Cloud Hosting Cloud hosting murah. Gratis domain selamanya!

Contoh Kata Pengantar Laporan Karya Tulis yang Baik

Contoh Kata Pengantar Laporan Karya Tulis yang Baik – Di dalam sebuah Karya Tulis Ilmiah, Kliping, Proposal, Laporan dan  Makalah, terdapat beberapa uraian pengantar sebagai pembuka yang lazim disebut Kata Pengantar. Dalam Kata pengantar ini biasanya terdapat ucapan syukur atas terselesaikannya sebuah karya tulis yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Selain rasa syukur, terdapat ungkapan terima kasih kepada beberapa pembimbing dan pendamping seperti guru dan pihak-pihak lain yang telah membantu penulisan karya ilmiah tersebut.

Tidak lupa, penulis biasanya mengutarakan maksud dan tujuan dibuatnya karya tulis ilmiah tersebut, seperti untuk lomba karya tulis ilmiah tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional atau untuk menyelesaikan tugas dari guru/dosen

Kata pengantar juga berfungsi sebagai informasi sebelum membaca karya ilmiah tersebut lebih lanjut. Misalnya seperti ucapan meminta kritik dan saran atas karya tulis tersebut jika terdapat kesalahan kata maupun informasi/data yang disajikan

Kata pengantar wajib dicantumkan pada setiap karya tulis ilmiah. Maka dari itu saya akan memberikan beberapa model kata pengantar yang dapat kamu gunakan untuk penulisan karya ilmiah. Ini sifatnya hanya sebagai contoh. Kamu perlu menyesuaikannya lagi dengan topik dan judul penulisan karya tulis ilmiah yang kamu angkat.

contoh kata pengantar

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah

  1. Contoh Kata Pengantar Pertama

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya karya tulis ilmiah yang berjudul ”Menggagas Ragi (Yeast) Sebagai Alternatif Alat Kontrasepsi (Kajian Teoritis Tentang Pemanfaatan Ragi Sebagai Alat Kontrasepsi Untuk Menekan Pertumbuhan Penduduk di Indonesia)” dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Karya ilmiah remaja ini disusun untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Tahun 2016. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini, penulis mendapat banyak bantuan, masukan, bimbingan, dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang tulus kepada:

  1. I Wayan Sudiarta, S. Pd, M. Pd., selaku kepala SMA Negeri 2 Negara yang telah membimbing dan memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun karya tulis ilmiah ini.
  2. I Gede Eri Sastrawan, S. Pd., selaku guru pembimbing karya tulis ilmiah ini yang telah memberikan banyak bantuan, masukan, dan dukungan terkait penyusunan karya tulis ilmiah ini.
  3. Bapak/Ibu Dewan Guru dan Staf Tata Usaha yang telah memberikan banyak informasi terkait konsep telajakan sekolah yang penulis angkat dalam lomba karya tulis ilmiah ini.
  4. Siswa-siswi dan seluruh warga SMA Negeri 2 Negara yang telah mendukung penyusunan karya tulis ilmiah ini sehingga dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari sempurna dan perlu pendalaman lebih lanjut. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini. Penulis berharap semoga gagasan pada karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan dan pendidikan pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

 

Jembrana, 8 Juni 2013

Penulis

  1. Contoh Kata Pengantar Kedua

 

KATA PENGANTAR

Pertama-tama kami mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberkati kami sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih bagi seluruh pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan karya tulis ini dan berbagai sumber yang telah kami pakai sebagai data dan fakta pada karya tulis ini.

Kami mengakui bahwa kami adalah manusia yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal. Oleh karena itu tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan karya tulis ini yang telah kami selesaikan. Tidak semua hal dapat kami deskripsikan dengan sempurna dalam karya tulis ini. Kami melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang kami miliki.

Maka dari itu, kami bersedia menerima kritik dan saran dari pembaca yang budiman. Kami akan menerima semua kritik dan saran tersebut sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki karya tulis kami di masa datang.

Dengan menyelesaikan karya tulis ini kami mengharapkan banyak manfaat yang dapat dipetik dan diambil dari karya ini. Semoga dengan adanya karya tulis ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan boraks dan formalin sebagai pengawet pada makanan. Dengan begitu maka kesehatan akan lebih terjamin dan tidak ada lagi muncul berbagai penyakit baru yang diakibatkan penggunaan bahan-bahan terlarang sebagai bahan baku makanan. Kami juga mengharapkan kinerja yang lebih baik dan tegas serta efektif dari pihak pengawas makanan yang merupakan bagian dari kepemerintahan, sehingga makanan yang dihasilkan dari Indonesia dapat lebih terjamin dan sehat

 

Jembrana,  Februari 2013

Penulis

  1. Contoh Kata Pengantar Ketiga

KATA PENGANTAR

            Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya lah penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah yang berjudul Pengaruh Serbuk Sekam dan Serbuk Gergaji Terhadap Produktivitas Bawang Merah”.

            Adapun maksud dan tujuan dari penulisan karya tulis ini, untuk memenuhi upaya penulis dalam mengembangkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang penulis pelajari.

Pada kesempatan ini, tak lupa penulis sampaikan terimakasih kepada:

  1. Bapak Drs. Putu Prapta Arya, selaku Kepala SMA Negeri 1 Negara, yang telah memberikan dukungan secara penuh terhadap siswa-siswi dalam rangka pengembangan metode pembelajaran yang ilmiah.
  2. Bapak I Wayan Sudirta, S.Pd dan Bapak Putu Sugara Nalarreason, S.Pd, selaku guru pembimbing yang telah memberikan masukan dan bimbingan dalam penyusunan karya ilmiah ini.
  3. Orang Tua penulis yang telah memberikan dorongan serta motivasi dalam penyelesaian karya ilmiah ini.
  4. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Negeri yang telah mendukung terselesaikannya karya ilmiah ini.

Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan menuju kesempurnaan karya tulis ini. Akhir kata, penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Negara, 06 Januari 2013

Penulis

 

Itu adalah beberapa versi dari Kata Pengantar yang saya gunakan dalam penulisan karya ilmiah remaja waktu SMA. Semoga bermanfaat untuk kamu yang baru belajar membuat karya tulis ilmiah remaja.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *