Kumpulan Tips dan Trik Jitu untuk Lulus SBMPTN 2017

Tips dan trik lulus SBMPTN 2017 – Saya yakin, sebenarnya tidak ada yang mau mengikuti SBMPTN, tapi lebih kepada terpaksa karena keadaan atau memang hanya SBMPTN harapan satu-satunya untuk bisa kuliah di kampus impian. SBMPTN adalah kesempatan kedua bagi kamu yang dinyatakan gagal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang sering disebut SNMPTN. Bisa dikatakan kamu kurang beruntung atau rejekinya tidak disana.

Tidak Lolos SNMPTN bukan akhir dari segalanya, melainkan awal. Ya! Awal dari perjuangan yang lebih gigih lagi untuk mencapai kampus impian. Perjuangan itu adalah SBMPTN. Ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Banyak yang pesimis duluan, Apakah saya akan diterima di kampus impian dengan SBMPTN? Jawabannya YA! Jika kamu mau berusaha dan tentu direstui oleh Tuhan

Salah satu dari usaha itu adalah BELAJAR, BELAJAR, BELAJAR. Semua juga tahu itu. Namun jika dipraktekkan lebih lanjut, memang tidak segampang menyebutkannya. Perlu ketekunan , Tips dan trik lulus SBMPTN 2017

tips dan trik lulus SBMPTN 2017

Tips dan trik lulus SBMPTN 2017

1. Persiapan SBMPTN
2. H-1 sebelum SBMPTN
3. Saat Pelaksanaan SBMPTN

1.Persiapan SBMPTN

1. Belajar sebanyak banyaknya
Syarat pertama, tidak lain dan tidak bukan adalah belajar. Semua orang termasuk kamu pasti tahu itu. Pelajari materi per bab sampai paham, baik itu rumus, teknik pengejaan dll. Pastikan kamu punya buku persiapan SBMPTN sebagai panduan kamu dalam belajar. Disana sudah tersedia materi yang diujikan di SBMPTN dengan lengkap. Semakin banyak jenis buku persiapan SBMPTN yang kamu miliki, maka akan semakin bagus.

Tips :
Meskipun kamu sudah belajar semua materi yang ada, kamu harus punya strategi. Jadi begini
Dalam soal SBMPTN, ada beberapa bab materi yang sering keluar (jumlah soalnya paling mendominasi) dari tahun ke tahun. Misalnya pada matematika, ada bab materi tentang bangun ruang. Dari tahun ke tahun, soal jenis ini selalu keluar dan persentase jenis soal ini cukup besar dibandingkan dengan jenis soal lain. Maka dari itu, kamu fokuskan pada materi ini. Tetapkan target, apabila soal tentang bangun ruang keluar nanti saat SBMPTN, kamu harus bisa menjawabnya dengan benar

Selain itu, sulit rasanya untuk dapat menjawab semua soal karena keterbatasan waktu dan tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Maka dari itu, tetapkan target dari awal. Misalnya kamu memilih Jurusan Farmasi. Tetapkan target. Contohnya : Kerjakan TKD Saintek bagian Kimia dengan perkiraan benar 10 soal, lalu Biologi 10 soal, Fisika 6 soal, matematika 7 soal. Jadi semua terdistribusi secara merata. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu untuk mengerjakan soal matematika, sedangkan soal yang lain belum dikerjakan.
Tips ini saya dapatkan dari teman saya yang lulus SBMPTN Pendidikan Dokter.

2. Rajin Latihan

Lakukan latihan tiap hari. Buat jadwal rutin latihan soal-soal SBMPTN dengan durasi 2 jam tiap sesi. Ini bisa disesuaikan dengan gaya belajar kamu. Intinya setiap hari kamu harus dapat latihat soal-soal agar materi yang dipelajari cepat meresap dan tidak gampang lupa

3. Tekad dan kemauan yang kuat
Kuatkan tekad bahwa kamu memang betul-betul menginginkan kampus dan program studi itu. Bayangkan cita citamu , maka kamu akan punya kekuatan untuk menggapainya. Apapun tantangan dan rintangannya. Bayangkan juga betapa bangga orang tua kamu jika kamu berhasil untuk lulus kampus impianmu itu. Pasti, semangat belajarmu akan membara !

6. Bimbingan Belajar
Sebenarnya bukan suatu keharusan bagi kamu untuk mengikuti bimbingan belajar/bimbel. Mungkin jika kamu bisa belajar sendiri di rumah, tidak perlu mengeluarkan uang untuk bimbel. Tapi untuk kamu yang kesulitan dalam belajar sendiri, bosan atau bahkan tidak mengerti jika tidak dijelaskan secara langsung, maka sebaiknya kamu mengikuti bimbel untuk persiapan SBMPTN.

Dengan bimbel, kamu akan diajari materi step-by-step sampai kamu paham. Tentu lebih menyenangkan bisa bertatap muka langsung dengan tutor/guru bimbel. Kamu juga bebas bertanya sebanyak-banyaknya tentang materi yang belum kamu mengerti

Ada beberapa bimbel yang berani memberikan garansi uang kembali jika kamu tidak lolos SBMPTN. Hmmm.. kamu bisa mencobanya

4.Serius saat tryout
Beberapa bulan sebelum SBMPTN, ada beberapa bimbel atau organisasi yang mengadakan Tryout SBMPTN, baik itu berbayar atau gratis. Sudah seharusnya kamu mengikutinya dengan baik. Tryout dapat mengukur seberapa jauh persiapanmu selama ini. Jika hasil tryout kurang memuaskan, maka dapat dijadikan bahan pertimbangan, mungkin belajarmu kurang banyak atau cara belajarmu yang salah.

7. Dibawa enjoy
Persiapan SBMPTN memang membuat stress. Bagaimana tidak.Kamu belum mendapatkan tiket untuk masuk PTN. Kamu harus belajar mati matian agar dapat kampus impian itu. Ditambah lagi dengan melihat orang lain yang sudah mendapatkan PTN lewat SNMPTN. Sedih, iri pasti tidak terhindarkan. Namun walau bagaimanapun, ini adalah jalan yang diberikan Tuhan padamu. Terlalu awal untuk menyerah guys. Maka dari itu, jagalah emosi agar tetap enjoy, tenang. Pikirkan bahwa ini adalah ujian yang diberikan Tuhan untukmu. Bayangkan jika kamu berhasil melaluinya, betapa bangganya dirimu. No pain no gain.

8. Jaga Fisik
Otak dan fisik selalu berjalan beriringan. Tentu kamu tidak akan bisa berpikir maksimal jika dalam keadaan sakit. Maka dari itu jaga kesehatan. Makan makanan yang sehat, jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga atau bersantai agar tubuh tetap bugar dan fit. Tentu kamu gak ingin kan, gara-gara belajar terlalu keras hingga jatuh sakit? Dan malah tidak bisa ikut SBMPTN? Belajar itu penting tapi kesehatan tetap nomor 1

9. Rileksasi otak
Rutinitas belajar tiap hari memang melelahkan. Penat, lelah, bosan pasti tercampur jadi satu. Jadi luangkan waktu sehari untuk refreshing. Kamu bisa hang ou bersama temen, pacar atau keluarga. Lakukan aktivitas yang kamu sukai seperti hobi memanjing, berkebun, bersepeda, main game dll. Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi rasa bosan setelah sekian lama belajar soal-soal SBMPTN

10. Realistis
Ini penting untuk diperbincangkan lebih jauh. Tidak untuk melemahkan motivasi kamu tapi apakah kemampuanmu cukup untuk mendapatkan kampus impianmu? Saya rasa hanya kamu sendiri yang mengetahuinya. Hanya mengingatkan, jangan sampai mencari kampus yang tingkat persaingan sangat tinggi, namun tidak sesuai dengan kemampuanmu. Peluang gagal akan semakin besar. Alahkah baiknya kamu mencari kampus yang passing grade kelulusan SBMPTN yang mampu kamu capai. Itu lebih baik. Mengingat kamu hanya dapat memilih 3 pilihan program studi untuk SBMPTN, gunakan pilihan 2 dan 3 sebagai cadangan (dengan passing grade lebih rendah) dengan harapan kamu tetap lulus SBMPTN meski di pilihan kedua atau ketiga. Kita tidak akan tau apa yang akan terjadi. Persiapkan strategi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, yaitu tidak lolos pada pilihan pertama.

11. Persiapkan jauh hari
Maksudnya, Sebelum pengumuman SNMPTN, kamu harus sudah mempersiapkan diri untuk belajar SBMPTN. Bukannya pesimis tapi tetap mengantisipasi kemungkinan terburuk yaitu tidak lolos SNMPTN. Karena Jangka waktu dari pengumuman SNMPTN dan tes SBMPTN tidaklah lama, maka sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari. Semakin lama persiapan, maka akan semakin bagus hasilnya.

12. Bertanya pada orang yang paham
Jangan malu bertanya. Bertanyalah pada teman yang lebih tahu. Hilangkan kesombongan diri. Ini demi masa depanmu.
Kamu juga bisa bertanya pada guru di sekolah atau tanya kepada Mbah Google yang serba tau.

Tips dan trik lulus SBMPTN 2017

2.H-1 Sebelum SBMPTN

1. Istirahat cukup
Biarkan tubuhmu beristirahat dengan baik sehari sebelum SBMPTN. Jangan jejali otak dengan materi pelajaran atau hafalan. Cukupkan belajarmu sampai disini saja. Sekarang kumpulkan energi sebanyak-banyaknya agar tubuh kamu tetap fit untuk besok.
2. Santai
Bersantailah. Kurangi beban pikiran dalam otak, apalagi terlalu ambil pusing dengan SBMPTN besok. Kamu sudah banyak belajar dan berlatih, jadi berikanlah penghargaan kepada otakmu dengan tidak memikirkan apapun. Kamu juga bisa bermeditasi atau ibadah untuk merileksasi pikiranmu agar tidak jenuh dan payah.
4. Cari penginapan yang dekat dan nyaman
Kamu harus segera mencari penginaman untuk tempat menginap semalam sebelum SBMPTN jika ternyata tempat tinggalmu jauh dari tempat dilaksanakannya Tes SBMPTN. Usahakan cari penginapan yang dekat agar jarak tempuh ke tempat pelaksanaan SBMPTN tidak lama. Selain dekat, carilah penginapan yang nyaman, yang memungkinkan kamu untuk tidur dengan nyenyak sehingga kamu bisa bangun keesokan harinya dengan segar.
5. Jangan Grogi
Ini adalah pengalaman pribadi saya, dimana sehari sebelum “pertempuran”, saya merasa sangat gelisah dan grogi untuk menghadapi hari esok. Akibatnya pada malam hari, saya kurang bisa tidur dengan nyenyak karena memikirkan itu terus menerus. Tentu ini tidaklah baik

Tips : Usahakan jangan terlalu memikirkan saat berlangsungnya SBMPTN besok. Biarkanlah besok mengalir. Datang, kerjakan dengan seluruh kemampuanmu, lalu pulang. Kamu sudah berjuang untuk belajar. Biarkanlah Tuhan yang menentukan. Jika Tuhan merestui, kamu pasti akan lulus.
Ingatlah, menang, kalah, lulus atau tidak, hanya Tuhan yang menentukan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha.

Tips dan trik lulus SBMPTN 2017

3.Hari SBMPTN

1.Ibadah Pagi
Kamu harus bangun lebih awal. Lakukanlah ibadah pada pagi hari. Mohonlah agar hari ini berjalan sesuai dengan rencana, tanpa ada halangan dan rintangan yang berarti, dan semoga usahamu selama ini berbuah manis. Kamu dapat lolos pada kampus yang kamu impikan
2.Mandi /Boker
Kamu harus mandi, harus. Agar tidak bau, hahaha. Jika jam “biologismu” ada di pagi hari, maka lakukanlah. Jangan sampai kamu kebelet saat SBMPTN berlangsung. Memang sepele tapi ini penting. Kamu tidak akan bisa menjawab soal kalau kebelet ingin ke WC. Ya kan?
3.Sarapan
Sarapan secukupnya. Jangan terlalu banyak, jangan juga terlalu sedikit. Sarapan inilah yang akan menunjang tubuhmu saat tes SBMPTN beberapa jam lagi. Sarapanlah dengan makanan yang sehat, tidak pedas dan tidak menyebabkan perut kembung.
4.Siapkan alat
Jangan lupa, alat tempur dibawa dengan lengkap. Masukkan dalam 1 kotak. Pastikan semuanya lengkap dan tidak ada yang kurang. Peraturan menegaskan bahwa peserta dilarang meminjam alat tulis dari peserta lain saat Ujuan SBMPTN berlangsung. SO? Siapkan alat tulis yang lengkap dari rumah.
5.Berangkat 1 jam sebelum
Berangkat lebih awal agar tidak sampai telat di lokasi SBMPTN. Datang lebih awal juga membuatmu punya cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disana. Kamu juga bisa bersantai sejenak. Jangan datang terlalu pagi, agar tidak bosan menunggu, namun jangan terlalu mepet karena kamu akan tergesa-gesa dan merusak konsentrasi.
6.Toilet
Sbelum SBMPTN, ada baiknya kamu ke toilet dulu. Karena pada saat SBMPTN, peserta dilarang keluar ruangan dengan alasan apapun. Jangan sampai konsentrasi rusak hanya karena menahan pipis. Kurangi minum air beberapa jam sebelum SBMPTN
7.Berdoa sebelum SBMPTN
Ingat berdoa sebelum SBMPTN. Semoga diberi kelancaran dalam menjawab soal. Apa yang telah kamu pelajari keluar dalam soal dan kamu dapat mengerjakannya dengan baik dan maksimal
8. Soal yang mudah
Selalu dahulukan soal yang mudah dan sudah tidak asing bagi kamu. Semua soal bobotnya sama. Agar mempersingkat waktu, kerjakan yang gampang terlebih dahulu. Jangan merasa tertantang untuk menjawab soatu soal, abaikan saja jika memang susah atau membutuhkan waktu pengerjaan yang lama. Segera lewati jika sulit.
10.Tutup dengan doa
Semua soal sudah selesai kamu kerjakan dengan seluruh kemampuanmu. Kini saatnya kamu menutup pekerjaanmu dengan doa, semoga mendapatkan hasil yang diinginkan, lalu kamu bisa mengumpulkannya ke depan pengawas

Itulah Tips dan trik lulus SBMPTN 2017. Semoga dapat membantu kawan-kawan untuk menggapai mimpi. Semangat.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *