Cloud Hosting Cloud hosting murah. Gratis domain selamanya!

Latihan Soal dan Materi TKD untuk USM STAN/CPNS

Latihan soal dan materi TKD untuk USM STAN/CPNS – Cukup lama saya tidak mengupdate blog ini karena kesibukan saya sebagai anak OJT/Magang di sebuah kantor pajak di Denpasar, Bali. Maka dari itu, kali ini saya ingin membuat posting tentang Latihan Soal dan Materi TKD untuk USM STAN. Siapa tau dapat membantu adik-adik sekalian untuk lulus USM PKN STAN

USM tahun 2017 ini agak sedikit berbeda dari USM sebelumnya dimana ada tambahan Tes Kemampuan Dasar atau TKD. Jadi ada 4 tahapan tes, yaitu Ujian Tertulis, Wawancara, Kesehatan dan Kebugaran dan Tes Kemampuan Dasar

Tes TKD ini juga diadakan untuk sekolah ikatan dinas lainnya seperti STIS, STMKG (BMKG), AIM, AKPOL, IPDN, AMG dan rekrutmen CPNS jalur umum

Latihan soal dan materi TKD

Sebelumnya, TKD dilaksanakan setelah mahasiswa PKN STAN menyelesaikan semester akhirnya. Namun, banyak kejadian mahasiswa PKN STAN baik D III dan D I yang tidak lulus TKD dan akhirnya tidak dapat diangkat menjadi PNS. Maka dari itulah, PKN STAN membuat kebijakan untuk memberikan TKD ini diawal, agar mahasiswa yang lulus USM PKN STAN telah memenuhi syarat lulus TKD. (BTW saya sudah merasakan gregetnya ujian TKD ini, hehehe)

APA SAJA MATERI TKD?

1.Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) bertujuan untuk menguji wawasan calon peserta USM PKN STAN tentang kehidupan berbangsa dan bernegara seperti tentang pancasila, UUD 1945, perundang undangan, sejarah negara indonesia, sistem pemerintahan . Secara garis besar Tes Wawasan Kebangsaan ini mirip seperti pelajaran seperti Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn

2.Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan untuk menguji kemampuan verbal, kognitif, penalaran serta analisis calon peserta USM PKN STAN. Soal TIU akan berkutat pada soal-soal matematika, seperti perhitungan angka, analisis soal cerita, serta ada beberapa soal-soal bahasa indonesia seperti sinonim, antonim, serta soal tentang bacaan teks.

3.Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertujuan untuk menguji kemampuan kepribadian calon peserta USM PKN STAN. Yang dinilai disini adalah sikap moral dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Kita adan diminta untuk memilih jawaban-jawaban dimana dapat mencerminkan sikap dan perilaku kita. Tentu calon Aparatur Sipil Negara dituntut harus memiliki sikap moral yang baik,.

SISTEM PENILAIAN

Sistem Penilaian Ujian TKD ini sesuai dengan TKD pada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diatur oleh Badan Kepegawaian negara (BKN). Berikut detail sistem penilaian TKD :

latihan soal tkd

Latihan Soal dan Materi TKD PKN STAN

Berikut ini ada sedikit cuplikan tentang materi TKD

  1. Repelita

Jawab:

  • Repelita I (1 April 1969 – 31 Maret 1974) bertujuan memenuhi kebutuhan dasar dan infrastruktur dengan penekanan pada bidang pertanian.
  • Repelita II (1 April 1974 – 31 Maret 1979)bertujuan meningkatkan pembangunan di pulau-pulau selain Jawa, Bali dan Madura, di antaranya melalui transmigrasi.
  • Repelita III (1 April 1979 – 31 Maret 1984) menekankan bidang industri padat karya untuk meningkatkan ekspor.
  • Repelita IV (1 April 1984 – 31 Maret 1989) bertujuan menciptakan lapangan kerja baru dan industri.
  • Repelita V (1 April 1989 – 31 Maret 1994) menekankan bidang transportasi, komunikasi dan pendidikan.

2. Sejarah Bahasa Melayu di Indonesia

Jawab:

Pada dasarnya Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Pada zaman Sriwijaya, bahasa Melayu di pakai sebagai bahasa penghubung antar suku di Nusantara dan sebagai bahasa yang di gunakan dalam perdagangan antara pedagang dari dalam Nusantara dan dari luar Nusantara.

Perkembangan dan pertumbuhan Bahasa Melayu tampak lebih jelas dari berbagai peninggalan-peninggalan misalnya:

  1. Tulisan yang terdapat pada batu Nisan di Minye Tujoh, Aceh pada tahun 1380
  2. Prasasti Kedukan Bukit, di Palembang pada tahun 683.
  3. Prasasti Talang Tuo, di Palembang pada Tahun 684.
  4. Prasasti Kota Kapur, di Bangka Barat, pada Tahun 686.
  5. Prasati Karang Brahi Bangko, Merangi, Jambi, pada Tahun 688.

 3. Bab, pasal, ayat UUD

Jawab:

  1. Sebelum dilakukan amendemen, UUD 1945 terdiri atas Pembukaan, Batang Tubuh (16 bab, 37 pasal, 65 ayat (16 ayat berasal dari 16 pasal yang hanya terdiri dari 1 ayat dan 49 ayat berasal dari 21 pasal yang terdiri dari 2 ayat atau lebih), 4 pasal Aturan Peralihan, dan 2 ayat Aturan Tambahan), serta Penjelasan.
  2. Setelah dilakukan 4 kali perubahan, UUD 1945 memiliki 16 bab, 37 pasal, 194 ayat, 3 pasal Aturan Peralihan, dan 2 pasal Aturan Tambahan.

4. MPR

Jawab:

Tugas, Wewenang, dan Hak MPR antara lain:

  1. Mengubah dan menetapkan (Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945), (Undang-Undang Dasar).
  2. Melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum.
  3. Memutuskan usul DPR berdasarkan putusan (Mahkamah Konstitusi) untuk memberhentikan Presiden/Wakil Presiden dalam masa jabatannya.
  4. Melantik Wakil Presiden menjadi Presiden apabila Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya.
  5. Memilih Wakil Presiden dari 2 calon yang diajukan Presiden apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Presiden dalam masa jabatannya.
  6. Memilih Presiden dan Wakil Presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya.
  7. Anggota MPR memiliki hak mengajukan usul perubahan pasal-pasal UUD, menentukan sikap dan pilihan dalam pengambilan putusan, hak imunitas, dan hak protokoler.

5. Dasar hukum amandemen UUD:

  • Pasal 3 ayat (1) dan Pasal 37 UUD 1945

6. Organisasi perjuangan kemerdekaan (PUTERA):

  • Dibentuk pada 9 Maret 1943

Tokoh : 4 serangkai (Muh. Hatta, Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara, KH. Mas Mansyur)

Tujuan: mengerahkan tenaga rakyat Indonesia guna membantu Jepang berperang melawan sekutu

7. Tujuan dibentuk PETA:

  • Pembela Tanah Air dibentuk 3 Oktober 1943

Tokoh: Gatot Mangkupraja

Tujuan: memberi latihan militer pemuda Indonesia untuk membantu tentara Jepang menghadapi serangan sekutu

8. Panitia Sembilan:

  • Dibentuk pada tanggal 22 Juni 1945

Anggota: Ir. Soekarno (ketua), Muh. Hatta (wakil), M. Yamin, Ahmad Soebarjo, A.A Maramis, Abikoesno, Kahar Muzakar, Wachid Hasyim, Agus Salim

9. OPEC:

  • OPEC didirikan pada 14 September 1960 di Bagdad, Irak.

OPEC kantor pusatnya di Jenewa, Swiss, (5 Tahun Pertama)  kemudian dipindahkan ke Wina, Austria, 1 September 1965.

Negara pendiri: Venezuela (Negara yang memprakarsai berdirinya OPEC), Iran, Irak, Arab Saudi, Kuwait.

10. Mekanisme pemberhentian presiden:

  • Pasal 7B UUD 1945

11. Pasal tentang dewan menteri dalam UUDS:

  • Pasal 52 UUDS 1950 ayat (1) dan (2)

12. Alasan Indonesia Keluar Dari OPEC

Jawab:

Indonesia keluar dari OPEC lantaran posisinya bukan lagi sebagai negara pengekspor minyak tetapi negara pengimpor minyak. Sewaktu Indonesia masih berstatuskan sebagai anggota OPEC, Indonesia berkewajiban membayar iuran sebesar USD2 juta per tahun. Angka itu cukup besar, sebab pada 2008 tengah terjadi ancaman krisis ekonomi, yang bermuara di Amerika Serikat.
Ok, cukup segitu aja pengenalan tentang materi, khususnya Latihan soal dan materi TKD TWK hehehe..

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, materi TWK adalah materi tersulit dan materi bahasannya yang paling luas dibandingkan dengan TIU dan TKP. Dulu hampir 80% waktu belajar TKD saya habiskan untuk belajar TWK. Bukannya meremehkan TIU dan TKP tetapi kenyataan dilapangan seperti itu. Maka dari itu ada baikknya adik-adik belajar TWK dengan baik dan banyak. Kenapa? Soal TWK satu orang dengan yg lain akan berbeda alias diacak soalnya karena ujiannya menggunakan komputer. Ngeri-ngeri sedap memang untuk TWK ini. Hampir 50 orang teman saya dulu tidak lulus di TWK ini

Untuk itu kali ini saya hanya akan memberikan Latihan soal dan materi TKD khususnya pada TWK. Untuk TIU dan TKP sudah banyak berterbaran di Internet. Kalian bisa downloadnya untuk latihan dirumah.

Teman-teman bisa download Materi TKD Tes Wawasan Kebangsaan/ TWK Disini

MATERI TKD WAWASAN KEBANGSAAN

LATIHAN SOAL TKD (berbentuk simulasi CAT sesuai standar BKN)

Semoga Latihan soal dan materi TKD diatas bisa membantu teman-teman untuk belajar TKD. Kurang Lebihnya Mohon Maaf. Terimakasih : )

Sumber : id.wikipedia.org

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *