Contoh Teks Eksplanasi Singkat Fenomena Sosial, Alam, Budaya

contoh teks eksplanasi

Contoh teks eksplanasi singkat – Kita semua tahu bahwa tidak ada hal di dunia ini yang tidak ada penjelasannya. Semua hal yang ada di dunia ini dapat dicari penjelasanya atau alasannya mengapa mereka ada, mengapa mereka melakukan itu, apa yang sedang terjadi, bagaimana itu bisa terjadi. Semua pasti ada jawabanya walaupun tidak semua jawaban dapat dibuktikan atau telah terbukti secara ilmiah. Namun pasti kita menemukan setiap alasan entah itu hanya satu kalimat. Nah itulah kenapa teks eksplanasi hadir dan untuk kita pelajari bersama.

BACA JUGA: Contoh Latar Belakang Makalah, Skripsi, Proposal, Penelitian

Eksplanasi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris yaitu Explanation yang mana memiliki arti penjelasan. Begitu pula teks eksplanasi, teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menjelaskan sebuah kejadian atau fenomena. Tentu sebagai teks yang menjelaskan sesuatu atau fenomena akan memberikan sebuah gambaran informasi yang lengkap, tidak hanya menjawab pertanyaan apa, namun juga mengapa dan bagaimana. Sehingga bisa dikatakan teks eksplanasi menjelaskan hubungan sebab akibat hingga proses bagaimana sesuatu dapat terjadi. Inilah peran dari sebuah teks eksplanasi memberikan gambaran dan penjelasan yang jelas dan akurat.

Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi singkat pada umumnya digunakan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat. Fenomena tersebut berupa fenomena alam, sosial, dan budaya. Adapun contoh dari fenomena alam yang sering di tulis ke dalam teks eksplanasi adalah Banjir, Tsunami, Kebakaran Hutan, Tanah Longsor, dan Gempa Bumi. Fenomena sosial dapat berupa Kenakalan Remaja, Pengganguran, Kesehatan. Kemudian untuk Fenomena Budaya, tentu berkaitan dengan tradisi dan budaya Indonesia dan tidak menutupi juga tentang sebuah silsilah dari sebuah budaya.

Sebelum lanjut membaca contoh teks eksplanasi singkat, alangkah baiknya kita membahas apa ciri-ciri dari sebuah teks eksplanasi singkat itu sendiri. Ada beberapa ciri-ciri atau karakteristik dari sebuah teks eksplanasi singkat. Berikut dalah ciri-ciri atau karakteristik teks eksplanasi singkat.

  1. Secara keseluruhan mengandung tiga unsur utama yaitu: pernyataan umum, sebab-akibat(penjelasan), dan interpretasi.
  2. Informasi yang disajikan berdasarkan pada fakta yang ada
  3. Bersifat objektif dalam memberikan penjelasan
  4. Memuat atau menjelaskan sebuah peristiwa
  5. Bersifat informatif dalam memberikan gambaran dan penjelasan tentang sebuah peristiwa

Nah itulah beberapa ciri-ciri utama atau karakteristik teks eksplanasi singkat. Nah lebih lanjut dalam sebuah teks eksplanasi, ada tiga unsur utama yang harus selalu ada dalam sebuah teks eksplanasi yaitu sebagai berikut.

  1. Pernyataan umum

Pernyataan umum adalah paragraf yang akan mengidentifikasi fenomena yang akan dijelaskan. Ini informasi awal dari fenomena yang akan di jelaskan dalam sebuah paragraf eksplanasi.

  1. Sebab-akibat (Penjelasan)

Pada bagian kedua ini, paragraf akan menjelaskan tentang hal yang lebih rinci dari fenomena yang akan dijelaskan. Ini adalah penjelasan utama yang akan membahas atau mengupas tuntas fenomena yang dijelaskan. Hal ini guna menjawab pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana”.

  1. Interpretasi/Ulasan

Pada bagian terakhir, teks eksplanasi akan berisikan ulasan yang berupa komentar dari sebuah pandangan beradasarkan dari penjelasan bagian sebelumnya dari sebuah teks eksplanasi.

Nah itulah kira-kira bagian-bagian dari teks eksplanasi singkat yang perlu dipahami sebelum lebih lanjut melihat contoh teks eksplanasi singkat di bawah ini. Sebelum lanjut ke contoh teks eksplanasi singkat mari kita cermati bersama contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Nah di bawah ini akan kita jelaskan teks eksplanasi beserta strukturnya sehingga dapat dipahami bagian-bagiannya.

Korupsi

(Pernyataan Umum)
Korupsi didefinisikan sebagai sebuah tindakan melanggar hukum dimana terjadi penyalahgunaan jabatan untuk mendapatkan suatu keuntungan pribadi. Di dalam sebuah sistem pemerintahan, korupsi sangatlah rentan terjadi.

(Penjelasan)

Tindakan korupsi bervariasi mulai yang paling ringan hingga berat, sehingga menimbulkan kerugian negara yang besar. Bentuk dari korupsi itu sendiri juga sangat bervariasi baik berupa sebuah upaya memberikan pengaruh, upa memberi atau bahkan menerima pertolongan atau bantuan, hingga korupsi yang benar-benar mengambil sesuatu yang bukan menjadi haknya sendiri. Jika dipejari lebih dalam ini adalah bentuk-bentuk dari manusia bermental perncuri yang kemudian memegang sebuah kekuasan. Dimana ia bebas menggunakan jabatan untuk mengendalikan sesuatu hingga dapat mengambil sesuatu yang bukan menjadi bagian atau hak dirinya sendiri.


Korupsi ini terjadi bisa jadi merupakan sebuah rencana atau bisa juga terjadi tanpa rencana. Dikerjakan oleh satu orang atau bahkan sekelompok orang yang memiliki kepentingan dan keinginan yang sama. Tingkat pengawasan yang lemah serta pemberantasan korupsi yang hanya setengah-setengah akan melanggengkan semakin banyak pejabat untuk terus mengambil hal-hal yang bukan menjadi hak mereka. Langkah serius pemberantasan sudah sewajarnya menjadi agenda penting dalam membentuk sebuah birokrasi yang bersih dan transparan.

(Penutup)
Jika dilihat dari kaca mata hukum, tindak pidana korupsi merupakan sebuah tindakan yang melawan hukum dan meliputi beberapa tindakan lainnya seperti penyalahgunaan kewenangan atau kekuasaan dan kesempatan, sarana untuk memperkaya diri, orang lain, atau bahkan perusahaan, dan merugikan negara. Dalam konteks tertentu menerima hadiah atau janji, pengadaan barang atau pegawai, pemerasan atau penggelapan jabatan juga tergolong sebuah tindangan korupsi.

Nah semoga penjelasan contoh teks eksplanasi berserta strukturnya membuat kalian semakin paham ya dengan contoh teks eksplanasi singkat dan dengan harapan kalian bisa membuatnya sendiri. Nah bila demikian, mari kita simak berbagai contoh teks eksplanasi singkat dari berbagai fenomena di bawah ini.

Berikut ini kami sajikan berbagai contoh teks eksplanasi singkat dari berbagai fenomena alam, sosial, serta budaya. Simak contoh teks eksplanasi singkat berikut ini.

Teks Eksplanasi Sosial

Ada banyak kejadian sosial yang dapat kita jelaskan lebih lanjut peristiwanya dengan alasan yang tentu masuk akal atau logis serta didukung dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Nah berikut ini adalah contoh teks eksplanasi sosial. Simak contoh teks eksplanasi sosial berikut ini.

Kemiskinan

Kemiskinan adalah sebuah kondisi dimana tingkat pendapatan masyarakat yang rendah dan menyebabkan ketidakcukupannya dalam memenuhi kebutuhan utama seperti kebutuhan sandang,papan, dan pangan. Kemiskinan menyebabkan banyak masyarakat memilih dan terpaksa menempati gubuk, kolong jembatan, hingga bantaran kali. Bahkan untuk yang memang tidak memiliki tempat sama sekali memutuskan untuk membangun rumah di tanah milik negara. Di setiap negara kemiskinan selalu ada, namun kebanyakan terjadi di negara-negara berkembang.

Jika diuraikan ada berbagai faktor yang menjadi penyebab orang jatuh ke dalam jurang kemiskinan. Faktor-faktor tersebut bisa datang dari luar dan dari dalam diri seseorang. Berikut diantaranya faktor-faktor yang membuat orang jatuh miskin yaitu, bangkrut, musibah, perbudakan, penipuan, dan bahkan fenomena strukrur sosial yang sudah menjadi sebuah pembawaan dari kehidupan terdahulu oleh orang tua alias turun temurun. Selain itu perilaku konsumtif, gengsi, dan pengeluaran yang berjumlah lebih banyak daripada pemasukan akan mampu menyeret orang untuk jatuh ke dalam jurang kemiskinan. Faktor lain seperti pendidikan juga signifikan membuat orang terbelenggu di dalam kejamnya kemiskinan. Pendidikan yang tidak memadai membuat orang mampu diperdaya dengan mereka yang memiliki pendidikan yang lebih baik.

Upaya-upaya berikut ini dapat dilaksanakan guna membantu memberantas kemiskinan di Indonesia. Upaya tersebut diantaranya memberikan pelayanan pendidikan gratis, khsusunya merangkul mereka yang sedang jatuh dalam jurang kemiskinan, kemudian memperluas lapangan kerja, menaikkan upah minimum pekerja, dan menyediakan tempat tinggak yang memadai dari segi harga dan kualitas khususnya untuk masyarakat menengah kebawah. Upaya-Upaya tersebut akan dapat terwujud bila dibarengi dengan partisipasi baik dari masayarakat serta menurunkan gengsi khususnya menghambur-hamburkan uang untuk hal yang bukan menjadi kepentingan utama.

Berperilaku non konsumtif dan selalu bersyukur adalah harapan yang dilakukan oleh semua orang sehingga mengurangi kemungkinan menambah jumlah kemiskinan. Selain itu pemerintah harus lebih jauh memonitor masyarakat yang dalam masalah perekonomian secara berkesinambungan dan memberikan segala upaya untuk menolong mereka untuk bisa bangkit dari jurang kemiskinan.

Pengganguran

Penganguran merupakan salah satu dari sekian banyak fenomena sosial yang masih menjadi banyak masalah di banyak negara. Meski banyak lapangan kerja telah dibuka untuk mengatasi masalah aspek ketenagakerjaan namun angka-angka penganguran masih belum bisa teratasi.

Penganguran dapat diartikan sebagai orang dewasa produktif yang sedang mencari pekerjaan dan tentu merupakan orang yang sedang tidak bekerja dan tidak sedang memiliki penghasilan. Badan Pusat Statistik memberikan sebuah defisini tentang pengganguran dimana orang yang bekerja kurang dari 1 jam dalam seminggu dikategorikan sebagai penganguran. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, masih ada banyak negara lain yang juga mengalami masalah penganguran dan bahkan angkanya lebih tinggi.

Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan penganguran yaitu kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja, serta perubahan situasi ekonomi.

Kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja banyak dipengaruhi oleh faktor pendidikan yang mana, pendidikan atau kualifikasi pencari kerja tidak dapat bertemu dengan kesempatan kerja. Sehingga hal ini menyebabkan ketidak cocokan dan berujung pada penganguran. Kemudian faktor lainnya adalah perubahan situasi ekonomi. Keadaan ekonomi yang pasang surut terlalu keras menyebabkan lonjakan pemutusan hubungan kerja (PHK) juga sangat signifikan. Sederhana saja, contoh saat pandemi covid 19 yang menyerang dunia dan tidak luput juga Indonesia. Ada banyak sekali penganguran yang tercatat akibat PHK.

Sehingga kemudian penganguran memicu persoalan lainnya di bidang sosial dan ekonomi seperti turunya daya beli masyarakat, meningkatnya jumlah gelandangan, dan membuat potensi kriminalitas meningkat.

Maka dari itu, penting bagi sebuah negara untuk memberikan perhatian khusus dalam rangka mengatasi penganguran dengan berbagai cara, baik itu menyederhanakan standar pendidikan pekerja, membenahi proses pendidikan agar dapat membumi dan dirasakan banyak orang dengan harapan dapat bekerja dengan baik, dan mengatur kebutuhan pasar perihal tenaga kerja agar tidak membludak. Pemberian pelatihan dan pengarahan pasca pelatihan akan dapat membantu mengurangi penganguran di lapangan.

Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Selain contoh diatas, ada juga beberapa fenomena sosial lainnya yang dapat kita jadikan sebuah contoh teks eksplanasi fenomena sosial. Berikut contoh teks eksplanasi fenomena sosial.

Pengamen Jalanan

pengamen

Saat melintasi kota-kota besar khususnya baik pengendara motor maupun mobil, sering kali di saat berhenti di lampu lalulintas menemui pengamen jalanan. Secara sederhanda pengamen jalanan adalah mereka yang mengadakan pertunjukan seni musik, tari, dan tarik suara dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Walau ada beberapa yang menyambut baik, namun ada pula yang menanggapinya secara negatif bahkan mungkin lebih banyak. Ini mungkin disebabkan karena mereka melekat dengan gambaran dekit, kotor, nakal, kriminal dan lain sebagainya. Secara tidak langsung ini merupakan sebuah masalah di lingkungan sosial yang harus ditanggi serius oleh pemerintah.

Walau beberapa menyambut baik, namun kebanyakan orang tidak bisa atau berpandangan negatif pada pengamen jalanan. Ada banyak faktor yang menyebabkan mereka menilai pengamen jalanan kurang atau bahkan tidak baik. Banyak yang beranggapan ini bukanlah profesi yang tepat dan baik. Banyak asumsi bahwa mereka berlatar belakang kurang baik seperti nakal, tidak berpendidikan, dan sudah melalang buana di dunia kriminal. Kemudian, perilaku tidak mengenakan yang mereka timbulkan dikala orang-orang sedang menikmati perjalanan, ini adalah alasan yang paling membuat orang tidak terima dengan kehadiran pengamen di dalam perjalanan mereka.

Ada berbagai hal yang menyebabkan mereka ada pada jalan ini. Seperti misalnya tuntutan ekonomi, sehingga mereka harus rela melakukan hal itu demi sesuap nasi. Di sisi lain memang ada yang sedang menyalurkan hobi mereka, bahkan tak jarang musisi terkenal pernah mengambil profesi ini, contohnya Charlie ST12 atau bahkan penyanyi dunia sekelas Ed Sheran. Maka dari itu selayaknya kita tidak hanya melihat dari sisi negatifnya saja.

Dalam menanggapi permasalahaan sosial seperti ini, sudah sewajarnya kita memberikan apresiasi pada mereka namun perlu digarisbawahi bahwa pemerintah hendak memberikan penyadaran sosial dan bentuk pembinaan sehingga tujuan menghibur dari mereka memang tersalurkan dan dinikmati dengan baik. Pengamen jalanan sebagai objek mau tidak mau harus patuh pada instruksi agar hendak diberikan perlindungan dan hak-hak lainnya yang dapat membantu mereka hidup lebih baik.

Teks Eksplanasi Pendidikan

Dalam dunia pendidikan ada banyak hal  yang dapat kita bahas ke dalam contoh teks eksplanasi. Berikut contoh teks eksplanasi pendidikan. Simak contoh teks eksplanasi berikut ini.

Proses Hujan Es

Dalam ilmu meteorologi, hujan es atau juga dikenal dengan istilah hail adalah sebuah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Terbentuknya hujan es dikarenakan oleh kondensasi uap air pada lapisan di atas feezing level atmosfer. Pada level ini terbuntuk ukuran es yang cukup besar dan setelah melewati lapiran atmosfer dengan suhu yang lebih tinggi namun tidak membuat es mencair sutuhnya. Pada daerah subtropis hujan es sering terjadi dan juga di kawasan ekuator.

Selain proses diatas, riming adalah proses lain penyebab terjadinya hujan es. Riming adalah sebuah proses dimana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Kemudian, ini menyebabkan terjadinya pengembunan yang mendadak dan menimbulkan es dengan ukuran lebih besar. Namun sebenarnya proses awal adalah sebuah penguapan air atau evaporasi yang disebabkan oleh sinar matahari. Hanya satu per tiga bumi terisi daratan dan sisnya adalah air. Bisa dibayangkan air laut, danau, sungai menguap menjadi satu dan bahkan transpirasi atau penguapan uap air pada tumbuhan juga turut mendukung proses terbentuknya awan.

Awan-awan yang terbentuk dari penguapan ini kemudian bergerak secara horizontal maupun vertikal menuju lapiran-lapiran atmosfer tertentu karena bantuan hembusan angin. Awan tersebut kemudian bergerak ke lapisan teratas dengan suhu terendahnya atau frezeeing point, dan kemudian pada titik embun tertentu akan mulai mengembun  dan membentuk es kemudian karena berat akhirnya jatuh sebagai hujan es. Ikatan antar molekul yang padat dan kuat menyebabkan bentuk es yang jatuh memiliki ukuran yang berbeda. Inilah mengapa fenomena hujan es dapat terjadi.

Di Indonesia, hujan es juga sering terjadi walaupun Indonesia adalah negara tropis. Keberadaan garis ekuator juga menjadi salah satu penyebab terjadinya hujan es. Hujan es dapat menyebabkan kerusakan pada benda-benda tertentu seperti kendaraan, pagar, jendela dan kaca, serta merugikan bidang penerbangan, penerbangan, dan lain sebagainya.

Teks Eksplanasi Budaya

Indonesia tak bisa dipisahkan dari keberadaan budaya dan tradisi. Indonesia pun menjadi pesohor di dunia salah satunya karena budaya. Budaya yang beranekaragam menjadi primadona bangsa untuk menjadikan Indonesia tersohor di negeri luar. Nah berikut ini adalah beberapa contoh teks eksplanasi budaya. Simak contoh teks eksplanasi berikut ini.  

Perang Pandan

Megeret pandan atau mekare-kare mungkin sangat asing di dengar, namun bila istilah perang pandan tidak lagi terdengar asing. Perang pandan adalah salah satu tradisi budaya Bali khusunya di daerah Karangasem yaitu Desa Adat Tenganan Pegringsingan. Secara sederhana, perang pandan dapat digambarkan sebagai aktivitas perang dilakukan oleh kaum pria dimana satu persatu bergilir melawan kaum pria lainya dengan menggunakan pandan berduri senjata dan tameng terbuat dari rotan.

Tradisi perang pandan merupakan salah satu dari rangkaian upacara Ngusaba Kapat atau Sasih Sembah. Dimana upacara ini ditujukan untuk menghormati leluhur serta bakti pada Dewa Indra. Upacara ini dilaksanakan hanya sekali dalam setahun dan diikuti oleh seluruh warga desa Tenganan Pegringsingan dan dihelat selama dua hari. Dalam sekali perang, ada seorang wasit dan dua orang petarung. Mereka adalah kaum pria dari Desa Tenganan Pegringsingan. Mereka menggunakan pakaian ada madya yaitu sarung atau kamben, selendang, dan udeng atau ikat kepala, dengan tidak menggunakan baju. Masing-masing orang membawa satu ikat pandan yang melambangkan simbol Gada dan sebuat tameng yang dibuat dari kerajinan tangan rotan. Setelah siap perlombaan dimulai, kedua peserta merangkul dan memukul punggung lawan dengan pandan sembari menggosokan pandan berduri tersebut. Itulah mengama namanya megeret, karena punggung lawan kita gosok dengan pandan.  Perang berlangsung selama satu menit, dan diiringi gamelan. Perang ini tidak ada dasar dendam dan semua adalah tentang adu nyali dari setiap peserta.

Bisa dibayangkan betapa perihnya punggung bila digosokan dengan pandan berduri. Namun semua itu adalah bentuk penghormatan dan rasa cinta pada leluhur. Tak ada dendam yang tersisa atau bahkan rasa benci. Setelah usai semua peserta diberikan minyak sebagai obat untuk luka sisa geretan pandan. Tradisi mekare-kare atau megeret ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Hindu di Desa Tenganan Pegringsingan yang kemudian kini dapat dinikmati oleh masyarakat lain yang ingin menonton pertunjukan ini.

Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Ada banyak fenomena alam yang ada di dunia ini setiap harinya, bahkan setiap jam dan setiap detik. Entah di belahan dunia sebelah mana, namun yang jelas pasti ada. Dunia ini tak ada yang bisa mengontrol secara penuh apalagi perihal alam. Kadang hanya setelah fenomena terjadi kita kemudian bisa menikmatinya. Berikut ini adalah beberapa contoh teks eksplanasi fenomena alam. Simak contoh teks eksplanasi berikut ini.

Pelangi

pelangi

Siapa yang tidak suka pelang, warnanya indah, dan dilukis oleh semesta pada kanvas besar bernama langit. Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang sangat unik dan sangat menarik untuk diabadikan. Namun masih banyak yang tidak tau atau tidak bisa menjelaskan apa dan bagaimana sebenarnya pelangi bisa ada dan bisa kita nikmati keindahannya. Pada dasarnya pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya atau dispersi cahaya ketika cahaya putih melewati prisma. Prisma memiliki dua indeks yang kemudian membuat cahaya yang melewatinya membias dan membagi cahaya tersebut ke dalam beberapa komponen warna berbeda. Itulah mengapa ada warna pelangi.

Pada konteks pelangi di dunia nyata, hujan merupakan benda yang memiliki dua indeks sebagai pengganti prisma. Pada saat terlentu ketika cahaya matahari melewati hujan, terjadi pembiasan cahaya yang menyebabkan terbentuknya warna-warni di langit yg kemudian kita sebut sebagi pelangi. Pelangi hanya dapat terbentuk dengan beberapa catatan yaitu, matahari harus berada di bawah 42 °, kemudian udara di seberang matahari haru mengandung banyak tetesan air (hujan). Pelangi hanya dapat muncul ketika posisi matahari berseberangan dengan langit. Pelangi ini adalah sebuah fenomena tida optik taitu refleksi, dispersi, dan refraksi.

Pelangi tentu tidak akan nampak di malam hari danhanya akan terjadi di siang hari. Terlebih pelangi adalah hasil dari sebuah pembiasan cahaya yang hanya bisa dilakukan oleh matahari. Ketika posisi pengamat ada di antara hujan dan matahari maka saat itulah pelangi dapat terbentuk.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang sangat indah. Fenomena ini terjadi dikala posisi bumi ada diantara matahari dan bulan. Sehingga antara matahari dan bulan mereka sama sama berjauhan dan berada pada satu garis lurus.

Pada saat gerhana terjadi, ada sisa cahaya matahari yang dibelokan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Maka dari itu kenapa bulan masih seringkali kelihatan. Nah kemudian cahaya yang dibelokan kebanyakan memiliki spektrum merah. Hal tersebut menyebabkan mengapa saat gerhana terjadi bulan nampak lebih gelap dan kadang berwarna merah tembaga, bahkan jingga hingga cokelat.

Saat bumi benar-benar menghalangi posisi matahari ke bulan, dan mereka berada pada satu garis lurus, matahari, bumi, dan bulan saat itulah gerhana bulan total akan terjadi.

Petir

Fenomena alam yang terbilang menakutkan adalah petir. Petir, kilat, atau halilintar adalah fenomena alam yang muncul saat musim hujan tiba. Dimana saat itu langit mengeluarkan cahaya kilat yang sangat singkat namun menyilaukan disertai dengan suara yang sangat mencekam. Selain itu kadang disusul oleh suara menggelegar yang disebut juga dengan guruh. Kemunculan dari petir, kilat atau halilintar, dan guruh akan berbeda didasarkan dengan kecepatan suara dan cahaya.

Petir muncul karena ada potensial antara awan dengan awan lainnya atau awan dengan bumi. Muatan terbentuk ketika awan bergerak terus menerus secara teratur sehingga awan akan berinteraksi dengan awan-awan yang lainnya. Kemudian ini membuat sisi bagian atas membawa muatan negatif dan sisi muatan sebaliknya membaca muatan positif.

Saat perbedaan potensial awan dan bumi besar maka akan teradi pembuangan muatan negatif atau yang disebut dengan elektron untuk mencapai kesetimbangan. Saat muatan negatif dibuang melalui perantara udara dan melampaui batas isolasi udara saat itulah terjadi sebuah ledakan suara.

Petir sangat sering terjadi saat musim hujan karena kadar air yang tinggi membuat isolasi udara turun dan membuat lebih mudah muatan negatif untuk mengalir dan menghasilkan sebuah ledakan suara yang dasyat ke bumi.

Teks Eksplanasi Bencana Alam

Bencana alam memang sebuah hal yang tidak bisa dikehendaki kapan dan dimana datangnya. Bahkan dampaknya bisa dibilang tidak biasa. Memang ada bencana alam yang memang akibat dari alam atau murni karena alam, namun ada juga bencana alam yang diakhibatkan oleh manusia. Kelakuan manusia yang rakus dan ketidak pedulian mereka terhadap alam menimbulkan bencana alam yang dampaknya merugikan manusia. Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi bencana alam baik buatan atau ulah manusia dan yang memang murni karena alam. Simak teks eksplanasi bencana alam berikut ini.

Teks Eksplanasi Banjir

Banjir adalah salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh ketidak pedulian masyarakat terhadap lingkungan. Nah berikut ini adalah contoh teks eksplanasi banjir. Simak contoh teks eksplanasi berikut ini.

teks eksplanasi banjir

Banjir

Banjir adalah salah satu peristiwa yang sering terjadi di pemukiman padat penduduk. Banjir adalah peristiwa alam dimana daratan tergenang oleh aliran air. Terendamnya daratan disebabkan karena volume air dari suatu tempat meluas ke daratan. Tempat tersebut dapat berupa penampungan air seperti waduk atau bahkan aliran sungai yang meluap yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi.

Tidak hanya pemukiman di kota, pemukiman di desa dan permukiman lain daoat terkena banjir. Volume curah hujan yang tinggi dan ketidakmampuan penampungan air menjaga aliran air dengan teratur bahkan hingga melebihi kemampuan daya tampung adalah salah satu penyebab terjadinya banjir. Selain itu perilaku manusia yang tidak baik dalam mengelola sampah juga menjadi salah satu alasan paling sering ditemukan menjadi penyebab terjadinya banjir. Selain itu pada pemukiman yang dekat dengan pantai, banjir kiriman akibat dampak abrasi juga kadang membuat daratan tergenang.

Walau ada disebabkan secara natural oleh alam, namun perlu disadari penyebab utama banjir adalah kesalahpahaman manusia dalam mengelola sampah. Khususnya bagi mereka yang masih sampai saat ini membuang sampah di aliran air.  Maka dari itu kesadaran masyarakat akan sangat membantu agar menurunya potensi banjir terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Tsunami adalah contoh fenomena alam yang murni karena disebabkan oleh kejadian alam. Nah berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tsunami. Simak contoh teks eksplanasi berikut ini.

Tsunami

Secara etimologi, tsunami memiliki arti “ombak besar di pelabuhan” yaitu gelombang air besar yang disebabkan oleh ganguan di dasar laut yaitu gempa. Gangguan di dasar laut tersebut setidaknya mampu menciptakan gelombang dengan kecepatan 600-900 km/jam.

Tsunami dikenal dengan gelombang raksasa yang diam diam menghantam daratan. Karena datang secara tiba-tiba dan dengan tinggi gelombang mencapai 15-30 meter ini mampu menghancurkan daratan, membuat kerusakan dan bahkan korban jiwa. Karena setelah gelombang ini datang, ia akan menyisakan banjir dan daratan yang porak-poranda. Pada umumnya tsunami disebabkan oleh gempa di bawah laut khususnya gempa diatas 7.0 skala magnitudo. Selain itu ada penyebab lainya yang dapat menimbulkan tsunami seperti longsor, letusan gunung, atau kejatuhan benda besar ke dalam air seperti meteor.

Dalam pengamatan selama ini, hampir kebanyakan tsunami terjadi di daerah Cincin Api Pasifik dan kawasan Palung Sumatra di Samudra Hindia. Kini, resiko tusunami telah mampu didteksi dengan peralatan canggih yang mana mampu memberikan alarm peringatan dini tsunami. Bisa dibilang tsunami adalah bencana alam yang sangat berisiko. Namun seidaknya ada hal-hal yang warga masyarakat perlu perhatikan untuk dapat mengurangi dampak tsunami seperti misalnya membuat bangunan yang bertulang beton sehingga setidaknya tahan dengan goncangan serta yang paling penting adlaah membekali warga sekitar daerah potensi tsunami cara untuk menyelamatkan diri dan selalu siaga dalam keadaan apapun.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Selain banjir, kebakaran hutan adalah salah satu fenomena alam yang sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia. Namun untuk beberapa kebakaran hutan besar disebabkan oleh murni alam. Nah berikut ini adalah teks eksplanasi kebakaran hutan.

Kebakaran Hutan

Sering kali kita mendengar berita tentang kebakaran hutan di Indonesia. Di daerah pulau besar seperti Sumatra dan Kalimantan adalah pulau yang paling sering diberitakan mengalami kebakaran hutan. Kebakaran hutan merupakan sebuah masalah yang sangat besar. Hutan adalah ekosistem besar yang sangat penting untuk kehidupan apalagi di dalamnya hutan menjadi sumber air, sumber udara yang sehat, sumber penghidupan bagi satwa liar yang dilindungi. Namun pada kenyataannya sumber daya alam yang sangat penting ini rentan menjadi objek manusia untuk dijadikan lahan baru khusunya lahan perkebunan yang dimana menggangu ekosistem alam.

Selain merusak ekosistemnya sendiri, kebakaran hutan memiliki dampak yang tidak baik bagi lingkungan dan manusia. Sederhana saja, efek asap dari kebakaran hutan yang besar sangat berakibat buruk pada kualitas udara. Polusi udara skala besar-besaran dan dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya.  

Kebakaran hutan terjadi pada umumnya adalah karena ulah manusia, selain memang dalam kasus tertentu disebabkan oleh terik musim kemarau yang berkepanjangan. Pembakaran hutan sudah sangat sering dilakukan di Indonesia sebagai cara untuk membuka lahan paling mudah, paling cepat, dan paling murah. Padahal cara ini harusnya dilarang karena bertentangan dengan lingkungan dan dampaknya sangat tidak baik bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Namun alasan membuka lahan untuk perkebunan yang mana kemudian membuka lapangan kerja yang luas dan meningkatkan jumlah ekspor negara adalah alasannya. Maka dari itu kuat posisi mereka dengan mengesampingkan efek lingkungan dan jangka yang lebih panjang.

Pemerintah dihadapkan dengan kondisi yang sulit, disi satu sisi ekonomi didongkrak dengan adanya ekspor yang tinggi, pertumbuhan lapangan kerja yang tingi, dan mampu mengatasi penganguran yang besar. Namun di sisi lain ada hal yang dikorbankan. Lingkungan harus ditanggung masayarakat, polusi serta dampaknya pada kesehatan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Pemerintah hendaknya secara tegas melakukan tindakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat baik untuk saat ini dan jangka panjang begitu juga untuk lingkungan. Agar tidak kedepan generasi selanjutnya yang menanggung banyak kerugian karena ulah perusahaan yang mengatasnamakan nilai ekonomi. Seharunya perusahan dan pemerintah mampu berkolaborasi dan mencari jalan tengah agar setidaknya bisa memberikan solusi yang baik dan manfaat jangka panjang yang berkesinambungan untuk generasi selanjutnya.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Selain tsunami, gempa bumi adalah bencana alam yang tidak bisa dikehendaki kapan dan dimana kejadiannya. Nah gempa bumi juga untuk beberapa hal terkait dengan tsunami. Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi gempa bumi. Simak contoh teks eksplanasi berikut ini.

teks eksplanasi gempa

Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan salah satu fenomena alam yang murni disebabkan oleh aktivitas alam. Gempa bumi adalah sebuah keadaan dimana terjadi getaran bahkan hingga goncangan karena diakibatkan oleh aktivitas pergerakan lapisan batu bumi atau yang lebih dikenal dengan istilah lempeng. Gempa bumi sering terjadi di daerah yang memiliki gunung merapi serta daerah yang memiliki lautan yang luas pada sekeliling datarannya.

Secara tiba-tiba kadang bumi bergetar sangat keras bahkan memberikan goncangan seakan kita sedang menaiki kendaraaan dan melewati jalan yang hancur. Gempa bumi pada dasarnya disebabkan oleh aktivitas alam khusunya bawah bumi yang dampaknya sangat luar biasa. Bahkan gempa bumi juga dapat memicu terjadinya tsunami dan menyebabkan kerusakan yang besar dan parah bahkan sampai menyebabkan korban jiwa.

Pada dasarnya gempa bumi dapat dibagi menjadi dua yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik adalah gempa yang diakibatkan oleh aktifitas lempeng bumi. Hal ini dikarenakan lapisan kerak bumi menjadi lunak dan menyebabkan terjadinya sebuah pergerakan. Lapisan-lapisan tersbut dapat pecah, bertabrakan, dan mengasilkan getaran yang keras yang kita rasakan sebagai gempa. Kemudian gempa vulkanik adalah gempa yang diakibatkan oleh adanya aktivitas gunung berapi. Saat adanya aktivitas magma di dalam gunung berapi, sewaktu-waktu ia akan membuat terjadinya getaran yang kita rasakan sebagai gempa. Bahkan ketika sebuah gunung berapi meletus dengan sangat dasyat, gempa yang akan kita rasakan juga akan sangat dasyat dan dapat menimbulkan kerusakan bahkan korban jiwa.

Gempa adalah sebuah feomena alam yang murni oleh alam. Maka dari itu walaupun sudah ada teknologi yang mampu memberikan peringatan gempa namun hanya alam semesta yang tau kapan terjadi sebuah gempa. Maka sangat penting untuk kita smeua tahu bagaimana prosedur untuk melindungi diri atau mencari perlindungan, dan tindakan apa saja yang bisa kita lakukan saat terjadi sebuah gempa. Terutama di tempat-tempat yang rawan terjadi gempa.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Selain banjir dan kebakaran hutan, tanah longsor adalah contoh bencana alam lainya yang sebagian besar adalah ulah manusia. Penebangan hutan yang tidak mengindahkan dan memikirkan keberlangsungan tanah dan lahan menyebabkan banyaknya kejadian tanah longsor di Indonesia. Nah berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tanah longsor. Simak contoh teks eksplanasi berikut ini.

tanah longsor

Tanah Longsor

Tanah longsor atau gerakan tanah merupakan sebuah peristiwa alam yang tidak seutuhnya terjadi karena alam. Peristiwa ini terjadi dimana ketika tanah dari dataran yang tinggi bergeraksecara cepat atau bahkan perlahan mencari daratan yang lebih rendah. Pergerakan terjadi karena masa batuan atau masa tanah tidak dapat bertahan pada titik pertama berada dan bergeser ke bawah atau bagian yang lebih rendah karena gerakan gravitasi.

Secara umum ada istilah pemicu dan pendorong dalam sebuah peristiwa tanah longsor. Pemicu adalah faktor yang menyebabkan material bergerak sedangan pendorong adalah penyebab yang membpengaruhi kondiri material yang kemudian menyebabkan ia bergerak saat ada yang memicu.

Selain disebabkan oleh adanya gravitasi pada sebuah daratan yang tinggi namun ada pula faktor-faktor lainnya yang menyebabkan terjadinya tanah longsor. Faktor-faktor tersebut adalah erosi, hujan lebat yang memicu tanah menjadi lemah, gunung berapi, dan lain sebagainya. Aktivitas penebangan pohon yang menyebabkan lahan gundul adalah salah satu hal yang sering menjadi penyebab utama dari tanah longsor. Alih fungsi lahan yang tidak memperhatikan kemiringan tanah dan berakhir pada longsor adalah contoh nyata lalainya manusia pada lingkungan dan kehidupan mereka.

Meski ini adalah sebuah fenomena alam, namun manusia tetap dapat berupaya setidaknya untuk tidak menimbulkan hal-hal yang memicu terjadinya tanah longsor. Melakukan sistem tebang pilih, membuat lahan miring menjadi terasering atau tumpang sari, dan tidak membuat bangunan di tanah yang miring adalah upaya-upaya pencegahan yang dapat ditempuh sehingga di kemudian hari tidak menimbulkan korban baik dari korban jiwa maupun korban material.

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

gunung meletus

Gunung meletus adalah bencana alam yang murni akibat aktifitas alam. Sama seperti gempa dan tsunami, aktifitas bawah bumi adalah pemicu terjadinya bencana alam tersebut. Berikut adalah contoh teks eksplanasi gunung meletus. Simak contoh teks eksplanasi gunung meletus berikut ini.

Gunung Meletus

Salah satu peristiwa alam yang paling luar biasa dan menakutkan bagi semua orang adalah gunung meletus. Kedasyatan dari gunung meletus merupakan hal yang sangat mengerikan. Magma yang panas dari bawah bumi kemudian meletus melalui gunung berapi dan melontarkan material-material batuan ke udara, abu-abu vulkanik, bahkan aliran lava panas. Ini adalah hal yang sangat amat hebat dan tentu merupakan sebuah bencana alam. Indonesia merupakan negara yang dilintasi cincin api dimana menandakan bahwa ada banyak gunung berapi dan masih aktif berlokasi di Indonesia. Sebut saja Gunung Merapi, Gunung Krakatau, Gunung Tambora, Gunung Toba, Gunung Kerinci, Gunung Agung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meletusnya sebuah gunung didasarkan pada sebuah aktifitas yang sangat komplek terjadi di bawah bumi dan melibatkan gunung itu sendiri. Dapat dikatakan bahwa daerah rawan gempa adalah daerah yang memiliki gunung berapi yang sedang aktif. Hal ini ditandai dengan adanya suhu dan tekanan yang cukup tinggi di antara batas-batas lempeng bumi yang mana merupakan daerah sekitar gunung merapi. Material di sekitar gunung merapi kemudian meleleh karena tekanan dan suhu yang tingga dan kemudian dikenaldengan istilah magma atau cairan pijar.

Cairan tersebut dibentuk di dalam bumi atau disebut perut bumi dengan suhu yang sangat amat panas. Kemudian material-material di sekitar gunung menyatu menjadi satu dan kemudian tercampur ke dalam magma dan merekah. Magma biasanya dibentuk di dalam kedalaman 60-120meter di bawah permukaan bumi. Akibat adanya tekanan yang cukup besar, akhirnya menyebabkan terjadinya letusan keluar perut bumi melalui saluran gunung merapi dan kemudian menjadikan sebuah gunung meletus dan melontarkan seluruh batuan isi dari magma yang telah merekah beserta cairan lava panasnya tersebut.

Secara umum ada dampak positif dan negatif dari terjadinya gunung meletus pada manusia serta dampaknya pada makhluk hidup lainnya. Dampak positifnya adalah daerah kawasan gunung merapi dapat dikatakan sebagai daerah yang paling subur untuk pertanian karena efek semburan lawa yang memuat batuan-bauan berkomposisi bak untuk kualitas pertanian. Lebih lanjut material yang dilontarkan ke permukaan setelah beberapa lama akan menjadi bermanfaat bahkan dijadikan sebuah mata pencaharian. Terlepas dari dampak positi diatas, ada berbagai dampak negatif yang juga dihasilkan dari sebuah peristiwa gunung meletus. Gunung meletus adalah sebuah kejadian yang hebat yan mana selan melontarkan lava panas juga menimbulkan gas beracun yang dapat merusak pernafasan bahkan organ tubuh manusia. Sisa sia material yang dilontarkan juga dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Kemudian secara material, kerugian pada bangunan yang rusak akibat letusan yang sering juga disertai dengan gempa yang dasyat.

Gunung meletus adalah hal yang sangat dasyat dan dampaknya akan sangat berbahaya, namun di sisi lain ada pula sisi positif dari terjadinya peristiwa dasyat ini. Menjadi waspada dan mengikuti instruksi otoritas setempat adalah hal yang penting demi kesalamatan dan kesehatan warga sekitar kawasan gunung berapi.

Demikian mengenai contoh teks eksplanasi singkat beserta struksturnya serta contoh teks eksplanasi singkat lainnya. Semoga contoh teks eksplanasi singkat diatas dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *