Contoh Gambar Dekoratif : Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Dekoratif

  • Whatsapp

Gambar dekoratif adalah gambar dengan corak hias yang dapat berupa hewan, tumbuhan dan manusia yang sudah diubah sedemikian rupa agar lebih indah namun tanpa meninggalkan bentuk aslinya. Ciri khas pada hewan, tumbuhan dan manusia masih tetap ada pada motif gambar dekoratif. Gambar dekoratif mengubah ciri khas tersebut menjadi lebih indah dan bernilai seni. Gambar dekoratif didapatkan melalui deformasi atau penstiliran secara alami. Bentuk objek kemudian disederhanakan dan diubah tanpa menghilangkan bentuk serta sifat aslinya. Contohnya bunga, hewan, tumbuhan yang diubah dan dimodifikasi agar terlihat lebih indah.

Kata dekoratif itu sendiri berarti mengolah suatu permukaan benda sehingga tampak menjadi lebih indah. Gambar dekoratif ini dapat berfungsi sebagai penghias bidang yang datar misalnya pada kertas. Gambar dekoratif juga dapat  berfungsi sebagai sebuah karya seni. Contoh aplikasi dari seni dekoratif adalah keramik, tembikar, perabot, keranjang, perhiasan, barang logam, pakaian, dan barang pecah belah.

Bacaan Lainnya

Motif dekoratif juga banyak diterapkan pada kain batik, songket, dan tenun, relif candi, serta ukiran wayang. Untuk dapat membuat gambar dekoratif, bentuk-bentuk alam yang sudah di stilir dilukiskan pada bidang yang akan dihias sehingga menjadi lebih indah. Keindahan gambar dekoratif terletak pada warna, garis, komposisi dan bentuk motif. Adapun bidang yang dihias dengan gambar dekoratif dapat berbentuk segitiga, lingkaran, persegi dan segi lima.

Seni gambar dekoratif merupakan seni dekorasi yang digunakan untuk mempercantik bagian dari sebuah objek-objek tertentu. Seperti seni dekoratif arsitektural dapat diukir pada batu, kayu dan logam mulia. Selain itu ornamen dekoratif dapat dibentuk dengan tanah liat atau diaplikasikan ke permukaan sebagai ornamen terapan. Berbagai macam aplikasi seni dekoratif dan motif dekoratif telah dikembangkan untuk arsitektur dan seni terapan, seperti aneka tembikar dari tanah liat, meubel, dan logam.

Gambar Dekoratif hewan gajah

Pengertian Seni Gambar Dekoratif

seni dekoratif merupakan seni yang berfungsi untuk membuat tampilan suatu objek menjadi cantik dan indah. Seni dekoratif dapat dilakukan pada objek seperti ruangan, permukaan bangunan, dinding, dll dengan cara melukis, serta mengukir pada permukaan benda seperti kayu, batu, logam, tekstil, dll.

Seni dekoratif merupakan seni rupa yang diperoleh dari penyederhanaan bentuk-bentuk alam dengan melakukan perubahan sehingga terlihat lebih indah. Dekoratif itu sendiri berarti menggambar sebuah objek pada suatu benda dengan tujuan agar suatu permukaan suatu benda menjadi lebih indah dan terlihat menarik. Seni dekoratif dimulai dengan menggambar hiasan atau ornamen pada kertas ataupun pada permukaan benda tertentu.

Jenis-Jenis Seni Gambar Dekoratif

Seni dekoratif dibagi menjadi dua jenis seni dekoratif, yaitu:

Seni Dekoratif Geometris

Gambar dekoratif geometris adalah gambar dekoratif yang memiliki bentuk atau pola bentuk yang teratur, baik ukuran maupun bentuknya yang kemudian ditata sehingga memiliki nilai seni dan indah untuk dipandang. Seni dekoratif geometris  merupakan seni rupa yang tidak berasal dari peniruan alam, melainkan merupakan  susunan motif, bentuk atau pola tertentu yang teratur. Gambar Dekoratif geometris memiliki keterikatan dengan pola, motif dan bentuk serta teknik pelukisan. Gambar Dekoratif geometris menuntut keterampilan dan kesabaran dalam pembuatannya. Contoh bentuk geometris adalah segitiga, segiempat, lingkaran dll.

Seni Dekoratif Figuratif

Gambar dekoratif figuratif adalah gambar dekoratif yang menggunakan bentuk-bentuk dasar di alam seperti pemandangan alam, hewan, tumbuhan, kota, serta potret kehidupan sehari-hari. Jenis gambar dekoratif mengambil inspirasi dari bentuk aslinya, kemudian melakukan penyederhanaan dari  motif aslinya, melakukan perubahan style pada bentuk aslinya serta menggabungkan berbagai macam bentuk alam sehingga tercipta motif yang baru. Namun para pelukis tidak menjiplak sepenuhnya wujud tersebut secara utuh, namun hanya meniru bentuk alam tersebut tanpa mempertimbangkan proporsi bentuk aslinya. Dalam penciptaan seni dekoratif figuratif ini para pelukis melakukan modifikasi terhadap bentuk aslinya dengan cara

  • Penyederhanaan motif aslinya
  • Menstilir atau menggayakan
  • Menggabungkannya dengan bentuk-bentuk lain sehingga menjadi motif yang baru

Ciri-Ciri Seni Gambar Dekoratif

Adapun ciri ciri dari seni dekoratif yaitu

  • Memiliki sifat kegarisan atau berbentuk garis-garis.
  • Memiliki pola dan ritme tertentu.
  • Memiliki warna yang merata dan terlihat sempurna yang bertujuan untuk menggugah orang yang melihat
  • Memiliki tujuan untuk mempercantik, menghias, serta  memperindah suatu objek.

Tujuan Seni Dekoratif

Tujuan seni dekoratif  adalah membuat benda terlihat lebih menarik dengan cara membaerikan ornamen pada permukaan benda. Karya seni dekoratif merupakan karya seni yang mudah dinikmati oleh orang pada umumnya. Seperti pada seni dekoratif geometris yang dapat dilihat pada berbagai karya seni di seluruh Indonesia.

Tokoh Pelukis Seni Dekoratif

Tokoh pelukis dekoratif di Indonesia diantaranya yaitu:

  • I Gusti Ketut Kobot
    I Gusti Ketut Kobot memiliki ciri khas komposisi bidang yang teratur, berirama, seperti tema lukisan perang yang dilukiskan dengan ramai.
  • I Gusti Made Deblog
    Deblog merupakan pelukis asal Denpasar yang karya lukisannya dominan hitam putih dengan corak, magis serta dinamis dan penuh detail.
  • Kartono Yudhokusumo
    Kartono Yudhokusumo adalah artis lukis Indonesia pertama yang melukis dengan gaya dekoratif pada jaman kemerdekaan
  • Batara Lubis
    Batara Lubis merupakan pelukis yang dengan ciri khas corak warna yang kontras dan kuat.

Cara Membuat Seni Dekoratif

Adapun cara membuat seni dekoratif, terdiri atas:

1. Menyiapkan alat-alat dan bahan

Alat-alat dan bahan ini yang akan digunakan yaitu:

  1. Kertas berwarna ukuran A3 atau kertas karton
  2. Kertas HVS putih polos dan HVS berwarna
  3. Spidol
  4. Gunting
  5. Pensil
  6. Lem
  7. Pulpen gambar
  8. Cat pewarna
  9. Hiasan tambahan seperti kertas origami dan kain planel

2. Memulai proses pembuatan seni dekoratif

Proses pembuatan karya seni rupa dekoratif dapat dimulai dengan membuat sketsa di atas kertas HVS, lalu kemuadian dikreasikan dengan menambahkan warna menggunakan cat warna serta dapat ditambahkan dengan hiasan tambahan seperti kain flanel dan kertas origami, tergantung karya seni dekoratif mana yang akan dibuat. Berikut terdapat gambar contoh karya seni rupa dekoratif yang dapat kamu jadikan contoh dan inspirasi dalam pembuatan karya seni rupa dekoratif

Motif seni dekoratif

Motif dekoratif adalah unsur dasar dari ornamen yang berfungsi untuk menyampaikan tema dari sebuah karya seni dekoratif. Pengulangan motif secara terstruktur disebut dengan pola. Berdasarkan motifnya, ornamen/seni dekoratif dapat dikelompokkan menjadi 5 jenis, yaitu:

Ornamen Geometris

Motif geometris merupakan ornamen tertua dari zaman prasejarah yang awal mulanya terdiri dari guratan sederhana pada dinding gua serta mengikuti bentuk benda yang dihias. Ornamen geometris memanfaatkan unsur-unsur seperti garis lengkung, lurus, lingkaran, segitiga, segiempat dll. Dalam perkembangannya motif ornamen geometris bisa diaplikasikan dengan cara di gambar langsung atau dipahat pada objek benda.

Ornamen Organis Motif Manusia

Manusia merupakan salah satu objek dalam karya seni dekoratif yang memiliki beberapa unsur, baik secara terpisah seperti karya seni topeng, dan secara utuh seperti wayang kulit

Ornamen Organis Motif Binatang

Penggambaran motif binatang dalam ornamen karya seni merupakan hasil penggubahan dari binatang di alam. Namun hasil gubahan tersebut dapat dengan mudah dikenali. Dalam visualisasi motif binatang terkadang hanya diambil bagian tertentu saja lalu dikombinasikan dengan motif lain.Contoh Jenis binatang yang dijadikan obyek gubahan ornamen  diantaranya ular, kera, gajah, burung, singa dll.

Ornamen Organis Motif Tumbuhan

Jenis tumbuhan yang dijadikan inspirasi ornamen tergantung dari lingkungan alam sosial dan kepercayaan adat setempat. Seni ornamen Motif tumbuhan dengan hasil gubahan sulit dikenali bentuk aslinya karena penggubahannya sangat jauh dari bentuk aslinya.

Ornamen Motif Benda Alam

Motif benda alam air, awan, batu, gunung dll dapat digubah sehingga menjadi suatu motif dengan karakter tertentu sesuai dengan sifat benda aslinya dengan sedikit perubahan. Contoh ornamen motif benda alam yaitu motif bebatuan yang ditempatkan di bawah serta awan yang ditempatkan di atas lukisan.

Ornamen Bentuk Benda Teknologi dan Kaligrafi

Jenis motif teknologi mengambil inspirasi dari wujud benda-benda buatan manusia sedangkan motif ornamen kaligrafi mengambil inspirasi dari huruf-huruf sebagai hiasan pada objek benda yang dihias.

Contoh Seni Dekoratif

Contoh seni dekoratif diantaranya yaitu:

Relief

Relief merupakan ukiran dinding yang sering ditemukan di candi-candi pada masa Hindu Budha.

Doodle

Doodle merupakan coretan yang terbentuk dari garis acak, abstrak dan lengkungan yang menarik dan lucu.

Grafiti

Grafiti merupakan coretan tulisan yang tercipta dari kumpulan garis, bentuk, dan warna.

Contoh Gambar Seni Dekoratif

Gambar Dekoratif Gambar Dekoratif Gambar Dekoratif Gambar Dekoratif Geometris Gambar Dekoratif Tumbuhan Gambar Dekoratif Hewan Gambar Dekoratif Ikan Gambar Dekoratif Ikan Gambar Dekoratif Hewan Ayam Gambar Dekoratif Ikan Gambar Dekoratif Tumbuhan Gambar Dekoratif hewan gajah Gambar Dekoratif geometris Gambar Dekoratif geometris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *