Cara Membuat Stiker di Whatsapp

cara membuat stiker whatsapp

Cara Membuat Stiker di Whatsapp – Belakangan Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chat yang paling digermari orang karena aplikasinya terbilang ringan dan sangat simple. Fitur-fiturnya juga sangat mudah untuk dipakai dengan interface yang juga sangat sederhana namun terlihat sangat elegant. Jika disandingkan, ini aplikasi  adalah pengembangan dari pesan singkat biasa (SMS) yang ada di setiap fitur handphone dimana pulsa diganti dengan data seluler, didukung dengan pengiriman foto/video/file, fitur panggilan suara dan video, dan didukung dengan penggunaan secara bersaman menggunakan Web melalui PC/Laptop. Nah kemudian kini Whatsapp tidak ingin penggunanya kehilangan fitur stiker-stiker yang unik yang sempat menjadi primadona pengguna aplikasi pesan singkat. Stiker-stiker ini sangat populer beberapa tahun yang lalu saat beberapa aplikasi pesan singkat sangat gencar memperkenalkannya ke khalayak banyak. Nah kali ini Whatsapp ingin orang-orang kembali ramai menggunakan stiker sebagai salah satu fitur dalam berbalas pesan/chat.

BACA JUGA: 10+ Contoh CV (Curriculum Vitae) untuk Lamaran Pekerjaan Terbaru

Beberapa orang kadang susah mencari kata-kata untuk membalas sebuah pesan yang bisa berupa pertanyaan atau pernyataan. Selain itu beberapa orang juga memilih tidak menjawab dengan kata-kata melainkan menggunakan medium stiker sebagai salah satu solusinya. Entah ini adalah hal yang tepat atau tidak, stiker sudah sangat lumrah digunakan di kalangan pengguna pesan singkat berbasis aplikasi. Dalam beberapa hal stiker digunakan sebagai pengeras arti atau memperjelas sebuah pernyataan, misalnya untuk mengungkapkan persetujuan, ketidak setujuan, atau bahkan respon terhadap sebuah fenomena yang mereka jelaskan melalui sebuah pesan singkat. Di lain sisi, stiker juga bisa menjadi media awal untuk memulai sebuah percakapan khususnya bagi mereka yang masih merasa canggung, malu, atau segan ingin memulai obrolan, ini sih biasanya kamu remaja yang lagi kasmasaran, dan mungkin saja salah satu dari kalian.

Berbeda dengan emoticon, stiker memberikan sebuah kelebihan dari segi kreatifitas. Emoticon biasanya hanya terbatas dengan ekspresi wajah dan karakter-karakter tertentu yang sifatnya sederhana. Stiker cakupannya lebih luas, bisa dengan teks, atau gambar-gambar tambahan yang mana membiarkan kreatifitas berkembang lebih jauh. Bahkan kini sudah ada aplikasi tertentu yang memberikan kita akses untuk membuat sebuah stiker sesuai dengan keinginan dan selera kita. Dengan bahan-bahan yang disediakan aplikasi dan membolehkan kita untuk mencari bahan tambahan dan kemudian menuangkannya kedalam sebuah stiker, dan bisa kita gunakan bahkan orang lain gunakan pula.

Berikut ini kami sajikan berbagai cara membuat stiker di Whatsapp yang dapat kalian lakukan sendiri dan menumpahkan seluruh kreatifitas kalian untuk membuat sebuah stiker yang sesuai dengan selera dan keinginan kalian. Simak berbagai cara membuat stiker di Whatsapp berikut ini.

Membuat Stiker Whatsapp

cara membuat stiker whatsapp

Membuat stiker WA sendiri dan kemudian menggunakannya tentu merupakan sebuah kebanggaan. Nah berikut ini adalah cara membuat stiker Whatsapp (WA) dengan menggunakan gabungan beberapa aplikasi. Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama kalian harus menyiapkan 3 foto yang kalian akan gunakan untuk membuat stiker.
  2. Bila sudah siap, lanjutkan dengan menghapus background dari ketiga foto yang akan digunakan untuk membuat stiker terlihat lebih bagus dan memunculkan foto utama yang akan menjadi bahan stiker yang utama.
  3. Menghapus background dapat kalian lakukan dengan menggunakan aplikasi “Background Eraser” .
  4. Bila background sudah terhapus, akan keliatan foto utama untuk bahan stiker, dan akan terlihat lebih menarik.
  5. Langkah selanjutnya adalah tambahkan kata-kata. Stiker bergambar dan lengkap disertai kata-kata akan terlihat sangat kreatif apalagi perpaduannya pas.
  6. Langkah ini dapat kalian lakukan dengan menggunakan PicsArt. Aplikasi-aplikasi ini daoat kalain dapatkan di Google Play atau Apps Store.
  7. Untuk  menambahkan kata pada foto sangat mudah, klik ikon ‘+’ dan memilih foto yang telah dihilangkan latar belakangnya.
  8. Kemudian pilih “teks” dan tuliskankata-kata yang tepat untuk menambah hiasan stiker tersebut.
  9. Terdapat pilihan warna dan besaran font sehingga bisa disesuaiakn dan tidak menggangu foto latar belakang stiker.
  10. Bila sudah selesai membuat tulisan yang pas, bisa langsung simpan gambar tersebut.
  11. Nah untuk tahap memasukan stiker yang telah jadi tadi ke Whatsapp kalian perku download satu lagi yaitu “Personal Stiker for Whatsapp”.
  12. Bila sudah menginstal app tersebut, kalian bisa langsung jalankan.
  13. Saat membuka aplikasi tersebut kalian akan memasukan 3 sticker yang telah kalian buat tadi.
  14. Kemudian tekan “Add” untuk menambahkan sticker-sticker tersebut ke Whatsapp.
  15. Bila sudah, buka aplikasi Whatsapp kalian dan cari di bagian sticker dan kalian bisa menemukan sticker buatan kalian.
  16. Kalian bisa langsung mencoba memakainya.
  17. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Itulah cara membuat sticker Whatsapp dengan mengunakan beberapa aplikasi gabungan. Selamat mencoba.

Membuat Stiker Whatsapp Sendiri

Kalian pengen design stiker kalian sendiri? Suka-suka kalian, mau-mau kalian, bebas deh, pokoknya kreatifitas sendiri. Nah kalau pengennya kayak gitu sekarang udah gampang banget buat stiker suka-suka kalian buat kalian pake di Whatsapp kalian, biar temen-temen kalian tahu, kalian bisa juga lo kustom stiker kalian sendiri. Berikut adalah  cara membuat sticker Whatsapp sendiri. Simak langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, kalian memerlukan dua buah aplikasi yang akan membantu menlancarkan usaha kalian untuk meng-custom­ stiker Whatsapp kalian sendiri. Aplikasi tersebut adalah Personal Stiker for WhatssApp dan Background Eraser.
  • Langkah kedua, kalian pilih beberapa foto yang akan kalian jadikan stiker WhatsApp. Bila kalian belum sempat mengambil foto, boleh kalian lakukan sekarang. Kalian bisa pakai gambar kalian sendiri, keluarga, atau teman, namun tetap dengan izin ya. Nanti kalau tidak, bisa berbahaya. Kalau mau cari aman, pakai foto sendiri saja.
  • Selanjutnya, bila sudah mendapatkan foto, edit foto tersebut, editnya sederhana saja, yaitu hapus backgroundnya sehingga nanti akan keliatan menyatu pada layar Whatsapp. Maka dari itu penting melakukan proses foto yang benar, paling tidak dengan menggunakan layar yang warnanya mendasar atau satu warna, sehingga akan mudah untuk dihilangkan atau dihapus. Gunakan aplikasi “Background Eraser”
  • Setelah selesai mengedit, simpan gampar tersebut dalam format PNG
  • Kemudian, masukan hasil-hasil editan dari kumpulan foto tersebut ke aplikasi “Personal Sticker for Whatsapp”
  • Bila sudah, kalian hanya perlu melakukan “Add”.
  • Setelah langkah diatas berhasil, kalian buka aplikasi “Whatsapp” pilih di bagian stiker, cari dan kemudian download stiker kalian.
  • Kini kalian bisa gunakan stiker kalian sendiri, selamat mencoba, semoga berhasil.

Buat Stiker Whatsapp Di Iphone

cara buat stiker wa

Buat kalian Iphone user, kadang kalian berpikir bakal susah nih bikin lewat Iphone karena kita semua paham ya, Iphone itu hp sultan apa apa beli, apa apa premium, apa apa mahal, jangan khawatir, tak ada kocek yang perlu dirogoh untuk membuat sebuah sticker kustom sesuai dengan keinginan dan selera kalian. Jangan ragu, coba cek cara membuat stiker Whatsapp di Iphone berikut ini.

  1. Langkah pertama kalian download aplikasi ”Top Sticker”
  2. Setelah di download kalian bisa langsung install aplikasi tersebut.
  3. Buka aplikasi Top Sticker dan klik ikon “Create”
  4. Kemudian kalian bisa namai sticker kalian, ada dua plilihan status yaitu private atau public. Untuk bisa digunakan oranglain, kalian tinggalpilih public dan sign ini di aplikasi tersebut sehingga nanti sticker kalian bisa digunakan oleh orang banyak.
  5. Bila sudah membuat namadan menentukan status sticker, lalu klik “Add Sticker”
  6. Pada Add Sticker ini kalian bisa memasukan foto yang sudah atau belum jadi sticker.
  7. Pilih 1 Foto yang akan kalian gunakan menjadi bahan membuat sticker.
  8. Bila sudah kalian bisa langsung melakukan proses editing.
  9. Pertama kalian bisa hapus background, selain itu kalian bisa sisipkan teks, atau sticker lain yang sudah ada sebelumnya.
  10. Bila sudah selesai kalian tinggal klik “Done” dan sticker kalian sudah ready.
  11. Di aplikasi ini kalian bisa menambahkan maksimal 5 sicker untuk versi app gratis. Bia ingin lebih kalian bisa beli app dengan paket premium sehingga fiturnya bebas kalian gunakan.
  12. Bila sudah kalian bisa send sticker kalian ke teman kalian, nah setelah itu stciker akan secara otomatis berada di Whatsapp kalian tanpa perlu aplikasi tambahan lagi.
  13. Selamat mencoba, selamat berkreatifitas, semoga berhasil.

Cara Membuat Stiker Whatsapp Tanpa Aplikasi

Smartphone aku lemot nih, kalau ditambah aplikasi lain, tambah lemot lagi, bahkan tehenti seketika biasanya aplikasi yang aku jalanin. Bisa gak ya, aku buat stiker tanpa aplikasi tambahan, jawabannya ya gak bisa, eh bisa minimal install 1 aplikasi lah. Coba aja, gak berat kok, yakin hp kamu pasti bisa.

Susah memang kalau tanpa aplikasi sama sekali, karena kita perlu third party  untuk mengimpor sticker kita ke Whatsapp. Lagian ini aplikasi gak berat banget kok, kalian bisa pilih mau pake Personal Sticker for Whatsapp atau Top Sticker, aplikasinya kecil kok. Kalian gak usah khawatir. Berikut cara membuat sticker whatsapp tanpa aplikasi yang banyak. Pertama kalian ambil gambar yang proporsional dan menarik pastikan satu kali shoot akan mendapat gambar yang bagus, atau boleh shoot berulang kali, tapi pastiin aja kalain dapat gambar yang bagus dan menarik buat sticker dan gak perlu diedit lagi. Kalaupun perlu diedit bisa pakai fitur yang sudah ada di galeri smartphone kalian. Bila gambar sudah ready, usahakan 3 foto ya, minimunya segitu. Ada yang 5 foto juga, berdasarkan aplikasi. Nah kalau sudah, inget tanpa aplikasi, gak bisa, instal satu aja bebas sesuai pilihan diatas. Bila sudah masukan 3 foto tersebut dan beri nama sticker pack kalian. Jadi deh sticker, kalain bisa langsung coba dan share ke temen-temen kalian. Selamat mencoba.

Buat Stiker Whatsapp Dengan Photoshop

Bila kalian punya skill editing sekelas aplikasi Photoshop, kalian pasti bisa buat stiker yang ciamik dan pastinya penuh unsur grafis yang proporsional. Siapa tau stikernya dilirik banyak orang dan bisa digunaakan oleh banyak orang, ada nilai tambah dari value sebuah proses editing yang didapat. Berikut ini adalah cara membuat stiker Whatsapp dengan Photoshop.

  1. Hal pertama yang kalian lakukan adalah memilih foto-foto yangakan kalian gunakan untuk menjadi bahan utama sticker kalian. Kalianboleh memilih 3-5 foto untuk kalian jadikan sticker.
  2. Setelah terpilih kalian lakukan proses editing sesuai selerakalian di aplikasi Adobe Photoshop.
  3. Kalian bebas menambahkan teks atau symbol-symbol tertentu ataupun gambar tertentu selama itu merupakan sebuah kreatifitas tanpa adaunsur negatif dan lain sebagainya dan pastinya menarik sehingga akan digunakan oleh orang lain.
  4. Setelah jadi gambar-gambar tersebut kalian simpan dalam format PNG.
  5. Bila sudah, masukan foto-foto atau sticker jadi tersebut ke HP kalian.
  6. Bila sudah kalian bisa memilih menggunakan aplikasi manapun untuk membantu mempermudah proses memasukan sticker ke Whatsapp.
  7. Kalau untuk admin sendiri, admin memilih mengunakan Top Sticker karena inigampang bangat dan untuk fitur free kita bisa gunakan 5 foto/sticker dalam 1 pack sticker.
  8. Setelah membuka app Top Sticker, klik ikon “create”
  9. Buata nama pack sticker dan kemudian klik ikon “Add Sticker”
  10. Masukan sticker tadi yang telah kalian buat di Adobe Photoshop satu persatu dan selesaian editing dan ukuran stickernya.
  11. Bila sudah kalian tinggal klik ikon “Done”
  12. Akan muncul saran untuk “Send Sticker”
  13. Kalian bisa klik ikon tersebut dan kirim sticker itu ke teman kalian. Nantinya secara otomatis sticker tersebut akan ditambahkan ke Whatsapp kalian.
  14. Selamat berkreatifitas semoga berhasil.

Cara Buat Stiker Whatsapp Dengan Foto

Kalian pengen wajah kalian atau temen kalian, atau bahkan keluarga kalian jadi bagian stiker yang kalian ingin buat di Whatsapp. Kenapa enggak. Ini bisa banget. Ini adalah sebuah keunikan tambahan dimana kita dapat menambahkan figur yang nyata untuk kita jadikan sebuah bahan untuk membuat stiker. Berikut ini adalah cara membuat stiker Whatsapp dengan Foto.

  • Langkah pertama, kalian membuat foto, paling tidak ada 3 buah foto bisa selfie bisa juga foto biasa namun memperlihatkan kira-kira stiker kalian akan seperti apa yang jelas mengandalkan foto. Mungkin berupa ekspresi muka, gerakan tubuh atau pose-pose gaya tertentu sehingga terlihat menarik.
  • Kemudian, kalian perlu menghapus background dari foto kalian yang mungkin sebelumnya backgroundnya tidak mendukung, atau tidak elok bila nanti ada atau terlihat pada stiker kalian.
  • Menghapus background kalian dapat menggunakan aplikasi “Background Eraser yang kalian bisa dowload di App Store atau Play Store.
  • Penting unutk dicatat bila nnati ingin membuat stiker dengan foto kembali, kalian bisa ambil foto di dengan background atau latar belakang yang polos seperti tembok atau bila ada green screen yang kalian bisa buat sendiri dengan kain berwarna hijau.
  • Setelah background kalian bersih dan terlihat jelas foto kalian yang akan gunakan untuk membuat stiker, kalian bisa menyimpannya dalam format PNG.
  • Nah kini kalian sudah siap mengupload stiker kalian sendiri ke Whatsapp dengan bantuan Personal Sticker for Whatsapp yang kalian bisa download di Appstore atau Google Play.
  • Downloaddan kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Setelah dibuka akan muncul berbagai gambar sticker yang sudah jadi dalam bentuk PNG tersebut. Karena hanyagambar PNG yang bisa dibaca oleh aplikasi ini.
  • Selanjutnya tinggal klik ikon “Add” dan hasil sticker tadi akan diimpor ke Whatsapp sebagai pack sticker baru yang kalian siap gunakan dalam melakukan percakapan. Semoga berhasil, selamat berkreatifitas.

Buat Stiker Whatsapp Sendiri

Buat kalian yang pengen buat sticker kalian sendiri,bisa banget. Kalian gak perlu lagi ditemenin temen kalian karena kalian bisa buat sendiri. Ada beberapa aplikasi penting yang perlukalian instal di smartphone kalian. Pertama kalian install Background Eraser, kemudian PicsArt, dan yang ketiga Personal Stiker for Whatsapp. Ketiga applikasi iti bisa kalian dapatkan dengan Cuma-Cuma di Apps Store atau Play Store. Walau dengan beberapa keterbatasan karena free package tapi jangan khawatir kalian bisabuat stiker kok.

Bila sudah, siapkan foto untuk bahan sticker kalian, minimal 3 foto lah ya. Boleh foto kalian sendiri, pasti kebanyakan foto temennya, tapi hati-hati, kalau mereka gak terima kalian yang bakal bahaya. Balik lagi ke cara membuat sticker Whatsapp, bila foto sudah siap, lanjutkan ke menghapus background foto agar foto menjadi lebih menarik dan menonjolkan sosok atau tampilan utama dari foto yang akan digunakan menjadi sticker.

Jika sudah bersih, kalianbisa lanjut dengan aplikasi PicsArt, disini kalian bisa tambahin kata-kata agar sticker nantinya menjadi lebih menarik dan ciamik. Kata-kata yang lucu, unik, dan menarik, jangan sampai yang kasar-kasar ya, kurang bagus tu, gak keren.

Langkah terakhir untuk membuat sticker kalian bisa digunakan di Whatsapp, gunakan Personal Sticker for Whatsapp, nah disini kalian tinggal masukin 3 foto tadi dan otomatis diimpor ke Whatsapp dan kalian bisa segera buka Whatsapp dan kalian bisa gunakan sticker itu langsung. Kalian bisa share ke temen-temen kalian, semoga bermanfaat ya. Selamat berkreasi.

Buat Stiker Whatsapp Pribadi

Bisa gak ya buat sticker yang pribadi atau istilahnya private? Bisa banget. Biasanya sticker yang sifatnya private bakal susah dipakeorang lain, jadi sifatnya pribadi bisadipakekita sendiri. Ada memang beberapa aplikasi yang mencantumkan fitur seperti ini. Nah kali ini kita bakal berbagi cara membuat sticker Whatsapp pribadi.

Pertama, kalian harus siapin aplikasi-aplikasi yang mendukung pembuatan sticker kalian, bila ingin hasilnyalebih maksimal dan menarik. Kalian bisagunakan beberapa aplikasi berikut ini.

  1. Background Eraser untuk menghapus background foto kalian guna membuat foto lebih menarik dan lebih bersih.
  2. PicsArt untuk menambah font atau simbol tertentu guna membuat sticker lebih komunikatif dan pastinya ciamik dan menarik.
  3. Terakhir kalian butuh, Top Stickers, aplikasi ini mendukung kalian untuk membuat sticker pribadi atau memiliki fitur private untuk keterbatasan penggunaan sticker. Dan tentnya nanti membantu mengimpor sticker ke Whatsapp kalian.

Bila kalian sudah download ketiga aplikasi tersebut kalian siap memulai untuk membuat sticker kalian sendiri.

  1. Langkah pertama, kalian mulai dengan menyiapkan 3 foto atau boleh maksimal 5 ini disesuaikan dengan limit dari aplikasi karena fiturnya masih gratis. Kalau mau lebih kalian bisa lakukan tapi aplikasinya upgrade ke yang premium dulu alias berbayar.
  2. Lanjutkan dengan membersihkan background dengan background eraser, nah disini kalian membuat tampilan sticker kalian menjadi lebih bagus.
  3. Bila sudah bisa lanjut dengan menggunakan PicsArt, disini kalian bisa nambahin teks atau simbol-simbol tertentu buat sticker kalian lebih ciamik dan menarik.
  4. Tahapan terakhir, kalian mulai mengimpor dengan Top Stickers, disini kalian mulai dengan ikon “Create” dan masukan nama pack sticker kalian, dan centang pada bagian private dan lanjutkan dengan memasukan foto-foto yang sudah disiapkan tadi untuk dijadikan sticker.
  5. Bila sudah kalian bisa langsung coba kirim sticker kalian melalui pesan di Whatsapp kalian. Selamat mencoba. Semoga cara membuat sticker Whatsapp pribadi bisa berhasil.

Buat Stiker Whatsapp Di HP

Buat sticker kini gampang banget, bisa langsung di hp kalian gak usah tuh pake komputer atau coding segala. Karena sekarang serba mudah dan instan kalian bisa langsung buat sticker sesuai selera kalian di handphone atau smartphone kalian. Nah berikut ini adalah cara membuat sticker Whatsapp di HP kalian langsung tanpa basa basi panjang lebar lagi.Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Sipakan dulu foto-foto yang kalian bakal pakai jadi bahan utama sticker kalian.Bisa kalian ambil gambarnya mulai sekarang deh. Usahakan buat foto yang menarik sehingga sticker kalian gak Cuma dipake kalian tapi orang lain juga pakai karena sticker kalian unik dan menarik.
  2. Bila sudah lanjutkan dengan tahap menghapus background foto yang kalian ambil tadi. Kenapa mesti dihapus? Well ini selera masing-masing ya, kalau kalian pengen gambarnya sesuai apa adanya boleh, kalau kalian pengen berkreasi denganmaksimal dengan ide kalian boleh. Nah kalian bisadibantu dengan aplikasi yang namanya “Background Eraser”.
  3. Bila sudah kalian bisa simpan dalam format PNG, ingat PNG lalu kalian bisa lanjutkan dengan membuat atau menambah tulisan atau kata-kata pada sticker kalian. Kalian kali ini bisa pakai aplikasi PicsArt atau sejenisnya boleh. Intinya buat sticker kalian menjadi semakin menarik.
  4. Selanjutnya tahapakhir kalianbisa lanjutkan ke mengunakan aplikasiyang paling penting yang membantu kalian impor sticker ke Aplikasi Whatsapp. Personal Sticker for Whatsapp kalian bisa download ini di Play Store atau Apps Store.
  5. Nah disini kalian tinggal masukan foto yang sudah siap untuk dijadikan sticker dan tambahkan ke Whatsapp kalian.
  6. Sekian tips sederhana dari cara membuat sticker Whatsapp di Hp semoga berhasil ya, selamat berkreasi.

Itulah cara untuk membuat sticker di Hp atau smartphone kalian, mudah bukan hanya bebrapa klik saja. Sticker kalian jadi dan kalian bisa gunakan itu dalam berkirim pesan ke teman-teman kalian.

Cara Membuat Stiker Whatsapp dengan Sticker Maker App

Banyak sekali ada aplikasi pembuat sticker yang kalian bisa manfaatkan untuk berkreasi dalam membuat sticker. Selain Personal Sticker for Whatsapp dan Top Sticker kalian bisa gunakan Sticker Maker App. Nah aplikasi ini kalian bisa dapatkan di Play Store atau Apps Store. Nah aplikasi ini memang khusus untuk membuat sticker Whatsapp selain aplikasi tadi diatas. Berikut adalah cara membuat sticker Whatsapp dengan Sticker Maker App.

  1. Pertama, kalian siapkan foto-foto yang akan kalian gunakan untuk bahan sticker utama, minimal 3-5 foto.
  2. Bila foto sudah siap, kalian bisa rapikan background foto tersebut dengan “Backgrounf Eraser”. Nah ini gunanya agar sticker terlihat lebih menarik.
  3. Setelah selesai kalian bisa edit lagi dengan PicsArt, disini kalian bisa tambahin teks atau simbol agar sticker terlihat lebih ciamik.
  4. Nah selanjutnya kalian mulai masuk ke aplikasi Sticker Maker. Nah disini kalian bisa mulai dengan “Create New Sticker”
  5. Nah setelah itu kalian bisa “Add” foto-foto tadi dan kemudian edit bila perlu diedit lagi namun bila sudah yakin dengan editan sebelumnya kalian bisa langsung save sticker tersebut dengan masukan nama dan sticker kalian siap dimasukan ke Whatsapp.
  6. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Itulah berbagai cara membuat sticker Whatsapp yang sangat mudah dan praktis yang bisa langsung kalian praktekan sendiri. Selamat mencoba, dan selamat berkreatifitas. Sekian dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *