Contoh Teks Ceramah Singkat Berbagai Tema

Contoh Teks Ceramah Singkat – Mungkin kita sering menjumpai orang-orang yang berceramah baik itu di masjid, televisi, perkumpulan, dan acara-acara lainnya. Tetapi, kadang masih sulit membedakan apa itu ceramah, khotbah dan sambutan. Secara umum ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Sehingga ketiganya masuk kedalam jenis pidato, yang membedakan adalah topik dan isi pidato yang akan disampaikan.

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat terdapat beberapa persoalan sulit menemukan pemecahan masalah dalam teks tulisan. Begitu juga sebaliknya dimana ada beberapa persoalan yang hanya ditemukan pada beberapa tulisan. Adanya ceramah melalui dakwah dan pemaparan secara lisan dapat membantu masyarakat dalam menjawab persoalan-persoalan yang ada di sekitarnya. Menggabungkan antara pengalaman serta keilmuan para penceramah, persoalan tersebut akan terjawab di kemudian hari.

Seorang penceramah mempunyai pengetahuan serta keilmuan yang tinggi dengan wawasan yang luas. Tidak sembarang orang bisa menjadi seorang penceramah. Pada artikel kali ini, pokok bahasan yang akan dijelaskan terkait keseluruhan dalam ceramah, yaitu pengertian ceramah, unsur-unsur dalam ceramah, kelebihan serta kekurangan, dan beberapa contoh teks ceramah singkat, penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

Teks Ceramah Singkat

Pengertian Ceramah

Ceramah adalah salah satu jenis pidato yang tema pembicaraanya terkait ajara-ajaran keagamaan. Isi dari ceramah biasanya menyampaikan atau menyiarkan informasi baik ilmu pengetahuan, pengalaman dan lainnya yang berhubungan dengan ajaran keagamaan. Ceramah bertujuan untuk memberikan petunjuk-petunjuk tentang ajaran keagamaan serta termasuk kedalam salah satu teknik berdakwah.

Pada kegiatan ceramah biasanya ada audiens atau pendengar sebagai orang yang mendapatkan informasi. Audiens disini biasanya hanya sebagai pendengar dimana informasi berjalan satu arah tanpa adanya timbal balik atau bisa disebut feedback. Dalam pelaksanaannya, ceramah tidak terikat pada aturan apapun, ceramah bisa dilakukan kapan saja, dimanapun serta tidak ada rukun dan syarat yang harus dipatuhi. Ceramah pada umunya terbagi kedalam 2 jenis yaitu:

a. Ceramah Umum

Ceramah umum adalah jenis ceramah yang tidak dibatasi jumlah pendengarnya, dapat untuk khalayak luas, ramai dan siapa saja. Pada ceramah umum ini juga tak dibatasi golongan-golangan baik muda, tua, kaya serta miskin, sedangkan materi ceramah akan dibuat sesuai dengan tema acara. Contohnya seminar nasional, pelatihan dan lain-lain.

b. Ceramah Khusus

Ceramah khusus adalah kebalikan dari ceramah umum, dimana pendengar atau audiens sudah ditentukan yang bersifat khusus. Materi yang bisa disampaikan umumnya juga bersifat khusus yang telah ditentukan sebelumnya. Contonya: perayaan Maulid Nabi, Isra’Miraj dan lain sebagainya

Unsur-Unsur Dalam Ceramah

Unsur Unsur Ceramah

Dalam kegiatan ceramah biasanya terdapat unsur-unsur penting yang menjadi bagian pokok dan harus ada dalam kegiatan ceramah atau pidato, yaitu sebagai berikut ini

1. Penceramah

Penceramah adalah orang yang memberikan materi, informasi serta nasehat kepada pendengar. Penceramah dapat juga dikatakan sebagai orang-orang yang melakukan kegiatan ceramah. Seorang penceramah adalah orang yang memiliki keilmuan yang luas, dihormati, disegani atau mempunyai pengalaman yang tinggi.

Tak semua orang bisa atau mampu menjadi seorang penceramah, butuh keahlian dalam berbicara serta memberikan informasi kepada pendengar. Saat ingin menjadi seorang penceramah, maka diperlukan latihan yang aktif serta materi-materi yang akan disampaikan. Seorang penceramah yang ahlipun memiliki kekurangan-kekurangan jika tidak terus dilatih serta diasah dalam berbicara didepan umum.

2. Pendengar

Pendengar atau biasa disebut audiens adalah orang yang mendapatkan informasi, nasehat dan materi dari penceramah. Pendengar pada kegiatan ceramah ada yang bersifat umum atau tidak terbatas serta ada juga yang khusus atau terbatas, tergantung jenis ceramahnya. Pendengar umum tidak dibatasi oleh umur, usia, golongan, status dan lainnya, sedangkan yang khusus ada batasannya.

Biasanya ketika proses ceramah pendengar hanya dapat mendengarkan materi, nasehat atau informasi yang diperoleh dari pendengar atau bersifat satu arah. Namun, dibeberapa kegiatan ceramah, audiens diperkenankan untuk menyampaikan tanggapan, pertanyaan dan lain-lain tergantung dari jenis ceramahnya. Salah satu jenis ceramah yang bisa melakukan interaksi dengan audiens adalah ceramah seminar dan pengajian.

3. Materi

Materi pada kegiatan ceramah adalah pokok bahasan yang akan disampaikan oleh penceramah. Materi dalam ceramah yaitu ajaran-ajaran keagamaan yang telah sesuai dengan aturan atau pedoman agama yang mereka percayai. Seorang penceramah sebelum melakukan ceramah akan menyusun materi yang akan disampaikan agar pendengar bisa mengerti dengan baik materi yang akan disampaikan.

Materi ceramah yang baik adalah materi yang dapat membuat pendengar secara langsung terdorong hati serta pikirannya untuk melakukan apa yang disampaikan, serta menanggapi informasi yang diberikan secara cepat. Materi yang baik juga harus bisa mudah dimengerti oleh pendengar, hindari penggunaan kata-kata yang susah dimengerti dan masukkan candaan agar suasana mencair.

Materi ceramah bisa jadi salah satu kunci sukses atau tidaknya suatu kegiatan ceramah tersebut. Pendengar yang merasa terdorong serta termotivasi dengan suasana dan respon terhadap informasi merupakan salah satu bukti bahwa materi tersebut sangat bagus. Sehingga, ketika membuat materi ceramah perlu dilihat terkait tema, pendengar yang akan kita berikan ceramah serta isi yang terkandung didalamnya.

4. Metode ceramah

Metode ceramah adalah suatu cara atau teknik penceramah dalam menyampaikan materi, informasi serta nasehat yang akan diberikan kepada pendengar. Beberapa metode yang sering dipakai oleh penceramah yaitu sebagai berikut ini:

a. Menghafal adalah teknik ceramah dengan menghafalkan materi yang akan dibawakan. Metode ini memerlukan daya ingat dan persiapan yang matang agar dalam menyampaikan ceramah dapat berjalan dengan lancar. Metode ini umumnya dipakai oleh penceramah yang sudah cukup sering melakukan ceramah sehingga mempunyai bahasan lebih didalam ceramahnya.

b. Membaca Naskah adalah metode ceramah dengan menyiapkan catatan lengkap atau naskah yang telah disiapkan sebelumnya. Metode ini sering kita temui secara umum dibeberapa ceramah yang ada. Metode ini sangat gampang untuk diaplikasikan karena adanya catatan dan naskah, sehingga seorang penceramah bisa lebih mudah dalam menyampaikan materinya.

c. Improvtu adalah metode ceramah yang tidak ada persiapan sebelumnya. Metode ini biasanya digunakan oleh penceramah yang telah memiliki keahlian dan jam terbang tinggi, sehingga dalam kegiatan ceramah kalimat-kalimat yang muncul itu secara spontan dari penceramah.

d. Ekstemporan adalah metode ceramah yang akan menuliskan catatan-catatan penting saja dalam penyampaian ceramahnya. Hal ini dilakukan oleh penceramah yang teliti akan keteraturan kalimat serta untuk memudahkan dalam menyampaikan sistematika materi ceramah. Catatan tersebut bisa juga digunakan sebagai pengingat ketika penceramah menyampaikan ceramahnya.

5. Media Ceramah

Media ceramah merupakan alat yang dipakai oleh seorang penceramah dalam menyampaikan materi kepada pendengar. Alat yang dipakai akan membantu kelancaran dalam proses ceramah. Pada masa sekarang dengan kemajuan teknologi dan informasi, kegiatan ceramah tidak hanya dilakukan secara langsung, namun dapat melalui media sosial dan elektronik.

Kemudahan penyampaikan informasi ceramah wajib diikuti oleh para penceramah dalam memberikan materi yang benar, membangun, dan memotivasi. Sedangkan sebagai pendengar, perlu diperhatikan informasi-informasi yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam menangkap informasi yang diberikan oleh penceramah. Banyaknya informasi terkadang dapat membuat pendengar semakin bingung.

Biasanya sebagai orang yang mengerti teknologi informasi juga harus ditopang dengan kemampuan analisa kebenaran dari informasi tersebut. Usahakan ketika mendapatkan ceramah tidak hanya dari satu penceramah tetapi dari banyak ceramah agar memperoleh informasi yang benar dan disepakati bersama. Karena ilmu yang baik adalah ilmu yang tak hanya datang dari satu sumber saja.

Kelebihan dan Kekurangan Ceramah

Gambar Kotak

Kelebihan dari metode ceramah diantaranya adalah jangkauan penyebaran informasi yang luas. Pendengar dalam setiap kesempatannya bisa mendengarkan dan menyimak materi yg sama dengan audiens yang lain. Kemudian, kelebihan metode ceramah yaitu tdk memerlukan biaya ataupun alat peraga berbeda dengan metode lainnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam ceramah adalah keahlian seorang penceramah dalam menyampaikan materi ceramahnya.

Kekurangan metode ceramah antara lain yaitu jika dipakai dalam sistem pembelajaran murid sekolah, ternyata ceramah bisa membuat siswa jenuh dalam menerima materi. Kemudian, tidak adanya timbal balik akan membuat konfirmasi penyerapan materi dari guru akan susah dipahami oleh siswa. Kecenderungan siswa akan merasa bosan serta jenuh jika terus-menerus mendengarkan tanpa adanya interaksi satu sama lain merupakan salah satu kekurangan dari ceramah.

Sehingga, metode ini kurang cocok jika dipakai untuk kegiatan pendidikan selain faktor siswa yang cepat jenuh, kemampuan menyimak dari siswa yang berbeda-beda serta siswa sulit memperoleh ruang komunikasi karena sistem ceramah hanya terjadi satu arah. Jadi, pemilihan metode ceramah perlu dipikirkan dgn baik oleh pengajar agar siswa bisa menangkap informasi yang diberikan.

STRUKTUR TEKS CERAMAH

Dalam penyusunan materi ceramah ada beberapa hal penting yg harus ada dalam isi ceramah, yaitu adalah sebagai berikut ini:

1. Pendahuluan

  • Pembuka dalam ceramah biasanya mencakup salam pembuka, ucapan hormat dan rasa syukur
  • Pengantar dalam ceramah meliputi kalimat pengantar yang dipakai untuk masuk kedalam inti dalam materi ceramah atau topik ceramah.

2. Isi Ceramah

  • Inti atau pokok ceramah meliputi paparan, informasi, materi, nasehat yg menjadi fokus dan pokok pembicaraan dalam pembicaraan penceramah.
  • Gagasan dalam ceramah mencakup ide yang akan disampaikan kepada audiens yg kemudian akan dikembangkan kedalam beberapa sub-topik.

3. Penutup

  • Kesimpulan ceramah yaitu kesimpulan dari materi yang disampaikan kepada pendengar bisa berupa pesan maupun arahan.
  • Ucapan permintaan maaf kepada audience terkait cara penyampaian maupun hal-hal lain saat pelaksanaan ceramah.
  • Salam penutup

Berikut ini adalah beberapa contoh ceramah dalam berbagai tema, antara lain sebagai berikut:

Contoh Ceramah Singkat Tema Sholat

Adanya aktivitas ceramah tidak lain karena ingin membagikan pengetahuan yg dimiliki oleh sang penceramah. Hal ini bertujuan agar pendengar senantiasa terdorong untuk berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari – harinya. Sehingga mendengarkan ceramah adalah hal yang positif selama dalam taraf kebaikan. Berikut adalah penulisan contoh teks ceramah tema sholat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan selalu memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tsb harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang sholat.

Para jamaah serta hadirin yang disayangi oleh Allah SWT. Pada kesempatan hari ini, saya akan sedikit mengupas tentang shalat. Shalat adalah bagian terpenting dalam Agama Islam. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa sholat merupakan kekuatannya Agama Islam.

Bukan hanya itu, sholat adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Dalam sholat sendiri ada makna yang lebih dari kewajiban seorang muslim. Bahkan sholat merupakan bukti keimanan seseorang kepada Allah SWT. Sehingga bisa dikatakan bahwa dalam membedakan umat Islam yaitu dari sholat yang dikerjakannya.

Sebelum mengakhiri ceramah kali ini, marilah kita sama-sama berdoa kehadapan Allah SWT semoga dimasukkan kedalam golongan orang yg tidak melalaikan sholat. Demikian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

Contoh teks ceramah kedua adalah tentang sabar. Kita tahu bahwa sabar adalah sebuah amalan yang paling sulit didapat namun memberikan arti yang sangat besar akan kehidupan. Ceramah ini dapat diberikan saat acara pengajian di masjid ataupun saat acara-acara keagamaan. Berikut ini contoh teks ceramah tentang sabar.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulilah, Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yg telah memberikan nikmatnya. Hingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit berceramah terkait perlunya suatu kesabaran.

Saudaraku, pertama sy akan membahas tentang apa itu sabar? Pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro yasbiru dimana artinya adalah menahan. Perlu diketahui bahwa menahan disini mempunyai arti yang luas. Misalnya saat berpuasa, kita menahan semua hawa nafsu untuk berbagai macam hal.

Seperti menahan lapar dari adzan subuh sampai adzan magrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga diwajibkan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita. Tetapi harus juga diketahui, bahwa tak semua orang dapat merasakan sebuah kesabaran. Karena pada hakekatnya tak semua orang bisa menahan rasa sabar tersebut.

Sehingga semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT agar diberi kesabaran melimpah dan tak ada batasnya. Supaya kita semua memperoleh pahala dari Nya yang seluas-luasnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153 yg artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sebenarnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”Bercermin dari ayat tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hambaNya yang mau menjalankan segala perintahNya dan menjauhkan diri dari segala laranganNya.

Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut dijelaskan tentang keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka yang dapat menegakkan rasa sabarnya. Sehingga niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan saat memperoleh kesusahan.

Walaupun begitu saudaraku, sabar memang tidaklah mudah, justru adalah sebuah ujian. Namun justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan sabar yaitu sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah dapat lolos atau tidak dalam ujianNya. Hendaknya kita harus selalu istighfar serta berfikir positif agar bisa lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.

Dan Begitulah sedikit mengenai sabar yang dapat saya bagikan kepada saudara-saudara sekalian. Semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua bisa lebih memahami arti penting dari sebuah kesabaran. Sehingga untuk di kemudian hari akan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian saya akhiri ceramah hari ini dan mohon maaf jika ada terdapat salah kata saat penyampaian tadi. Wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Teks Ceramah Singkat Tema Jodoh

Contoh Teks Ceramah Tema Jodoh

Kegiatan ceramah yang akan dilaksanankan hendaknya memenuhi peraturan yang telah dilakukan. Peraturan tersebut antara lain adalah struktur yang harus ada dalam penulisan ceramah. Struktur tersebut mencakup awalan, isi, dan juga penutup ceramah. Tanpa basa basi, mari lihat penulisan contoh teks ceramah berikut ini

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan selalu memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tsb harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang jodoh.

Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang jodoh. Sebagaimana yg telah kita ketahui bahwa jodoh itu sudah diatur oleh Allah SWT. Jodoh itu masih akan menjadi sebuah misteri, bahkan sampai disaat hari pernikahan pun, kita belum tentu tahu apakah orang yang kita nikahi adalah jodoh kita atau orang yang diciptakan Allah SWT untuk kita.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri kita sendiri. Terdapat tiga hal yang bisa jadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping hidup. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf jika kita berbuat salah, walaupun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang dapat memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yg sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita, sebab roda kehidupan akan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Sehingga kesimpulan yang dapat dipetik dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang dapat menuntun kita kearah yang lebih baik dan bisa mendorong kita dalam kebaikan serta beribadah kepada Allah SWT. Sehingga kita dapat menemukan jodoh yg tepat serta berakhlak mulia.
Demikian pembahasan kita pada hari ini. Sekian ceramah hari ini yang dapat saya sampaikan. Wassalamualaikum wr.wb.

Contoh Teks Ceramah Singkat Pendidikan

Pendidikan Moral masyarakat sangat erat hubungannya dengan kemajuan bangsa. Karena jika sebuah bangsa terdiri atas masyarakat yang mempunyai moral yang baik maka segala aspek kehidupan bangsa juga akan baik pula. Untuk itu pendidikan moral sangatlah penting khususnya diberikan pd generasi muda. Ceramah ini bisa diberikan di sekolah-sekolah misalnya saat rapat pertemuan guru dan wali murid. Contoh teks ceramah dengan tema moral sebagai berikut ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT yg menguasai semesta alam telah memberikan segenap limpahan rahmat serta karunianya. Sehingga kali ini kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.

Tak lupa sholawat dan salam saya haturkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad Shalawahu Alaihi Wassalam. Karena atas petunjuknya kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita masih bisa berada pada jalan yang di restui Allah SWT. Dan tentunya dalam keadaan sehat wal-afiat.

Bapak/Ibu dan Para murid sekalian yg berbahagia. Pada kesempatan yang indah ini mohon Izinkan saya untuk memberikan beberapa patah kata dalam menyampaikan sebuah ceramah singkat. Tema hari ini adalah mengenai pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman murid yang saya cintai. Kita harus mengetahui bahwa sebuah bangsa atau negara sangat dipengaruhi oleh perilaku moral perilaku masyarakatnya. Bisa dinyatakan sebuah bangsa atau negara akan jadi lemah jika perilaku masyarakat tak berdasarkan moral  dalam setiap tingkah laku perbuatannya.

Oleh karena itu wajib hukumnya bagi masyarakat suatu bangsa dan negara untuk selalu senantiasa menjaga moral perilaku. Yaitu beberapa pengaruh maupun efek buruk yang bisa merusak nilai kearifan kita semua. Hal tersebut tidak lain supaya tercipta sebuah bangsa  dan negara yang kuat  dan tak lemah di mata dunia.

Apalagi di era globalisasi ini yang semakin mempermudah siapa saja untuk melakukan aktivitas apapun. Kemudian dalam Teknologi Informasi dan komunikasi yang biasanya banyak media-media seperti televisi maupun internet yang memberikan informasi secara cepat tentang peristiwa apapun yg terjadi di seluruh belahan dunia.

Namun kita semua tak sepatutnya terbuai dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan yang diciptakan tersebut. Bisa jadi semua yang kita dapat secara mudah dan instan itu malah bisa secara tidak langsung merusak moral kita. Ada baiknya kita semua yang ada disini untuk lebih pintar dalam memilih mana yg dapat dimanfaatkan untuk tujuan baik.

Salah satunya cara untuk dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang bermoral demi kekuatan bangsa yaitu dengan membentuk perilaku para generasi muda. Kita tahu bahwa anak-anak merupakan aset generasi muda yang begitu penting perannya dalam membangun kemajuan sebuah negeri. Untuk itu pengaruh orang tua sangat diperlukan dalam hal ini.

Orang tua sudah seyogyanya harus senantiasa melakukan pemantauan terhadap anak-anaknya supaya terhindar dari pengaruh buruk yang dapat merusak moral mereka. Seperti melalui tayangan televisi ataupun internet yang membawa pengaruh buruk pada mereka.

Selalu memberikan nasihat yang mendidik kearah yang benar adalah suatu kewajiban yang penting dilakukan.Sebaiknya pilih tayangan yang dapat membawa kearah positif dan membatasi tontonan dari luar yg sekiranya dapat merusak moral kearifan kita. Dan lakukan upaya agar dapat membentuk moral yang baik pada anak-anak.

Banyak cara yang dilakukan dalam membentuk moral baik pada anak-anak. Misalnya dengan memberikan pendidikan agama sejak usia dini. Para orang tua dapat juga memberikan ragam informasi yang dapat membuat mereka lebih bersemangat belajar.

Sebagai orang tua sepatutnya kita juga harus bisa meluangkan waktu demi mendengar keluh kesah anak-anak supaya mereka dapat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Sehingga dengan begitu agaknya mereka tidak salah melangkah atau terlalu mengikuti arus modernisasi yang bisa berdampak buruk bagi moralnya.

Sungguh penting makna sebuah moral. Bangsa Indonesia tak akan mampu untuk menopang motto kokohnya yaitu Bhinneka Tunggal Ika saat budaya ketimuran yang ramah dan santun sudah hilang dan berganti akibat globalisasi. Maka oleh sebab karena para hadirin, hendaknya kita perlu untuk menjunjung tinggi nilai moral dalam bermasyarakat.

Selalu budayakan gotong royong, nuansa tenggang rasa serta menghargai perbedaan. Hal ini bisa dimulai dengan kita para orang tua untuk mengajari anak-anak kita bermoral yg baik. Agar tercipta suasana berbangsa serta bernegara yang kokoh.

Dan itulah yang dapat saya sampaikan hari ini. Semoga kita semua bisa selalu dalam lindungan dan rahmat yang dianugerahkan oleh Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan saya harap apa yang saya berikan hari ini bisa bermanfaat bagi semua.

Jika misalnya ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf sebesar-besarnya.Akhir kata, Wassalamualikum Wr.Wb

Contoh Teks Ceramah Singkat Pergaulan Bebas

Kegiatan ceramah yg akan dilakukan, hendaknya memenuhi peraturan yang telah dilakukan. Peraturan tersebut salah satunya adalah struktur yang harus ada pada penulisan ceramah. Struktur tersebut mencakup awalan, isi, dan juga penutup ceramah. Simak penulisan contoh teks ceramah secara singkat dalam artikel sebagai berikut ini.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT karena telah diberikan nikmat untuk bisa berkumpul dalam ruangan ini. Tidak lupa saya lantunkan sholawat pad junjungan Nabi Muhammad SAW, karena telah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

Izinkan saya untuk bisa membagikan sedikit ilmu tentang pergaulan bebas. Pergaulan bebas kini sudah menjadi hal yang sangat meresahkan di masyarakat. Dengan adanya kejadian tersebut, diwajibkan para orang tua mengawasi anak – anak secara ketat lagi. Biasanya banyak orang tua hanya mengawasi anak saat berada di rumah saja.

Perlu diketahui bersama bahwa semakin dewasa anak, maka harus lebih ditingkatkan lagi pengawasannya. Khususnya jika anak Anda sudah mulai menyukai lawan jenis. Hal ini demi kebaikan anak – anak dan Anda sebagai orang tua. Tentunya Anda tidak mau dan jangan sampai anak – anak yang sudah dititipkan Allah SWT malah terjebak dalam pergaulan bebas.

Sehingga dalam pertemuan kali ini bertujuan agar kita semua dan keluarga dijauhkan dari dunia pergaulan bebas yg akan merugikan diri sendiri. Perlu adanya bimbingan serta juga pengawasan orang tua kepada anak – anak secara ketat setiap harinya. Demikian ceramah hari ini, jika ada kesalahan atas pengucapan yang salah baik disengaja maupun tidak mohon dimmafkan.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Pendidikan

Semua kegiatan ceramah, memberikan hal positif terhadap kehidupan sehari-hari pendengar. Hal ini sesuai dengan tujuan yang harusnya didapatkan yaitu menambah pengetahuan dan melakukan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya. Simak penulisan contoh teks ceramah tema pendidikan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah saya ucapkan atas kesempatan hari ini, kita bisa berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Sholawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, karena perjuangannya dalam menuntun kita ke zaman yang terang-benderang.

Pada dasarnya pendidikan sangat penting serta sangat diperlukan, baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, bahkan bernegara sekalipun. Tetapi ada suatu hal yang dapat dibilang sangat disayangkan, yaitu masih banyaknya orang diluar sana yang kurang mendapatkan ilmu pendidikan.

Kemudian seperti yang Anda ketahui, masih banyak saudara kita di daerah pelosok yg sangat sulit untuk mengakses pendidikan. Pendidikan tersebut sulit diakses akibat keterbatasan ekonomi. Tak hanya itu, sulitnya mengakses pendidikan karena keterbatasan akses dan media untuk mengenyam pendidikan.

Oleh karena itu, bersyukurlah kita semua yang masih bisa mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Namun lihatlah masih banyak saudara kita yg ingin merasakan akses pendidikan yang sama. Maka dari itu manfaatkanlah sebaik mungkin.

Pendidikan juga berperan sebagai media untuk menggapai cita-cita. Dengan pendidikan kita dapat memutus rantai kemiskinan, serta mengurangi tingkat kebodohan, sehingga dapat menyokong Indonesia menjadi negara yang maju.

Ilmu pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka, marilah kita bersama-sama menempuh pendidikan setinggi mungkin supaya yang menjadi cita-cita kita semua bisa tercapai. Sekian ceramah yang saya sampaikan hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Bulan Ramadhan

Semua aktivitas ceramah, memberikan hal positif terhadap kehidupan sehari – hari pendengar. Hal ini sesuai dengan tujuan yang seharusnya diperoleh yaitu menambah pengetahuan serta melakukan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya. Berikut adalah penulisan contoh teks ceramah tema bulan ramadhan.

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan untuk bisa berkumpul di hari yang cerah ini. Puji syukur selalu kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan umur panjang sampai hari ini. Izinkan saya untuk memberikan ceramah tentang bulan ramadhan yang penuh kemuliaan di dalamnya.

Pada bulan ramadhan, Allah memerintahkan kepada seluruh umat muslim agar melaksanakan shaum. Sejak awal tahun hijriyah, Allah mewajibkan agar melaksanakan shaum ramadhan. Shaum sendiri merupakan puasa untuk menahan diri dari sesuatu yang bisa membatalkannya. Untuk pelaksanaannya dilakukan mulai subuh samapi dengan adzan magrib.

Banyak manfaat yg akan didapatkan dari kegiatan shaum ramadhan tsb. Salah satunya yaitu mendapatkan ganti berupa pahala di akhirat nanti. Tetapi dalam melakukan shaum ramadhan, hendaknya Anda diikuti dengan rasa ikhlas karena Allah SWT. Sehingga Anda akan bisa mendapatkan keberkahan dari bulan ramadhan ini.

Cukup sekian ceramah mengenai sholat wajib yang saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kalimat yang tak berkenan di hati Anda. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Agama Islam

Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillahirrabbil’alamin, puji syukur atas kemudahan dan kelancaran yg diberikan oleh Allah SWT, yang telah memberikan kemudahan bagi kita semua untuk bisa berkumpul pada majelis ini dalam keadaan sehat walafiat. Atau apapun segala rintangan yang didapat sebelum berkunjung ke majelis ini, pasti diberi pahala oleh Allah SWT.

Dan tak lupa shalawat kita berikan salam kepada Rasulullah SAW yang telah memperkenalkan Islam sebagai salah satu agama satu-satunya yang diridhai oleh Allah. Sehingga kita bisa menikmati agama Islam seperti saat ini.

Para hadirin sekalian, pd kesempatan kali ini sy akan mengingatkan tentang pilar agama Islam yang wajib kita ketahui, imani, serta dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sama-sama masih belajar, karena saya selaku pembicara pun masih dalam proses menjalankannya. Terutama sebagai orang tua, kita perlu paham bagaimana pilar dalam Islam itu.

Pilar dalam hal ini adalah rukun Islam. Barangsiapa yang menjalankan lima pilar dalam rukun Islam, maka Allah menjanjikan surga yg penuh dengan kenikmatan tiada tara. Kalo kata anak jaman now itu unlimited lah.

Perlu kita ingatkan diri kita, bahwa ada lima pilar dalam Islam yang harus diketahui, dihafalkan, serta dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Pilar yang pertama adalah membaca dua kalimat syahadat yang berisi kalimat terkait kepercayaan bahwa kita hanya menyembah satu Tuhan yaitu Allah SWT dan percaya bahwa Muhammad SAW merupakan utusan Allah.

Kesaksian dua kalimat syahadat ini sangat penting, kenapa penting? Karena dengan mengucapkan serta mengimaninya, dapat menjadikan bukti bahwa kita beriman kepada Allah dan RasulNya. Bagi orang yang telah memeluk Islam sejak lahir, hendaknya menyebutkan dua kalimat syahadat sebanyak 7 kali dlm setiap harinya sebagai pengingat.

Sedangkan bagi seorang Mualaf yg baru saja masuk Islam, biasanya mengucapkan 2 kalimat syahadat ini sebagai salah satu persyaratan. Namun Mualaf tersebut tidak hanya mengucapkannya saja, namun juga membenarkan di dalam hatinya serta mengamalkannya pada perbuatan.

Para hadirin yang diridoi Allah, pilar yang kedua adalah menegakkan shalat. Shalat adalah satu-satunya ibadah yang dikhususkan untuk Allah dan Allah sendiri yang akan menilai serta memberikan pahalanya kepada kita. Saya yakin, para hadirin di majelis ini telah melakukan shalat lima waktu dalam setiap harinya. Amin Allahuma? Aamiin..

Selanjutnya, pilar yg ketiga yaitu berpuasa. Para hadirin sekalian, kewajiban berpuasa dilakukan pada bulan apa ya? Betul, bulan Ramadhan. Di bulan tersebut kita diperintahkan berpuasa oleh Allah SWT, untuk apa? Untuk mengistirahatkan tubuh kita. Bulan Ramadhan bisa memberikan kesempatan bagi kita untuk memperoleh pahala sebesar-besarnya. Barangsiapa yg beribadah, pasti dilipatgandakan pahalanya.

Pilar yang keempat yaitu menunaikan zakat. Zakat memiliki berbagai ketentuan yang bisa dilaksanakan sesuai kondisi serta situasi diri. Zakat adalah salah satu ibadah yang hukumnya wajib dijalankan. Para hadirin sekalian, zakat ini bisa dibedakan menjadi 2, yaitu zakat fitrah serta zakat harta.

Zakat fitrah adalah zakat penghasilan yang wajib dikeluarkan menjelang hari raya suci Idul Fitri. Walaupun zakat fitrah ini telah dilakukan secara bertahun-tahun, tahukah para Bapak Ibu sekalian makna dari menunaikan zakat ini? Dengan menunaikan zakat, kita bisa mensucikan diri karena sudah membantu orang-orang yang membutuhkan materi maupun non materi.

Sedangkan zakat harta adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang telah dimiliki. Biasanya berupa emas, hasil tani, hasil tambang, hasil jualan, serta lain sebagainya. Apakah para hadirin sekalian telah rutin menunaikan zakat hartanya? Jika belum, marilah bersama-sama berjuang untuk menunaikannya.

Terakhir yaitu menunaikan ibadah haji. Pilar terakhir ini mempunyai ketentuan wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup bagi umat yang mampu. Ibadah haji ini juga adalah salah satu ibadah, dimana akan secara langsung mendatangi rumah Allah SWT.

Semua perbuatan yang sudah dilakukan di dunia, pasti mendapat balasan secara langsung di tanah suci Allah SWT. Banyak sekali cerita dari orang-orang yg telah mengunjungi tanah suci. Hal ini bisa menjadi cambuk bagi para hadirin sekalian yg belum menunaikan ibadah haji untuk selalu berikhtiar dalam menjalankan kewajibannya.

Sekian penjelasan terkait lima pilar Islam secara singkat yang mungkin bisa membantu mengingat kembali dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk terus memohon kepada Allah SWT bahwa ridho-Nya lah kita bisa menjalankan lima pilar dalam Islam tersebut.

Wassalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Ceramah Singkat tentang Ibu

Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulilahirobbilamin, kita ucapkan segala puji bagi Allah SWT. Yang sudah melimpahkan nikmat dan juga Karunia-Nya untuk kita semua. Segala nikmat mulai dari nikmat sehat sampai nikmat lainnya sudah Ia berikan pada kita. Semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yg Allah berikan pada kita. Tidak lupa sholawat dan salam tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, dengan keluarga serta sahabatnya.

Saudara sekalian yang berbahagia,

Bertepatan dengan hari ibu kali ini, saya ingin menjelaskan sedikit tentang ibu. Di dalam Al Qur’an pun dijelaskan, bahwa seorang ibu itu sangatlah mulia dan kita tak boleh menyakiti hatinya. Kita juga tidak boleh berkata kasar ke padanya, apalagi membentaknya. Karena ridha Allah terletak pada ridha seorang ibu. Maka hormatilah ibumu serta selalu perlakukan ibu dengan baik sampai kapan pun.

Di dalam Al Quran Surah Al-Isra dijelaskan bahwa seorang anak harus selalu memperlakukan ibunya dengan baik. Ibu merupakan orang yang telah mengandung kita selama 9 bulan dengan susah payah. Serta melahirkan kita dengan rasa sakit yg luar biasa. Tak heran jika disebutkan bahwa kasih ibu sepanjang masa, serta tidak mengharapkan balasan apapun.

Kasih sayang setiap orang tua khususnya ibu, memang tak terhingga dan tanpa pamrih sedikit pun. Bahkan disebutkan juga bahwa surga ada di telapak kaki seorang ibu, sehingga kita sbg anak wajib berbuat baik sampai akhir hayat. Demikian ceramah singkat saya tentang ibu, semoga apa yang sy sampaikan ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Ceramah Singkat Tentang Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Berikut adalah contoh teks ceramah tentang kebersihan

Contoh Teks Ceramah Tentang Kebersihan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulilahirobbilamin, segala puji bagi Allah SWT yg tak henti hentiNya memberikan nikmat dan karunia pada kita semua. Semoga kita selalu diberi hidayah oleh-Nya, agar selalu bersyukur atas setiap hal yg diberikan oleh-Nya. tidak lupa sholawat dan salam kami curahkan pada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Jamaah yang saya sayangi,

Di sini saya ingin menyampaikan pengetahuan saya tentang kebersihan, atau bagaimana kita harus menjaga kebersihan. Sebagaimana yang tertulis dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang bunyinya yaitu, “Kebersihan merupakan sebagian dari iman.” Hadist tersebut menyatakan bahwa setiap orang yang menjaga kebersihan dalam hidupnya, maka ia termasuk pada orang yg beriman.

Bukan hanya itu, bahkan perintah Allah tentang kesucian atau bersuci pun sudah jelas. Misalnya saja ketika sehabis kita buang hajat, maka kita wajib membersihkannya. Ketika kita mau melaksanakan shalat, maka wajib bagi kita melakukan wudhu atau tayamum terlebih dahulu untuk membersihkan diri. Kita juga harus mandi janabah, setelah selesai junub.

Dengan bersuci maka otomatis kita dapat menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan. Allah menciptakan segala hal di bumi pasti ada sebab serta fungsinya, misalnya saja air. Air diciptakan untuk membersihkan diri kita dari segala macam kotoran. Maka banyaklah bersyukur jika Anda hidup di lingkungan yg tidak kekurangan air, dengan demikian kita selalu tampak bersih.

Air juga jadi salah satu nikmat dari Allah yang harus kita jaga serta lestarikan dengan baik. Sekian penjelasan dari saya tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Semoga semua yang saya sampaikan hari ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Ceramah Tema Pernikahan

Kegiatan ceramah dapat dilakukan oleh para ahli yang telah mahir dalam bidangnya. Tujuan dari dilakukannya ceramah tersebut yaitu agar para ahli tersebut bisa berbagai ilmu serta nasehat kepada audience. Tetapi perlu diketahui bahwa dalam melakukan ceramah bukanlah bersifat untuk menggurui orang lain. Berikut ini adalah penulisan contoh teks ceramah singkat yaitu:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kesehatan hingga hari ini. Tak lupa saya panjatkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, karena telah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan sampai ke zaman sekarang.

Pernikahan adalah bagian terpenting dalam menyempurnakan ibadah dengan mengikat janji suci dihadapan keluarga. tak hanya berjanji dihadapan keluarga, pernikahan juga berjanji pada Allah SWT untuk mempertanggung jawabkannya di dunia serta akhirat kelak.

Setelah pernikahan dilaksanakan, seorang wanita akan lepas dari kedua orang tuanya. Hal ini karena seorang laki – laki akan diberikan tanggung jawab oleh orang tua mempelai wanita. Sehingga dapat dinyatakan bila wanita akan selalu mengedepankan suaminya daripada dengan orang tuanya.

Sehingga seorang suami harus berperilaku adil dalam sebuah keluarga. Alangkah baiknya jika ada sebuah masalah, didiskusikan terlebih dulu dengan baik serta kepala dingin. Hal ini bertujuan agar tak terjadi perpecahan yang berujung cerai. Allah SWT sangat tidak suka terhadap perceraian. Sekian ceramah hari ini, mohon maaf jika ada kata yang salah atau keliru.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Kematian

Contoh Teks Ceramah Tentang Kematian

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT, yang sudah melimpahkan seluruh nikmat serta karunia-Nya untuk kita semua. Ada banyak nikmat yang selalu Allah berikan pada kita, yang dimana kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Sholawat dan salam juga kita ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW, dimana beliau merupakan nabi akhir zaman.

Saudara-saudara sekalian yang seiman,

Di moment kali ini saya ingin menyampaikan sedikit terkait dengan kematian. Sebagaimana yang sudah disebutkan oleh Allah di dalam Al Quran. Surat Ali Imran ayat 185, yang artinya yaitu,

“Tiap-tiap yg berjiwa pasti akan mengalami kematian. Sebenarnya pahalamu akan disempurnakan di hari kiamat nanti. Barang siapa yang dijauhkan dari neraka serta di dekatkan surga, maka dia termasuk yang beruntung. Karena kehidupan di dunia ini tidak lain hanya kesenangan sesaat yang memperdayakan.”

Ayat ini memaparkan bahwa kematian akan selalu hadir pada setiap orang, dan tak bisa dihindari. Kita semua sedang menanti giliran untuk menghadapi kematian itu sendiri. Sekarang kita sedang berada dalam kehidupan yang fana, serta tidak kekal. Kehidupan yg abadi hanyalah kehidupan di akhirat nanti.

Jika amalan kebaikan kita lebih berat maka surga Allah menunggu kita, namun jika amalan buruk kita yang lebih berat maka neraka lah yg menanti kita. Beruntunglah jika selama hidup di dunia kita lebih sering melaksanakan amal kebaikan daripada keburukan. Karena tidak ada keberuntungan yang lebih besar selain surga itu sendiri. Sehingga kita harus selalu berbuat baik untuk memperoleh surga Allah.

Demikianlah penjelasan singkat dari saya tentang kematian, kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga apa yang saya sampaikan bisa memberi manfaat pada kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Ceramah Tema Gotong Royong

Adanya kegiatan ceramah tak lain karena ingin membagikan pengetahuan yg dimiliki oleh seorang penceramah. Hal ini bertujuan agar pendengar senantiasa terdorong agar berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari – harinya. Oleh sebab itu, mendengarkan ceramah merupakan hal yang positif selama dalam taraf kebaikan. Simak penulisan contoh teks ceramah dengan tema gotong rotong.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tak lupa saya ucapkan sholawat pada Rasulullah yang sudah mengangkat kita dari zaman kegelapan.

Pada pertemuan kali ini, saya akan membagi ilmu tentang gotong royong. Gotong royong biasa dikenal dengan kerja bakti. Biasanya gotong royong dilaksanakan untuk membersihkan lingkungan sekitar, menolong korban bencana alam, dan lain sebagainya.

Tetapi sangat disayangkan, saat ini sudah jarang terlihat masyarakat melaksanakan gotong royong. Hal ini karena telah banyak yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Dengan begitu perlu dilakukan perubahan supaya sifat gotong royong tersebut mulai dilaksanakan kembali.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin mengumpulkan warga untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah. Hal ini akan membuat hubungan setiap warga menjadi semakin erat kembali. Tak hanya itu, lingkungan disekitar rumah juga menjadi bersih dan sehat. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan gotong royong pada setiap minggu. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Kegiatan ceramah biasa dilaksanakan dalam acara – acara resmi dan tak resmi. Salah satu acara resmi tersebut yaitu sosialisasi di lingkungan instansi. Biasanya para penceramah mempunyai ilmu pengetahuan lebih yang akan dibagikan kepada para pendengarnya. Bila Anda bingung tentang cara pembuatannya, maka anda dapat simak contoh teks ceramah dalam artikel ini, selamat membaca

Sekian Artikel Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Pendidikan, Agama, Ramadhan dan lain-lain dalam Bahasa Indonesia. Terima kasih

Komentarmu.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *