Contoh Pantun Jenaka, Nasehat, Teka Teki, Pendidikan Terbaru

  • Whatsapp

Contoh Pantun Jenaka – Salah satu gaya berbahasa yang sampai saat ini selalu menjadi favorit adalah berpantun atau bermain pantun. Selain menyampaikan pesan utama yang ingin disampaikan, pantun juga memiliki unsur hiburan, bahkan, pantun juga terkadang dibuat untuk sindiran loh.

Pantun pada dasarnya merupakan jenis puisi lama nusantara yang sangat digemari. Pantun berasal dari kata patuntun yang memiliki arti pentuntun atau menuntun. Pantun yang awalnya merupakan tradisi lisan namun kini sangat populer secara tulis.

Bacaan Lainnya

Pantun biasanya dapat difungsikan untuk berbagai maksud dan tujuan. dengan pantun orang dapat menyampaikan nasehat, pesan moral, ajakan, ucapan, dan nilai kehidupan. Tidak hanya itu pantun kini bisa digunakan untuk promosi, dan berbagai tujuan lainnya.
Berikut kami sajikan ciri-ciri pantun, jenis-jenis pantun, serta berbagai contoh pantun dari berbagai macam tema bahasan.

Contoh Contoh Pantun

Ciri-Ciri Pantun

Untuk membuat pantun yang bagus, lucu atau bermakna dalam ada beberapa ciri-ciri pantun yang perlu diperhatikan. Simak beberapa ciri-ciri pantun dibawah ini.

  • Tiap bait terdiri dari 4 baris. Satu buah pantun terdiri dari empat baris yang mana 2 baris adalah sampiran, dan 2 baris lainnya adalah isi.
  • Terdiri dari 8-12 suku kata. Pada umumnya pantun disampaikan dengan lisan, oleh karena itu mesti padat dan jelas dengn menggunakan suku kata yang tidak terlalu banyak.
  • Bersajak AB, AB atau AA, AA.
    Sebagai bagian puisi yang berirama, setiap baris pada pantun hendaknya berakhiran atau bersajak yang sama, misalnya AB, AB atau AA, AA. Inilah yang merupakan ciri paling khas dari sebuah pantun dan membuat pantun terdengar lebih indah dengan irama sajak akhiranya.

Tiga poin diatas merupakan syarat utama dari sebuah pantun. Dengan mengikuti syarat-syarat diatas kalian sekarang bisa membuat pantun kalian sendiri. Namun sebelum itu, simak dulu jenis-jenis pantun dibawah ini.

Jenis Pantun

Ada berbagai jenis pantun yang dapat kita temukan di masyarakat. Jenis pantun didasarkan pada tema yang digunakan dalam membuat sebuah pantun. Tidak ada klasifikasi khusus dalam karya sastra pantun. Pantun hanya dibedakan dari tema yang digunakan salam membuat sebuah pantun.

Pantun yang berisi wejangan atau petuah disebut pantun nasehat. Pantun yang berisi guyonan dinamakan pantun jenaka. Pantun yang berisi pesan romantis disebut pantun romantis atau pantun cinta, dan masih banyak lagi pantun-pantun lainnya.

BACA JUGA : Contoh Puisi Pendek

Nah kini kalian sudah mengetahui jenis-jenis pantun, jadi kalian siap membuat pantun kalian sendiri. Tapi tak lengkap rasanya jika kalian belum melihat beberapa contoh pantun di bawah ini untuk mempermudah kalian dalam merangkai pantun kalian sendiri. Simaklah beberapa contoh pantun dibawah ini.

Contoh Pantun

Berbagai contoh pantun yang disajikan dibawah meliputi contoh pantun jenaka, pantun nasehat, pantun cinta, pantun romantis, pantun perpisahan, pantun lucu, pantun pendidikan, pantun agama, pantun dagang, pantun ulang tahun, pantun teka-teki dan pantun adat. Berikut contoh-contoh pantun dari berbagai tema bahasan.

Contoh Pantun Jenaka

Contoh Pantun jenaka

Siapa sih yang tidak butuh hiburan. Hiburan sederhana juga bisa didapat dari pantun lo atau mungkin buat kalian yang suka menghibur teman-teman kalian dengan hal-hal lucu. Mungkin beberapa pantun dibawah bisa jadi referensi kalian.

Contoh Pantun Jenaka #1
Jalan-jalan ke Balikpapan
Pulang-pulang bawa sepeda mini
Adik kakak merinding penasaran
Menengok kura-kura pakai bikini

Contoh Pantun Jenaka #2
Burung gagak terbang mengudara
Mengitari langit tiada batasnya
Melihat mantan bahagia
Bergandengan dengan pacar barunya

Contoh Pantun Jenaka #3
Rambut berantakan tak pernah di sisir
Orang melihat tertawa kesenangan
Pengangguran berserakan seperti pasir
Tak punya usaha dan keterampilan

Contoh Pantun Jenaka #4
Di mana kuang hendak bertelur
Di atas lata di rongga batu
Di mana tuan hendak tidur
Di atas dada di rongga susu

Contoh Pantun Jenaka #5
Jalan-jalan ke Sumbawa
Duduk-duduk makan buah palem
Geli hati menahan tawa
Melihat tupai memakai helm

Contoh Pantun Jenaka #6
Lebar sekali daun talas
Untuk menaikkan daun talam
Makanya jangan suka malas
Sikat gigi pagi dan malam

Contoh Pantun Jenaka #7
Panas-panas kota Madina
Akibat pemanasan dunia
Bila mendambakan lulus sarjana
Tidur malam tanpa celana

Contoh Pantun Jenaka #8
Jika sudah namanya cinta
Hati suka berbunga-bunga
Kalau sudah terbawa suasana
Senyum sendiri kayak orang gila

Contoh Pantun Jenaka #9
Sakit kaki ditikam jeruju
Jeruju ada di dalam paya
Sakit hati memandang susu
Susu ada dalam kebaya

Pantun Jenaka #10
Jalan-jalan ke cimahi
Abang senang eneng merana
Jangan eneng bersedih hati
Maaf abang cuma bercanda

Pantun Jenaka #11
Pergi merantau bersama pacar
Pacar selingkuh, pergi melarikan diri
Sedih jiwa  dan hati tercecar
Kini sendiri meratapi hari

Pantun Jenaka #12
Punya pacar berhati mulia
Saking mulia semuanya dikasi
Maaf abang tak ambil semua
Sedikit saja sisakan untuk nanti

Pantun Jenaka #13
Teman main game aku ganggu
Ia marah bukan main
Hai teman jangan belagu
Kau main baru kemarin

Pantun Jenaka #14
Janji belanja di pasar seni
Malah telat berjam-jam
Aduh sayang kamu kemana si
2 jam aku terdiam

Pantun Jenaka #15
Main-main di sore hari
Eh nyatanya sampai malam
Kamu kemana sih aku cari-cari
Sampai bosan menyusuri malam

Pantun Jenaka #16
Beli tongkol di pasar anyar
Beli bumbu di pasar pagi
Ternyata kamu sudah punya pacar
Haduh susah sekali aku mencari

Pantun Jenaka #17
Mencari Cinta dipagi hari
Tapi Cinta pergi bersama Ibu
Nyatanya cinta pergi bersama lelaki
Lebih baik aku mundur, padahal baru saja maju

Pantun Jenaka #18
Beli congkak di pasar baru
Congkak rusak main tak jadi
Eneng cantik abang terharu
Melihat eneng berdiam diri

Pantun Jenaka #19
Makan malam bersama pacar
Pulang malam lewat perempatan
Kalau eneng udah gak sabar
Abang siap ke pelaminan

Pantun Jenaka #20
Hari ini membeli jajan
Esok hari membeli buah
Jalan jauh menuju Dawan
Aku pusing metahan muntah

Pantun Jenaka #21
Datang pulang dari Aceh
Bawa mie untuk mertua
Aduh lupa membawa receh
Ada pengamen di warung mertua

Pantun Jenaka #22
Turun hujan batal keluar
Keluar hujan malas jalan
Andai kamu sah jadi pacar
Jangan ragu aku yang jalan

Contoh Pantun Cinta

Contoh Pantun cinta

Walau zaman sudah berubah, melamar seseorang untuk menjadi kekasih atau pendamping hidup masih banyak orang lakukan dengan menggunakan pantun. Berikut pantun cinta nan romantis yang kalian bisa gunakan untuk menyatakan perasaan cinta kalian.

Contoh Pantun Cinta #1
Pergi ke pasar beli bumbu
Dimasak dengan diramu
entah seperti apa dirimu
aku tetap cinta padamu

Contoh Pantun Cinta #2
Pergi ke toko membeli paku
Pulang-pulang ku buat sebuah bangku
Wahai engkau bidadariku
Maukah kau menjadi pacarku

Contoh Pantun Cinta #3
Jangan engkau bermain api
Jika engkau tak ingin terbakar olehnya
Putus cinta jangan kau sakit hati
Masih ada banyak hati yang lainnya

Contoh Pantun Cinta #4
Jangan suka bermain tali
Kalau tak ingin terikat olehnya
Putus cinta jangan disesali
Pasti kan datang cinta yang lainnya

Contoh Pantun Cinta #5
Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ketepian
Ayok berangkat ke penghulu
Dari pada cuma temenan

Contoh Pantun Cinta #6
Batang mawar memang kaku
Tapi bunganya tetap terawat
Jangan ragu akan hatiku
Karena cintaku tanpa syarat

Contoh Pantun Cinta #7
Jalan-jalan ke Ciamis
Ada gedung parkirnya gratis
Aku cinta sama si kumis
Orangnya ganteng penuh romantis

Contoh Pantun Cinta #8
Wahai seruling buluh perindu
Suaranya memikatku
Wahai gadis pujaanku
Aku sangat cinta kamu

Pantun Cinta #9
Buah durian buah mangga
Beli dua dimakan satu
Hei kamu yang disana
Maukah kamu jadi pacarku

Pantun Cinta #10
Jalan jalan ke ibukota
Beli durian lupa dimakan
Padamu aku menaruh cinta
Besok aku mau ajak kamu jalan

Pantun Cinta #11
Ini hati susah tidur
Meski gelap mata mengangap
Untuk kamu yang lagi tidur
Semoga mimpi membawamu lelap

Pantun Cinta #12
Sayang adik sayang kakak
Beli baju beli sendal
Buat kamu apasih yang enggak
Besok kita liburan ke Kendal

Pantun Cinta #13
Jalan rumah becek parah
Bahkan licin bukan main
Aku sayang kamu, sumpah
Demi Tuhan aku gak main-main

Pantun Cinta #14
Bulan ini atau bulan depan
Masih ragu bahkan keliru
Semoga kita ada jalan
Cepat lambat aku akan melamarmu

Pantun Cinta #15
Jari-jari mata kaki
Ada lima di kiri dan kanan
Meski berat kita harus jalani
Ketulusan ini harus kita buktikan

Pantun Cinta #16
Minum jus sambil ngopi
Kopi habis jus pun juga
Kalau kamu sudah yakin sekali
Aku siap melamar sekarang juga

Pantun Cinta #17
Hari ini atau esok
Sekarang atau nanti
Jangan sampai kita terseok
Cinta ini akan buktikan nanti

Pantun Cinta #18
Matahari bersinar terang
Malam gelap bulan melenyap
Meski kita belum terus terang
Baiknya kita biarkan senyap

Pantun Cinta #19
Sore hari jalan ke pantai
Pantai dekat cuma depan hotel
Aku tau kamu ingin dicintai
Asal jangan nakal ataupun bawel

Pantun Cinta #20
Bulan purnama mencari cinta
Membawa bunga dan sepotong cokelat
Kamu datang akunya bahagia
Lirik-lirik mata hingga membelalat

Pantun Cinta #21
Pasar Baru pasar Tangen
Semuanya jual daging sapi
Aku paham kamu kangen
Malam ini kau kuhampiri

Contoh Pantun Nasehat

Contoh Pantun nasehat

Jika segan atau enggan memberikan anak nasehat dengan kalimat secara langsung, pantun juga bisa menjadi salah satu alternatif. Menggunakan kalimat nasihat secara langsung terkadang tidak efektif atau bahkan menimbulkan gesekan diantara pemberi dan penerima nasehat. Namun degan pantun, nasehat dapat disampaikan dengan tensi yang lebih ringan namun tetap mengandung inti dari nasehat yang ingin disampaikan. Berikut beberapa contoh pantun nasehat yang baik kita gunakan untuk anak atau orang-orang di sekeliling kita.

Contoh Pantun Nasehat #1
Nenekku ahli meramu jamu
Dibuatnya ramuan dari resep rahasia
Jangan kau bosan menuntut ilmu
Agar hidup tetap berguna sampai hari tua

Contoh Pantun Nasehat #2
Pulang memancing saat fajar
Baju celana penuh lumpur
Saat muda rajin belajar
Pasti tua hidup makmur

Contoh Pantun Nasehat #3
Pergi ke kebun melihat mawar merekah
Mengamati indahnya sambil makan roti tawar
Jangan pelit sedekah
Walau hanya setetes air tawar

Contoh Pantun Nasehat #4
Membuat manisan dari buah salak
Dijual dalam berbagai harga
Jadi anak berbaktilah pada ibu bapak
Agar kelak bisa masuk surga

Contoh Pantun Nasehat #5
Berenang-renang dua ekor itik
Pada sore yang indah di hari selasa
Jadilah anak yang berbudi baik
Selalu membantu kepada sesama

Pantun Nasehat #6
Buah durian campur mentega
Enak rasa jangan dibuang
Baik manusia jangan kau tega
Berperilakulah yang seimbang

Pantun Nasehat #7
Panas dunia panas mentari
Tak kian redup bahkan mereda
Panas dada jangan main hati
Agar nanti tidak kecewa

Pantun Nasehat #8
Beli nanas buat rujak
Rujak asem gak jadi dimakan
Jangan kau coba memalak
Dosa besar tak dapat ampunan

Pantun Nasehat #9
Bila hari mulai panas
Minum air gelasnya dingin
Jangan kamu mulai malas
Tak satupun ada yang ingin

Pantun Nasehat #10
Hari gelap tak ada bulan
Bintang pun hanya satu
Jangan bilang kau belum makan
Ini sudah melewati waktu

Pantun Nasehat #11
Minggu pagi bangun siang
Senin pagi bangun pagi
Jangan lupa makan siang
Biar maagmu tak kambuh lagi

Pantun Nasehat #12
Pesan es buah, jus datang
Jangan dibuang, minum saja
Bila sodara banyak datang
Jangan lupa bertegur sapa

Pantun Nasehat #13
Akhir bulan makan sayur
Awal bulan makan tahu
Jangan suka main keluyur
Nanti dimarah ayah ibu

Pantun Nasehat #14
Bintang jatuh di ujung pandang
Bagai kilat yang amat cepat
Jangan hanya dipandang-pandang
Lupakan ragu pilih yang tepat

Pantun Nasehat #15
Beli pasir di toko bangunan
Beli sedikit pakai karung
Hidup ini seperti jalanan
Harus ditempuh sampai ujung

Pantun Nasehat #16
Pagi hari sapa mentari
Sejuk bumi segar udara
Jangan lupa lari pagi
Agar sehat jiwa dan raga

Pantun Nasehat #17
Jalan pelan menuju kota
Harap sampai dengan selamat
Bila engkau kiat bekerja
Masa depan akan aman sangat

Pantun Nasehat #18
Pergi memancing bersama kawan
Pulang bawa jajan rengginang
Jangan suka hidup melawan
Bila ingin merasa tenang

Pantun Nasehat #19
Kerja sore pulang malam
Kerja malam pulang siang
Jangan suka mandi malam
Agar tidak sakit tulang

Contoh Pantun Romantis

Contoh Pantun Romantis

Romantis tidak melulu tentang cinta. Menjadi romantis di keluarga atau lingkungan kerja kadang dilakukan beberapa orang. Tak heran bila laki-laki atau wanita terkagum dengan lawan jenisnya karena romansa yang ia ciptakan di lingkungan dimana ia berada. Walau sering disalah kaprahkan menjadi cinta, tak semua romantisme bisa diwujudkan menjadi cinta yang sungguh-sungguh. Inilah beberapa contoh pantun romantis.

Contoh Pantun Romantis #1
Empat kali empat
Sama dengan enam belas
Cepat atau lambat
Cintaku pasti kau balas

Contoh Pantun Romantis #2
Ke kebun binatang lihat trenggiling
Baju sobek kecantol paku
Ribuan gadis di sekeliling
Hanya kamu ratu di hatiku

Contoh Pantun Romantis #3
Ikan berenang kejar sampan
Mencari sahabat mencari teman
Tidak kaya tidak tampan
Tapi mereka buatku nyaman

Contoh Pantun Romantis #4
Sapi berkaki empat
Ayam berkaki dua
Jalan berduaan memang nggak sempat
Tapi cintaku padamu penuh doa

Contoh Pantun Romantis #5
Terbang tinggi burung kenari
Hendak menuju negeri peri
Izinkan aku menjadi bidadari
Mendampingimu sepanjang hari

Contoh Pantun Romantis #6
Air mawar di dalam cangkir
disimpan kendi di bawah parang
Sedari awal hinggalah akhir
sayangku tercurah untukmu seorang

Contoh Pantun Romantis #7
Daging ayam dibuat gulai
buat dimakan kita nanti
Dirimu seorang yang ternilai
takkan pernah bisa diganti.

Pantun Romantis #8
Abang pergi anak diam
Aku datang abang pulang
Menjelang petang langit muram
Namun tidak dengan kasih sayang

Pantun Romantis #9
Datang hujan pergi mentari
Bulan bintang muncul saat malam
Selamanya kau kan kusayangi
Tak ku biarkan harimu jadi muram

Pantun Romantis #10
Pergi malam pulang pagi
Datang pagi beli sayur
Aku disini menunggumu kembali
Semoga semua doa ini manjur

Pantun Romantis #11
Durian runtuh pohonnya besar
Jatuh semua dimakan hewan
Kamu harus tau cintaku besar
Jangan pernah kau ragukan

Pantun Romantis #12
Bunga mawar bunga melati
Indah di kebun sayang dipetik
Hari ini status kita berganti
Semoga bahagia di hari kelak

Pantun Romantis #13
Jalan basah, hujan rintik
Hujan lebat, jalanan senyap
Siang ini kita dilantik
Berdua kita lanjutkan hidup

Pantun Romantis #14
Bunga jepun wanginya harum
Bunga mawar merah warnanya
Cinta ini tak pakai parfum
Sudah wangi dari dulunya

Pantun Romantis #15
Hujan turun malam hari
Dingin raga hingga jiwa
Untuk kamu yang lagi sendiri
Mari kita satukan jiwa

Pantun Romantis #16
Pagi hari masak nasi
Pulang malam makan yakiniku
Hanya kamu seorang diri
Temani aku dan sisa hidupku

Pantun Romantis #17
Jalan pulang naik motor
Motor tua warisan orang tua
Aku tak akan pernah molor
Saat kita nanti hidup berdua

Pantun Romantis #18
Naik gunung pulang pagi
Pagi mandi air hangat
Aku hadir untukmu disini
Semoga bisa hilangkan penat

Pantun Romantis #19
Jika bulan ada malam
Matahari ada saat siang
Bila hari mulai muram
Aku akan segera datang

Pantun Romantis #20
Matematika susah sekali
Apalagi Bahasa Inggris
Bila kita menikah nanti
Jangan lupa buat waris

Pantun Romantis #21
Motor tua lama dibawa
Motor baru tak pernah dicuci
Aku siap memberimu sewa
Sampai kita menemui ajal nanti

Contoh Pantun Lucu

Contoh Pantun Lucu

Menjadi seorang yang humoris tak bisa dilakukan semua orang. Ada beberapa orang yang terlahir menjadi orang yang suka menghibur alias punya jiwa humoris yang tinggi. Menjadi orang humoris juga kadang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Namun dengan contoh pantun berikut, menjadi seorang yang humoris akan menjadi sangat mudah.

Contoh Pantun Lucu #1
Stasiun tugu stasiun kereta api
Tempat jualan si tukang lapis
Hari minggu cuma nonton tipi
Mau jalan dompet dah menipis

Contoh Pantun Lucu #2
Orang bijak santun bicaranya
Orang baik santun perilakunya
Orang pintar cepat berfikirnya
Orang stress bikin status melulu kerjanya

Contoh Pantun Lucu #3
Kalau ada sumur diladang
Bolehlah kita menggosok gigi
Kalau anda ke warung padang
Bolehkah kita ditraktir lagi

Contoh Pantun Lucu #4
Ikan gabus di rawa-rawa
Ikan belut nyangkut di jaring
Perutku sakit menahan tawa
Gigi palsu loncat ke piring

Contoh Pantun Lucu #5
Serigala memakan anjing
Anjingnya anjing kandang
Bagaimana tak ingin kencing
Melihat nenek sibuk goyang

Contoh Pantun Lucu #6
Aku Indonesia
Kamu Pakistan
Aku hanya orang biasa
yang butuh perhatian

Contoh Pantun Lucu #7
Wajamu memang imut
Bodimu kaya siput
Tingkahmu membuat ku salut
Tapi sayang hobimu kentut

Contoh Pantun Lucu #8
Malam pulang bawa kopi
Kopi diminum adik yang lugu
Sayang aku tak bisa mandi
Air mati sudah seminggu

Contoh Pantun Lucu #9
Beli kulkas beli kipas
Dagangnya jualan lemari
Eh kamu sudah kulepas
Jangan lagi mencari-cari

Contoh Pantun Pendidikan

Pantun Pendidikan

Pantun sebenarnya tidak bisa jauh dari dunia pendidikan, karena pantun umumnya dikenalkan di saat proses belajar mengajar khususnya pelajaran Bahasa Indonesia. Namun mata pelajaran bahasa daerah juga sering memperkenalkan istilah pantun. Pantun pendidikan tentunya sangat bermanfaat bagi siswa. Selain memberi pesan moral, pantun-antun bernuansa pendidikan dapat memberikan motivasi dan semangat bahwa pendidikan adalah hal yang penting yang dapat digunakan seumur hidup. Berikut contoh pantun pendidikan dapat disimak dibawah ini.

Pantun Pendidikan #1
Tanam padi di tengah sawah
Sawah subur hasil melimpah
Pagi hari ke sekolah
Sore hari ke madrasah

Pantun Pendidikan #2
Bikin roti pakai terigu
Tidak lupa pakai dua telur
Saat ulangan jangan saling ganggu
Kalau tidak mau nilainya babak belur

Pantun Pendidikan #3
Kain tenun dari Sumbawa
Kain batik dari Pekalongan
Kalau ingin jadi mahasiswa
Sekolah Dasar jangan diabaikan

Pantun Pendidikan #4
Ke toko Lestari beli kain
Bensin habis sampai pagar
Ada waktu main
Harus ada waktu belajar

Pantun Pendidikan #5
Keringat bercucuran di dahi
Saat berhadapan dengan manajer
Kalau tidak mau dimarahi
Rajinlah mengerjakan PR

Pantun Pendidikan #6
Pisau di dapur harus diasah
Supaya daging dapat dicacah
Belajar tanpa mengenal lelah
Niscaya nanti dapat faedah

Pantun Pendidikan #7
Diantara semak belukar
Ada ular serta mangsanya
Jika rajin dalam belajar
Niscaya pintar dan bijaksana

Contoh Pantun Perpisahan

Pantun Perpisahan

Sangat sering kita jumpai saat pidato perpisahan guru di sekolah, rekan kerja di kantor atau di acara tertentu, pembawa pidato memberikan akhiran pantun. Dengan kehadiran pantun di saat acara perpisahan kerap mengundang gelak tawa hadirin yang berada di dalam acara tersebut dan mampu menurunkan suasana kesedihan yang dirasakan saat akan berpisah. Berikut conth pantun perpisahan yang sering kita jumpai.

Pantun Perpisahan #1
Bila ada sumur diladang
Jangan lupa menumpang mandi
Bila ada umur yang panjang
Sampai jumpa suatu saat nanti

Pantun Perpisahan #2
Pucuk pauh delima batu
Anak sembilang di tapak tangan
Biar jauh di negeri satu
Hilang di mata di hati jangan

Pantun Perpisahan #3
Batang selasih permainan anak
Tumbuhnya jarang di tepi telaga
Bercerai kasih bukan kehendak
Paksaan orang dituruti juga

Pantun Perpisahan #4
Malam hari bintang bertaburan
Ingin hati pergi keluar
Bolehlah kita berjauhan
Asal selalu saling kabar

Pantun Perpisahan #5
Bunga Cina bunga karangan
Tanamlah rapat tepi perigi
Adik di mana abang gerangan
Bilalah dapat bertemu lagi

Pantun Perpisahan #6
Bunga lada tingginya sama
Petik setangkup bunga melati
Kanda pergi terlalu lama
Manakah sanggup dinda menant

Pantun Perpisahan #7
Bagaimana tidak dikenang
Pucuknya pauh selasih Jambi
Bagaimana tidak terkenang
Dagang yang jauh kekasih hati

Pantun Perpisahan #8
Jalan-jalan ke Padang
Pergi bersama dengan Yugi
Doakan saya berumur panjang
Supaya kita berjumpa lagi

Contoh Pantun Anak

Gambar Anak-Anak

Pantu tidak hanya dibuat untuk kalangan tertentu lo. Pantun juga ditujukan untuk anak-anak. Selain dengan harapan memberi hiburan, pantun anak juga diharapkan mampu memberi nilai moral yang bermanfaat tentu dengan bahasa yang ringan. Sehingga anak anak dapat menerima maksud yang disampaikan dari sebuah pantun tertentu.

Pantun Anak #1
Tengoklah burung kutilang
Terbang tinggi dia pulang
Mari main dengan senang
Jadi anak yang periang

Pantun Anak #2
Pagi hari baca koran
Baca berita orang hilang
Bermain kejar-kejaran
Badan sehat hati senang

Pantun Anak #3
Ada kain berwarna merah
Sungguh indah dipandang mata
Kalau main jangan marah
Senang sahaja bersuka cita

Pantun Anak #4
Terbang tinggi burung pelatuk
Datang pula burung pungguk
Bahagianya dengarkan atuk
Berdongeng sampai terbatuk-batuk

Pantun Anak #5
Adik duduk depan halaman
Nenek lihat dengan heran
Aku datang ke rumah paman
Hari minggu saat liburan

Pantun Anak #6
Jalan-jalan ke kota Padang
Bersama adik dan juga abang
Angin bertiup dengan sedang
Layang-layang pastilah terbang

Pantun Anak #7
Luas nian langit biru
Saatnya menonton kuda pacu
Kalau dengar Ibu Guru
Bercerita sungguh lucu

Contoh Pantun Dagang

Pantun Dagang

Siapa sangka dagang juga terkadang berjualan dengan menggunakan pantun. Selain sebagai lelucon, pantun secara tidak langsung menjadi salah satu promosi. Dengan menggunakan pantun, orang menjadi terasa tertarik untuk melirik dagangan yang dijual. kalau gak percaya, bisa dicoba deh. Berikut beberapa contoh pantun dagang.

Pantun Dagang #1
Adek minta beli bakpau
Bakpau tidak ada kalau malam
Kami ini dagang merantau
Belum tentu tempat diam

Pantun Dagang #2
Berlayar bertemu bajak laut
Minta tolong tapi sangat sepi
Nasib kami ibarat sabut
Dihempas ombak karam ditepi

Pantun Dagang #3
Laris manis
Tanjung kimpul
Dagangan laris
Duit terkumpul

Pantun Dagang #4
Orang Padang mandi ke gurun
Mandi bergusuk daun lada
Hari petang matahari turun
Dagang berurai air mata

Pantun Dagang #5
Lelah sekali lengan tangan
Ada banyak logam-logam
Kipas-kipas barang dagangan
Harap laris uang di genggam

Pantun Dagang #6
Bertani rimpang-rimpang
Sungguh enak juga sayuran
Kosong semua keranjang
Telah habis di borong juragan

Pantun Dagang #7
Orang sakit doakan semoga cepat pulih
Walaupun itu anaknya pencuri
Silahkan saja ibu bapak pilih pilih
Asalkan jangan di bawa lari

Pantun Agama

Gambar Agama

Seperti halnya pantun pendidikan, kehadiran pantun agama diharapkan dapat menyampaikan pesan moral dan nilai kehidupan yang luhur. Walau pantun memiliki kesan jenaka karena setiap akhir baris berbunyi sama, pantun agama hendaknya menekankan pada nilai moral dan kehidupan yang terkandung di dalam pantun tersebut. Berikut beberapa contoh pantun tentang agama.

Pantun Agama #1
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam si riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang

Pantun Agama #2
Daun terap di atas dulang
Anak udang mati di tuba
Dalam kitab ada terlarang
Yang haram jangan dicoba

Pantun Agama #3
Ketika hanya ada lampu temaram
bunga-bunga tetap merekah
Jika ingin hidup tentram
Jangan lupakan ibadah

Pantun Agama #4
Ayah pergi membeli tembaga
Dipakai untuk merekatkan parang
Apabila ingin masuk surga
Sering mengaji dan sembahyang

Pantun Agama #5
Banyak bulan perkara bulan
Tidak semulia bulan puasa
Banyak tuhan perkara tuhan
Tidak semulia Tuhan Yang Esa

Pantun Agama #6
Wajah kusam jerawatan
Perlu dirawat dari dagu sampai dahi
Nabi Muhammad adalah panutan
Pembawa jalan terang menuju ridho ilahi

Pantun Agama #7
Dari kecil menanam biji
Saat besar jadi pohonan
Sejak kecil rajin mengaji
Makin teguhlah dalam beriman

Pantun Adat

Adat istiadat

Adat istiadat memang tak bisa lepas walau dunia sudah mengalami proses globalisasi. Begitu pula pantun adat, beberapa daerah yang masih kental akan nilai adat istidatanya. Hadirnya pantun adat diharapkan bisa membantu agar tradisi adat istiadat tetap dapat dilestarikan. Pantun biasanya digunakan di berbagai tradisi, salah satunya saat acara meminang. Pantun biasanya dilemparkan oleh kedua mempelai atau perwakilan mempelai sebelum acara meminang dilaksanakan. Gelak tawa pun kadang tak terelakan dan riuh suara sanak saudara yang menghadiri acara tersebut. Sangat unik ya ternyata. Simak beberapa contoh pantun adat istiadat berikut ini.

Pantun Adat #1
Lebat daun bunga tanjung
Berbau harum bunga cempaka
Adat dijaga pusaka dijunjung
Baru terpelihara adat pusaka

Pantun Adat #2
Pagi-pagi pergi ke kebun bunga
Bunga merah namanya bunga mawar
Jika ingin hidup rukun antar sesama
Hormatilah adat budaya disekitar

Pantun Adat #3
Pohon nangka berbuah lebat
Bilalah masak harum juga
Berumpun pusaka berupa adat
Daerah berluhak alam beraja

Pantun Adat #4
Liburan ke kota Surabaya
Berangkat menaikki pesawat
Negara mempunyai beribu budaya
Tanda adat budaya berdiri dengan kuat

Pantun Adat #5
Burung dara burung gelatik
Paling demen dikasih ke Ratu
Ane demen none cantik
Oh Tuhan bagi aye satu

Pantun Adat #6
Pohon nangka berbuah lebat
Bilalah masak harum juga
Berumpun pusaka berupa adat
Daerah berluhak alam beraja

Pantun Adat #7
Blouse itu bentuknya kotak-kotak
Dijual pasti mahal harganya
Orang yang pandai bermain otak
Orang yang baik menjaga adat budaya

Pantun Teka Teki

Teka Teki

Bermain teka-teki tak semata-mata dilakukan dengan format yang serius seperti mengisi teka-teki silang yang kini bisa dimainkan secara online. Dengan pantun, bermain teka-teki bisa sambil melucu dan tentu akan lebih seru. Simak beberapa contoh pantun teka-teki berikut ini.

Pantun Teka-Teki #1
Bandana dan pita dipakai bersamaan
Tampak cantik dengan baju rapi bersih
Hai kau yang hobi makan
Apa nama kue Jawa berambut putih (klepon)

Pantun Teka-Teki #2
Ada tumbuhan ada juga hewan
Ada pula bintang di langit tinggi
Coba tebak kawan
Benda pada kalau dipotong semakin tinggi (celana)

Pantun Teka-Teki #3
Bunga mawar enak dipandang
Ditanam tepat di dekat lembayung
Bila dikau suka berenang
Apa binatang seperti payung ( ubur-ubur)

Pantun Teka-Teki #4
Kalau tuan bawa keladi
Bawakan juga si pucuk rebung
Kalau tuan bijak bestari
Binatang apa tanduk di hidung?

Pantun Teka-Teki #5
Sebuah benda bentuknya bulat,
Ianya ada dari pada besi,
Jika bermain diikat kuat,
Dilempar hidup dipegang mati?

Pantun Teka-Teki #6
Paling enak kukus ubi jalar
Baru makan satu terasa enaknya
Wahai Adikku yang pintar
Binatang apa yang selalu bawa rumahnya (kura-kura)

Pantun Teka-Teki #7
Buah budi bedara mengkal
Masak sebiji di pinggir pantai
Hilang budi bicara akal
Buah apa yang tidak bertangkai?

Pantun Teka-Teki #8
Terendak bentan lalu dibeli
Untuk pakaian saya turun ke sawah
Kalaulah tuan bijak bestari
Apa binatang kepala di bawah ?

Pantun Ulang Tahun

ulang tahun

Momen ukang tahun tentu merupakan momen yang menyenagkan. Akan terasa lebih menyenangkan bisa sambil melempar pantun. Ucapan ulang tahun yang ditulis melalui pantun juga akan sangat berkesan apalagi untuk orang tersayang. Berikut beberapa contoh pantun ulang tahun yang bisa kalian gunakan sebagai kado ucapan.

Pantun Ulang Tahun #1
Musim hujan rawan badai
Cuaca dinginnya seperti es
Happy birthday
Semoga selalu sehat dan sukses

Pantun Ulang Tahun #2
Makan sambal lalap mentimun
Makannya bareng-bareng keluarga
Selamat ulang tahun
Tetaplah buat orangtua bangga

Pantun Ulang Tahun #3
Bude Sumiyati pakai kain tenun
Diiket ke kepala sambil melamun
Selamat yang lagi ulang tahun
Maaf cuma bisa ngasi pantun

Pantun Ulang Tahun #4
Pergi ke Glodok beli hape cina
Harga miring, banyak diskonnya
Bertambah usia mamaku tercinta
Semoga sehat dan senantiasa bahagia

Pantun Ulang Tahun #5
Fadli Jon hobinya ngetweet
Tapi cuitannya tak ada berguna
Maaf sayang lagi gak ada duit
Hadiahnya bulan depan aja

Pantun Ulang Tahun #6
Cristiano Ronaldo beli bunga
Belinya di warung Nobita
Untuk kamu kekasih tercinta
Selamat bertambah usia

Itulah beberapa contoh pantun dari berbagai tema bahasan. Kini kamu bisa buat pantun kalian sendiri lo, yang terpenting kamu ingat ciri-ciri pantun, sehingga akan mudah untuk membuat sebuah pantun. Sekian, terima kasih.

Komentarmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *