Kata-Kata Senja Tentang Rindu, Bahagia, Sedih, Hampa, Bijaksana

Kata-Kata Senja – Banyak yang kini mengelu-elukan senja, tak hayal jika pencari senja akan lebih banyak dari pada fajar umuk timur. Walau senja menghantarkan ke kegelapan, banyak orang yang menyukai indahnya fenomena sore hari penghantar ke gelap malam itu. Warna langit yang menguning yang kemudian berganti menjadi orange, memerah, hingga sang mentari terbenam dan tak bisa kita lihat lagi pada hari itu.

kata-kata senja

Berawal dari sebuah jepretan foto tercipta sebuah deskripsi inspirasi dari fenomena dalam foto tersebut, bahkan kadang tersimpan kata-kata bijaksana, atau bahkan, sedih, bisa juga rindu. Tergantung dari perasaan dan situasi saat kita bertemu senja kala itu, bahkan bisa juga sebuah ekspresi kebahagian dan kegembiraan.

Berikut adalah kata-kata senja terinspirasi dari jepretan-jepretan foto dan diiringi suasana hati tak terbatas. Semoga kata-kata senja berikut dapat menginpirasi.

Kata-Kata Senja Rindu

Gambar Kata senja

Rindu memang berat. Tapi segera obati rindu yang berat agar tak jadi rindu akut. Berikut adalah beberapa kata-kata senja untuk mengungkapkan rindumu. Semoga lekas bertemu.

  1. Seperti masa kecil, senja dipandang bukan karena ia indah saja, tapi karena ia datang hanya sekejap.
  2. Semerbak rindu kuasai udara panas ini. Senja pun ikut berdebar menanti beritamu tentang perang dan cinta. – Jerinx
  3. Sama seperti matahari yang tidak pernah membenci senja, mengucapkan selamat tinggal ketika waktunya sudah habis. – Tere Liye
  4. Terkadang senja mengingatkan pada rumah, pada orang-orang yang membuat hati kita rindu untuk pulang. – Iwok Abqary
  5. Hiduplah seperti senja, ia datang untuk selalu menghadirkan ketenangan dan saat ia pergi, ia membuat kerinduan di dalam hati.
  6. Walau hanya sejenak, senja kemudian beranjak dan meninggalkan kesan yang sangat singkat. Sempatkanlah bersyukur.
  7. Layaknya seorang pacar, senja juga mendatangkan kerinduan. Saat ingin bertemu, kita harus menunggu lebih dahulu. Sama halnya seperti dirimu, aku harus rela menunggu, walau itu lama yang terpenting aku mampu melepas rindu.
  8. Akan tiba masanya di mana rindu tak lagi butuh temu, bukan pula termasuk hadirnya orang yang baru, namun hati yang telah beku; terlalu lama menunggu hadirnya dirimu”. -Equeenta
  9. Jadilah sang malam agar kau bisa merasakan rindu, dan jadilah engkau senja agar kau tahu rasanya menunggu.
  10. Kutuliskan rindu di malam yang indah ini, namun tidak untuk kau baca. Karena rindu ini sebenarnya telah kau titipkan di tepian senja.
  11. Jika ia tak sendu, ia bukan senja. Jika ia tak sepi dan sunyi, ia juga bukan senja. Terlebih jika ia tak meninggalkan rindu. Ia bukan senja.
  12. Walau kita ditakdirkan untuk berjauhan, tapi ingat kita masih menatap senja yang sama yang terbenam di ufuk barat, ialah senja.
  13. Jika kau rindu pada seseorang, datang dan tataplah senja sebelum ia berganti malam. Titipkan pesan dan rasa rindumu padanya.
  14. Langit menghitam, senja telah pergi. Angin sepoi berhenti bertiup sejenak, dan kini tinggal tersisa rindu di dalam hati yang belum sempat kutitipkan pada senja.
  15. Walau ia datang untuk menenangkan, namun saat ia pergi membuat kegundahan, karena rindu ini belum sempat ku sampaikan.
  16. Seperti rindu, ia datang sekejap untuk melepas kerinduan dan kegundahan hati yang lama membekas.
  17. Senja membawa angin sore yang menyampaikan pesan-pesan kerinduan bagi mereka yang menatapnya hingga malam tiba.
  18. Perasaan kembali melebur di ujung hari yang terik ini. Kata kita, telah berubah menjadi aku dan kamu. Kau pun kini perlahan pergi, menghilang bak senja yang tertelan pekatnya malam hari dan badan ini tergerogoti agin malam yang bertiup semakin kencang.

Baca Juga: Kata-Kata Mutiara Cinta

Kata-Kata Senja Bahagia

Bahagia di kala senja. Semua orang juga ingin bahagia, tak hanya saat senja tiba. Berikut adalah beberapa kata-kata senja untuk mewakili perasaan bahagia kalian.

  1. Satu-satunya hal yang tak ikut tenggelam saat senja menghilang. Ia adalah rasa.
  2. Datangnya senja di sore hari ini menandakan bahwa akhir perjalanan kita hari ini adalah sebuah keindahan.
  3. Bukan sebuah akhir cerita yang indah, senja adalah awal cerita baru yang indah.
  4. Senja mengajarkan kita bahwa apa pun yang terjadi hari ini pasti akan berakhir indah. – Shroe
  5. Aku bukanlah senja yang indah untuk kau tunggu, namun aku adalah langit biru yang selalu setia menemani hari-harimu.
  6. Seperti teh yang kita teguk di saat senja, hangat dan manis. Begitulah kiranya perasaan ini untukmu.
  7. Teringat pada kesibukan kecil yang sangat membahagiakan di tengah keheningan dan senja di tempat ini.
  8. Saat kulihat senja, ada harapan dalam hatiku untuk membuat dunia yang terasa begitu fana ini menjadi dunia yang lebih berwarna.
  9. Jika kau suka senja dan kopi, izinkan aku untuk memilikimu tanpa kata jeda dan tetapi.
  10. Senja hari ini masih muda, seperti cinta yang baru saja bersemi. – Benzbara
  11. Setelah rona jingga dari sang senja yang terlukis indah dalam atap alam raya. Aku juga suka dengan potret yang terhias oleh senyuman manismu, oleh paras bahagiamu. – Arief Aumar P
  12. Walau langit tak menggambarkan senja yang indah hari ini, semoga kau masih setia menunggu di langit yang sama dengan suasana hati yang bahagia.
  13. Tetaplah bahagia dan penuh warna seperti senja, walau ia harus gelap ditenggelamkan sang malam.

Kata-Kata Senja Sedih

Tak bisa memang jika kita menghindar dari kesedihan. Berikut adalah beberapa kata-kata senja untuk mewakilkan rasa sedih dalam diri dan jiwamu.

  1. Senja datang dengan keindahan, namun kemudian ia pergi dengan sangat cepat, tanpa sempat ku bersandar padanya, ia diburu malam yang gelap dan sunyi menyergap.
  2. Dari senja kita belajar untuk ikhlas dan rela akan sebuah kehilangan.
  3. Datangnya senja yang kemudian menenggelamkan matahari dan menciptakan malam mengajarkan kita bahwa tak akan ada satupun hal du sunia ini yang abadi.
  4. Senja membuat kita sadar bahwa semua hal akan ada akhirnya.
  5. Senja tak pernah salah, hanya kenangan yang membuatnya basah. – Wira Negara
  6. Melukiskanmu saat senja. Memanggil namamu ke ujung dunia. Tiada yang lebih pilu. Tiada yang menjawabku. Selain hatiku dan ombak berderu. – Dewi Lestari
  7. Hampa itu seperti langkah tak berjejak, senja tapi tak jingga, cinta tapi tak dianggap. – Raditya Dika
  8. Dulu, pada suatu ketika, senja pernah indah, seindah janji-janji yang berujung menjadi sumpah serapah. – Fiersa Besari
  9. Aku masih saja menerka-nerka: Lebih merah mana, senja ataukah luka yang kau sembunyikan sekian lama. – Agus Noor
  10. Senja selalu seperti ini. Perlahan datang, lalu tiba-tiba hilang. Tergantikan keremangan malam, menyisakan kehampaan. – Suryawan W.P
  11. Jauh itu adalah saat kita duduk bersama di bangku taman namun kedua hati kita ada di bangku yang berbeda. Sedih.
  12. Senja masih tak terbayang di benakku, ia lukai hati ini dengan goresan kilat. Laraku tak berakhir dari hilir ke hulu.
  13. Dia bukanlah senja yang banyak orang suka, sinarnya tak mampu sembuhkanluka. Ia hanya angin dingin yang singgah sebentar lalu beranjak pergi lagi.
  14. Ia datang dinanti banyak orang, setelah datang ia terburu-buru pergi dalam kegelapan.
  15. Ada banyak senja yang telah kulewati, tapi tak satu dari mereka yang mampu menghantarmu pulang kembali ke hati ini.
  16. Cintaku padamu bagaikan hujan dan senja. Layaknya hujan, cintaku jatuh bertubi-tubi namun sayangnya cintamu hanya seperti senja, yang jatuh sekali lalu bergegas pergi.
  17. Senja telah mencuatkan sinar indahnya, namun kau masih saja di posisi yang sama dengan perasaan yang sama pula.
  18. Aku adalah senja. Senja yang takut untuk pergi dan berucap selamat tinggal. Senja yang terus menolak untuk pergi namun sang waktu terus menolak.
  19. Aku masih berdiri disini. Senja ini tak cukup obati luka lama yang tak kunjung kering hingga hari ini. Berharap ada obat yang lebih baik dari ini, tapi tak kian ku temukan hingga gelap malam menutup indahnya langit hari ini.
  20. Ini masih sabtu yang sama, senja dengan gerimis hujan yang tak kunjung reda. Buat luka ini tak kunjung kering karena basah selalu menghampiri.
  21. Senja adalah perbatasan. Menunggu ia datang ke pelukan atau pergi untuk memeluk orang lain. Sungguh tak bisa kuhelakan dan tak bisa kuhentikan. Senjaku hanya harapan yang hingga kini tak pernah bisa kugapai.  

Kata-Kata Senja Hampa

Jangan merasa hampa. Jika ia, mungkin beberapa kata-kata senja berikut cocok untuk perasaan kalian.

  1. Senja tahu bahwa kita adalah sepasang sejoli yang ingin merajut kisah namun masih belum bisa terwujud.
  2. Saat senja ku berharap, semoga fana ini bisa kuubah menjadi pelangi yang indah untuk ku nikmati di ujung hari.
  3. Senja mengajarkan kalau menunggu bukan pekerjaan yang mudah, sama halnya dengan berjuang. Terlebih jika menunggu perjuangan yang penuh ketidak pastian.
  4. Tanpa hadirnya dirimu membuatku seperti dedaunan kering yang jatuh dari ranting, dikejar angin yang datang tak karuan.
  5. Kelak ada senja yang sunyi untukmu mengingat masa lalu, dimana aku akan lewat diantara kenangan-kenangan masa lalumu.
  6. Cinta tak dianggap sama halnya dengan langkah yang tak berjejak, senja namun tak jingga
  7. Ia bukan senja yang kucari, lukaku kian membasah, tak kunjung kering oleh sinar jingganya. Ia juga datang hanya sebentar, lalu pergi.
  8. Senja telah berubah menjadi malam, namun dari dulu perasaanmu tak kunjung berubah untuk menerimaku.
  9. Kita adalah pasangan yang tak direstui senja untuk menikmati malam bersama.
  10. Kini aku sadar, ada hal yang lebih indah yang Tuhan ciptakan selain kamu, yaitu senja.
  11. Menunggu senja datang, kita harus lewati dinginnya pagi dan teriknya mentari siang hari. Menunggu dirimu, tak ada yang mesti aku lewati tapi kenapa terasa lebih susah dan tak pasti.
  12. Sengaja ku teriakan namamu di padang pasir yang luas, agar namamu mampu menutupi kesepianku.
  13. Layaknya kesetian senja menunggu malam datang, begitu pula kesetianku menunggumu dirimu datang.
  14. Rindu ini mulai tak menentu, saat senja pun ia berubah menjadi kelabu. Aku tau kau juga rindu, tapi kini semuanya tinggal berdebu.

Kata-Kata Senja Lucu

Ngelucu bisa dengan kata-kata senja berikut ini lo.

  1. Kau sama dengan senja, menyenangkan tapi hanya sebentar.
  2. Dibanding senja aku lebih bahagia jika senyumanmu yang menghiasi soreku. –  Yowesneh
  3. Senja itu sebentar tapi indah, kamu juga nikmat tapi tak bertahan lama.
  4. Senja itu panas diawal enak di akhir, kamu, enak diawal belakangan nyusahin.

Kata-Kata Senja Bijaksana

Menjadi bijak dengan kata-kata senja, mengapa tidak. Berikut adalah beberapa kata-kata senja bijaksana.

  1. Saat matahari tenggelam, kita diajarkan untuk menghargai sesuatu yang kita miliki sebelum ia pergi meninggalkan kita.
  2. Senja yang kelabu ini menyatakan bahwa kehidupan tak selalu berjalan indah pada akhirnya.
  3. Ingat bahwa awan yang menghitam membuat senja terlihat menjadi lebih indah dan eksotis.
  4. Walau senja begitu indah, cahaya matahari tak akan pernah tergantikan walau dengan lilin yang sinarnya terang benderang.
  5. Tuhan, bersama tenggelamnya matahari senja ini, redakanlah kekecewaan dan kemarahan di hati ini. Sabarkanlah aku. – Mario Teguh
  6. Kutulis rindu di malam ini namun bukan untuk kau baca. Sebenarnya aku hanya ingin mengingat rindu yang telah ku tinggalkan di tepian senja. Karena kini kita telah berbeda. Aku dan kau tak bisa lagi menjadi “kita”.
  7. Menunggu kehadiran sang senja mengajarkan kita bahwa untuk mendapat keindahan dan sesuatu yang berharga perlu melewati jalan yang berliku dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
  8. Menikmati duka yang kini kau rasa adalah sebuah asa yang tak kunjung ada, sebab kelak mungkin ia akan menjelma menjadi sesuatu yang begitu bermakna. – Karya Pemuda

Kata-Kata Senja Islami

  1. Sinar senjamu sejukkan kalbu. Mata ini tak berkedip melihat indahnya pesonamu. Semoga kau selalu indah menyejukan hatiku ini.
  2. Dalam sepi ku tatap mentari senja yang tak sengaja membuat langit menguning. Sembari dalam hati ku berucap syukur bahwa nafas ini masih panjang untuk melihat indahnya senja di sore hari yang mampu menyejukan hati dan pikiran yang gundah ini. Terima kasih atas anugerahmu Tuhan.
  3. Senja ini ajarkanku untuk selalu menikmati apapun akhir perjalanan lika-liku hidup kita. Tuhan tak akan pernah menukar rejeki kita.
  4. Sesulit apapun sebuah perjalanan, sebosan apapun sebuah jalan hidup, ingat ada senja yang indah menanti di sore hari, untukmu berucap syukur.

Kata-Kata Senja Singkat

Untuk yang suka singkat, padat, dan jelas, berikut adalah beberapa kata-kata senja untuk kalian.

  1. Setiap senja selalu menjanjikan kita awal yang baru.  – Ralph Waldo Emerson
  2. Pada dasarnya senja tak akan pernah memintamu untuk menunggu
  3. Hadrimu disisiku layaknya senja yang datang sebentar namun sangat menenangkan
  4. Penantianku setulus senja menanti sang mentari terbenam di ufuk barat
  5. Senja, ia datang membawa berita gembira namun pergi meninggalkan luka.
  6. Senja tak terbenam sempurna, ada hujan yang ikut menghantar kita bertemu malam.
  7. Senja tak pernah menolak langit saat sore telah tiba, meskipun ia berubah menjadi kelabu.
  8. Senja tau bagaimana ia pamitan dengan cara yang berkesan.
  9. Selama kau tak patah hati, senja akan selalu terlihat indah.
  10. Senja mengalah saat malam tiba, begitu juga aku, akan mengalah saat rindu tiba.
  11. Rasa: Satu-satunya hal yang tak ikut tenggelam saat senja
  12. Ada hujan jatuh di bawah alismu. Ada senja yang berlabuh di merah matamu.
  13. Padahal aku masih rindu, tapi senja keburu pergi meninggalkanku.
  14. Kau sama dengan senja, hanya nikmat dalam sekejap.
  15. Ujung hari membawa senja yang indah dengan angin sepoi yang sejuk, tapi esok pagi meninggalkan gundah dalam hati.
  16. Sejenak aku berhenti di bawah langit biru, ada senja yang ingin ku sapa.
  17. Senja tinggalkan langit tanpa aba-aba padahal ia telah menerimanya apa adanya.
  18. Setelah senja berakhir, aku kembali menjadi perempuan yang menutup kesedihan dengan gurat tawa.
  19. Matahari senja, sampai kapan aku akan bertemu lagi dengan warna menyedihkan ini? – Ai Haibara
  20. Saat jingganya merekah, kulihat senyum bahagia. Namun saat malam ia terlihat berduka.
  21. Walau ia sangat indah, pada akhirnya ia akan membawa kita ke kegelapan.

Kata Mutiara Senja

Berikut adalah beberapa kata-kata senja dalam rangkaian kata bijaksana atau kata kata mutiara.

  1. Setia memang susah, tapi coba lihat ada jingga yang selalu hadir untuk membuat senja selalu indah.
  2. Tak hanya senja yang padam, ego dan amarah di dalam hati juga padam saat pelukmu dan peluku menjadi satu. Ini Indah.
  3. Senja ibarat cinta. Senja yang indah hanya sementara. Cinta yang indah di mata juga kadang hanya bertahan sementara. Buatlah cinta yang sederhana.  
  4. Walau tak datang di awal, keindahan sering datang di akhir untuk membayarmu. Ialah senja.
  5. Walau saat ini hujan bertubi tubi memukul punggu dan sekujur tubuhku, aku percaya akan ada senja yang indah di ujung hari ini.
  6. Indahnya senja menghantarkan kita ke gelapan dimana hanya caha bintang dan bulan menyinari. Ingat selalu bersyukur karena kecerian sementara kadang membuat kita lupa dan tak mampu melihat cahaya kecil yang indah.
  7. Tak selamanya perpisahan adalah duka. Kadang perpisahan adalah awal dari bagian cerita yang belum terungkap. Seperti senja, karena esok ada pagi yang datang setelah kita lewati malam yang gelap.
  8. Senja terbenam perlahan-lahan, karena ia tak ingin menyakiti kita. Karena ia tau jika  ia tingal secara tiba-tiba sakitnya tak kan tiada tara.
  9. Deretan nyiur melambai, diiringi angin dingin yang menusuk tubuh tanpa busana. Jingga meradang menjadi abu dan gelap malam mulai menyerbu. Api unggun pun menyala hangatkan sejoli yang sedang bercumbu.
  10. Walau kita suka senja yang sama, kita belum tentu punya hati dan rasa yang sama.
  11. Untuk dapat memeluk rembulan, aku harus sabar menghadapi dinginya embun pagi dan teriknya matahari.
  12. Terimakasih senja. Aku selalu belajar dari engkau, yang tenggelam karena alasan dan kembali karena penuh harapan. – Farhanrayx

Kata Filosofi Senja

senja yang indah

Buat yang suka berfilosofi. Berikut adalah beberapa kata-kata senja dalam filosofi senja.

  1. Senja perlahan pergi, tapi sebentar, ia tak benar-benar pergi, ia sedang menjadi senja untuk orang lain di dunia bagian lain. Ku harap kau tak seperti ia, aku hanya ingin kau ada disini dan menerangi jiwa dan hati ini.
  2. Jangan salahkan senja yang hilang, hanya mentari sedang menerangi bagian lain dan membiarkan senja didekap sang malam.
  3. Saat langit biru nan cerah mulai menjadi abu, ada senja yang siap menghibur hatimu yang lara.
  4. Senja yang indah adalah awal dari malam yang sunyi dan kelam.
  5. Aku hanyalah kunang-kunang dan engkau hanyalah senja. Saat gelap kita berbagi. Saat gelap kita abadi. – Moammar Emka
  6. Memandang senja sama halnya menatap masa lalu. Ia indah tapi hanya lewat sebentar dan susah untuk kita kembali merasakannya.
  7. Bahagia yang sederhana adalah ketika kita mampu melihat matahari tenggelam dengan sempurna tanpa ada awan nakal  yang menggangunya.
  8. Senja, kadang ungu cantik, kadang jingga keren, kadang hitam kelabu, tapi langit selalu menerima senja apa adanya. – Vatoben
  9. Senja sejatinya tidak lebih enak dari fajar karena sebuah perpisahan akan sangat menyedihkan dibandingkan sebuah pertemuan.
  10. Aku kini paham, tanpamu pun aku bisa bahagia walau hanya dengan melihat senja dengan secangkir teh hangat di berandala.
  11. Walau ia hantarkan kita kegelapan, ingatlah ia pernah indah walau hanya sesaat. Jangan lupakan jasanya.
  12. Senja tau cara permisi tanpa menyakiti penikmatnya, ia pergi perlahan dan kembali esok di waktu dan tempat yang sama.
  13. Senja sebenarnya ingin berlama-lama, tapi malam sudah menunggu untuk tampil di depan pemirsa. Nikmatilah dan datanglah esok untuk senja selanjutnya.
  14. Yang indah akan bersinar dan hilang pada waktunya. Ia adalah senja.
  15. Senja adalah perantara kita menuju kegelapan. Tapi, kalau kita tahu cara bersyukur dan menikmatinya, banyak gemerlap bintang dalam langit yang gelap menunggu untuk kita rasakan indahnya. – Fiersa Besari.
  16. Lembayung senja menyapa di Bali. Sore akan berganti malam. Malam akan menjelang tuk mengganti hari. Kehidupan yang silih berganti harusnya tidak kita sesali. Semua adalah tragedi dan ironi yang mesti disyukuri dan dinikmati apa yang telah diberikan -Nya. –  Mutiara Lembayung.
  17. Jangan jadi lelaki atau wanita seperti senja, karena ia hanya nikmat untuk waktu yang singkat. Belajar dari betapa sopannya saat ia pergi, ia permisi dan pergi perlahan-lahan.
  18. Maafkan jika senja tak kunjung datang hingga saat ini, mungkin ia lelah karena setiap sore ia datang, ia dicecar oleh mereka yang tak punya tempat untuk mengadu. Semoga ia lekas kembali.
  19. Senja dan Pagi selalu menghadirkan sensasi bahwa mimpi bukan hanya sekedar fiksi namun realisasi. – Puji Rahman
  20. Tak perlu jadi senja untuk di kaguminya, tak perlu jadi bulan untuk menyinarinya. Tenang saja, jika hatinya bukan untukmu, ketahuilah senyumnya akan datang darimu. – Rafliekp

Puisi Pendek/Sajak Senja

Berikut adalah beberapa kata-kata senja dalam bentuk sajak atau puisi pendek.

  1. Senja hilang dalam gelap. Ia tabur rindu namun tak kunjung berobat. Tinggal tersisa senyap tanpa ada hembus harap.
  2. Pergi untuk menghilang. Tapi tidak untuk senja, ia pergi untuk berjanji. Berjanji untuk kembali (lagi). – Nulisbuku
  3. Senja selalu mengajarkan kita untuk pulang, tak peduli betapa jauh kita terbang. Senja pula mengajarkan untuk ikhlas, ketika harus pergi karena datang sang malam. Senja pun mengajarkan kita untuk hidup memberi makna, meski hadir hanya sejenak. – Rinjani
  4. Beberapa penyair sibuk bersembunyi di balik senja, hujan, gemintang, ufuk, gunung, pantai, jingga, lembayung, kopi, renjana dan berbagai kata romantis lainnya, untuk kemudian lupa pada fakta bahwa dunia sedang tidak baik-baik saja. Hingga akhirnya kata-kata hanyalah hiasan semata. – Fiersa Besari
  5. Aku belum pergi, masih di antara senja dan gelap malam, meski hujan telah menghapus semua jejakmu, tapi doa-doaku tetap setabah karang, memayungi tiap-tiap langkahmu. – Pelangi Puisi
  6. Di ujung senja kupaparkan beribu cinta sementara cahaya, menyemai rindu tanpa kesudahan memetik sukma memekar doa-doa. – Mahroso Doloh
  7. Kadang kita sului untuk ikhlas. Kita harus belajar dari senja yang ikhlas saat awan gelap menutup jingganya yang merekah dan munutup asa indah yang ia ingin perlihatkan.
  8. Tangannya menjadi pengganti tanganku untuk menuntunmu’ Pundaknya menjadi pengganti pundakku untukmu bersandar. Biarlah gemercik gerimis, carik senja, secangkir teh, dan bait lagu menjadi penggantimu. – Fiersa Besari
  9. Kenapa aku suka senja? Karena kita tahu negeri ini kebanyakan pagi, kekurangan senja, kebanyakan gairah, kurang perenungan. – SujiwoTejo
  10. Di bawah alismu hujan berteduh. Di merah matamu senja berlabuh. – Joko Pinurbo
  11. Senja terlalu buru-buru berlalu, padahal aku baru hendak mewarnai langit untukmu dengan warna-warna rinduku yang selalu biru. – Firman Nofeki
  12. Melukiskanmu saat senja. Memanggil namamu ke ujung dunia. Tiada yang lebih pilu. Tiada yang menjawabku. Selain hatiku dan ombak berderu. – Dewi Lestari

Puisi Panjang Senja

  1. Semburat Senja yang Syahdu

    Layaknya lintang yang tersebar di galaksi belantara
    Lihatlah, nabastala terpampang nyata di depan netra
    Sekelilingnya, ada jumantara yang mengudara
    Seakan menunggu sang bangaskara yang ingin terbenam segera

    Tatapan netra beralih ke langit barat
    Menilik matahari seakan ingin mengucapkan perpisahan yang bera
    “Selamat tinggal?”
    Ataukah “Selamat menunggu untuk senja berikutnya?”

    Oh tuan, aku lengah
    Sungguh, retisalya kembali menganga
    Meluluhlantakkan secercah yang terpinga-pinga
    Pada semburat senja di penghujung September yang menelinga.

    Lihatlah, pesona tuan layaknya senja
    Yang gata meninggalkan sang nabastala
    Kemudian datang saat dini hari
    Menjelma menjadi sang fajar yang menyinari

    Hei tuan, apakah ini terlihat antagonistis?
    Saya ingin bersikap apatis
    Perihal retisalya yang begitu traumatis
    Sebab, nostalgia tunjukkan asmaralika yang begitu anarkistis

    Mungkin, sudah saatnya untuk berdamai dengan senja
    Sebab, tak elok rupanya bermuram durja
    Cukuplah nostalgia ini bersahaja.

    (Oleh: Langit Sastra)
  1.  Surat Rindu

Senja…
Satu kata yang indah
Satu kata sarat akan makna
memandangmu aku terpesona

Memori tentangmu berputar di kepalaku
Tersimpan apik mewarnai hariku
Apa kabar kamu?
Kekasihku…

Jauh di lubuk hati aku merindu
Rindu akan kehadiranmu
Senyuman yang menghiasi bibirmu
Selalu berhasil membuatku terpaku

Hitam lengam sehitam suraimu
Manik matamu seolah menghipnotisku
Memanggilku tuk menyentuhmu
Apakah aku tertawan cintamu?

Bulan September hampir berlalu
Sepucuk surat mengunjungiku
Adakah tanda kita kan bertemu?
Aku sudah terlanjur rindu

Surat balasan kukirim padamu
Surat yang membawa serta hatiku
Padamu sang penawan sanubari
Aku menunggumu di sini.

(Oleh: Indah Putri Lestari)

  1. Aku dan Senja

    Aku adalah senja
    Bagai memberi bahagia
    Selalu memberi cinta
    Dan seolah memupuk asa

    Pun senja adalah aku
    Hadir antara perbedaan
    Seolah memberi peringatan
    Tiba waktu pergantian

    Di penghujung September kering ini
    Senja selalu cerah
    Senja memberi cinta
    Tapi tak bisa memupuk asa

    Semburatnya nan jingga
    Berkelumat dengan hitam
    Membaur dengan gelap
    Lenyap bersama kapas

    Hadir dengan tangisan langit
    Bersua dengan ribut
    Bertanya pada senja
    Engkau kenapa?

    Jingga yang menua
    Pada titik temu pergantian
    Memberi satu suara
    Aku sudah lengah.

    (Oleh: Yunita Malistiani)
  1.   Senja… Bersamanya

Senja… dia apa kabar?
Akhir kita bersua
Dia memberiku tuba
Menamparkan angin begitu kerasnya

Senja… tahukah dia?
Tentang rasaku padanya?
Tenang indah kala menatapnya?
Aku mohon beritahu padanya

Aku tak tahu cara mengungkapkannya
Senja… bantulah aku
Semilirkan pesanku ini bersama angin
Hembuskan rasaku tepat di relungnya

Senja… masihkan sama?
Ada hanya sekejap
Hadir antara dua kubu
Lalu hilang bersama kabut
Di akhir gelap september ini
Masih pada rasa yang sama
Tertampar gigil angin
Teronggok senyapnya hitam

Senja… beritahu padanya
Ada pagi yang menyongsong malam
Ada cahaya yang menjemput gelap
Dan ada aku yang masih mencinta.

(Oleh: Yunita Malistiani)

  1. Swastamita

    Sekeping nurani mengacak diksi
    Mengais aksara merakit gatra
    Perihal aku terlalu keluh
    Tuk terucap sepatah kata

    September merakit temu
    Menyudahi pilu di penghujung kelu
    Jingga merangkak
    Swastamita meramu

    Resah merompak dentingan
    Nestapa hampiri insan
    Pada penghujung pengabdian
    Senja menjadi kelam

    Ketaksaan riuh menggoyahkan
    Baskara berangsur madam
    Terpatri senja bagai saksi padam
    Akan aku perihal ditinggalkan

    Terlalu sukar kupatri rasa
    Sedang hati merosok tak sadar
    Berkeping pada arunika
    Sebab menapakmu perlu berlacak sabar

    Karam tak punya pijakan
    Aku tak mengerti seruan
    Sebab candala senja
    Mengoyakku menetap pada penghujungnya.

    (Oleh: Syayidah Maulidatul Ulya)
  1.  Bingkai Senja

Mengusung denyut waktu
Pada senja kesumba kelam
Di bawa barekasa alam
Tertepi oleh gulungan obak

Hanyut tenang bersama kenangan asa
Mengangkasa pada bumantara
Menyeruak mengukir kisah asmaraloka
Atma terlampau bahagia hingga lupa pada sarayu menguliti daksa.

Keselarasan bermatrik rajutan kesemuan
Keindahan buana membabat segala adorasi
Hingga tertnggal bayang tengah bersusah hati
Sungguh anitya lukisan keseimbangan

Sedang nabastala tetap yang jadi saksi
Hirap bagaskara sebab berganti petang
Senja meramu anindya
Mega kemerahan tawarkan dayahu candu

Sekejap
Tabir tak dapat abadi
Mencipta pedar bakal lestari
Berat otak sebabkan limbung

Teriring beranjak pergi
Sebab belukur luka yang sama
Sebab senja yang kian memudar
Kan tergantikan oleh shyam.

(Oleh: Zunainatul Khoiriyah)

  1.  Ingatan Kamu

    Kutatap senja dengan lekat sambil
    Menahan perih yang mendenyut di dada
    Bolehkan aku menyesal
    Telah mengenalnya?

    Bolehkah rasa cinta di hati tidak seharusnya ada?
    Atau bolehkan aku
    Memberontak marah pada Tuhan
    Karena telah menciptakan fatamorgana ini?

    Jeritan perih sedari tadi menusuk hati
    Entah sudah berapa lama aku menatap langit
    Yang berawarna oranye ini
    Apapun yang kulakukan kuingin lupakan

    Tetapi sakit
    Yang menyayat hati
    Masih saja
    Tak bosan bersemayan di sana

    Langit yang berwarna kemerah-merahan ini
    Mungkin sudah bosan melihat guratan pilu
    Andai kau tahu bahwa melupakanmu
    Tak secepat langit indah ini menggelap

    (Oleh: Rara Dianda)
  1.  Menjingga Bersamamu

Ada kata yang sulit terucap
Ada bibir yang enggan bicara
Ada rasa yang enggan tuk diam
Ada rindu yang terus menguar

Semua itu karena kamu
Karena kamu yang kurindu
Karena kamu yang kucinta
Karena kamu rasa itu ada

Kau tahu,
Senja itu seperti kamu
Tak pernah bisa tergapai dengan jemariku
Tak bisa teraih oleh jutaan rindu

Terkadang,
Aku ingin seperti angin
Yang membawa puing kenangan
Yang membawa sejuta asa.

Aku ingin menjadi sejuta cahaya
Yang bisa membiaskan keindahanmu
Yang menjingga di langit sore
Yang bersinar layaknya senja

Tentu saja tak bisa
Aku hanyalah aku
Yang hanya punya kenangan biasa
Yang kebetulan ada kamu di dalamnya.

(Oleh: Siti Nurlaela Sari)

  1. Senja ini berbahaya

    Wanita ada ladang jingga
    Parasnya nila
    Indah merekah di malam hari
    Datang dengan sukarela
    Wahai manusia
    Jangan kau tega menyewa hidupnya

Kata-Kata Sunrise

sunrise indah

Kalian bukan pengagum senja dan kata-kata senja, berikut kata-kata tentang fajar pagi.

  1. Meski kau kagum dengan senja, aku akan tetap memilih untuk menjadi pagi. Karena pagi bukanlah sebuah penyesalan untukku. Karena pagi aku terbangun untuk menyemangati hari-harimu.
  2. Terbangun disebelahmu di pagi hari saat sang mentari terbit adalah salah satu hal terindah yang ada dalam hidupku. Karena bagiku moment itu adalah anugerah terbaik dalam hidup ini.

Caption Senja

Berikut adalah beberapa kata-kata senja untuk kalian membuat caption saat berfoto atau memfoto langit jingga yang indah alias senja.

  1. Aku ingin kamu saja yang menemaniku membuka pagi hingga melepas senja, menenangkan malam dan membagi cerita. – Boy Candra
  2. Aku disini menunggumu di bawah jingganya langit senja dengan hangatnya teh manis, berharap pertemuan ini akan berbuah manis.
  3. Senja ini membuat aku selalu ingat untuk merangkai kata-kata indah sembari menanti penantianmu yang hingga kini tak kunjung ketemu.
  4. Saat mentari mulai meredup, awan hitam kuasai angkasa dan jatuhkan rintik-rintik kecil sejukan tanah yang kering dan hembuskan aroma khas yan mengingatkanku pada hangatnya pelukmu di sore itu.
  5. Senja obati rindu tanpa harus bertemu. Cukup dengan angin dan lagitnya yang jingga mampu cerahkan hati yang sendu.
  6. Embun pagi bawa angin dingin yang menusuk rusuk, terik mentari panaskan raga tanpa membakar. Langit senja sejukan hati yang gundah dan tak bertuan.
  7. Saat hujan dan senja tak lagi bersama, ada langit yang bingung bagaimana mempersatukannya.
  8. Kupuji langit dengan sajak-sajak indah. Kunyanyikan lagu untuk hibur semesta yang dilanda duka. Saat aku lelah, ada senja yang menghibur penat dalam hati dan jiwa ini.
  9. Senja pergi dengan tiba-tiba dan semena-mena. Esok hari kadang ia datang, tapi kadang ia enggan dan bersembunyi di balik gelapnya awan. Mungkin ia sedang lelah, karena manusia tanpa henti mengeluh padanya.
  10. Jika engkau lelah, datanglah, coba liat matahari di ufuk barat. Walau ia seharian menyidari dunia. Ia tak mengeluh, ia tetap mencoba bersinar walau malam mulai datang untuk menyekapnya.
  11. Jingganya langit ciptakan siluet foto indah, tunjukan bentuk tubuhmu yang sempurna, dan titipkan pesan untuk menjaganya.
  12. Ada yang hilang sore ini. Ia tampak pucat dan lesu di balik awan gelap dan rintik kecil air mengalir dari atap teras belakang. Semoga ia lekas sembuh dan kembali pulang.
  13. Telah kulewati dinginnya pagi, teriknya mentari, dan kini rinduku kutitipkan padamu oh senja. Tolong katakan pada dia, “Aku rindu padamu”
  14. Aku berharap kita bisa belajar dari senja, ia tak pernah menjadikan bulan sebagai alasannya untuk pergi. Ia selalu berjanji untuk datang esok hari di tempat dan waktu yang sama.
  15. Senja benar, ia tak pernah berbohong. Ia pergi sebentar dan kembali esok hari. Tak sepertimu yang hingga kini tak kunjung pulang.
  16. Senja mengajarkan kita bahwa indah yang nikmat hanya sementara.
  17. Jangan takut kedatangan gelap, karena terang akan datang di esok hari.

Kata-Kata Senja Dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa kata-kata senja dalam bahasa Inggris dari orang-orang terkenal beserta artinya.

  1. When twilight fell: The sky turned to a light, dusky purple littered with tiny silver stars. – J.K. Rowling
    Ketika sang senja jatuh: Langit berubah menjadi cahaya, ungu kehitaman dikotori dengan bintang perak kecil.
  2. Twilight drops her curtain down, and pins it with a star. –  Lucky Maud Montgomery
    Senja menjatuhkan tirainya dan menghiasinya dengan bintang.
  3. Sunset is a wonderful opportunity for us to appreciate all the great things the sun gives us! –  Mehmet Murat Ildan
    Matahari tenggelam  adalah kesempatan luar biasa bagi kita untuk menghargai semua hal hebat yang diberikan matahari kepada kita.
  4. How strange this fear of death is! We are never frightened at a sunset. –  George MacDonald
    Betapa aneh ketakutan akan kematian ini! Kami tidak pernah takut saat matahari terbenam.
  5. Don’ forget that beautiful sunsets need cloudy skies –  Paulo Coelho
    Jangan lupa bahwa matahari tenggelam yang indah membutuhkan langit mendung.
  6. Every sunset is opportunity to reset. – Richie Norton
    Setiap matahari tenggelam adalah kesempatan untuk mengatur ulang.
  7. Sunsets, like childhood, are viewed with wonder not just because they are beautiful but because they are fleeting. –  Richard Paul Evans
    Matahari tenggelam, seperti masa kanak-kanak, dilihat dengan penuh keajaiban bukan hanya karena mereka indah, tetapi karena mereka cepat berlalu.
  8. I like that time is marked by each sunrise and sunset whether or not you actually see it. – Cahterine Opie
    Aku suka waktu itu ditandai dengan setiap matahari terbit dan terbenam baik kamu melihatnya atau tidak.
  9. Sunsets are my escape into the reality I want to continuously live. – Rachel Roy
    Matahari tenggelam adalah pelarianku menuju kenyataan yang ingin terus kujalani.
  10. It is almost impossible to watch a sunset and not dream. – Bernard Williams
    Hampir tidak mungkin menyaksikan matahari terbenam tanpa bermimpi.
  11. When the sun goes down, and the band won’t play. I’ll always remember us this away – Lady Gaga
    Ketika matahari terbenam dan band tidak mau bernyanyi. Aku akan selalu ingat kenangan kita.

Quotes Senja Tumblr

Berikut adalah beberapa kata-kata senja untuk quotes Tumblr.

  1. Selalu ada bidadari tak bersayap yang menunjukan senyum manja dan hiasi indahnya langit yang jingga.
  2. Jinganya langit senja, dan derasnya rintik hujan, dua hal yang menyenangkan selain pelukan.
  3. Senja memberitahu kita bahwa pada dasarnya keindahan hanya bersifat sementara tapi jangan lupa untuk menikmatinya.
  4. Senja sudah tiba, hati ini juga masih sendu. Sedih ini tak ada ujungnya, tak seperti senja yang ada akhirnya, walau berakhir di kegelapan.
  5. Merebah di pangkuanmu di sore hari yang indah adalah momen ternyaman dalam hidup ini. Segala risau musnah walau hanya sebentar.
  6. Bangku berandala masih kosong, matahari mngernyitkan cahanya, mengubah langit menjadi jingga, angin sepoi terbangkan dahan yang rapuh, ada hati yang menanti sebuah kepulangan.
  7. Senja tau bahwa hal-hal yang telah hilang tak akan bisa kembali. Begitu juga dirimu, hilang dan tak kunjung kembali pulang.
  8. Ada senja tempat kita bersua, berjumpa melepas rindu yang tak kunjung padam. Walau bertemu hati juga tak kunjung bicara. Ada apa dengan kita?
  9. Semoga senja ini adalah awal untuk kita. Awal yang indah untuk kita memulai ditemani angin dingin dan bau sisa hujan tadi sore.
  10. Senja ini kusimpan sebagai batas buku, nanti akan kuingat saat indah datang dan akan kujadikan pelajaran hidup paling berharga.
  11. Setelah kau lihat senja di hari esok, kau akan sadar bahwa biru di dada kirimu adalah bekas rindu yang sampai kini belum terobati.
  12. Dalam senja aku bicara pada pohon yang kering akarnya dan rontok daunya. Berharap ada yang datang dengan air melimpah obati kerinduannya.
  13. Senja tak beda dengan nadir. Ialah waktu saat sang musafir melewati takdir.
  14. Senja yang merah mengingatkan raga ini pada pipimu yang merah merekah saat kecupan pertama di bulan Desember.
  15. Ia mainkan harmonika, lalu menutup tirai senja dengan lantunan merdua suara hatinya. Hei, aku rindu.

Demikan kata-kata senja tentang kerinduan, sedih, hampa, hingga bijaksana. Semoga dapat bermanfaat.
Komentarmu.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *