulit daging buah kelapa serta air kelapa

Dari macam macam buah yang ada, kelapa yang masih muda mempunyai nilai ekonomi tinggi. Daging buahnya punya komposisi gizi yang baik. Diantaranya mengandung asam amino esensial dan asam lemak yang sangat diperlukan tubuh.

Sementara itu, air kelapa disamping bisa dikonsumsi sebagai minuman yang segar juga memiliki kandungan vitamin, mineral, gula dan asam amino esensial. Dengan demikian, air kelapa bisa dikategorikan sebagai salah satu minuman ringan dengan gizi tinggi dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bila dikonsumsi secara rutin, maka daging buah kelapa muda bisa memberikan manfaat bagus untuk tubuh. Seperti menjaga kesehatan pencernaan, bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok untuk program diet, penunjang fungsi otak, serta bisa memelihara kesehatan organ jantung.

15. Buah Lemon

Ketika anda melihat foto buah buahan dan menemukan buah lemon, mungkin anda beranggapan bahwa buah yang satu ini adalah jeruk nipis. Banyak orang yang beranggapan bahwa jeruk atau lemon sama dengan jeruk nipis.

Anggapan ini sebenarnya kurang benar, sebab lemon mempunyai warna buah yang kuning dan memiliki bentuk yang agak bulat lonjong. Buah lemon mempunyai rasa asam dan sedikit manis. Selain itu, lemon berbeda dengan jeruk nipis. Karena jeruk nipis secara umum mempunyai warna hijau. dan bentuknya bulat. Sedangkan rasanya cenderung asam dan ada sedikit ada rasa pahit. Lemon memang termasuk ke dalam salah satu dari macam macam buah jeruk yang sering kita jumpai.

Buah lemon memiliki banyak sekali manfaat. Dibalik rasa asamnya, terdapat manfaat yang sangat bagus baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat tersebut adalah mendetoks tubuh dari racun yang selama ini tersisa. Dengan begitu, anda akan mendapatkan tubuh yang dan bugar setiap hari .

Selain itu, anda juga bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Bila saat ini anda sedang dalam proses menurunkan berat badan, maka lemon juga bisa menjadi alternatif untuk membuat tubuh anda menjadi langsing.

16. Buah Mangga

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Tak terkecuali berbagai macam buah yang kaya vitamin. Semua buah buahan tersebut bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah buah mangga.

Mangga menjadi salah satu jenis buah favorit di Indonesia. Hal ini disebabkan karena mangga mempunyai rasa manis dan daging buahnya cukup tebal. Bentuk serta tingkatan rasa manis buah mangga juga berbeda tergantung dari jenis mangga seperti apa. Sebab ada macam macam buah mangga yang bisa anda pilih dengan rasa yang berbeda.

Buah ini mendapatkan julukan sebagai king of fruit atau rajanya buah. Hal ini disebabkan karena kepopulerannya. Selain itu, mangga dan bisa tumbuh subur di Indonesia. Di indonesia ada beberapa jenis buah mangga yang cukup terkenal dengan paduan rasa yang lezat. Diantaranya ada mangga harum manis, mangga manalagi, mangga madu, mangga gadung dan berbagai macam jenis mangga lainnya.

Ada banyak manfaat baik bagi tubuh yang diberikan oleh buah mangga ini. Buah mangga memiliki kandungan gizi penting seperti kalium, folat, mangan, niasin, magnesium, thiamin, riboflavin, serta antioksidan. Sehingga buah ini baik untuk anda konsumsi. Buah mangga juga bisa menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah diabetes hingga mengurangi resiko penyakit jantung.

17. Buah Manggis

Anda tentunya sudah pernah melihat buah manggis bukan? Buah manggis ini mempunyai warna merah yang agak keunguan saat sudah matang. Biasanya buah manggis dikenal sebagai ratu buah. Sementara raja buahnya disematkan pada buah durian.

Pohon manggis memiliki masa hidup yang bisa mencapai puluhan tahun. Pohonnya selalu hijau dan memiliki tinggi 6 hingga 20 meter. Batang pohon buah manggis tegak dan terlihat jelas struktur batangnya. Memiliki kayu keras, kulit pohonnya kecoklatan dan memiliki getah berwarna kuning tidak rata dan kasar. Sistem percabangan pohon memiliki cenderung simetris.

Di dalam buah manggis terdapat kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Dalam berbagai macam penelitian menyatakan bahwa manggis adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Apalagi jika dibandingkan dengan macam macam buah lain yang ada di dunia.

18. Melon

Kesegaran buah melon menjadikannya cocok sebagai hidangan penutup maupun sajian segar ketika cuaca sedang terik. Melon umumnya dijadikan sebagai makanan pelengkap dalam menu berbahan dasar buah.

Untuk memperoleh buah melon tidak begitu sulit. Sebab ada banyak penjual buah ini di pasaran. Umumnya ada tiga jenis melon yang terkenal seperti melon hijau atau sky rocket, golden melon dan melon kuning atau rock melon.

Buah melon merupakan salah satu jenis buah dan tanaman yang menarik dan cukup banyak peminatnya. Jenis buah ini termasuk kedalam jenis labu labuan. Melon dapat dimakan secara langsung maupun jadikan sebagai campuran es buah.

Daging kuah melon sendiri mempunyai warna orange muda atau berwarna kuning keemasan. Walaupun anda juga sering menemui bagi buah melon yang memiliki warna putih kehijauan.

Meskipun ada macam macam buah melon, namun semuanya sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang baik. Seperti vitamin C yang cukup tinggi serta antioksidan yang kuat agar bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat buah melon juga sangat banyak seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melancarkan sistem pencernaan, mencegah hipertensi dan buah melon juga bagus untuk wanita hamil. Melon bisa menjadi salah satu makanan pelengkap nutrisi untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika anda mengkonsumsi melon secara rutin sebagai cemilan atau makanan pelengkap.

19. Buah Naga

Jenis buah yang satu ini sering kali dianggap sebagai buah yang membawa berkah. Khususnya bagi orang-orang Vietnam dan Tiongkok. Biasanya mereka meletakkan buah naga di antara patung naga yang berada di atas meja altar.

Dalam bahasa Inggris buah ini sering disebut sebagai Dragon Fruit. Semantara dalam bahasa China mereka menuebutnya Thang Loy. Buah naga memiliki tekstur yang sering disamakan dengan buah kiwi. Hal ini karena biji buah naga hitam dan sangat renyah. Daging buah naga terasa manis ketika dimakan. Anda bisa memilih buah naga diantara macam macam buah yang ada untuk dikonsumsi sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *