Contoh Resume

Contoh resume – Istilah resume tidak akan asing lagi untuk kalian yang bergelut di dunia pendidikan. Tugas-tugas sangat erat kaitanya dengan pembuatan resume. Selain itu di dunia kerja juga mengenal istilah resume. Jadi resume tak melulu tentang dunia pendidikan saja. Banyak yang mengira bahwa resume sama dengan ringkasan. Secara sederhana keduanya merupakan bagian singkat dari sebuah karya, karangan, atau materi. Namun ada beberapa detail yang membuat mereka berbeda. Ringkasan adalah sebuah tulisan hasil pemadatan dari sebuah karya, karangan, buku, dan lain sebagainya. Di lain sisi resume juga merupakan sebuah hasil pemadatan dari sebuah buku, karya, dan lain lain. Namun resume memiliki poin yang lebih detail. Paparan dari sebuah resume memiliki pola  yang terstruktur. Detail pemilik karya hingga segmen-segmen tulisan tetap di pertahankan oleh sebuah resume. Itulah kira-kira perbedaan sederhana antara resume dan ringkasan.

contoh resume

Berikut beberapa tips dalam menulis resume buku, novel, jurnal, film, makalah, materi, dan lain sebagainya :

  • Pertama, hal yang pertama dilakukan dalam menulis resume adalah membaca sumber asli. Jika tanpa membaca sangat mustahil untuk membuat sebuah resume, yang ada mungkin hanya hayalan yang berujung pada karangan belaka. Membaca sumber asli sangat penting agar kita mendapatkan informasi yang akurat dan benar sebelum dituangkan ke dalam tulisan berbentuk resume.
  • Kedua, sembari membaca, kalian dapat menandai poin-poin penting bacaan tersebut. Jika berupa soft-file kalian dapat menggunakan aplikasi tertentu dan dengan mudah menandai poin penting dalam sebuah bacaan. Ingat poin penting tidak selalu ada di depan, bisa saja di belakang, atau di tengah-tengah. Maka dari itu membaca secara keseluruhan sangatlah penting.
  • Ketiga, setelah mendapatkan poin-poin penting yang mana merupakan inti atau gagasan utama dari sebuah karya, buku, jurnal, film, dan lain-lain. Mulailah menulis. Tak akan pernah tercipta resume jika kalian tidak mulai menuliskannya. Jangan ragu utarakan saja dan kembangkan poin-poin penting yang telah didapat dari langkah sebelumnya. Hindari menggunakan kata-kata atau kalimat yang ada di dalam sumber asli. Gunakanlah kata-kata kalian sendiri.
  • Keempat, setelah selesai menulis pastikan kalian membaca kembali resume yang telah kalian buat apakah sudah sesuai atau ada poin yang dikembangkan terlalu pendek atau terlalu panjang.
  • Terakhir, lakukan revisi kilat pada hal-hal yang belum pas dengan sumber asli setelah kalian membaca ulang resume tersebut.

Khusus untuk membuat resume pribadi untuk melamar beasiswa atau program pertukaran dan lamaran kerja. Hal yang kalian butuhkan adalah mengumpulkan data pribadi kalian, pendidikan, pengalaman bekerja atau magang, serta mencantumkan penghargaan dan keterampilan yang kalian miliki.

Untuk membuat kalian lebih paham dalam membuat resume kalian sendiri, kali ini kita akan berbagi beberapa contoh resume yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga contoh resume berikut berguna untuk kalian semua.

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Karya Tulis Ilmiah Remaja SMA

Contoh Resume Jurnal

Berikut contoh resume Jurnal yang di ambil dari Jurnal Pendidikan Indonesia.

Judul: Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa
Nama Jurnal: Integralistik
Volume: 30 (2)
Tahun: 2019
Penulis: Ani Sulianti, Robiah Mega Safitri,dan Yasril Gunawan 

Pendahuluan
Pendidikan karakter sudah digaungkan sejak lama di Indonesia bahkan Ki hajar Dewantara sudah mengabadikannya dalam kedua karya monumentalnya yaitu Pendidikan dan Kebudayaan.  Pendidikan karakter di Indonesia memerlukan pelaksanaan yang lebih baik sehingga bisa diterima dan dipraktekan dengan baik oleh peserta didik. Hal ini sangat dirasa perlu untuk dilakukan melihat masih banyaknya kenakalan-kenakalan oleh remaja Indonesia yang mana mereka adalah peserta didik yang bersekolah secara formal. Masalah masalah ini jika dibahasa tidak akan pernah ada ujungnya, mulai dari tawuran, pemerasan, kekerasan, bullying, dan masih banyak lagi kenakalan yang masih dilakukan siswa-siswi di Indonesia.

Melalui dunia pendidikan khususnya pendidikan formal di sekolah hendaknya dapat memberikan sebuah pandangan tentang pentingnya pendidikan karakter. Salah satunya adalah melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan telah diajarkan dimana-mana di belahan dunia yang mana mengedepankan tentang identitas nasional, masalah-masalah kenegaraan, atribut bangsa dan lain sebagainya. Lewat penyampaian hal tersebut sudah sebaiknya sekolah memberikan sebuah pandangan baru dengan menyisipkan kearifan lokal agar mampu memberikan kesadaran bahwa betapa pentingnya peranan kearifan lokal dalam membantu membentuk karakter generasi muda bangsa.

Metode
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Data kemudian diolah dengan teknik triangulasi dan diananalisis dengan 4 tahapan yaitu 1). Unitisasi atau kategorian 2). Reduksi data 3). Display data, dan 4). Penarikan kesimpulan. Penelitian mengambil tempat di SMK Raudhatul Jannah yang beralamat di Desa Jatiadi Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo.

Pembahasan

Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter generasi muda Bangsa

Karakter sangat erat kaitanya dengan moral manusia. Menjadikan seorang individu yang bermoral baik dan bermoral buruk adalah campur tangan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sekolah sebagai lingkungan yang paling tegas dalam memberikan pendidikan selalin keluarga dan masyarakat hendaknya mampu memberikan pendidikan yang sesuai dalam menciptakan individu-individu yang bermoral baik. Dengan adanya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu pelajaran dalam rangka mengenal identitas bangsa & negara, persoalan bangsa & negara namun juga berperan penting dalam membentuk karakter dan moral individu-individu sebuah bangsa. Seyogyanya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan memberikan sebuah ruang yang cukup untuk siswa mendalami karakter mereka untuk menjadi individu yang bermoral baik.

Implementasi  Pendidikan Kewarganegaraan berbasis kearifan lokal dalam membangun karakter generasi muda bangsa 

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam implementasinya masih kurang dalam membangun karakter bangsa, khususnya dalam proses pelaksanaannya. Metode ceramah oleh guru masih menjadi hal yang sangat sering dijumpai. Hal ini tentu membuat penafsiran yang susah bagi siswa untuk kemudian dapat terjun mengimplementasikannya. Inovasi untuk menjadikan Pendidikan Karakter lebih relevan dalam membangun karakter generasi muda adalah dengan memberikan sentuhan kearifan lokal di dalamnya. Kearifan lokal merupakan nilai-nilai atau kecerdasan-kecerdasan lokal yang secara tidak langsung sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat lokal dalam berbagai bentuk cipta, karya, dan karsa (budaya). Dengan menyisipkan hal-hal yang berbau kearifan lokal hendaknya siswa akan menjadi semakin terpelajar dengan keterkaitan antara kearifan lokal dengan menjadi manusia yang bermoral dan dimana nantinya dapat secara keseluruhan membentuk sebuah generasi muda yang berkarakter.Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan adanya implementasi Pendidikan Karakter dengan menggabungkan unsur kearifan lokal.  Secara langsung siswa peserta didik akan lebih mengenal kearifan lokal yang ada di sekeliling mereka yang mereka tidak pernah sadari namun sering mereka gunakan atau alami. Dengan pandangan baru seorang guru dapat memberikan pola pikir yang lebih baik terhadap kearifan lokal yang sifatnya masih abu-abu dalam artian bisa positif dan negatif. Peran guru disini dibutuhkan untuk mampu mengarahkan siswa untuk mengambil sisi positif dari setiap kearifan lokal tersebut. Secara tidak langsung pengenalan karakter untuk membangun individu yang bermoral baik hendaknya dapat dicapai.

Kesimpulan
Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan berbasis kearifan lokal untuk membangun karakter peserta didik memiliki beberapa manfaat yang dapat diterima dan kemudian diterapkan secara langsung oleh peserta didik maupun tenaga pendidik dalam konteks pendidikan. Seperti:    memberikan pengaruh positif kepada peserta didik dalam membangun karakter generasi muda bangsa melalui  nilai-nilai kearifan lokal, menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air pada peserta didik, mencetak karakter peserta didik yang lebih baik, membangun peserta didik mempunyai wawasan dan kesadaran bernegara,  membangun sikap/perilaku cinta tanah air serta dapat memahami  terhadap budaya dan keadaan alam suatu lingkungan tertentu. Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik untuk selalu mengembangkan dan melestarikan bentuk-bentuk kearifan lokal, dan untuk tenaga pendidik (guru) implementasi Pendidikan Kewarganegaraan berbasis kearifan lokal ini menjadi perantara baru untuk menyampaikan materi pendidikan kewarganegaraan yang tentunya akan membangun karakter peserta didik secara tepat. 

Contoh Resume Buku

Berikut adalah contoh resume yang di ambil dari Buku yang berjudul Pendidikan Pancasila

Judul Buku: Pendidikan Pancasila
Nama Pengarang: Ketut Rindjin
Cetakan: Pertama
ISBN: 978-979-22-8958-3
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta


BAB I Pendahuluan
Secara hukum, penerapan Pendidikan Pancasila sudah diatur dalam berbagai ketentuan hukum di Indonesia. Mulai dari pengajaran di tingkat menengah hingga perguruan tinggi. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan persepsi para pendidik dalam memberikan dan menerapkan Pendidikan pancasila di lingkungan sekolah masing-masing sehingga mampu memberi pemahaman yang cukup untuk para siswa dapat memahami tujuan diberikannya Pendidikan Pancasila. Diharapkan mereka mampu memahami bagaimana pentingnya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang kaitanya sebagai pandangan hidup bangsa dan falsafh lainnya.

BAB II Proses Perumusan dan Pengesahan Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia dan Dasar Negara Kesauan Republik Indonesia

Sejak zaman prasejarah nilai-nilai leluhur bangsa sudah menjadi pandangan hidup manusia sejak zaman dahulu. Nilai-nilai tersebut kemudian berkembang seiring pergantian zaman ke zaman di Indonesia. Mulai dari zaman kerajaan, zaman penjajahan yang terus berganti, hingga zaman dimana kelahiran organisasi pemuda dan politik yang bersatu padu memberikan perlawanan untuk memerdekakan Indonesia. Hingga pada sebuah waktu dimana para pemuda melakukan gerakan-gerakan untuk merancang, merumuskan, dan pada akhirnya mengesahkan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia yang tetap kita yakini dan pegang teguh hingga saat ini.

BAB III Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara
Sebagai lambang negara, Garuda Pancasila bukan merupakan burung garuda biasa. Mitologi burung garuda yang sudah ada sejak zaman dahulu dipaparkan dengan makna yang dikaitkan dengan bagaimana hubungan Pancasila sebagai lambang negara bagi bangsa Indonesia. Lambang-lambang setiap sila pada burung garuda juga memiliki filosofi tersendiri yang merepresentasikan kebhinekaan dari bangsa Indonesia. Selain itu penjelasan dibalik dari semboyan Bhineka Tunggal Ika yang ada pada bagian bawah burung garuda dikupas secara jelas asal-usul serta maknanya untuk Bangsa Indonesia.

BAB IV Uraian Sila-Sila Pancasila
Sila-sila Pancasila memiliki makna dan filosofi yang luar biasa jika mmapu diterapkan dengan baik. Kelima sila tersebut memiliki nilai-nilai yang luhur untuk diterapkan dalam kehidupn sehari-hari. Nilai nilai tersebuh juga merupakan representasi dari kemajemukan rakyat Indonesia. Sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa yang mana merupakan representasi dari rakyat Indonesia yang percaya pada sebuah kekuatan yang ada dibaik jagat raya ini yang kita percaya bahwa itu kuasa Tuhan. Kebebasan dalam beragama serta percaya akan keyakinan merupakan bagian dari sila pertama. Sila kedua yaitu Kemanusian yang Adil dan Beradab, sebuah representasi dari pengakuan sesama derajat untuk semua kalangan, saling memberi bantuan dan pertolongan, menjujung tinggi kejujuran, keadilan untuk sama sama memberikan keberadaban pada semua. Sila berikutnya yaitu Persatuan Indonesia merupakan sebuah representasi dari kehidupa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan berasal dari daerah-daerah namun tetap menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan kesatuan atas nama NKRI. Sila keempat yaitu Kerakyatan yang Dimpimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang merupakan esensi perpolitikan di Indonesia secara umum namun hal hal kecil seperti pencarian mufakat dengan cara musyawarah dan lain sebagainya merupakan poin penting dari sila ke empat ini. Terakhir yaitu sila kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah sebuah representasi dari jaminan negara untuk rakyat sehingga rakyat dapat menikmati kesejahteraan yang merata dari segi hak dan kewajiban dalam berbangsa dan bernegara.

BAB V Pancasila Sebagai Suatu Sistem Filsafat dan Perbedaanya dengan Liberalisme dan Komunisme
Sebagai sistem filsafat, dasar negara serta pandangan bangsa Indonesia, Pancasila pada dasarnya berbeda dengan ideologi-ideologi yang telah ada atau digunakan oleh negara-negara lain. Seperti apa yang diungkapkan oleh pemberi pidato dalam perumusan dasar negara. Pancasila merupakan nilai-nilai luhur yang telah ada sejak dahulu kala dan merupakan nafas dari rakyat Indonesia. Sehingga hal tersebut membedakan Pancasila dengan ideologi lain yang ada di dunia seperti halnya komunisme dan liberalisme. Contoh sederhana dapat kita ambil dari segi Ketuhanan. Negara dengan ideologi komunisme atau liberalisme memiliki paham yang berbeda dimana ketuhanan bukan menjadi kepercayaan yang mutlak untuk semua rakyatnya. Ada yang sekularisme hingga ateisme. Selanjutnya perihal partai politik, Pancasila menggunakan multi partai, sedangkan liberal memberlakukan dua atau beberapa partai, dan komunis hanya partai tunggal. Selain itu ada masih banyak hal-hal yang membedakan seperti pers, sistem, dan perencanaan ekonomi yang berbeda satu sama lain.

BAB VI Implementasi Pembukaan dan Pancasila dalam Undang-Undang Dasar 1945
Kedudukan Pancasila serta Pembukaan UUD 1945 berpengaruh pada setiap tatanan pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini merupakan implementasi untuk mewujudkan negara yang mencerminkan Pancasila. UUD 195 serta batang tubuh merupakan tujuan dan cita-cita bangsa yang harus dicapai untuk kepentingan bersama. Maka dari itu segala peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di Indonesia harus tunduk pada UUD 1945 serta selalu berdasar pada sila-sila Pancasila.

BAB VII Dinamika Kehidupan Bernegara Sejak Proklamasi Hingga Dewasa Ini
Kehidupan berbangsa dan bernegara sejak dulu hingga saat ini selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Pengaruh dari luar dan dalam negara menjadi faktor utama yang memengaruhi kehidupan dan tatanan negara.  Walau sudah merdeka pada Agustus 1945 gempuran penjajah masih membelenggu namun berkat tekat dan kerja keras, Bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang bebas dari penjajahan. Perjalanan pasca kemerdekaan juga masih banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu hingga adanya pergantian konstitusi yang terus berubah-ubah yang tentu membuat tatanan di bawahnya ikut berubah-ubah. Hingga kini warna-warni tatanan kenegaraan masih tetap berubah dan berkembang dari waktu ke waktu.

Contoh Resume Makalah

Berikut merupakan resume yang di ambil dari makalah tentang pariwisata dan ekonomi Indonesia.

Judul Makalah: Perkembangan Ekonomi dan Pariwisata di Indonesia Tahun 2013

Pendahuluan
Pariwisata di Indonesia memberikan sumbangan yang sangat besar pada sektor perekonomian, dimana hampir di setiap tempat wisata di Indonesia, warga sekelilingnya telah dapat menaikkan taraf kehidupan ekonominya, guna demi kelangsungan hidup mereka. Agar sector pariwisata itu tetap bisa bertahan dengan baik, dan terus mampu menyumbangakan devisa besar bagi Negara. Maka tentulah diperlukan berbagai aspek pariwisata yang nantinya akan mendukung kinerja Pariwisata di Indonesia. Kualitas merupakan hal yang sangat penting, pelancong akan sangat senang dan pasti akan datang kembali ke sebuah tempat wisata, dimana tempat wisata tersebut memiliki potensi alam yang bagus, sarana – prasarana yang lengkap, pelayanan yang ramah, tiket masuk yang terjangkau dan aksesbilitas yang mudah dijangkau. Semua aspek tersebut akan dapat menunjang kualitas sebuah tempat wisata, dan secara otomatis akan ikut menyumbangkan devisa bagi sektor perekonomian di Indonesia. Maka dari itu kualitas adalah hal yang utama dan sangat penting.

Isi
Pada tahun 2013 keadaan ekonomi Indonesia dapat dikatakan cukup kurang baik, selain akibat krisis yang terjadi di Eropa dan perekonomian Amerika Serikat yang melambat membuat Indonesia mengalami inflasi sebesar diatas 5 %, sehingga pada waktu itu banyak harga komoditas  barang – barang kebutuhan pokok yang harganya melambung tinggi, yang membuat masyarakat semakin tertekan dari segi ekonomi. Namun tingkat suku bunga yang ditetapkan saat itu oleh Bank Indonesia masih relevan dengan inflasi. Kemudian untuk  tingkat pengangguran di Indonesia masih pada kisaran angka 5% keatas. Lalu untuk Ekspor-Impor tahun ini mengalami penurunan dibandingkan dngan tahun 2012. Kemudian total investasi yang ada di Indonesia pada tahun 2013 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 71,2 triliun. Kemudian untuk nilai tukar rupiah mengalami depresiasi atau naik turun, ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lambat.

Pariwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia. Meskipun kawasan Eropa mengalami krisis parah dan ekonomi Amerika Serikat melambat, hal tersebut tidak berpengaruh pada pariwisata Indonesia. Begitu pula krisis perekonomian di Indonesia tidak berpengaruh pada sector pariwisata. Prospek pariwisata Indonesia ke depan semakin cerah, hal ini antara lain karena kinerja pariwisata Indonesia belakangan ini terus meningkat, daya saing semakin kuat, serta persepsi positif dunia internasional terhadap Indonesia semakin membaik sehingga menarik para investor untuk menanamkan modalnya di sektor pariwisata di Indonesia.

Penutup
Perekonomian Indonesia pada Tahun 2013 masih lambat dan melemah yang disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari krisis global, dan krisis di Indonesia sendiri, serta factor – factor ekonomi lainnya,  namun sektor pariwisata khususnya pada tahun 2013 masih kebal denga krisis global yang terjadi, kunjungan wisatawan mancanegara dari Negara Eropa dan Amerika cenderung menurun, namun hal itu mampu ditutupi bahkan melebihi kunjungan tahun sebelumnya oleh para Wisatawan Mancanegara dari kawasan Asia. Hal ini telah mampu mengurangi krisis yang terjadi di Indonesia, karena sektor pariwisata sangat memberikan sumbangan devisa yang besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Contoh Resume Materi

Berikut adalah resume dari materi pembahasan tentang Diksi (Pilihan Kata)

Penggunaan kata-kata dalam berbahasa khususnya bahasa Indonesia harus memperhatikan diksi atau pilihan kata sehingga tidak menimbulkan multi tafsir dan pemahaman yang salah akan bahasa yang digunakan baik secara lisan maupun tulis. Sebagai pengguna bahasa harus memperhatikan beberapa hal seperti aspek kata. Aspek dari sebuah kata yaitu bentuk dan maknanya. Kata memiliki bentuk atau pola disisi lain kata tersebut juga memilki makna atau arti. Makna yang dihasilkan nantinya akan membuat sebuah reaksi dari lawan bicara. Reaksi yang dimunculkan didasarkan pada penafsiran makna atau arti. Sehingga jika salah menafsirkan akan membuat kita salah melakukan reaksi.

Selain itu kita harus memperhatikan ketepatan pemilihan kata. Hal ini menjadi sangat penting agar tidak membuat reaksi yang salah pada pendengar. Ada banyak pilihan kata yang kita mesti sesuaikan dengan situasi dan kondisi dimana kata tersebut kita gunakan. Ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan kita memilih menggunakan suatu kata dalam berbicara agar tidak menimbulkan ketersinggungan dan lain sebagainya. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan, kata bermakna denotatif dan konotatif, kara bersinonim, kata berkamna umu dan khusus, dan kata yang mengalami perubahan makna.

Terakhir kita harus memperhatikan kesesuaian kata, baku dan tidak bakunya sebuah kata dalam penggunaanya. Ranah formal mengharuskan kita memilih bahasa yang baku agar dapat diterima dengan baik dan tidak memunculkan multi tafsir pada pendengar. Diluar ranah formal bahasa dapat disesuaikan dengan lawan bicara bisa dengan menggunakan yang baku maupun tidak baku.

Contoh Resume Bahasa Inggris

Resume berikut ini diambil dari jurnal berbahasa Inggris

Title of Study: The Effect of Comic Book’s Story Character and Color on Farmers’ Knowledge Gain About Small Sheep Farm Management in Kulur, District of Majalengka, West Java, Indonesia
Writer: S. R. Satmoko & A. Jahib
Journal: Media Peternakan
Volume: 32 (3)
Year:2009
ISSN: 0126-0472

Introduction
In promoting independent reading and learning among farmer, printed material is one of the best choice that they can have. Printed material has been recognized as a widely accepted learning material. Although it is seemed to be not adaptable with the modernization, it would be the easiest way to learn. The learning process will take easier since they can hand it to another farmer easily. The material is also durable, they can still learn it till it is destroyed by itself.

When providing learning media for adult, it is highy suggested to use picture book. There are few choices of putting words and picture together as a learning media. In this study, comic books were especially designed to help farmers learn how to manage their small sheep farms. By exposing the farmers to these media, they  were expected to gain certain knowledge and skills to improve their sheep raising business.

This study is testing printed materials to figure out which one is the best media for farmers in gaining knowledge. There are few materials used namely; 1) colored comic with human character, 2) colored comic with animal character, 3) black and white comic with human character, and 4) black and white comic with animal character.

Materials and Method
There 60 farmers in Majalengka, Wes of Java were utilized as subject of the study. They were divided into 4 groups. This study is mixed between quasi experimental non equivalent control group and 2 x 2 factorial study since there are 4 factors regarding the use of printed material namely; 1)colored and black and white comics, and 2) human and animal characters comic. Treatments are given to the four different groups and after that they were given questionare and test both pre and post test before and after the treatment.

Results and Discussion
The Respondents’ Initial Knowledge
In determining the initial knowledge of the farmer, the four group of farmer were given pre-test. After the pretest was given, the result shows that those four groups are closely equal in their ability and it would not be a factor to influence the result of the post test. Since it was equal then they were qualified to get the treatment.

The Effect of Comic Books’ on the Farmers’ Knowledge Gains
After exposing by those four comic and those four group were further tested in the post test, the result shows different which is quite significan from one to another learning media. Their background, domicilies, and age were mostly the influence. From this comic books, the colored comic is more attractive for them rather than the black and white. By the colored one, they have a better understanding towards farming knowledge. Then the human character is much better than the animal one. Since mostly the farmers are from rural area, they have better understanding when they read or use the human character rather than the animal character. The relation to their daily life made it became the most proper media. It comes to the final result that the colored human character is the most suitable learning media for farmers. They have better attention, understanding, and comphrension towards the knowledge of farming itself.

Conclusion
The comic books with human story character were more appropriate for improving the small farmer knowledge about the management of small sheep farm than the comic books with animal story character. The colored comic books were more suitable for enhancing the small farmer knowledge  about the management of small sheep farm than the black and white comic books. The colored comic book with human story character was the most proper reading material for upgrading the small farmer knowledge about the management of small sheep farm in the village of Kulur, District of Majalengka, West Java, Indonesia

Resume Pribadi Untuk Beasiswa

Berikut adalah contoh resume pribadi yang digunakan untuk melamar beasiswa. Resume pribadi berisi data personal dan prestasi dari calon pelamar beasiswa. Berikut adalah contoh dalam Bahasa Inggris

Adia Paramita, S.E. M.BA
Menteng Street No. 67 Cental Jakarta
6281xxxxxxxxx
[email protected]

Profile
I am a researcher in goods and industrial curently working for PT Unilever Indonesia in Jakarta. Due to the position of marketing in the company, the major task is sustainably conducting goods and industrial research for generating new products based on the market needs.

Education Background
Auckland University of Technology (AUT) – Master of Business Administration
2nd class honor

Jakarta State University – Bachelor of Arts in Accounting
Best Achieveing Students in 2013; awarded to the best and the most frequently awarded students in Campus events and program.

SMA N 68 Jakarta
Best Graduate Medals; awarded to the best students from the national examination score among the batch

Reserach Experience

Influence of Social Media Ads towards Consumption Goods in Indonesia
This was a post-graduate thesis researching how social media ads influence people to buy products or goods for daily life. This is a massive research spreaded all around Indonesia by utilizing more than 100 subjects in every region.

The use of social media as marketing strategic for retail business in Jakarta
This was a BA thesis researching the use of social media as marketing strategy for retail business in Jakarta especially Central Jakarta. There were 100 retail business used as subject in this study.

Berikut adalah resume lamaran beasiswa dalam Bahasa Indonesia

Adia Paramita, S.E. M.BA
Jalan Menteng 67 Jakarta Pusat
6281xxxxxxxxx
[email protected]

Profil
Saya merupakan seorang peneliti industri dan produk yang sedang bekerja untuk PT Unilever Indonesia di Jakarta. Posisi Marketing yang saya dapatkan mempunyai tugas utama untuk melakukan penelitian tentang produk dan industri yang berkesinambungan dalam rangka perancangan produk baru sesuai kebutuhan pasar.

Latar Belakang Pendidikan
Auckland University of Technology – Magister Bisnis Administrasi
Predikat Kelas ke-2

Universitas Negeri Jakarta – Sarjana Ekonomi di bidang Akutansi
Penerima Penghargaan Mahasiswa Terbaik Tahun 2013. Sebuah penghargaan untuk mahasiswa dengan pencapaian terbanyak dalam kegiatan dan program kampus.

SMA N 68 Jakarta
Penerima Medali Kelulusan. Sebuah penghargaan untuk peraih nilai tertinggi dalam ujian nasional.

Pengalaman dalam Meneliti
Pengaruh Iklan Social Media terhadap Konsumsi Produk di Indonesia
Ini merupakan penelitian terkait dengan tesis S-2 yang meneliti tentang bagaimana iklan media social mempengaruhi orang-orang untuk melakukan transaksi pembelian produk untuk kebutuhan sehari-hari. Ini merupakan penelitian dalam skala besar dengan mengunakan lebih dari 100 orang sebagai subjek penelitian pada setiap daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Penggunaan Social Media sebagai Strategi Penjualan untuk Usaha Retail di Jakarta
Ini adalah sebuah penelitian untuk keperluan skripsi S-1 yang meneliti tentang penggunaan media sosial sebagai strategi penjualan untuk usaha retail di Jakarta khususnya Jakarta Pusat. Subjek dari penelitian ini adalah 100 pengusaha retail yang ada di Jakarta Pusat.

Resume Lamaran Kerja

Contoh resume berikut adalah resume yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Berikut adalah contoh resume lamaran kerja berbahasa Inggris.

Diatas merupakan contoh dari resume untuk melamar kerja. Template resume dapat kalian dapatkan dengan mudah di internet. Bahkan beberapa website memberikan jasa pembuatan CV online. Template juga dapat dengan mudah ditemukan di Aplikasi seperti Microsoft Word dan kalian bisa leluasa menggunakan dan mengedit sesuai keinginan kalian. Untuk hasil yang lebih profesional kalian dapat menggunakan Aplikasi setara Adobe Photoshop dan sebagainya. Selamat mencoba.

Berikut contoh resume sederhana dengan mengunakan software pengolah kata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Adia Paramita, S.E. M.BA
Menteng Street 67 Central Jakarta
6281xxxxxxxxx
[email protected]

Profile
I am Adia Paramita from Central Jakarta. I was born in Central Jakarta, January 31st of 1994. I am a self motivated person and able to work with team or indivisually.

Skill and Interest
I am interesting in some issues such as history, environment, music, and local moevement. I am currently fluent in English both speaking and writing. Some other skills such as Microsoft from Word, Excel, Power Point, and SPSS are my basic.

Education
2016 – 2018 Auckland University of Technology (AUT) majoring Master of Business Administration
2012 – 2016 Jakarta State University majoring Bachelor of Arts in Accounting
2009 – 2012 SMA N 68 Jakarta

Achivement
2010     First Rank in Grade of X in SMA Negeri 68 Jakarta
2011      First Rank in Grade of XI in SMA Negeri 68 Jakarta
2012      Best Graduate Medals
2013     Best Achieving Students in Economy Faculty of Jakarta State University
2017     2nd class honor in Business Administration Class of  Auckland University of Technology (AUT)

Working Experience and Internship
2015                 Internship PT Telkom Indonesia
2018                 Marketing of PT Krakatau Steel Jakarta
2019 – Now      Marketing of PT Unilever Indonesia

#Bahasa Indonesia

Adia Paramita, S.E. M.BA
Jalan Menteng 67 Jakarta Pusat
6281xxxxxxxxx
[email protected]

Profil
Saya Adia Paramita berasal dari Jakarta Pusat. Saya lahir tanggal 31 Januari 1994 di Jakarta Pusat. Saya adalah seseorang yang memiliki motivasi pribadi tersendiri dan mampu bekerja dalam tim ataupun secara individu.

Minat dan Keterampilan
Saya memiliki ketertarikan pada isu-isu sejarah, lingkungan, musik, dan pergerakan daerah atau yang bersifat lokal, kecil, dan berdiri sendiri. Saya fasih dalam berbahasa Inggris baik lisan maupun tulis. Keterampilan lainnya yang saya miliki adalah mengoperasikan Microsoft Word, Excel, Power Point hingga program SPSS.

Latar Belakang Pendidikan
2016 – 2018 Auckland University of Technology (AUT) dengan Jurusan S2 Administrasi Bisnis
2012 – 2016 Universitas Negeri Jakarta dengan jurusan S1 Akuntansi
2009 – 2012 SMA N 68 Jakarta

Penghargaan
2010     Juara 1 kelas X di SMA Negeri 68 Jakarta
2011      Juara 1 kelas XI SMA Negeri 68 Jakarta
2012      Peraih Medali Lulusan Terbaik
2013     Penerima Penghargaan Mahasiswa Terbaik Tahun 2013. Sebuah penghargaan untuk mahasiswa dengan pencapaian terbanyak dalam kegiatan dan program kampus.
2017     Predikat Kelas ke-2 di kelas Administrasi Bisnis Auckland University of Technology

Pengalaman Bekerja dan Magang
2015                 Internship PT Telkom Indonesia
2018                 Marketing of PT Krakatau Steel Jakarta
2019 – Now      Marketing of PT Unilever Indonesia

Resume Kegiatan

Dalam mengikuti beberapa kegiatan biasanya peserta diminta untuk membuat resume dari sebuah kegiatan. Contohnya mahasiswa baru. Dalam mengikuti masa orientasi kehidupan kampus atau yang sering disingkat dengan OKK, mahasiswa biasanya diminta untuk membuat sebuah resume kegiatan. Ini biasanya diminta pada setiap akhir jam OKK untuk kemudian di kumpul esok hari atau di akhir minggu sebagai tugas akhir untuk menyelesaikan tahapan OKK. Hal yang paling penting sebelum menulis resume kegiatan adalah pastikan untuk mencatat setiap detail atau inti dari sebuah kegiatan lengkap dengan jam serta sedikit keterangan pembantu untuk nanti dikembangkan dalam sebuah resume. Dengan memastikan detail tidak terlupakan maka resume akan dapatdibuat dengan sempurna.

Berikut adalah contoh resume kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus dalam waktu seminggu. Semoga bermanfaat.

Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Universitas Negeri … dilaksanakan selama 1 minggu. Ada berbagai kegiatan yang disiapkan oleh Panitia Pelaksana OKK Tahun 2018 ini. Setiap hari, OKK dibagi menjadi 2 paruh yaitu parah pagi dan sore. Paruh pagi dimulai pukul 6 sampai pukul 12, sedangkan paruh sore dilaksanakan mulai pukul 2 hingga pukul 5 sore.

Pada OKK hari pertama, paruh pertama diisi dengan upacara pembukaan dimana ada pidato dari Rektor serta pengenalan pejabat fungsionaris Universitas hingga Jurusan. Selanjutnya dilanjutkan dengan Kuliah Umum dari Bapak Rektor di Gedung Auditorium hingga paruh pertama selesai. Kuliah Umum dari Rektor memaparkan tentang pentingnya peran akademisi kampus untuk ikut serta membangun bangsa dari kampus. Pada paruh kedua, OKK dilanjutkan dengan pengenalan Organisasi Mahasiswa yang ada pada tingkat Universitas hingga Jurusan. Ada BEM Universitas, BEM Fakultas/Senat, Himpunan Jurusan, hingga Ormawa lainnya yang ada di kampus.

Pada hari kedua, paruh pertama dimulai dengan Kuliah Umum dari salah satu Menteri Kabinet Republik Indonesia. Kuliah Umum Bapak Menteri Pendidikan menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa harus memiliki pola Go International with Local Pride. Bapak Menteri menginginkan mahasiswa mampu memperkenalkan kearifan lokal kepada manca negara sehingga mampu menjadi promotor sekaligus mencari peluang untuk bisa belajar di luar negeri. Pada sesi selanjutnya masih pada paruh pagi, kegiatan dilanjutkan dengan pengisian form minat dan bakat.

Paruh sore pada hari kedua dilaksanakan dengan melakukan kegiatan gotong royong di lingkungan kampus. Peserta OKK dibagi menjadi beberapa kelompok dan kemudian diarahkan bersama panitia untuk membersihkan lingkungan kampus. Setelah menyelesaikan kegiatan gotong royong, sesi selanjutnya dilaksanakan dengan menonton film dokumenter tentang hasil karya mahasiswa.

Selanjutnya pada hari ketiga, peserta OKK mengikuti Seminar dan Workshop untuk membuat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Peserta OKK dibagi menjadi kelompok kecil dan dimasukan ke ruang kelas untuk mengikuti seminar dan workshop selama paruh pagi. Pencapaian paruh pagi mahasiswa adalah membuat sebuah PKM dengan kelompok kecil masing-masing. PKM kemudian dikumpul dan lebih lanjut diseleksi untuk tahapan selanjutnya.

Setelah paruh pagi selesai, paruh sore dilanjutkan dengan pawai dan pameran Ekstrakulikuler. Seluruh peserta berkumpul di sebuah lapangan besar untuk menikmati perhelatan pawai dari masing masing fakultas dan jurusan serta ekstra kulikuler. Hal ini bertujuan untuk menggali minat dan motivasi mahasiswa baru untuk ikut bergabung ke dalam ekstra kulikuler masing-masing disesuaikan dengan minat dan bakat mereka.

Pada hari selanjutnya, OKK dilanjutkan dengan kunjungan ke Fakultas. Di tingkat fakultas OKK dilaksanakan dengan memperkenalkan kehidupan fakultas mulai dari pejabat fungsionaris hingga ormawa beserta seluruh anggotanya. Di sesi paruh sore, dilanjutkan dengan pengenalan gedung lingkungan kampus serta teknis dalam mngurus KRS dan KHS untuk menyiapkan ajaran baru pada setiap semester.

Hari kelima, OKK dilanjutkan di tingkat jurusan. Peserta tidak lagi berkelompok dengan jurusan lain di fakultas atau universitas. Mereka dikumpulkan sesuai jurusan dan dikenalkan secara langsung dengan dosen pengajar serta ormawa di lingkungan jurusan. OKK Jurusan dibuat dengan sederhana tanpa mengurangi esensi orientasi. Pada paruh sore dilanjutkan dengan bermain games dengan panitia pelaksana OKK Jurusan.

Pada hari terakhir, OKK ditutup dengan upacara yang khidmat. Selain itu beberapa perwakilan mahasiswa ditunjuk untuk memberikan kesan dan pesan selama mengikuti orientasi kehidupan kampus.
Sekian resume kegiatan OKK selama 1 minggu di Universitas Negeri …

Demikian contoh resume buku, jurnal, makalah, materi, bahasa inggris, beasiswa, dan lamaran kerja. Semoga tips dan contoh resume diatas dapat membantu kalian untuk membuat contoh resume sesuai dengan kebutuhan kalian. Sekian. Terima kasih.

Komentarmu.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *