Contoh Motto Hidup

  • Whatsapp
contoh motto hidup

    

Contoh Motto Hidup – Jika kita bertanya pada orang-orang sekitartentang motto hidup mereka, mungkin tak banyak yang bisa menjawab. Ada yang mungkin menjawab asal-asalan, atau menjawab dengan sederhana dengan semoboyan hidup orang-orang padaumumnya, namun ada juga yang sangat spesifik dimana mottonya memang benar-benar dirancang dan kompleks. Nah, kalau kalian tipe yang mana ni? Pernahkah berpikir untuk memilih sebuah kalimat atau beberapa kumpulan kata pendek untuk dijadikan motto hidup, semangat, dan motivasi, dan bahkan pegangan tegu dalam menjalani kehidupan? Tak banyak mungkin yang melakukanya, dan punya motto hidup hanya saat ditanya saja. Setelah itu kemudian lupa, dan berganti motto ketika ada orang lain yang bertanya kembali. Seberapa penting sih memiliki motto hidup itu? Coba deh tanyain ke diri kalian sendiri dan orang-orang sekitar kalian. Nah berikut di bawah ini ada beberapa contoh motto hidup yang bisa dijadikan sebuah referensi bahkan bisa kalian pakai sebagai motto hidup kalian.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Kata-Kata Sabar tentang Kehidupan dan Menyentuh Hati Terbaru

Contoh Motto Hidup           

Berikut ini adalah contoh motto hidup meraih kesuksesan. Simak contoh motto hidup berikut ini.

  1. Sukses ialah ketika kita sudah bersiap dengan matang untuk menjemput sebuah kesempatan yang tepat.
    Yakinlah ketika sebuah persiapan dilakukan dengan matang, ia akan menemukan kesempatan yang tepat untuk kemudian meluncur bersama sehingga bersamaan saat itu pula sukses akan datang setelahnya. Karena ketika perjuangan dan usaha sudah dilakukan dengan maksimal, niscaya tak ada cara untuk menghindar dari kesuksesan kecuali dengan menikmatinya.
  1. Kesempatan itu dibuat karena ia tak akan datang dengan sendirinya.
    Apa yang kita lakukan selama ini seperti bersekolah, belajar dengan baik, berusaha dengan keras, sebenarnya adalah bagian dari menciptakan sebuah kesempatan. Yang harus perlu dilakukan adalah terus mencoba, terus bekerja, dan terus berusaha sehingga kesempatan-kesempatan lain akan terus terbuka hingga memang ada sebuah kesempatan yang akan menghantarkan kita menuju kesuksesan.
  1. Semakin bertambah usia berarti kesempatan akan bertambah juga. Jangan pernah berpikir bahwa saat bertambah usia kesempatan akan hilang, justru ada kesempatan-kesempatan lain yang bahkan lebih banyak terus terbuka untuk kita coba dan rasakan. Jangan takut menjadi lebih tua, karena ternyata yang lebih tua yang lebih kuat untuk berjuang.
  1. Terus berjuang dan terus berusaha sembari memupuk sikap yang baik, dan kesuksesan akan datang menghampiri.
    Tak akan ada cara untuk kesuksesan menghindar dari apa yang telah kita kerjakan dengan sungguh-sungguh, perjuangkan mati-matian, dan dengan diiringi keinginan dan sikap yang baik. Maka dari itu jangan berhenti berusaha dan berbuat baik.
  1. Aku bukan manusia aneh, aku hanya segelintir orang yang berbeda dari biasanya.
    Jangan pernah takut menjadi berbeda, jangan pernah ragu untuk berjalan ke arah berlawanan ketika tak satupun sedang bersama denganmu. Karena kamu sedang diuji, seberapa kuat berjalan sendiri sampai suatu waktu kau benar-benar kokoh berdiri dan mempimin barisan di bari paling depan.
  1. Percayalah bahwa perasaanlah yang membuat tempat menjadi terasa indah dan nyaman.  
    Banyak orang bilang kalau tempat ini indah, tempat ini nyaman, namun bila perasaan kita belum tenang, belum aman, tempat yang indah dan nyaman akan menjadi sebuah kenikmatan yang klise, yang sementara. Saat kita sudah berhasil membuat perasaan kita tenang, damai, lingkungan akan mengikutinya, bahkan sekalipun jika kita ke tempat yang tidak indah.
  1. Bermimpi yang besar bukan berarti hanya berkhayal, tapi yakinlah bahwa mimpi yang besar akan memberi motivasi yang besar juga.
    Tak banyak yang berani bermimpi dan berangan-angan yang besar, karena kebanyakan memulai dari mimpi-mimpi yang kecil. Namun tak ada salahnya bermimpi yang besar karena mimpi itu gratis, dan percayalah bahwa mimpi adalah bagian dari  sebuah rencana.
  1. Mimpi yang besar dimulai dengan usaha kecil yang terus diulang dari hari ke hari.
    Walau bermpimpi yang besar, tak harus diwujudkan dengan jalan atau usaha yang besar sekaligus karena kembali kekuatan setiap orang berbeda-beda. Bila tak mampu, lakukanlah dengan usaha sederhana dan kecil namun  terus berulang-ulang sampai ia menjadi besar dan kuat.
  1. Walau gerakku lambat dan kecil, prinsipku hanya satu yaitu tak pernah berhenti.
    Pelan tapi pasti, pelan asal selamat, pelan tapi sukses. Begitulah kira-kira bahwa pelan tidak selamanya melambangkan kemunduran hanya saja kemajuan yang bertahap. Karena maju dengan cepat dan instan juga terancam mundur dengan cepat dan sirnah. Maka pelan, tapi kokoh.
  1. Yakinlah bahwa zona tidak nyamanlah yang akan membuatmu sukses.
    Ketika kamu merasa cukup dan nyaman dengan pekerjaanmu saat ini. Kamu hanya akan bisa sampai sana saja. Tidak ada lebih atau bahkan kurang. Jika berani melompat dan berlari lebih kencang dalam situasi yang tak biasa, kamu akan bisa mendapatkan letupan yang tak pernah kamu rasakan sebelumnya, yang membuat kamu tebang setinggi-tinggiya.
  2. Buat dan nikmati waktu yang berkualitas, karena hidup tak mampu mengulang waktu-waktu yang telah berlalu.
    Kita yang membuat waktu itu menjadi berkualitas. Itu karena kita menghargai waktu, tak menyia-nyiakan setiap detik yang ia persembahkan. Maka dari itu ada yang hidupnya terasa enak dan tidak, itu karena mereka tidak pandai bermain dengan waktu. Selagi ada waktu, nimkati dan manfaatkan untuk hal-hal yang berkualitas.
  1. Ingat rasa takut dan cemas hanya ada dalam pikiran percayalah kenyataan tak semenakutkan pikiran.
    Orang bilang ini, orang bilang itu, lalu kita membangun sebuah pandangan, pandangan yang menakutkan, dan kita berhenti, membatalkan rencana tanpa kita alami. Itu adala sebuah kesalahan terbesar dalam hidup karena mencoba saja belum sempat dan lebih dulu menyerahkan diri. Orang seperti ini tidak akan bisa bertahan dalam situasi apapun.
  2. Layaknya sepeda, kau harus terus mengayuhnya sehingga ia tetap berjalan dengan seimbang. Berjuanglah.
    Hidup tak akan pernah menjadi seimbang bila kau berhenti bergerak. Berhenti membuatmu goyah dan bahkan mudah lelah dan penuh kemalasan yang akhirnya berujung pada kejatuhan. Namun saat kau mampu terus bergerak, kau sedang melawan angin yang menerjang, dan menghalau segala rintangan di depan. Maka dari itu untuk tetap seimbang dan menemukan keseimbangan hidup, teruslah bergerak dan berjuang.
  1. Apapun keputusan yang kau pilih, jangan perah kau sesali entah membuatmu bahagia atau sengsara.
    Tak semua hebat dalam menentukan pilihan. Tak semua juga bisa menerima kekecewaan saat pilihannya tak memuaskan atau tak membuatnya bahagia. Walau begitu, jadilah orang yang bijak, yang bisa menerima baik dan buruk dengan respon yang sama, karena dengan itulah kau menjadi orang yang hebat di masa depan.
  2. Percaya atau tidak kau sedang akan menyelesaikan misimu, kau sudah setengah perjalanan dan bahkan lebih.
    Manusia kadang tak sanggup melanjutkan usahanya karena dia merasa sudah tidak sanggup lagi. Namun ketahuilah bahwa saat itu adalah masa-masa terberat dan kau sedang diuji kesetiannya untuk tetap bertahan dan berusaha karena sebenarnya sukses sudah menunggu di depan mata. Bersabarlah.
  1. Jangan salah pilih kalau ingin bahagia
    Seperti yang biasa orang katakan bahwa bahagia adalah sebuah pilihan. Memang benar adanya, memilih bahagia adalah sebuah kewajaran. Namu caranya akan berbeda-beda bagi setiap orang. Tergantung kita bagaimana meimilh jalan sehingga tak salah pilih dan tak bahagia.
  1. Jangan fokus pada kesalahan orang lain karena itu membahayakan dirimu.
    Fokus pada kesalahan orang lain hanya akan membuang-buang tenaga dan waktumu. Lupakan kesalahannya carikan solusinya, hargai waktu untuk hal yang lebih berkualitas.
  1. Jangan jadikan menunda dan malas adalah alasan kamu tidak sukses.
    Menunda hanya membuatmu menjadi malas, dan semakin terus menunda akan membuatmu menjadi semakin malas. Jangan sekali-kali menunda karena alasan malas karena malas akan terus bertumpuk dan pekerjaan tertunda dan bahkan bisa hilang, dan sukses akan jauh darimu.
  1. Saat kau merasa takut karena kau akan gagal, sebenarnya kau sedang membatasi kemampuanmu sendiri.
    Ketika kau takut gagal kau akan menurunkan usahamu, sehingga kamu tidak akan berpikir lebih dari apa yang seharusnya kamu bisa. Jangan biarkan usahamu padam dan otak berhenti berputar. Selama kau kuat, dia akan kuat juga, namun jangan lupakan istirahat, hanya jangan saja berhenti.
  1. Hari ini masih saja bisa menunda, namun ingat waktu tidak akan pernah menunggu agar kau bisa berjalan beriingan bersamanya.
    Waktu tidak akan pernah terulang, karena ia akan terus berjalan menindas zaman ke zaman. Saat kau menunda hari ini mungkin kau bisa kerjar besok, tapi apakah esok hari akan menunggumu jika kau tak berlari lebih kencang darinya. Jika tak bisa berlari lebih kencang daripada waktu, jangan sekali-kali mencoba untuk menunda. Karena itu akan membuatmu tertinggal, dan selamanya tertinggal.
  1. Berani bermimpi namun belum berarti berani mewujudkannya juga.
    Banyak yang bermimpi besar namun tak banyak yang berani mewujudkan mimpinya. Ini karena keberanian mewujudkan tak semua orang miliki. Mimpi yang besar tak mesti diwujudkan dengan kerja yang besar sekalian, kadang ia perlu dicicil dengan gerakan-gerakan kecil yang perlu waktu lama. Maka dari itu beranikan diri, langkahkan kaki, gerakkan jiwa, walau kecil tapi terus berlanjut hingga yang kecil menjadi besar.
  1. Mendakilah, karena setelahnya, kau akan ingin terus mendaki dan mencoba puncak-puncak lain yang baru.
    Bila satu rintangan sudah kau lewati, jangan senang dan berbesar hati, lanjutkan untuk mencari dan menaklukan rintangan lainnya karena dibalik rintangan itu semua kesuksesan sedang menunggumu dan siap membawamu menikmati indahnya hasil perjuangan sebelumnya. Maka dari itu mendakilah sampai semua puncak kau daki dan nikmat semua kamubawa pulang untuk kau nikmati hingga senja menjemput.                          

Contoh Motto Hidup Singkat      

        

motto hidup

Berikut ini adalah contoh motto hidup singkat. Simak contoh motto hidup berikut ini.  

  1. Berjuanglah seakan besok kau akan mati.
    Selama ini mungkin kita masih santai, masih tenang-tenang, karena mungkin gaji akan tetap masuk dalam jumlah sama, dan semua akan baik-baik saja. Namun bagaimana jika itu tidak sesuai dengan harapan kita. Apakah yang akan kita lakukan? Nah maka dari itu mulailah berusaha seakan hari ini adalah hari terakhirmu dan esok kau telah tiada dan sudah barang tentu tak ada yang bisa dilakukan.
  1. Jika tak mampu menjadi yang pertama, jadilah yang berbeda.
    Ketika semua sudah ada, dan mereka semuanya rata-rata terlihat sama, maka jalan untuk menjadi lebih hebat adalah menjadi yang berbeda. Menjadi berbeda bukan berarti tidak sejalan atau tidak se-frekuensi. Namun menjadi yang beda akan membutikkan bahwa penting menjadi tidak sama dan memilih serta sukses di jalan sendiri yang kita percayai.
  1. Bila ingin merubah duniamu, ubah pikiranmu terlebih dahulu.
    Banyak yang tak tau bahwa membentuk mindset sangat penting. Ketika kau ingin sekelilingmu berubah setidaknya tunjukan bahwa Anda berubah lebih dulu. Karena panutan sangat penting untuk membuat mereka juga terpengaruh dan berubah ke arah yang lebih baik sama seperti yang kamu lakukan.
  1. Pecundang adalah salah satu posisi sebelum menjadi sang juara.
    Tak bisa dipungkiri, tak semua orang bisa menjadi pemenang saat pertama turun dalam sebuah kompetisi. Tentu ia membutuhkan beberapa pengalaman untuk menjadi sang juara dan harus menjadi pecundang terlebih dahulu. Sangat sedikit ditemukan mereka yang langsung menjadi juara. Begitu pula dalam hidup, tak selama usaha yang kita lakukan diawal selalu menjadi sukses. Kadang kita dipaksa menyerah, namun semangat tak boleh patah. Bangkit dan berjuang hingga kesuksesan datang menghampiri.
  1. Seperti Spongebob, dijepit, digilas, namun bangkit lagi.
    Tak banyak orang yang mampu segera bangkit dari keterpurukan. Bahkan mereka butuh waktu yang lama dan melalui masa-masa pemulihan yang tidak mengenakkan. Disaat seperti inilah jiwa dan mental seseorang diuji. Seberapa kuat ia mampu bertahan melawan keadaan dan terus berjuang dengan apa yang dia miliki. Meski ia ditindas, diinjak, walau membalas bukan pilihan, bertahan dan memilih untuk bangkit pada waktu yang tepat adalah cara terbaik yang bisa dilakukan.

Singkat Lucu tapi Bermakna

Berikut ini adalah contoh motto hidup singkat, lucu, dan penuh makna. Simak contoh motto hidup berikut ini

  1. Sadarlah kalau bahagia itu sangat sederhana hanya komentar netizen yang bikin rumit.
    Hidup di zaman modernisasi dimana sosial media menjadi hal yang sangat dipuja-puja membuat orang menjadi semakin penuh obsesi. Obsesi ingin mendapatkan follower yang banyak, obsesi ingin mendapatkan likes dan comment yang banyak. Bahkan atas nama kebahagian, ada banyak pengorbanan yang bahkan tak “bahagia” di dalam kehidupan nyata. Hanya kepura-puraan yang diunggah sehingga mendapat likes dari netizen dan kemudian menjadi senang. Namun apakah itu esensi hidup yang bahagia. Apakah perlu turut campur netizen di dalamnnya? Bukankah kebahagiaan kita yang menjalani dan menikmati sendiri atau dengan pasangan? Hidup sesederhana mematikan kolom komentar dan bebas melakukan apa yang baik dan bahagia menurut kita akan membuat hidup menjadi berarti.
  1. Kita perlu bekerja seperti tuyul, tak perlu keliatan atau bahkan pujian, namun hasilnya jelas.
    Tak sadar kadang kita sedang membocorkan rahasia atau rencana pribadi ke orang-orang sekeliling kita dengan sosial media. Kita mungkin melihatnya biasa saja. Namun sebenarnya kita sudah melanggar privasi kita sendiri. Banyak orang mengelak, itu hanya sebuah motivasi, dan mencari galangan dukungan ke orang-orang sekitar kita. Pertanyaannya adalah apakah mereka benar-benar mendukungmu di belakang kalian? Tak bisa kita jawab pasti karena ini hanya sebatas sosial media.

    Bekerja diam-diam, layaknya seorang tuyul, tak ingin pujian sehingga tak akan ada cacian saat terpuruk, dan menghasilkan dengan jelas dan besar. Kadang manusia perlu mengambil hikmah dari seorang tuyul. Walau tak selamanya harus seperti tuyul.
  1. Hati-hati pada senyuman, kadang ia dapat menghanyutkan.
    Kefanaan dunia semakin terlihat jelas saat ini. Senyum tak selamanya adalah sebuah senyum, bahagia, keindahan. Sedih tak selamanya sebuah kesedihan, keterpurukan, bahkan bisa saja berupa kepura-puraan. Karena hitambisa terlihat putih dan begitu pula sebaliknya yang putih terlihat hitam.
    Manusia sangat hebat bermuslihat dan bersilat lidah. Hati-hati dalam menjalani hidup dan tetap waspada pada setiap orang yang kita temui adalah hal yang utama. Karena hanya kita yang mampu menyelamatkan diri kita sendiri, orang lain saat ini juga hanya berpikir untuk dirinya sendiri. Jadi lebih baik melindungi diri sendiri dan tak mengharapkan orang lain akan membantu. Namun sebaliknya saat diri sudah terlindungi, jangan pernah takut untuk membantu melindungi orang lain. Selamatkan mereka dari senyum yang palsu dan sedih yang penuh kepura-puraan.
  1. Seringlah bermasalah, tapi ingat belajarlah dari masalah.
    Banyak cerita orang-orang sukses yang kini sudah berumur bahwa mereka saat kecil adalah seorang pembangkang, nakal, dan sering berurusan dengan otoritas. Namun apakah kita perlu kembali memutar waktu dan memilih menjadi pembangkang di sekolahan, kampus, dan masyarakat? Tidak. Kita hanya perlu mencoba banyak hal yang membuat kita bermasalah dalam hal positif dan kita belajar dari banyak hal tersebut untuk semakin dewasa dalam berpikir dan melihat dunia. Karena hanya dengan itulah kita bisa belajar dan benar-benar mengambil pengalaman sebagai guru terbaik untuk kita berjuang di masa yang akan datang.
  1. Jangan pernah membalas, karena belum tentu ia yang memberi.
    Sering sekali kita melakukan balas budi. Namun apakah benar ia yang melakukan kebaikan itu untuk kita. Kita tak pernah tahu karena hanya Tuhan lah yang tau sebenarnya. Maka dari itu membalas budi atau kebaikan kepada orang yang memberikan kebaikan pada kita sewajarnya tak mesti dilakukan. Kita yang menilai dan kita yang mengukur. Berbuatlah untuk semua, tak perlu hanya pada satu orang yang terlihat sedang memberikan kebaikan pada kita.
  1. Jangan coba mengubah dunia karena pikiranmu saja belum kau ubah.
    Hari ini kau bilang kau akan mengubah dunia, membuat semua terlihat baik dan menarik. Apakah kau sudah mengubah dan membenahi pikiranmu? Cita-cita yang terlalu jauh kedepan bahkan melupakan diri sendiri sangatlah klise. Jangan pergi ke kota ke-10 bila kota ke-1, ke-2, dst belum kau lewati. Kau akan kaget disana, bahkan bisa saja kau tenggelam disana karena kau tak tau ternyata kota ke-10 banyak airnya dan kau tak bisa berenang.
    Memulai dari hal-hal kecil tentu akan lebih baik dibandingkan langsung membuat yang besar dan tak tau kemana melanjutkannya. Ulang dan ubah pikiranmu, dunia akan bergerak mengikutimu.
  1. Tujuan hidupmu adalah kebahagiaanmu, bukan benda yang kau miliki.
    Tak banyak yang menyadari bahwa tujuan hidup jauh lebih penting dari sekedar memiliki barang-barang mewah nan mahal. Banyak yang menganggap saat kau punya barang-barang yang mewah nan mahal, kau akan bahagia. Belum tentu, bisa saja kau terlilit banyak hutang atau ada masalah lain yang menghampiri. Maka dari itu membuat tujuan hidup yang jelas, membuat rencana untuk meraihnya, dan mengeksekusi rencana-rencana tersebut dengan baik, hingga mendapatkan hasil berupa tujuan yang kau inginkan akan sangat mengesankan.
    Ingat bahwa benda bukan sebuah kebahagian, ada kebahagian yang utuh dibalik benda itu yaitu tujuan hidup yang tak banyak manusia sadari.
  1. Kerjakan yang kau bisa, jangan pedulikan orang lain, karena itu hanya akan membuatmu terhambat dan terlambat.
    Saat kau mempedulikan orang lain dan terlalu mamasukan perasaan orang lain pada pekerjaanmu, saat itu kamu akan merasa kesulitan. Ketika perasaanmu dan perasaan orang lain tersebut tercampur kamu akan kesusahan untuk melakukan pekerjaanmu sehingga,kamu terhambat dan bahkan bisa telambat.
    Tidak banyak orang yang mampu percaya pada diri sendiri, dan tidak sedikit pula yang menghiraukan orang lain agar ia tak dihambat pekerjaanya. Yakin pada kemampuan diri sendiri adalah hal yang paling penting dalam mengerjakan sesuatu. Karena bila kepercayaan diri itu tumbuh secara natural dari diri kalian, saat itu kalian sudah tidak perlu orang lain atau bahkan memikirkan perasaan mereka. Terlalu mencampukan perasaan orang lain dapat berbahaya bagi diri sendiri. Berjalanlah sendiri dan resiko atau rewardnya akan kita rasakan sendiri.
    Namun disisi lain kritik dan masukan orang lain harus tetap kita dengar untuk kita bergerak maju dan lebih baik. Ambil kritik atau masukan yang baik dan buang sejauh-jauhnya kritik yang tidak berguna atau bahkan hanya sebuah umpatan semata.
  1. Jangan paksa dirimu untuk mencintai sesuatu, katakan ya dan tidak secukupnya.
    Ini adalah akibat dari pemaksaan kehendak diri untuk menyukai sesuatu yang tidak seharusnya kita sukai. Begitu pula sebaliknya membenci hal yang seharunya tidak ia benci. Kembali ke jati diri dan bangun percaya diri, lihat sesuatu dari sudut pandang kita yang lebih baik tentu mengurangi rasa keterpaksaan kita terhadap suatu hal, baik menyukai ataupun membenci.
    Kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam sebuah kehidupan. Apa gunanya berbohong bila akhirnya ketahuan di belakang dan menghancurkan segalanya. Jujur akan membuat semuanya lebih baik dan tidak banyak manusia yang sadar akan hal itu.
    Belajar menjadi jujur adalah pelajaran terberat yang mungkin pernag dilakukan dalam sejarah kehidupan manusia.
  1. Urus hidupmu sendiri karena waktumu terbatas
    Tak banyak manusia sadar bahwa hidup mereka sudah mereka urus dengan baik atau belum. Bahkan mereka rela menghabiskan waktunya untuk mengurus hidup orang lain yang mana itu hanya sebuah omong kosong dan sia-sia. Mencampuri urusan orang lain adalah perbuatan paling tidak berguna sepanjang hidup manusia kecuali memang mereka meminta bantuan pada diri kita.
    Inisiatif manusia kadang belebihan hingga membatasi koridor dan urusan pribadi seseorang. Maka dari itu tak jarang kita melihat pertengkaran di media sosial karena ikut campur atau keikutsertaan orang ketiga dalam sebuah masalah.
    Mengapa semua belum sadar bahwa urusi diri sendiri, berbuat banyak kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain akan lebih baik dari pada ikut nyinyir dan mengurus hidup orang lain yang belum tentu lebih baik dari hidup kita. Bukankah hidup akan lebih baik dan lebih berkualitas kedepannya. Mari sadarkan diri sendiri terlebih dahulu.
  1. Mulailah sekarang atau menyesal untuk selamanya.
    Apakah sanggup 20 tahun lagi untuk membayar uang air atau uang listrik? Apakah sanggup membeli makanan yang sama di hari ini dan 20 tahun lagi? Jangan pertaruhkan masa depan saat masa depan itu datang. Lebih baik lakukan yang terbaik hari ini karena masa muda atau bahkan hari ini tak akan terulang.
    Sudahkah mulai meniti masa depan sejak dini? Tak sedikit orang hanya bekerja untuk hari ini. Padahal hari esok lebih penting dari hari ini. Maka dari itu pikirkan hari esok hari ini karena hari esok akan terus datang dan datang menimpa dan kita jangan sampai tenggelam dibuatnya.
    Percayalah ini penting, dan jangan sampai melewatkannya. Maka dari itu jangan hidup untuk hari ini saja.
  1. Dunia tak akan selamanya gelap dan selamanya terang.
    Seperti apa yang kita rasakan, bahwa siang yang terik dan panas yang membakar tak akan selamanya bertahan. Ia akan berubah menjadi sore yang tenang dan sejuk. Bahkan berubah menjadi malam yang gelap gulita, dingin, dan penuh ketidakpastian. Esoknya pun bisa menjadi pagi yang mendung dan hujan lebat menyusul. Begitu pula seterusnya. Ini berarti bahwa tak selamanya hidup akan terpuruk, karena roda berputar sekarang dibawah besok bisa jadi diatas bahkan ditengah-tengah untuk sesekali.
    Dengan ini kita belajar bahwa keterpurukan akan mampu diubah menjadi kejayaan bila mau bangkit dan berjuang. Kejayaan bisa jadi keterpurukan bila tak mau berjuang dan hanya tinggal dengan santai. Begitulah adilnya semesta menciptakan kehidupan, ia akan memihak orang-orang yang berjuang dan bertindak tegas pada mereka yang malas dan tak punya daya untuk berusaha.
    Yakinlah, usaha hari ini tak akan dihianati oleh hasilnya nanti. Semua sudah diatur, malam yang gelap dan dingini bisa jadi menjadi malam yang hangat dan penuh gemerlap. Sabar, waktu yang akan menjawab dan menunjukan jalannya.
  1. Burung yang kuat adalah burung yang kedua sayapnya sama-sama kuat.
    Ketika salah satu tangan kita sakit, tentu kita tidak bisa bekerja dengan maksimal. Begitu pula kaki, ketika salah satu kaki sakit, maka jalanpun tidak akan menjadi mulus, pincang terasa. Burung pun juga begitu, burung yang bisa hidup sampai saat ini adalah burung yang kedua sayapnya kuat. Ketika salah satu sayapnya terluka, ia tak akan bisa terbang, bahkan kesakitan, dan tak bisa mencari makan, tak ada yang merawat, dan lambat laun akan meninggal.
    Manusia juga seperti itu, ketika tekad atau keinginan kuat, dan diiringi usaha dan daya juang uang kuat juga, disana ia akan mendapatkan apa yang disebut kesuksesan.Ketika hanya salah satu saja yang kuat, tekad kuat namun tanpa usaha, atau bahkan usaha saja yang luat tanpa ada tekat dan keinginan yang kuat, tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan apalagi kata kesuksesan. Kedua hal itu harus menjadi dasar kita menjalani hidup agar jalan menjadi terasa lebih mulus walau kerikil masih tetap harus kita hindari di pertengahan jalan.

Motto OSIS SMA

Berikut ini adalah contoh motto hidup OSIS SMA. Simak contoh motto hidup berikut ini.  

  1. Belajar dari sebuah kegagalan adalah hasil dari sebuah pelajaran kebijaksanaan
    Tak semua mampu bangkit saat sedang jatuh dan terpuruk. Namun satu hal yang harus benar-benar diperhatikan saat itu semua terjadi. Belajar, belajar apa yang menyebabkan diri ini gagal saat itu. Karena hanya itu saja yang bisa kita cari dan ambil saat kegagalan menghampiri.
  1. Jangan cari alasan untuk kita berbuat baik pada orang lain
    Tulus dan ikhlas dalam melakukan apapun sangatlah penting terlebih saat membantu seseorang. Kadang kita sering mencari alasan untuk apakita menolong seseorang, apa yang kemudian kita dapat jika kita bantu sekarang. Itu adalah pola pikir yang tidak baik, pola pikir yang salah. Apapun yang kita lakukan khusunya memberikan bantuan, sudah saatnya kita tidak mementingkan alasan apalagi imbalan. Karena kita harus yakin karma baik dibalas karma baik pula.
  1. Kadang diam lebih penting dari pada banyak bicara yang mungkinhanya berakhir dengan omong kosong.
    Mendengarkan lebih bijak daripada berbicara dalam konteks tertentu. Sangat sulit mencari orang untuk bisa mendengarkan dengan baik dan sangat mudah menemukan orang yang banyak bicara. Namun apakah salah banyak bicara, tidak juga. Melihat situasi dimana harus mendengarkan dengan seksama dan berbicara dengan lugas dan tegas sangat penting agar kita diperhitungkan dalam kehidupan sosial baik pertemanan dan di masayarakat.
  1. Kebebasan yang sebenarnya adalah ketika kita benar-benar disiplin dengan prinsip hidup sendiri.
    Saat kita disiplin dengan apa yang kita kerjakan, melakukan rencana kita dengan baik, saat itulah kita sedang menikmati sebuah kebebasan yang sesungguhnya. Itulah hal yang tak banyak orang sadari bahwa mereka sedang menikmati kebebasan yang hakiki.
  1. Secepatnya genggam dunia atau dunia akan meremasmu.
    Jika kita tak lebih cepat dengan yang lain, kita dapat terpental dan bahkan terserat dalam keterpaksaan. Dunia akan terus bergerak, orang-orang akan terus berlari. Bila kita tidak ingin cepat-cepat bergerak dan ikut berlari dunia akan meninggalkan kita. Kita akan berada pada bagian terbelakang dan terlunta-lunta saat masa depan itu tiba. Wujudkan sekarang atau tidak selamanya.
  1. Merendah tidak membuat kalah, hanya mengalah.
    Hal yang tidak banyak orang sadari adalah betapa pentingnya untuk tidak selalu meninggi dan selalu mengharap menjadi yang paling dihormati karena sedang berdiri di barisan tertinggi. Dengan merendah pun sebenarnya kita bisa menjadi tinggi dan terlihat terhormat di mata orang lain. Kita yang membentuk diri kita. Mengalah tak akan selamanya kalah begitu juga dengan merendah. Tak selamanya akan menjadi paling rendah.
  1. Meski hidup terus bergerak kedepan, kadang menoleh kebelakang untuk memahami juga penting dilakukan.
    Masa lalu tak selamanya kenangan buruk dan kenangan-kenangan tak berguna karea semua berakhir mengecewakan. Banyak hal sebenarnya yang kita bisa pelajari dari masa lalu. Masa lalu adalah guru terbaik karena ia akan memberi tahu kita untuk tidak melakukannya kini di masa depan. Berterima kasihlah kita seharunya dengan masa lalu karena berkat ia kita menjadi lebih baik.
    Jangan lipakan masa lalu, jadikan ia kenangan berharga untuk belajar menjadi lebih baik di masa depan.
  1. Hidup akan berakhir saat kita diam dan tak mampu lagi merespon dunia sekitar.
    Disaat kita benar-benar diam dan tak berbuat apa-apa bahkan tidak merespon lingkungan sekitar kita. Kita akan segera terbunuh oleh ketidakberdayaan kita sendiri. Aktivitas dan respon kita pada dunia sebenarnya menunjukan perjuangan dan usaha kita untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.
    Jangan sampai kita tertinggal dunia karena tak mampu bertahan dan merespon dunia. Dan berujung pada ketidak berdayaan diri sendiri.
  1. Buat dan ciptakan waktumu sendiri, jangan kau tertinggal.
    Hidupmu adalah segala tentang dirimu. Bukan lagi tentang keluargamu atau bahkan lingkunganmu. Kamu yang menyelesaikan apa yang kamu mulai dan kamulah sendiri yang memperjuangkan apa yang kamu sedang usahakan. Tak ada orang lain yang kau jadikan andalan, dirimu lah yang seharunya kau andalkan untuk menggapai mimpi dan cita-citamu.
    Mulai hari ini kau harus berpikir untuk membuat peluang itu dan menciptakannya untuk dirimu sendiri bahkan orang lain di sekitarmu. Sehingga kau akan berguna.
  1. Bila sungguh ingin pada sesuatu, kau akan segera mendapatkannya bila kau segera mencari caranya.
    Kau tau apa yang kau inginkan dalam hidupmu. Kau juga tau apa yang seharunya kau lakukan untuk mendapatkan apa yang kau inginkan dalam dirimu. Hanya saja kemauan dan usaha kadang tidak mampu kau imbangi sehingga keinginanmu sampai saat ini belum mampu terpenuhi. Nah kalau begitu, kau harus mempertimbangkan cara dan seberapa besar usahamu untuk bisa meraih apa yang kamu inginkan.

Motto Bijak

contoh motto hidup

Berikut ini adalah contoh motto hidup bijaksana. Simak contoh motto hidup berikut ini.

  1. Bila mereka bisa, kenapa kamu tidak. Kamu bisa.
    Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Semua orang punya kesempatan yang sama, dan semua berhak atas hak-hak kehidupan yang sama rata. Hanya saja terbatas bagi mereka yang benar-benar mau berusaha dan bekerja keras. Barang siapa yang memang serius dan ingin mewujudkan mimpi-mimpinya. Dialah yang akan mendapat apa yang ia inginkan.
  1. Karyamu punya pasti punya tempat, bersabarlah
    Saat karyamu belum dihargai bersabarlah. Mungkin saja kamu belum menemukan orang yang tepat atau tempat yang memang menghargai potensi dan karya-karya yang kamu ciptakan. Bersabarlah, hari demi hari kamu akan temukan orang atau tempat yang menghargai karya dan potensi dirimu.
  1. Kegagalan terjadi karena takut gagal
    Takut gagal adalah hal yang membuat kamu memantik api kegagalan untuk apa yang kamu lakukan bersama upaya dan usahamu. Takutlah menjadi sukses karena kamu akan terus bekerja dan mempertahankan kesuksesan itu. Maka dari itu saat memulai sesuatu, lakukan dengan sungguh-sungguh. Lakukan dengan penuh percaya diri dan keyakinan bahwa kamu akan sukses memperjuangkan apa yang kamu sedang perjuangkan.
  1. Mulailah dengan membiasakan hal kecil yang baik dan berulang-ulang
    Membiasakan melakukan hal-hal kecil dan positif berulang-ulang adalah ciri bahwa kesuksesan akan datang menghampiri walau tetap harus sabar dan terus berusaha. Ingat perusahaan yang besar dia mulai dari toko kelontong yang kecil. Walau memang ada usaha yang besar dimulai dari hal besar itu hanya terjadi kebetulan dan tidak banyak bisa dihitung.
  1. Gagal seriang terjadi karena rencana melebihi pikiran
    Jangan buat rencana yang melebihi pikiran dan bahkan kenyataan. Bisa saja itu hanyalah khayalan. Tekadang sangat penting untuk menjadi realistis, karena idealisme akan membunuhmu perlahan saat idealisme itu tidak mampu berjuang dan bahkan kau perjuangkan. Buat, rencanakan, dan sesuaikan dengan keadaan adalah cara terbaik untuk terus bisa bertahan dan mendulang kesuksesan.
  1. Percayalah mereka yang sukses lewat jalan pintas hanya bertahan sementara
    Percaya tidak percaya, orang dalam memang pilihan terbaik dalam mencari kerja agar dapat berjalan dengan mulus. Namun apakah orang dalam bisa mempertahankan kita jika kita tak bisa mempertahankan apa yang telah ia beri pada kita. Belum tentu, ini ditentukan sedalam apa orang itu dengan kalian.
    Ingat usaha sendiri yang akan mempertahankan kesuksesanmu. Kamu akan lebih menghargai diri dan pekerjaanmu. Karena bila kamu terus mengandalkan jalan pintas, ada lo hal di dunia ini tak bisa dijalani dengan jalan pintas. Kamu akan tau sendiri.
  1. Dengarkan cerita dari sisi yang berbeda sehingga kau akan lebih paham yang sesungguhnya.
    Banyaklah mencari referensi sehingga kau akan mampu menilai dari beberapa sudut yang berbeda karena satu mata dengan satu arah yang sama tidak cukup detail dan jelas untuk memberi penilaian pada suatu hal.
  1. Kamulah yang sebenarnya menciptakan kerisauanmu, buka orang lain.
    Saat kau risau akan sesuatu sebenarnya kau sendiri yang membuat kerisauan itu. Ingat risau tidak datang dari orang lain. Kaulah yang membuatnya sendiri dan kau juga yang bisa menghilangkannya bukan orang lain.
  1. Sulit dan mudah berdampingan, begitupula masalah dan solusi.
    Tak semua masalah mudah, tak semua masalah sulit, itulah kenapa solusi pasti saja ada untuk setiap masalah. Sabar dan tenang adalah hal penting unutk bisa menyelesaikan masalah dengan solutif.
  1. Antusiaslah yang mampu merubah kegagalan menjadi kesuksesan
    Jangan menyerah bila gagal sekali atau bahkan dua kali, atau bisa jadi tiga empat kali. Tetaplah antusias, tetaplah mencoba, karena semakin sering hal susah akan segera menjadi mudah.
  1. Ketekunan adalah sikap pembeda orang sukses dan tidak.
    Sukses pada seseorang hanya bisa dibedakan dari tekun dan tidak tekunnya seseorang menjalani apa yang sedang dia perjuangkan. Banyak orang sukses di dunia ini, tak semuanya orang sukses itu orang tekun. Tapi yakinlah bahwa semua orang yang tekun adalah orang yang sukses.
  1. Pikirkan yang berguna dan jangan risaukan yang tidak berguna.
    Tak ada gunanya bila terus saja memikirkan hal yang tak berguna bagi kita. Pikirkan dan cari mereka yang berdaya guna.
  1. Sedikit lagi adalah kesuksesan, jangan sampai kehilangan moment itu. Karena sabar itu penting dan berhenti bukan pilihan terbaik.
    Setiap perjuangan pasti menyakitkan, setiap perjalanan pasti melelahkan, istirahat boleh saja, asal janganberhenti atau bahkan memutar arah. Pilihan hanya satu yaitu melanjutkan jangan sampai membuat pilihan lain untuk berhenti dan memutar arah karena itu taka akan membuat perubahan.
  1. Saat gagal, kepasrahan sedang diuji dan saat berjaya, kerendah-hatian sedang diuji pula.
    Jangan pasrah saat kita sedang susah, coba terus lakukan hingga ia menjadi mudah. Ingat saat sudah mudah nanti, jangan sampai lupa diri dan terlalu santai karena ia bisa menjadi susah lagi.
  1. Kamu tak tau apa yang sebenarnya mereka alami, jadi jangan coba bandingkan hidupmu dengan mereka.
    Masing-masing orang punya jalan hidupnya masing-masing. Jalanku, beda dengaan jalanmu, begitupula jalan mereka. Jadi jangan samakan atau bahkan bandingkan hdupmu dengan aku, dan mereka. Karena kita semua berbeda.
  1. Perbaiki dirimu jangan perbaiki mereka yang datang padamu, karena bisa saja cara pandangmu yang salah terhadap mereka.
    Cara pandang membuat kita menjadi salah kaprah pada suatu hal. Cara pandang juga membuat kita khilaf pada suatu hal. Perbaiki cara pandangmu dan kau akan lihat sisi lebih baik dari dirimu dan mereka yang datang kepadamu.
  1. Ikuti kata hatimu agar kau tak berakhir di dunia dengan sia-sia.
    Kau tau apa isi hatimu dan kau harus perjuangkan itu agar kelak dunia tidak meninggalkanmu.
  1. Merangkak naik lebih susah dari pada terperosot ke bawah, itulah sebabnya banyak yang belum sukses karena tak berani melanjutkan untuk merangkaknaik dan memilih untuk turun. Padahal di tempat lain ia juga mulai merangkak naik.
  2. Proses adalah segalanya dalam hidup, jika proses tak kita hargai dan nikmati, hasilnya pun juga seperti itu.
    Menikmati perjalanan berdharmawisata akan lebih indah dibanding sampai ke tempat wisata. Begitu pula dengan perjalanan hidup, susah senang harus dinikmati karena tak ada yang lebih nikmat dari menikmati perjalanan itu sendiri.
  1. Sukses tak ada rahasia, semuanya terbuka asal dengan kerja keras dan tekad yang jelas.
    Tak ada yang tau rahasia sukses dan tak ada yang bisa mengikuti rahasia sukses dengan baik. Kamu, aku, kita, dan mereka punya rahasia sukses tersendiri yang tak banyak bisa kita sadari. Coba saja gali dan tanyakan pada diri sendiri.

Nah yang manakah kalian pilih untuk motto hidup kalian? Apakah ada pada contoh motto hidup diatas? Semoga ya.

Sekian contoh motto hidup, semoa dapat menginspirasi kita semua. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *