Cloud Hosting Cloud hosting murah. Gratis domain selamanya!

Trik dan Tips untuk Lolos SNMPTN 2017

Kamu ingin lulus SNMPTN 2017? Kamu ingin masuk PTN Favoritmu tanpa harus susah-susah belajar lagi? Silahkan dibaca tips untuk lolos SNMPTN ya.

SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan cara seleksi menggunakan nilai rapot. Nilai yang digunakan berasal dari semester 1 sampai dengan semester 5.  Banyak dari peserta SNMPTN yang gagal karena tidak tahu tips dan trik lulus SNMPTN. Mereka hanya menggunakan insting dan keinginannya dalam memilih jurusan pada SNMPTN. Namun di hari pengumuman SNMPTN, mereka mendapatkan “warna merah”

Lalu bagaimana caranya agar kamu lolos SNMPTN? Berikut adalah beberapa faktor penentu kalian untuk lulus SNMPTN 2017. Saya urutkan dari yang paling penting.

tips untuk lolos snmptn

Tips untuk Lolos SNMPTN

  1. Nilai Rapot tetap paling utama

Inti dari SNMPTN ini adalah bersaing menggunakan nilai rapot. Nanti nilai rapotmu akan dirangking bersama dengan nilai rapot pesaingmu yang menjari jurusan yang sama denganmu. Tentu, syarat dasar untuk memenangkan persaingan dimulai dari nilai rapot yang bagus

Tips untuk lolos SNMPTN :

Usahakan kamu mendapat nilai minimal 80 tiap pelajaran pada semester 1, khususnya pelajaran yang penting seperti Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia untuk jurusan IPA dan Matematika, Sejarah, Ekonomi, Geografi untuk Jurusan IPS. Kemudian usahakan terjadi peningkatan nilai pada semester selanjutnya sampai pada semester 5. Dengan begitu, nilai kamu terjadi peningkatan yang positif. Ini lebih baik daripada nilai tinggi pada semester 1, tapi terjadi penurunan di semester berikutnya. Memang ini tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa jurusan di Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan ini, namun tidak semuanya.

Kemudian, minimal rata-rata nilai pada pelajaran utama adalah 85. Ini memang sangat relatif tergantung saingan kamu di jurusan yang kamu pilih. Bahkan untuk Jurusan Kedokteran Umum, Rasanya wajib memiliki rata-rata diatas 90 karena persaingan yang begitu ketat. Semakin tinggi tentu semakin besar peluangmu untuk mengalahkan sainganmu.

  1. Kakak tingkat/Alumni tahun lalu

Kamu bisa menilai peluangmu untuk lolos SNMPTN dengan bertanya apakah ada kakak tingkat yang lolos SNMPTN pada jurusan yang kamu inginkan. Ini sangat penting, karena sebagai bukti apakah SMA mu termasuk dalam daftar blacklist atau bukan. Ini sering terjadi dimana PTN tertentu tidak menerima mahasiswa dari beberapa SMA dikarenakan kakak tingkatmu pernah lolos di suatu jurusan, namun tidak diambil (dibuang). Tentu sangat merugikan bagi adik tingkatnya. Kalian bisa bertanya pada kakak tingkat langsung atau bertanya pada Guru BK untuk meminta data kakak tingkat yang diterima di SNMPTN

Tips untuk lolos SNMPTN :

Sebaiknya pilihlah jurusan dimana kakak tingkat kamu diterima pada SNMPTN. Memang ini tidak mutlak, hanya berpeluang lebih besar untuk diterima. Kamu juga bisa jadi pioner pada jurusan tertentu yang tidak memiliki kakak tingkat jika merasa mampu dan nilaimu cukup, Cuma tidak ada jaminan kamu akan lolos atau tidak.

  1. Persaingan dalam 1 sekolah

Persaingan sesama teman tidak bisa terelakkan. Kamu dan temanmu bisa saja memilih jurusan, program studi dan universitas yang sama. Tentu jika kalian bersaing pada program studi yang sama, bisa jadi satu diantara kalian akan gugur alias tidak akan lolos.

Tips :

Maka dari itu, kamu dan teman-temanmu harus bekerja sama. Kamu dan teman-temanmu bisa berinisiatif untuk membuat daftar pilihan program studi yang akan dipilih. Lalu, kamu mengumpulkan teman yang memilih program studi yang sama. Bandingkan nilai kalian. Siapa yang tertinggi ialah yang berpeluang besar untuk lolos. Untuk nilainya yang lebih rendah, sebaiknya pertimbangkan matang-matang. Apakah tetap bersaing atau mengalah memilih jurusan yang lainnya. Sebaiknya untuk satu program studi dipilih oleh satu orang saja. Dikarenakan terbatasnya kuota SNMPTN, biasanya 1 sekolah hanya mendapat satu tiket lolos SNMPTN untuk satu program studi

  1. Daya Tampung

Kamu harus realistis dengan mempertimbangkan daya tampung. Pilihlah universitas yang memiliki daya tampung yang tinggi. Beberapa universitas yang memiliki daya tampung yang tinggi adalah Universitas Brawijaya yang dapat menerima hingga 12.000 mahasiswa pertahun. Untuk universitas lain, silahkan kamu cari di internet. Semakin besar daya tampung, semakin besar peluang kamu untuk lolos SNMPTN

  1. Tingkat Persaingan

Program studi favorit seperti Kedokteran umum, akuntansi, Teknik Sipil, Teknik elektro memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Pilihlah Program studi yang sesuai dengan nilaimu. Jika nilaimu bagus, maka kamu memiliki peluang untuk bersaing pada program studi favorit

  1. Gunakan Simulasi SNMPTN dari Bimbel

Banyak bimbingan belajar yang menawarkan simulasi SNMPTN seperti ini. Kamu bisa mencobanya. Setidaknya bisa memberikan gambaran, apakah nilaimu mampu bersaing pada program studi impianmu meski tidak bisa menjadi jaminan simulasi tersebut sesuai dengan kenyataannya. Tapi untuk pengalaman saya dulu, simulasi ini lumayan akurat, tapi apakah kebetulan atau tidak. Karena banyak sekali faktor penentu kelulusan SNMPTN dan bisa saja stardar kelulusannya berbeda dari tahun lalu

  1. Sertakan Piagam Lomba

Kamu dapat menyertakan piagam lomba, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Ini bisa jadi nilai plus untuk memenangkan persaingan. Dengan menyertakan piagam, itu berarti kamu adalah siswa yang berprestasi dan akan dipertimbangkan untuk dapat lolos SNMPTN disamping nilai rapot yang bagus.

Jadi itulah trik dan tips untuk lolos snmptn. Untuk memenangkan persaingan, kamu harus punya strategi. Semoga kamu diterima pada program studi impianmu. Selamat berjuang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *