Cloud HostingHosting Kencang! Gratis Domain Selamanya

Kumpulan Contoh Karya Tulis Ilmiah Remaja SMA

Kumpulan Contoh Karya Tulis Ilmiah Remaja SMA – Sebelum lebih lanjut, kira-kira apa itu Karya Ilmiah Remaja (KIR) ? secara garis besar Karya Ilmiah Remaja merupakan karya tulis yang dibuat oleh pelajar setingkat SMP dan SMA yang mengangkat tentang suatu permasalahan di sekitar kita disertai dengan solusi dan penyelesaiannya. Khususnya di SMA, seringkali diadakan lomba Karya Tulis Ilmiah pada tingkat kabupaten, provinsi bahkan sampai pada tingkat nasional.

Melalui artikel ini, saya akan memberikan beberapa Karya Tulis Ilmiah Remaja SMA disertai Karya Ilmiah Remaja dari sumber-sumber lain. Karya Ilmiah Remaja ini dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat karya ilmiah sesuai ide dan inovasi kalian.

Kumpulan Contoh Karya Tulis Ilmiah Remaja SMA

Sebagai pembuka pertama, saya akan memberikan contoh uraian singkat tentang Karya Tulis Ilmiah Remaja SMA di bidang Biologi

1.PENGARUH MEDIA AIR PERENDAMAN TERHADAP KECEPATAN PERKECAMBAHAN TANAMAN KACANG MERAH

  • Latar Belakang Masalah

Indonesia adalah negara agraris yang sangat kaya akan hasil pertanian, salah satunya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan sebagai bahan pangan sumber energi dan protein sudah lama dimanfaatkan oleh penduduk Asia, Afrika, Amerika Latin, dan negara lainnya.

Di Indonesia terdapat lebih dari 12.000 jenis kacang-kacangan, di antaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kapri, koro, dan kedelai. Kacang merah adalah bahan makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol, kacang merah juga baik untuk mencegah tingginya gula darah karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam 100 gram kacang merah kering, dapat menghasilkan 4 gram serat terdiri dari serat larut dalam air dan serat yang tidak larut air. Protein yang dikandung kacang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita terutama untuk kesehatan jantung.

Kacang merah mempunyai nama ilmiah Phaseolus vulgaris L. Kacang merah berbentuk biji. Secara sederhana, apabila biji tersebut jatuh ke tanah, lama-kelamaan dari biji itu akan mengeluarkan tunas. Proses itulah yang dinamakan perkecambahan. Proses perkecambahan dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam berupa gen dan hormon, sedangkan faktor luarnya berupa suhu, cahaya matahari, kelembapan, dan nutrisi. Faktor-faktor tersebut sangat berperan penting bagi tumbuhan. Misalnya, cahaya matahari. Dengan bantuan cahaya matahari, tumbuhan dapat hidup dengan baik. Selain itu, cahaya matahari juga sangat membantu dalam proses pertumbuhan, perkecambahan, dan fotosintesis. Namun kita tidak mengetahui perbedaan yang terjadi pada perkecambahan dan pertumbuhan tanaman kacang merah jika perendaman bijinya dilakukan dengan jenis air yang berbeda. Untuk itu, penulis memilih topik yang berjudul “Pengaruh Media Air Perendaman Terhadap Kecepatan Perkecambahan Tanaman Kacang Merah“.

 

  • Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu masalah, yaitu :

  1. Bagaimana kecepatan perkecambahan antara biji kacang merah yang direndam di air PAM dengan biji kacang merah yang direndam di air kelapa muda ?

 

  • Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kecepatan perkecambahan antara kacang merah yang direndam di air PAM dengan kacang merah yang direndam di air kelapa muda.

 

  • Manfaat Penelitian
  1. Bagi Siswa

Penelitian ini digunakan sebagai pembelajaran dalam penulisan dan penyusunan karya ilmiah yang benar, yang merupakan salah satu materi pembelajaran yang dapat berguna di jenjang pendidikan lebih tinggi dan untuk menanamkan nilai-nilai ilmiah terhadap siswa.

  1. Bagi Sekolah

Dari penelitian yang penulis lakukan ini, diharapkan agar hasilnya dapat digunakan sebagai bahan refrensi dan pemberdayaan perpustakaan, yang nantinya sebagai bahan acuan di dalam penelitian-penelitian lebih lanjut bagi siswa selanjutnya.

  1. Bagi Pelajaran Biologi

Dapat digunakan sebagai literatur dalam pelajaran biologi di masing-masing sekolah, untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap perkecambahan tanaman, dalam hal ini tanaman kacang merah.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa download langsung beberapa Karya Tulis Ilmiah Remaja SMA tersebut

  1. Karya Ilmiah Remaja tentang Kacang Merah
  2. Karya Ilmiah Remaja Tentang Sorgum
  3. Karya Ilmiah Remaja tentang Pohon dan Lingkungan
  4. Karya Ilmiah Remaja tentang Matematika
  5. Karya Ilmiah Remaja tentang Ragi

Diatas adalah beberapa Karya Ilmiah Remaja yang saya buat bersama teman-teman waktu SMA. Semoga bisa dijadikan referensi dan percontohan. Kamu bisa belajar dari struktur penulisan Karya Ilmiah Remaja atau kamu juga bisa mengembangkan topik dan ide penelitian diatas dengan lebih rinci dan detail

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *