Materi Bahasa Inggris STAN Lengkap dan Terbaru

Materi Bahasa Inggris STAN – Setelah sebelumnya saya menyusun Soal Tryout STAN tahun 2017, kali ini saya akan membagikan Materi Bahasa Inggris STAN. Materi Bahasa Inggris ini saya pakai untuk menaklukkan USM STAN Tahun 2015.

Tes Bahasa Inggris di dalam USM STAN perlu diwaspadai karena seringkali memberikan nilai mati bagi peserta. Ini dikarenakan soal-soal Bahasa inggris ini merupakan grammar atau tata bahasa dan jawabannya sudah baku (tidak dapat diganggu gugat). Sebagian peserta mungkin sangat awam dengan materi grammar ini, dikarenakan hanya sedikit materi tersebut yang dibahas di SMA. Maka dari itu, Bahasa Inggris ini harus mendapat perhatian lebih dari tes TPA.

Materi Bahasa Inggris STAN

Dalam Materi ini, terdapat beberapa sub bagian yang selalu diujikan dalam USM STAN, seperti Passive Voice (kalimat pasif), Reported Speech (kalimat berita/tidak langsung), Conditional Sentence (pengandaian) , Subjunctive (mengungkapkan kejadian yang bertentangan dengan apa yang sesungguhnya terjadi), Causative (membuat orang lain melakukan sesuatu) dll dan bisa dipastikan selalu keluar pada soal-soal STAN setiap tahun. Wajib untuk kalian untuk menguasai materi ini jika ingin lulus USM PKN STAN.

 

Mau liat contoh soalnya?, ini dia :

(Causative) The manager had his staff … the problem before eight last Monday

  • Handle
  • Handles
  • Handled
  • Handling

(Causative) The professor got the students … notes the materials that she taught.

  • To take
  • Take
  • Taking
  • Taken

(Subjunctive) Since the burglar managed to break into her house, Martha wishes that she … the alarm system earlier.

  • Must have installed
  • Had installed
  • Should install
  • Was installing

Kalau tidak tahu aturannya, pasti gak bisa jawab. Saya juga sama kok 😀

Nih ada lagi :

(Passive voice) She said that she would rather not … it right now.

  • Discussing
  • To discuss
  • Discuss
  • Discussion

(Reported speech) John asked, “Billy, where did yo go last night?” John asked Billy …

  • Where he had gone last night
  • Where he went the night before
  • Where he went last night
  • Where he had gone the night before

Jujur kalo gak liat catatan, sayapun lupa lupa ingat jawabannya, karena terlalu banyaknya materi 🙁

Saya ingin sekali membantu temen-temen untuk bisa lolos USM PKN STAN. Maka dari itu, saya ingin membagikan beberapa materi Bahasa Inggris STAN yang saya gunakan. Ini merupakan rangkuman pribadi saya dari hasil fotokopi. Menurut saya, materi ini sudah sangat ringkas dan tidak bertele-tele namun sangat membantu teman-teman untuk menjawab soal. Meskipun tidak lengkap sekali, tapi hampir sebagian soal-soal Bahasa inggris STAN terjawab dengan rangkuman materi ini. Ya buktinya saya udah jadi Alumni STAN nih, wkwk.

FYI aja, banyak kok lulusan STAN yang tidak mengikuti bimbingan belajar, tapi lulus USM. Bukan Bimbelnya, tapi masalah seberapa semangat dan ketekunan dalam belajar dan berlatih. Dengan belajar dan berlatih, teman-teman sudah siap 90%, tinggal berdoa dan menjaga kesehatan untuk USM di hari-H.

Rangkuman Materi Bahasa Inggris STAN ini ada 2. Yang saya bagikan di artikel ini adalah yang bagian pertama. Nanti Rangkuman bagian kedua akan menyusul ya (masih proses scan)

Rangkuman Materi Bahasa Inggris STAN

>>DOWNLOAD<<

Mohon maaf kalo hasil scan kurang bagus, tapi saya pastikan masih readable dan bisa di print juga.

Sekian artikel Rangkuman Materi Bahasa Inggris STAN yang dapat saya bagikan. Semoga dapat membantu teman-teman untuk mempersiapkan USM STAN 2017. Semangat!

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *