Contoh Pidato Singkat Terbaru tentang Berbagai Topik Terlengkap

Contoh Pidato Singkat –  kalian semua pasti lagi nyari contoh pidato ya?, pasti buat tugas sekolah ya, trus biar gampang dihafalnya kan hehe. Kalian tenang aja, semua orang sepertinya pernah mengalaminya juga saat masa sekolah. Nah buat ngebantu temen-temen yang sedang bingung mencari pidato yang baik dan benar, kali ini saya akan memberikan beberapa contoh pidato singkat, padat dan jelas yang bisa kalian gunakan.
Kumpulan Contoh Pidato

Pengertian Pidato

Menurut pengertiannya, pidato singkat merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk mengemukakan pendapat, atau memberikan gambaran terkait suatu hal. Pidato singkat pada umumnya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yg penting dan patut diperbincangkan. Pidato singkat adalah salah satu teori dari pelajaran bahasa Indonesia di masing-masing jenjang sekolah.

Fungsi Pidato Singkat

Beberapa fungsi pidato singkat yg tidak banyak orang ketahui adalah sebagai berikut ini:

  • Mempermudah komunikasi antara atasan dengan bawahan,
  • Mempermudah komunikasi antara sesama anggota organisasi,
  • Menciptakan suatu keadaan yg kondusif di mana hanya perlu satu orang saja yang melaksanakan orasi/pidato persuasif tersebut,
  • Mempermudah komunikasi.

Secara umum, pidato singkat yang baik akan bisa memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tsb. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yg baik di depan umum juga bisa membantu untuk mencapai jenjang karier yang lebih baik. Pidato dalam Bahasa Indonesia dapat pula disajikan dalam bentuk yang singkat, misalnya pidato untuk acara kenegaraan, pidato dalam rangka menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, pidato pada sambutan acara atau event, maupun pidato singkat untuk acara lainnya. Saat berpidato, penampilan, gaya bahasa, serta ekspresi hendaknya diperhatikan dan juga harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, supaya orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa Indonesia singkat yg akan disampaikan.

Metode Pidato

Tidak sembarang orang bisa berbicara di depan publik, pidato singkat juga ada metode-metodenya yang tidak banyak orang tahu. Berikut ini adalah metode-metode yang sering dipakai orang saat berpidato:

  • Impromptu yaitu metode berpidato yang dengan serta merta tanpa adanya persiapan
  • Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato persuasif terlebih dulu.
  • Naskah yaitu metode berpidato dgn membacakan teks/naskah pidato persuasif
  • Ekstemporan yaitu metode dalam berpidato dengan terlebih dahulu mempersiapkan garis-garis besar konsep pidato persuasif yg akan disampaikan.

Lalu, siapa saja sih yg melakukan pidato singkat? tak sembarang orang, berikut adalah beberapa orang yang sering melakukan pidato singkat di beberapa acara-acara.

  • Biasanya dilakukan oleh pemimpin organisasi pada anak buah organisasinya.
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara untuk mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yg demokratis.
  • Dipraktikkan dengan tujuan untuk menenangkan massa atau khalayak ramai.
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yg berpengaruh diwajibkan untuk dapat menguasai teori pidato

Kalian dapat menyiapkan sebuah teks kecil jika tidak mampu menghapal contoh pidato bahasa Indonesia singkat atau belum biasa untuk melakukan pidato persuasif secara natural. Berikut ini terdapat beberapa contoh pidato singkat terkait dengan berbagai bidang yang bisa kalian jadikan sebagai suatu referensi.

BACA JUGA: Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Pendidikan, Agama, Ramadhan

Struktur Teks Pidato

A. Pembukaan

1. Salam Pembuka

Struktur pertama yang ada pada teks pidato yaitu pembukaan. Pada bagian pembukaan, ada salam pembuka. Salam pembuka pasti terletak pada bagian awal teks pidato yg menjadi awalan atau pembukaan pidato.

Contoh salam pembuka:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua siswa serta guru SMA N 1 Bangli yang saya cintai.

2. Ucapan Penghormatan

Bagian selanjutnya dalam pembukaan yaitu ucapan penghormatan. Biasanya ucapan penghormatan dimulai dari penyebutan orang dengan jabatan tertinggi yg hadir dalam kegiatan pidato tersebut. Contohnya pada penyampaian pidato yang diadakan di sekolah, mengucapkan penghormatan dimulai dari Kepala Sekolah yang mempunyai jabatan tertinggi di sekolah, kemudian Bapak Ibu Guru Pengajar dan terakhir rekan rekan di sekolah yang hadir.

Contoh ucapan penghormatan:

Yang saya hormati, Ibu Kepala SMA Negeri 1 Bangli, Ibu Indah Sukmadewi S.Pd. Yang saya hormati, Bapak serta Ibu Guru beserta Staf SMA Negeri 1 Kota Bangli, dan juga teman-teman seperjuangan saya yang saya cintai.

3. Ucapan syukur

Bagian pembukaan selanjutnya yaitu ucapan syukur. Pada bagian ini, biasanya seorang orator (orang yang berpidato) mengucapkan syukur karena bisa hadir dan berkumpul dengan para pendengar yang telah bersedia hadir.

Contoh ucapan syukur:

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya sehingga kita bisa hadir dan berkumpul di sini. Tidak lupa, salawat dan salam kita sampaikan kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW. Tak lupa juga para sahabatnya dan kita umatnya di akhir zaman.

B. Isi Pidato

Struktur selanjutnya setelah pembukaan yaitu isi pidato. Pada bagian isi pidato ini, seorang pembicara akan menyampaikan inti dari topik pidato yang akan disampaikan.

Contoh isi pidato:

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato terkait manfaat teknologi. Pada saat ini, sudah banyak teknologi – teknologi canggih yg diciptakan untuk mempermudah cara hidup kita di zaman ini. Dengan kecanggihannya, kita bisa mempersingkat waktu serta mempercepat penyelesaian kerja. Tetapi, tetap ada yang menerima serta meresponnya secara negatif dengan berbagai alasan. Misalnya dengan alasan teknologi – teknologi yang sudah ada secara tak langsung telah menyingkirkan budaya sehari – hari yang sudah ada.

Hadirin sekalian, sebenarnya banyak manfaat yang sudah dan akan kita dapatkan dengan penggunaan teknologi – teknologi. Sebagai contoh, kita bisa berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga kita di tempat yg sangat jauh dengan memakai telefon genggam. Kita juga bisa membuat urusan dalam urusan rumah tangga menjadi lebih sederhana, seperti mencuci pakaian dgn mesin cuci ataupun memasak nasi dengan penanak nasi listrik atau bisa disebut magic com. Bahkan internet pun telah sangat akrab dengan kehidupan sehari – hari kita. Biasanya untuk dimanfaatkan dalam mencari informasi atau menghilangkan penat, seperti misalnya bermain permainan yang disediakan oleh internet.

Pada kutipan teks di atas, bisa kita lihat bahwa kedua paragraf tadi telah masuk ke dalam hal penting yang ingin disampaikan, yaitu tentang manfaat teknologi.

C. Penutup

Struktur terakhir yaitu penutup. Pada bagian penutup akan dijelaskan kesimpulan terkait topik utama pidato. Kadang-kadang, pembicara juga akan menyampaikan saran-saran untuk orang lain.

Contoh penutup:

Positif negatifnya teknologi itu sendiri, bergantung pada orang yang memanfaatkannya. Saya berharap, kita bisa memanfaatkan teknologi itu sesuai dengan manfaat serta tujuan teknologi itu sendiri dibuat. Agar tidak terjadi penyalahgunaan yang bisa merugikan kita sendiri dan orang lain.

Demikian pidato ini saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf jika ada salah kata. Wabillahitaufiq walhidayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nah berikut ini adalah contoh teks pidato dengan berbagai tema, selamat membaca dan semoga bisa membantu yaaa:D

Contoh Pidato Pendidikan

Pembukaan Pidato bertema Pendidikan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yg berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas berkat rahmat dan hidayahNyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Isi Pidato Pendidikan

Hadirin yang berbahagia.

Dalam proses mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tak ada seseorangpun di dunia ini yang memiliki ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yg kita miliki ini merupakan titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tak akan mempunyai ilmu pengetahuan, selain apa yang sudah diajarkan kepadanya. Sehingga kita tak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yg kita miliki tak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu akan selalu dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya seseorang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yg luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga begitulah penting. Oleh karena itu, orang yang bersama tenaga pengagar ketika menimba ilmu pengetahuan walaupun hanya satu jam lebih disukai oleh Allah SWT daripada ketika seseorang beribadah selama seribu tahun lamanya.

Penutup Pidato Pendidikan

Demikian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya dan diberikan ilmu yang bermanfaat serta di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pidato Narkoba

Pada contoh yg pertama ini yaitu terkait dengan bahayanya narkoba. Kegiatan berpidato yang berisi bahayanya narkoba biasanya dibahas pada perkumpulan para remaja. Isi yang dibahas adalah tentang narkoba tersebut dampaknya apa dari pemakaiannya yang terlarang. Supaya bisa lebih jelas langsung saja berikut adalah contohnya.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu serta Adik-Adik tercinta warga Desa (Isikan Nama Desa)

Pertama-tama, marilah kita semua panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT karena karuniaNya kita dapat mengikuti acara ini. Tak lupa shalawat dan salam juga pada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW. Semoga shalawat yang dipanjatkan pada baginda rasul kita tercurah kepada keluarga, para sahabat, dan pengikutnya serta kita semua hingga akhir zaman.

Hadirin yg dirahmati oleh Allah SWT,

Penggunaan narkoba itu sifatnya terlarang karena bisa membahayakan. Selain bisa membahayakan bagi tubuh, narkoba juga dilarang dlm agama dan aturan negara. Hal yang lebih bahaya lagi adalah kandungan, dimana pada benda terlarang tersebut ternyata memiliki zat yang membuat penggunanya kecanduan.

Jika telah kecanduan dengan yang bernama narkoba maka ketenangan dalam hidup tidak bisa dimiliki lagi. Hanya akan terdapat kegelisahan yang menghantui pengguna narkotika. Bahkan, jika ketahuan atau divonis sebagai pemakai narkoba, maka hukum yang ada di negara ini akan memasukkan pengguna ke penjara.

Dari banyaknya bahaya yg dimiliki oleh barang yang bernama narkoba, maka jangan sampai kita semua terjerumus. Bagi yang melihat temannya menggunakan narkoba, maka wajib untuk saling mengingatkan atau menegur agar kembali pada jalan kebaikan. Untuk saat ini, hal yang lebih baik dilakukan yaitu kegiatan positif lainnya serta menjauhi narkoba.

Hadirin yang dimuliakan,

Tidak bisa banyak kalimat yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini, karena melihat waktu yang telah diberikan tidak banyak. Oleh karena itu, saya minta maaf atas segala kesalahan dalam ucapan yang saya sampaikan. Saya harap hadirin semua bisa memaafkannya serta memakluminya. Sekian terima kasih semuanya dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pidato Pengaruh Internet Terhadap Remaja

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bapak/ Ibu Guru dan Rekan-Rekan yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun jua. Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yg telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap Remaja”.

Sebelum saya mulai menyampaikan pidato pada hari ini, ijinkan terlebih dahulu saya menyampaikan tema pada pidato hari ini yaitu Pengaruh Internet terhadap Remaja Dilihat dari Dampak Positif serta Dampai Negatifnya.

Internet, istilah yang tak asing di telinga setiap orang di dunia, khususnya para remaja yang selalu bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, serta praktis. Internet bisa didapatkan dimanapun kita tinggal, dengan bermodalkan telepon selular yang mempunyai koneksi internet, internet bisa diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti ada sebuah Warung yang menjual jasa internet atau yg biasa disebut dengan “Warnet”. Dunia Informasi Tanpa Batasan, begitulah santer terdengar saat ini, saya sendiri tak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya dengan adanya Internet. Akses atau jalan terkait dengan penyampaian informasi-informasi yang terdapat didunia ini bisa diambil dengan mudahnya seperti ibarat membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

Banyak ilmu pengetahuan yg begitu banyak disana, informasi mengenai apapun bisa kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan siswa? Tentu saja begitu erat hubungannya dengan siswa karena siswa tak luput dengan yang namanya informasi serta ilmu pengetahuan, internet ini merupakan media yang paling efektif serta mudah untuk diperoleh, dapat diakses oleh siapa saja dan darimanapun, walaupun tak bisa dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini bisa terjadi juga penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk melakukan kriminalitas atau asusila, siswa yang baru mengetahui internet biasanya memakai fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti banyaknya gambar-gambar tidak senonoh maupun video yang bersifat “asusila” kini banyak beredar di dunia maya, tentu saja hal ini mempengaruhi kejiwaan seorang siswa, nah hal ini bisa saja mengganggu konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah maupun di rumah.

Namun demikian tak semua siswa melakukan hal yg demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja bisa melaksanakannya, karena kurang mempunyai rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri dan sekitarnya. Tetapi pada umumnya internet dipakai oleh setiap siswa untuk mencari atau memperoleh informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Hal tersebut akan membuat siswa jd lebih kreatif serta aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan, jika dibandingkan dengan siswa-siswa yang cuma duduk diam didepan meja, kemudian mendengarkan gurunya berbicara.

Hal ini bisa menjadi sebuah motivasi terhadap siswa agar terus berkembang dan juga bisa berfungsi sebagai penghancur (generasi muda). Remaja merupakan makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yg paling dominant yang ada didekatnya. Jadi kemungkinan terjadi perubahan yg drastis dalam masa-masa remaja akan bisa mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, ntah kearah baik atau buruk tergantung dari mana di memulai.

Remaja yg kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap thd perubahan informasi disekitarnya. Karena mereka biasanya lebih tahu tentang informasi-informasi tersebut, sehingga mereka lebih daripada yang lainnya. Namun selain itu, remaja juga mempunyai kecenderungan pada hal yang buruk justru sebaliknya, dia akan seperti pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan serta informasi dari internet tersebut.

Oleh karena itu, marilah kita menggunakan fasilitas internet dengan bijak, dengan memanfaatkan sebaik-baiknya untuk hal yang positif demi kemajuan pribadi, bangsa dan negara yang kita cintai. Selain itu juga, selaku remaja kita semua harus bisa menguasai teknologi yg sedang berlari kencang pada saat ini, karena dengan begitu kita pun akan ikut berlari menyambut masa depan yang lebih baik.

Akhir kata, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya, mohon maaf apabila ada penyampaian yang salah, akhir kata, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pidato Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah suatu perilaku kecil yang bisa bermanfaat dalam menyelamatkan bumi kita. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memaparkan contoh naskah pidato bertema kebersihan lingkungan atau contoh pidato tentang lingkungan. Berikut ini adalah contoh pidato Bahasa Indonesia yang singkat dan jelas:

Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang saya hormati,
Dan teman-temanku sekalian yang saya cintai

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah serta hidayahNya, sehingga kita bisa berkumpul pada acara di pagi hari ini.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita tahu bahwa lingkungan di sekitar kita sudah menjadi cerminkan budaya sekolah kita. Alangkah tak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tak enak dilihat serta terasa tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah kini sudah menjadi rumah kedua kita yg setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah mestinya selalu terjaga serta mempunyai suasana yang sejuk, sehingga kita pun bisa lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menghimbau agar kita dapat tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yg kita cintai ini. Setiap kelas seharusnya telah mempunyai kedisiplinan sendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang sudah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa telah mempunyai jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu hadir lebih awal untuk bisa membersihkan kelas terlebih dahulu, sehingga saat pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita telah mulai bersih serta nyaman untuk ditempati.

Dan tak lupa juga, kita semua sebagai siswa harusnya selalu sadar bahwa adanya tempat sampah bukannya tanpa tujuan. Anda harusnya dapat belajar taat untuk bisa membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun selalu terjaga serta terbebas dari sampah-sampah yg berserakan.
Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai.

Saya berharap dengan adanya kegiatan-kagiatan kecil yang sudah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan dapat menyadarkan kita semua untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar pada kesehatan, maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita serta untuk kita juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah diberikan untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah dalam penyampaian semoga dapat dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Kesehatan

Kesehatan jadi salah satu harta yang sangat berharga dan harus kita jaga. Tidak cuma kesehatan rohani, namun juga kesehatan jasmani, tentunya tidak gampang supaya bisa menjaganya. Anda pun bisa menjaga kesehatan supaya tetap terjaga dengan selalu menjaga pola makan serta gaya hidup sehat. Terdapat begitu banyak contoh pidato bertema kesehatan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk dipakai. Berikut ini contoh pidato bahasa Indonesia dengan tema kesehatan.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak dan Ibu, dan hadirin yang saya hormati

Segala puji dan rasa syukur, mari kita panjatkan kepada Tuhan yg maha esa, pengasih serta juga penyayang, Allah Subhanahu wata’ala. Yang atas rahmat dan kasih sayangnya sampai kita dapat berkumpul di sini dengan sehat dan tidak kekurangan suatu apapun. Tidak lupa juga iringan shalawat dan salam kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini, izinkanlah saya di sini untuk menyampaikan sebuah pidato singkat bertema “Pentingnya Menjaga Kesehatan Dengan Pola Makan Sehat” agar kita semua dapat sadar betapa pentingnya makanan untuk kesehatan tubuh.

Bapak Ibu sekalian, Anda mungkin pernah dengar sebuah pepatah yang menyatakan jika “Dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat”. Pepatah tersebut secara tidak langsung sudah memberikan pelajaran bagi kita, jika tubuh yang sehat pastinya akan membuat pikiran serta jiwa juga turut jadi sehat. Selain itu, ada juga slogan yang sering menyebutkan jika “kesehatan merupakan harta yang mahal”, dengan kata lain kesehatan bisa jadi sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik.

Bapak dan Ibu sekalian coba renungkan kondisi kita hari ini, kita harus banyak bersyukur karena masih diberikan nafas dan tubuh yg sehat untuk dapat menikmati hidup. Namun, coba bayangkan pula jika Anda tiba-tiba terkena stroke atau bahkan mengalami serangan jantung, tentunya akan menakutkan bukan? Bukan hanya karena harus mengeluarkan banyak biaya untuk prosedur pengobatan, Anda pun juga akan kehilangan banyak waktu dengan sia-sia. Karena harus menjalani pengobatan di rumah sakit. Sehingga menjaga tubuh tetap sehat merupakan sebuah keharusan supaya bisa terhindar dari bermacam penyakit berbahaya yang dapat saja menyerang kita setiap saat, salah satunya dengan menerapkan pola makan dan hidup sehat.

Bapak ibu sekalian, jika kita sanggup mengatur pola makan sehat serta menerapkannya sejak awal, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Sehingga, aktivitas sehari-hari dapat tetap dilakukan dengan normal tanpa adanya kendala sedikit pun. Tidak hanya dapat membuat tubuh lebih sehat, pola makan sehat juga dapat membantu konsentrasi serta meminimalisir resiko terserang penyakit berbahaya seperti jantung, kolesterol, darah tinggi serta lain sebagainya.

Kenapa demikian? karena dalam makanan sehat ada nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk memaksimalkan kinerja metabolisme tubuh. Oleh karena itu, ketika tubuh memperoleh nutrisi yang baik, maka kinerja tubuh juga bisa jadi lebih optimal. Menjaga tubuh tetap sehat bukan hanya penting untuk diri sendiri, tetapi juga demi masa depan generasi mendatang bangsa kita. Karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang masyarakatnya memiliki jasmani serta juga rohani yang sehat. Namun, jika genersasi sebuah bangsa tidak mempunyai raga yang sehat ditambah lagi rohaninya kacau, bisa jadi masa depan bangsa jadi hancur serta rusak karena ulah dari masyarakatnya sendiri.

Bapak ibu sekalian, demikian tadi sedikit pemaparan yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua dalam menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan dan hidup sehat.

Mohon maaf jika ada yang disampaikan kurang berkenan atau ada tutur kata saya yang menyinggung perasaan bapak ibu sekalian. Atas semua perhatian yg diberikan saya ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pidato Tema Kebersihan

Pada teks pidato selanjutnya akan membahas tentang kebersihan yaitu kebersihan lingkungan. Pada teks ini yg akan dibahas yaitu tentang kebersihan lingkungan. Biasanya pidato tersebut dipakai pada acara-acara tertentu. Agar lebih jelas dapat langsung dilihat pada contoh di bawah ini.

Marilah kita panjatkan terlebih dahulu puji serta syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa karena berkatnya kita dapat berkumpul di sini. Di pagi yang sangat cerah ini akhirnya kita semua bisa berkumpul bersama dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan terkait dengan kebersihan lingkungan.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan beberapa hal penting terkait kebersihan lingkungan. Ada pepatah yang mungkin telah tidak asing lagi di telinga kita semua yaitu kebersihan adalah sebagian daripada iman kita. Kebersihan suatu tempat dapat mencerminkan sikap serta perilaku para penghuninya.

Menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Jika kebersihan lingkungan tidak bisa dijaga dengan baik maka dampak buruk akan segera datang. Tempat yang kotor secara otomatis akan mengundang wabah penyakit. Hal tersebut tentu merupakan hal yang tidak kita inginkan. Selain itu, sikap kita akan dicontoh oleh anak cucu kita kedepannya.

Hadirin yang saya hormati,

Saya berpesan agar semuanya memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya sebuah kebersihan. Coba anda bayangkan bagaimana jadinya jika kita semua tidak menjaga kebersihan dengan baik, maka wabah penyakit akan tersebar kemana-mana. Perlu kita ketahui bahwa sehat itu merupakan suatu hal yang mahal.

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan pada pertemuan kali ini karena keterbatasan waktu yang singkat ini. Saya hanyalah manusia yang tidak sempurna serta tak luput dari berbagai salah. Sehingga saya meminta maaf pada semuanya. Kesalahan pasti berasal dari saya serta kelebihan adalah kebaikan hati Tuhan. Cukup sekian yang dapat disampaikan pada hari ini.

Sampai jumpa.

Contoh Pidato Bahaya Merokok

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang Terhormat ……..
Juga para hadirin yang saya banggakan

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada panitia acara (Isikan nama acara) dalam rangka memperingati hari tanpa tembakau sedunia yg jatuh pada tanggal 31 Mei setiap tahunya. Saya juga berterimakasih karena telah diberikan kepercayaan untuk bisa menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok, sehingga hari ini menjadi benar-benar dapat menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Para perokok sebetulnya sudah mengetahui atau merasakan dampak dari bahaya merokok tersebut. Namun mereka seperti menutup mata dengan bermacam alasan. Padahal, asap rokok secara ilmiah telah terbukti mengakibatkan setidaknya 25 jenis penyakit. Hal ini menunjukkan bahwa pada saat berbagai negara termasuk negara yang sedang berkembang memperketat peraturan soal rokok demi melindungi kesehatan rakyatnya, disisi lain Indonesia malah menjadi surga bagi industri rokok.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Walaupun sudah banyak Perda yang dikeluarkan serta sudah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan oleh Pemerintah, misalnya “Larangan Merokok Ditempat Umum”, tetapi tidak sedikit juga atau banyak para perokok yang tak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut. Sehingga kita sebagai warga negara yang baik serta juga peduli akan kesehatan, marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok yang diawali dari diri kita sendiri.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Berbicara soal dampak yang diakibatkan oleh asap rokok yang terhirup oleh orang-orang disekitar kita, maka marilah kita lihat hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Environmental Protection Agency (EPA). Nasib dari kaum ibu yang bersuamikan perokok sepertinya tidak beda jauh dengan anak-anak yang mempunyai keluarga perokok. Penelitian yang dilakukan EPA ternyata memberikan kesimpulan bahwa dari 30 wanita, 24 di antaranya berisiko tinggi untuk terserang kanker paru-paru jika suaminya perokok. Sehingga, jika kita sayang dengan orang-orang yang ada disekitar kita, dengan kesadaran sendiri, ayolah kita buat peraturan-peraturan yang dapat kita buat sendiri untuk diri kita sendiri serta untuk orang-orang yang berada disekitar kita, supaya terbebas dari dampak yang diakibatkan oleh diri kita sendiri.

Rekan-rekan semua yang saya hormati.
Salah satu proses yg memang belum berdampak pada penampilan fisik perokok yaitu gangguan pada sistem sirkulasi darah, dimana pada akhirnya akan menimbulkan penyakit jantung. Hal ini diakibatkan karena di dalam rokok tersebut ada beberapa bahan kimia terkandung dalam rokok. Misalnya, acrolein yaitu zat cair yang tak berwarna, seperti aldehyde. Zat ini biasanya mengandung kadar alkohol. Artinya, acrolein ini merupakan alkohol yang cairannya sudah diambil. Dimana cairan ini sangat mengganggu kesehatan.

Rekan-rekan semua yang saya hormati
Karena waktu yg sangat terbatas, saya mengucapkan terima kasih kepada panita yang sudah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini. Mudah-mudahan pada hari bebas tembakau sedunia ini, kita akan bisa lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari berusaha menyehatkan diri sendiri dahulu.

Semoga uraian ini dapat bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati teman-teman.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Tentang Disiplin

Kata “disiplin” diadaptasi dari bahasa Inggris “Disciple” yang berarti pengikut. Dimana secara etimologis, kata disiplin berasal dari bahasa Latin “discere” yang berarti belajar. Disiplin merupakan suatu bentuk tindakan mematuhi dan melakukan sesuatu sesuai dengan nilai-nilai dan aturan yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Disiplin tidak hanya harus diterapkan dalam bekerja dan ketika di sekolah saja, namun juga di setiap aktifitas lainnya yang kita jalani, seperti misalnya dalam displin berpakaian. Anda dapat mendengarkan pidato singkat disiplin berpakaian, naskah pidato terkait kedisiplinan kunci kesuksesan, tema pidato tentang disiplin dalam mengatur waktu belajar, serta pidato singkat disiplin kunci meraih kesuksesan untuk menambah pengetahuan tekait apa saja hal-hal yang harus diterapkan agar bisa lebih disiplin. Berikut adalah contoh pidato singkat terkait kedisiplinan yang dapat dimulai dari diri sendiri yang bisa Anda pakai sebagai referensi untuk membuat sebuah contoh pidato singkat bertema disiplin di sekolah.

Selamat Siang

Murid-murid yang saya sangat sayangi di sekolah ini,
Segala puji serta syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan nafas kehidupan sehingga dapat berkumpul di tempat ini. Terima kasih juga saya berikan kepada Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai karena telah hadir untuk berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat bertema kedisiplinan siswa di sekolah.

Bapak/Ibu Guru sekalian dan murid-murid yang saya cintai, di sini saya akan menyampaikan terkait kedisiplinan siswa di sekolah. Saya sering menjumpai banyak murid yang masih sering melanggar aturan yg dibuat untuk menjaga kedisplinan selama berada di lingkungan sekolah. Murid-muridku terkasih, mulai sekarang kalian harus bisa untuk disiplin saat belajar di sekolah. Karena dengan menjaga kedisiplinan, kita semua dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tenang serta lebih konsen lagi. Murid-muridku terkasih, kalian harus mengetahui bahwa disiplin ini sangatlah penting. Mulai sekarang harus dimulai untuk lebih berdisplin lagi dengan cara tak terlambat datang ke sekolah, tidak membawa alat elektronik ke sekolah, tak makan di dalam kelas, serta tidak berkelahi sesama murid lainnya. Murid-muridku terkasih, kalian tak boleh melanggar peraturan karena akan terkena hukuman. Kalian harus mematuhinya agar kalian bisa belajar disiplin sedari usia dini. Berani juga adalah salah satu sikap disiplin, begitu juga dengan sikap rendah hati

Murid-muridku terkasih, masih ada banyak lagi hal-hal kecil yang dapat kalian lakukan agar bisa disiplin di sekolah. Demikian yang bisa saya sampaikan pada siang hari ini. Ingatlah selalu bahwa disiplin adalah kunci awal dari kesuksesan. Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa berguna bagi kita semua. Terima kasih saya hanturkan sebelumnya.

Selamat Siang

Contoh Pidato Cinta Tanah Air

Di hari peringatan merayakan kemerdekaan atau hari-hari mengenang para pahlawan, biasanya pidato tentang cinta tanah air disampaikan di acara-acara. Tidak banyak yang tahu, supaya naskah pidato singkat tersebut pada akhirnya tak membosankan, maka harus disampaikan sesuatu yg menarik dan bisa buat orang dengan senang hati dapat mendengarkan sekaligus menyimak apa yang disampaikan. Mau tau seperti apa? Ayo simak teks pidato singkat di bawah ini:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmatNya lah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat guna memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Saya berdiri di sini akan menyampaikan sebuah pidato singkat. Dimana pidato saya kali ini adalah tentang cinta tanah air.

Tentunya kata-kata Cinta Tanah Air telah cukup sering teman-teman semua dengar. Apakah kalian mengetahui kenapa kita harus cinta terhadap tanah air kita sendiri? Jawaban menarik dari pertanyaan tersebut yaitu kita harus Cinta Tanah Air kita karena di sanalah kita berdiri serta berpijak, di atas tanah air dan tumpah darah kita. Karena kita adalah bangsa Indonesia yang kaya akan budaya serta suku yang bermacam-macam, maka kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang sudah diberikan kepada kita semua. Kita bisa mengetahui suku bangsa yang berbeda dengan kita. Atas limpahan dari Allah kita bisa mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta terhadap tanah air bisa dilakukan dengan mencintai produk dalam negeri. Sangat dihimbau agar kita membeli barang-barang kebutuhan kita di sana. Meskipun kita membeli d luar negeri, ternyata barang luar negeri itu dari Indonesia. Sehingga jika kita ingin membeli barang kebutuhan, kita cukup membeli saja di negara kita sendiri. Karena negara kita mempunyai hasil yang sangat memuaskan serta berkualitas terbaik.

Indonesia mempunyai budaya yang melimpah, dimana Indonesia memiliki berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita memiliki warisan turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya. Contoh budayanya yaitu adalah tari adat pernikahan, music, serta masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia. Suatu saat juga budaya itu akan digunakan oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya ingin bertanya, apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tak ada yang megetahinya, maka akan saya beri tahu. Kesimpulannya yaitu kita harus saling kenal satu sama lain, cinta produk budaya kita sendiri, serta yang terakhir kita harus cinta budaya dan negara kita sendiri. Nah itulah kesimpulan dari pidato saya, sebelum saya mengakhiri pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tema Persatuan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bapak Ibu hadirin sekalian yg saya muliakan serta saya hormati.

Pertama-tama mari kita panjatkan syukur kepada sang maha pengasih serta penyayang Allah Subhanahu wa Taala, berkat limpahan rahmat serta hidayah-Nya, hingga di sore hari ini kita semua bisa berkumpul bersama di acara ini dengan kondisi yg sehat walafiat.

Bapak Ibu dan para hadirin yang berbahagia

Dengan digelarnya peringatan Hari (…) semoga kita semua dapat lebih meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Juga tidak lupa perasaan cinta tanah air menjadi semakin tinggi hingga membuat daya juang bangsa jd lebih kokoh. Perlu kita ketahui bahwa negara kita ini memiliki banyak suku yang berbeda dari Sabang sampai Merauke. Jika bicara perbedaan tentu akan ada banyak sekali hal berbeda yang tidak perlu diupayakan untuk dicari, karena perbedaan merupakan suatu yang mutlak. Namun jika kita ingin sebuah persatuan dan perasaan kesatuan, maka itu perlu diusahakan dan diikhtiarkan bersama.

Seluruh hadirin yg berbahagia,

Ketika kita mengenang seberapa besar perjuangan para pahlawan di masa pra kemerdekaan hingga revolusi saat ini. Maka akan terlintas dengan jelas di dalam benak kita bahwa jika semangat persatuan yang mereka kobarkan saat itu bagaikan api yang tidak pernah padam karena begitu hebatnya rasa persatuan. Bukan perbedaan suku atau bahasa yang mereka inginkan, namun perasaan kesatuan yang sama yaitu menginginkan kemerdekaan dari penjajah. Berbeda dengan masa saat ini, kita pun dituntut juga untuk tetap dapat menjaga persatuan serta kesatuan dengan memupuk persamaan.

Bapak Ibu dan seluruh hadirin yang saya muliakan,

Kemakmuran yang berlandaskan rasa keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa hingga saat ini rasanya belum bisa dicapai sepenuhnya. Karena masih banyak hal yang mestinya dibenahi. Kemerdekaan sebenarnya adalah sebuah warisan dari para pahlawan yang memang harus dijaga dan dipertahankan dengan selalu memupuk rasa persatuan dengan dimulai dari sisi yang sama. Bukan hanya mencari celah perbedaan yang menimbulkan perdebatan tak bermutu. Sehingga, sebagai generasi penerus bangsa, hendaknya kita harus bisa mempertahankan rasa kebersamaan ini dengan membangun kesetaraan. Baik kesetaraan rasa, ataupun hidup bersosial di tengah masyarakat. Demi menjaga keutuhan bangsa tercinta kita ini.

Semangat perjuangan adalah jiwa yang mempunyai semangat kebersamaan seluruh komponen masyarakat, bukan hanya golongan tertentu. Jiwa tersebut juga lebih mendahulukan kepentingan umum bersama daripada kepentingan golongan atau pribadi. Sehingga kita pun wajib meningkatkan perasaan solidaritas dalam berbangsa maupun bernegara. Rasa persatuan serta kesatuan secara umum adalah yang lebih tinggi dari hanya sekedar kepentingan pribadi maupun golongan. Menghadirkan perasaan kebersamaan serta kesatuan demi memperjuangkan sebuah cita-cita luhur para pendiri bangsa.

Bapak ibu serta hadirin yg saya muliakan

Sesungguhnya harapan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bernegara bukan hanya sesuatu yang sulit dilaksanakan. Kuncinya yaitu satu, tanamkan persamaan yang bisa menyatukan bukan malah mencari perbedaan untuk diperdebatkan. Demikian yang dapat saya sampaikan agar menjadi perhatian kita semua. Atas perhatian yang diberikan, saya atas nama pribadi mengucapkan banyak terima kasih serta mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat kekeliruan yang menyinggung hati serta perasaan bapak ibu hadirin sekalian.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat Tema Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin hadirat kaum muslimin dan muslimat yang sangat saya hormati.

Dengan mengucap syukur pada Allah subhanahu wa Ta’ala, di kesempatan yg berbahagia hari ini kita semua masih diberikan kesempatan bisa berkumpul di dalam masjid tanpa adanya suatu halangan apapun. Semoga dengan adanya pertemuan di malam yg berbahagia ini membawa banyak kebaikan di dunia serta akhirat, amiin ya rabbal alamin.

Kemudian sholawat dan juga salam semoga selalu tercurahkan untuk junjungan kita nabi besar Muhammad Sholaullahualaihi wassalam. Karena beliau sudah membawa cahaya terang bagi umat menuju agama yg direstui oleh sang maha pencipta.

Hadirin hadirat yang berbahagia,

Di malam ini yg berbahagia ini kita berkumpul untuk memperingati hari lahirnya seseorang yang paling mulia akhlaknya yaitu Nabi Muhammad Saw. Karena, di bulan Rabi’ul awal yang mulia ini terdapat sebuah peristiwa yang sangat penting yakni lahirnya sang pembawa kabar gembira, nabi besar Muhammad Saw yang saatnya lahir membawa rahmat untuk seluruh semesta alam. Sehingga umatnya kini yang tadinya ada di masa jahiliyah hingga ke masa yang lebih terang serta mampu membedakan antara yang haq serta bathil. Bisa kita bayangkan bagaimana ketika Nabi saw lahir, dimana kondisi akhlak manusia saat itu begitu porak poranda serta berada dalam titik nadir yang mengkhawatirkan. Maksiat dimana-mana, pembunuhanpun dimana-mana, semuanya jauh dari iman Islam.

Hadirin serta hadirat yang dirahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala

Setelah Islam yg dibawa Nabi Muhammad SAW, maka isi tatanan jahiliyah dapat berubah dengan total menjadi adat islami, sehingga yang awalnya saling menindas, akhirya saling bahu membahu membantu satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui, bahwa menurut sejarah islam, Nabi Muhammad Saw yang lahir tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun Gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. Kenapa dinamakan tahun gajah, hal ini berkaitan dengan kelahiran Nabi SAW, banyak tentara mengendarai gajah yang ingin menghancurkan pasukan Ka’bah yang dipimpin oleh gubemur Yaman bernama Abraha. Namun tujuan yang jahat itu sama sekali tak dapat dicapai, karena dihujani batu kerikil oleh burung ababil dari neraka.

Kaum muslimin serta muslimat yang berbahagia,

Kondisi saat nabi Muhammad Saw lahir ternyata dia menjadi seorang yatim, karena sang ayah sudah meninggal dunia ketika beliau masih ada di kandungan sang ibu, SIti Aminah. Bagi kita umat Islam, peristiwa lahirnya sang nabi ini adalah hari yang begitu penting, agar kita semua senantiasa dapat menauladani akhlak dan budi pekerti beliau yang begitu mulia. Bahkan dengan wasilah beliau, kita dapat mendapat safaat di hari akhir.

Demikian yang dapat kami sampaikan, jika ada tutur kata yang tak berkenan di hati, kami mohon maaf yang seluas-luasnya. Semoga, apa yang kami sampaikan dapat membawa manfaat untuk kehidupan kita. Amin ya robbal alamin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Tema Hari Guru

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada Yth. Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Dewan Guru dan Para Staf serta Siswa Siswi yang saya cintai di (Isikan Nama/Tempat Sekolah).

Tidak lupa juga untuk para tamu undangan yang telah menyempatkan datang di acara hari ini untuk peringatan Hari Guru 25 November.

Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah serta hidayahNya, sehingga kita bisa berkumpul pada acara di pagi hari ini dalam rangka memperingati Hari Guru.

Para hadirin yg saya hormati,

Kita tahu bahwa di Indonesia ini sering berganti-ganti kurikulum serta sistem pendidikan setiap tahunnya, jika dibandingkan dengan negara lain, mungkin saja sistem pendidikan di negara kita ini masih jauh dari harapan kita.

Tetapi bagaimanapun juga, Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tidak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan nantinya jadi manusia yang berguna bagi bangsa kita.

Hadirin yang terhormat,

Pada perayaan Hari Guru ini, ijinkan saya menyampaikan pesan dan kesan selama saya menjadi seorang Guru maupun Tenaga Pengajar, maka pada hari yang bersejarah ini, marilah kita bersama-sama tetap menjaga erat tali persaudaraan dengan sesame tenaga pengajar maupun anak didik.

Perlu kita ketahui masih banyak guru yang kurang begitu paham akan kondisi siswa dengan cara pengajarannya serta ilmu-ilmu yang kita berikan. Untuk itu saya mewakili segenap Guru (Isikan Nama Sekolah) mengucapkan Selamat Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Semoga ilmu serta amal yang kita berikan pada anak bangsa dapat diberkahi oleh Allah SWT.

Mungkin hanya ini pidato singkat yang dapat saya sampaikan, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian contoh pidato dari berbagai tema. Semoga bermanfaat.

Komentarmu.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *