Manfaat Senam Yoga untuk Kesehatan Pikiran dan Kebugaran Tubuh

  • Whatsapp

Yoga mungkin sering dihubungkan dengan meditasi namun nyatanya yoga tidak hanya sekedar tentang meditasi. Yoga merupakan sebuah aktivitas olah raga dan olah pikiran yang dikemas dengan lebih ringan dan santai. Ada berbagai jenis-jenis yoga mulai dari beberapa gerakan dan olah pernapasan yang mendasar hingga tingkatan yang lebih tinggi. Senam yoga sejatinya bukan hal yang baru, sejak dulu yoga memang sudah ada walau praktisinya sangat sedikit. Namun kini semakin banyak orang yang melakukan yoga dan dunia sudah mengakui keberadaan yoga itu sendiri. Bahkan setiap tanggal 21 Juni dijadikan sebagai hari yoga internasional. Nah dibalik semua itu, sebenarnya apa sih Manfaat Senam Yoga itu sendiri sehingga saat ini semakin banyak orang-orang yang menggelutinya dan bahkan menjadikan yoga sebagai salah satu keharusan sebelum atau sesudah menjalani rutinitas sehari-hari.

manfaat senam yoga
Ilustrasi senam yoga

Berikut ini adalah beberapa manfaat senam yoga jika kita lakukan secara rutin dan dengan sungguh-sungguh.

Bacaan Lainnya

Mengurangi Stress

Ketika pikiran bercabang karena harus mengurus banyak hal terlebih untuk yang sering melakukan multitasking, stress akan sangat mudah menghampiri. Yoga mengajak kita untuk rehat sejenak, menenangkan segala kegaduhan dalam pikiran dan memberikan kesempatan istirahat pada otak kita. Dengan adanya olah pernapasan serta gerakan-gerakan otot leher sederhana mampu membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Sehingga dengan ini, stress dapat berkurang.

Meningkatkan Konsentrasi

Ketika stress berkurang, pikiran akan terasa lebih ringan dan lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Beberapa yoga dengan teknik pernapasan yang bervariasi dapat secara teratur meringankan beban yang ada di otak sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang dan meningkatkan tingkat kesadaran akan hal-hal sekitar. Hal ini dikenal dengan instilah mindful, dimana fokus kita terhadap hal-hal yang sedang terjadi atau sedang dikerjakan akan lebih meningkat.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Selain beberapa teknik pernapasan, senam yoga melibatkan gerakan-gerakan tubuh serta anggota bagian tubuh lain mulai dari yang mendasar hingga kompleks. Walaupun terkesan santai, karena kita berada diatas tikar atau yoga math, yoga dengan gerakan-gerakan yang kompleks mampu menggantikan olah raga yang lain yang intensitas gerakannya lebih tinggi. Namun kembali ini hanya masalah pilihan, menyeimbangkan porsi yoga dengan olah raga lainnya tentu akan sangat bagus dalam meningkatkan kebugaran tubuh.

Melatih Pernapasan

Jika kita berkaca kembali atau memperhatikan lingkungan sekitar, tak banyak dari kita yang mampu menarik-menahan napas panjang. Bahkan beberapa orang mengalami permasalahan pernapasan dengan frekuensi yang tinggi. Adanya teknik-teknik pernapasan mendasar hingga kompleks di dalam senam yoga melatih kita untuk dapat mengolah pernapasan dengan maksimal dan baik. Terlebih, olah pernapasan ini membuat napas terasa lebih lancar dan menurunkan resiko terjangkit sesak napas.

Menjaga dan Meningkatkan Imunitas

Disaat pikiran sudah tenang, terhindar dari stress, dan badan terasa bugar, tentu imunitas tubuh akan meningkat. Apalagi didukung dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur. Dengan meningkatnya imunitas tubuh, ini dapat membantu daya tahan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Badan tidak akan mudah lemas atau bahkan jatuh sakit. Melakukan senam yoga secara teratur dan sungguh-sungguh tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal demi menjaga daya tahan dan imunitas tubuh agar terus terjaga dan bahkan meningkat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Satu lagi manfaat yang tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan kualitas tidur. Kecemasan yang berlebihan terkadang dapat membuat kita susah tidur, bahkan beberapa orang mengalami kecemasan yang berlebihan sehingga berujung pada insomnia. Sebuah fenomena dimana mereka tidak bisa tidur atau bahkan tidur dengan kualitas yang sangat rendah. Menurunkan kecemasan dan membuat pikiran yang lebih tenang dapat dilakukan dengan melakukan senam yoga. Gerakan-gerakan olah raga dan pikiran serta pernapasan akan membantu melemaskan otot-otot yang tegang. Dengan ini, pikiran akan menjadi lebih tenang dan rileks sehingga tingkat kecemasan akan menurun. Pada akhirnya, tidur akan menjadi lebih berkualitas dan saat bangun tidur akan terasa lebih sehat dan bugar.

Nah, sudah kalian tahu kan, betapa banyaknya manfaat senam yoga jika kita melakukannya secara rutin dan sungguh-sungguh.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *