Macam Macam Buah Segar Lengkap dengan Nama dan Manfaatnya

  • Whatsapp

6. Cokelat

Selanjutnya kita akan mengupas mengenai buah coklat. Kita tahu ada macam macam buah yang tumbuh di Indonesia tercinta ini. Salah satunya adalah kakao atau coklat. Seringkali kita menjumpai coklat sebagai bahan untuk membuat makanan ringan, kue, susu dan berbagai jenis makanan lainnya. Sebenarnya cokelat ini berasal dari pohon kakao yang telah berbuah. Buah kakao ini sering disebut cokelat oleh masyarakat.

Aroma yang dihasilkan oleh buah coklat ini gurih dan sangat khas. Oleh sebab itu, tak heran bila cokelat sangat menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Apalagi anak-anak, mereka sangat suka dengan coklat.

Bacaan Lainnya

Buah coklat mempunyai rasa yang manis. Pertama kalinya buah ini dikonsumsi oleh masyarakat yang berada di kawasan Mesoamerika Kuno. Hingga sekarang orang-orang bisa menikmati coklat dengan berbagai olahan yang lezat. Entah itu sajian coklat dalam bentuk makanan maupun minuman.

7. Buah Duku

Jika anda sedang browsing di internet tentang gambar buah buahan dan namanya, anda pasti akan menemukan buah duku. Dari macam macam buah yang ada, duku termasuk ke dalam jenis buah yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Duku memiliki bentuk yang mirip dengan jenis buah kokosan, celoring, langsat dan buah pisitan. Di negara Indonesia, duku menjadi salah satu buah yang jadi ciri khas Sumatera Selatan. Duku juga memiliki rasa yang terkenal khas dan banyak digemari oleh masyarakat. namanya adalah duku Palembang.

Ciri khas duku memiliki pohon yang berdaun rimbun. Warna daunnya hijau cerah. Bentuk dari buah duku sendiri nyaris bulat dan memiliki kulit lumayan tebal. Disamping itu, buah ini memiliki biji yang cukup kecil. Daging buahnya tebal dan memiliki sedikit getah. Rasa yang dihasilkan dari buah ini adalah paduan dari rasa manis dan asam.

8. Durian

Indonesia merupakan negara yang kaya akan macam macam buah. Salah satu buah yang sering dijumpai di Indonesia adalah durian. Jenis buah ini sangat khas.

Kulit buahnya memiliki lekuk yang tajam seperti duri. Selain bentuknya yang khas, rasanya juga unik. Buah durian memiliki rasa legit yang lezat. Disamping itu, tekstur daging buahnya sangat pulen dan tidak keras, meski begitu buah ini juga tidak lumer.

Banyak masyarakat Indonesia yang suka dengan buah durian ini. Tapi tak sedikit pula orang yang tidak terlalu suka dengan buah yang punya aroma tajam ini. Alasannya karena aroma durian itu sendiri yang kadang membuat orang tidak suka.

Indonesia memiliki banyak jenis buah durian. Adapun berbagai macam jenis buah durian yang sudah populer di Indonesia yaitu durian bokor, durian montong, durian merah, durian bawor dan jenis durian lainnya.

9. Jambu Air

Anda pasti tahu macam macam buah yang memiliki kandungan air cukup banyak. Salah satu jenis buah tersebut adalah jambu air. Sesuai namanya, jambu ini punya kandungan air tinggi. Biasanya buah ini memiliki warna merah muda. Tapi ada juga jambu air yang berwarna hijau.

Jenis buah yang satu ini cocok sekali bila dimakan saat cuaca sedang panas. Buah ini bisa membantu anda mengatasi dahaga. Biasanya jambu air dipakai untuk campuran rujak buah. Kadang jambu air juga dibuat menjadi manisan.  Tanaman jambu air ini asalnya dari wilayah Asia Tenggara dan termasuk dalam suku jambu-jambuan atau myrtaceae.

Daerah tropis seperti Indonesia sangat cocok untuk budidaya jambu air. Selain mudah, potensi pasar yang dimiliki juga cukup besar. Buah segar yang kaya air ini masuk dalam golongan buah musiman. Jambu air ketersediaannya akan melimpah pada musim-musim tertentu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *