20 Software Edit Video Gratis yang Banyak Direkomendasikan

  • Whatsapp

Software edit video gratis menjadi incaran banyak orang terutama bagi para editor. Mengedit video kini menjadi salah satu hobi banyak orang bahkan ada yang ingin menjadi editor video yang pro. Sekarang ini mengedit video sudah semakin mudah dengan adanya perangkat lunak editing video.

Ada banyak software gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit video. Fungsinya pun bermacam-macam mulai dari membuat video baru, memotong video, hingga kegiatan editing lainnya.

Setiap orang tentunya memiliki selera tersendiri ketika memilih software yang akan digunakan. Misalnya software yang ringan dan kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Banyak pengembang yang telah meluncurkan software untuk edit video dengan beragam jenis seperti premium dan gratis.

Software Edit Video

Beragam Software Edit Video Gratis dan Ringan

Software bebas premium atau gratis tentunya menjadi incaran banyak orang apalagi spesifikasinya sangat mendukung untuk editing. Berbeda dengan software premium yang terkadang menjadi masalah bagi para editor. Hal ini karena tidak mampu membeli fitur premium atau berlangganan.

Biasanya kebanyakan pengguna akan beralih ke software yang bajakan karena lebih mudah. Namun kekurangannya adalah hasilnya bisa saja kurang maksimal. Kemungkinan lain adalah software tersebut lebih rentan disusupi virus.

Anda yang ingin mengedit video tidak perlu menggunakan software bajakan dengan beragam resiko. Menggunakan software yang gratis bisa menjadi solusi sekaligus cara yang mudah. Fitur yang disediakan juga tidak kalah menarik dengan software premium sehingga sangat cocok untuk para pemula.

Kualitas video yang diedit juga menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih software editing. Meskipun begitu, tidak semua software cocok dengan perangkat yang digunakan. Namun deretan software dibawah ini bisa menjadi andalan anda untuk mengedit video, simak ulasannya.

1. VSDC Video Editor

Salah satu software editing video yang cocok untuk digunakan adalah VSDC Video Editor. Software yang satu ini memiliki edisi yang sudah ditingkatkan sehingga sangat ideal untuk digunakan. VSDC Video Editor dibekali dengan tampilan antarmuka yang dramatis dan terlihat lebih segar.

Perangkat lunak ini hadir dengan tema gelap yang lebih nyaman jika dioperasikan. Mengedit video berjam-jam pun tidak membuat indra penglihatan terlalu lelah. Perangkat lunak yang satu ini hadir dengan edisi premium dan gratis sehingga bagi editor pemula bisa mencoba versi gratis terlebih dahulu.

Software yang ciamik ini memberikan dukungan dengan beragama fungsi pengeditan. Mulai dari animasi, overlaying, masking, blending, transisi, sprite, hingga watermarking. Tidak hanya itu saja, VSDC Video Editor juga memiliki fitur unggulan yakni alat stabilisasi edisi gratis.

Beragam kelebihan dari software ini menjadi keuntungan bagi para pengguna. Perangkat lunak yang satu ini memang kompatibel untuk PC atupun laptop bahkan smartphone.

Namun sangat disayangkan adalah alat kunci kroma untuk warna dan resolusi yang tidak bisa melebihi 1080p. Sehingga pengguna hanya bisa menikmati resolusi dibawah 1080p saja.

VSDC Video Editor

2. Free WinX Video Converter

Software edit video gratis yang selanjutnya adalah WnX Video Converter. Edisi gratis dari perangkat lunak ini sangat membantu proses pengeditan video. Salah satu kelebihan dari software yang satu ini adalah kemudahan ketika mengedit video dengan beberapa klik saja.

Kesesuaian editan video bisa diatur dengan mudah tanpa merasa kesulitan. Bagi para content creator yang masih pemula bisa menggunakan Free WinX Video Converter ini. Ada banyak proses editing yang bisa dilakukan oleh pengguna.

Mulai dari pemotongan file video berdurasi panjang menjadi klip yang lebih kecil. Kemudian memotong video pada klip tertentu. Hal ini semakin mendukung editan video dengan hasil menarik.

Selain pemotongan, software ini juga mendukung aktivitas penggabungan video atau klip. Untuk hasil akhir yang lebih berkualitas, WinX Video Converter membebaskan pengguna untuk mengatur format output yang diinginkan.

Bahkan meliputi rasio hingga penambahan subtitle dengan berbagai format. Software ini sangat cocok digunakan untuk mengedit dan menambahkan terjemahan pada film luar negeri.

Free WinX Video Converter

3. EaseUS Video Editor

Selanjutnya adalah software editing video yang ringan dan mudah digunakan, tidak lain EaseUS Video Editor. Setiap editor video tentunya menginginkan hasil editannya terlihat berkualitas dan profesional. Software ini memberikan tampilan dan tentunya hasil yang memuaskan.

Perangkat lunak ini memang cocok digunakan untuk para vlogger, youtuber dan semacamnya. EaseUS Video Editor hadir dengan spesifikasi yang kompatibel untuk PC atau laptop windows 7, 8, hingga 10.

Kelebihan yang ditawarkan dari software ini cukup beragam. Seperti efek hingga koleksi filter yang membuat video tampak lebih menarik. Untuk prosesnya sendiri, software ini memungkinkan pengguna untuk memisahkan dan menggabungkan video.
Kemudian pengguna juga bisa mencampur item tanpa harus menghapus klip sebelumnya. Berbagai transisi juga tersedia secara gratis sehingga bisa digunakan sepuasnya. EaseUS Video Editor ini memiliki lebih dari 50 efek visual yang bisa ditambahkan pada video.

Bagi para editor yang ingin menambahkan subtitle atau judul pada videonya bisa menggunakan fitur subtitle. Para editor juga bisa mengimpor video dari penyimpanan video pribadi seperti webcam, DV, hingga camrecorder.

Selain mengimpor, pengguna juga bisa melakukan ekspor hasil video dengan berbagai format. Bahkan hasil video tersebut bisa diputar pada berbagai perangkat seperti iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhoneXS, dan perangkat lainnya.

EaseUS Video Editor

4. Movie Maker Online

Movie Maker Online juga masuk dalam kategori software editing dengan edisi gratis yang cukup terkenal. Software ini menawarkan berbagai keuntungan bagi para pengguna. Salah satunya adalah dapat diakses dari perangkat dekstop manapun.

Para pengguna Windows tentunya tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Bahkan Movie Maker Online juga menjadi favorit banyak orang. Visual Effect, animasi, hingga penambahan audionya sangat membantu proses editing video.

Edisi gratis dari software ini bisa dikatakan cukup mumpuni karena telah dilengkapi dengan beragam fitur menarik. Para pengguna yang akan mengedit video pun merasa lebih nyaman dan mudah untuk menggunakannya.

Seperti namanya, Movie Maker bisa dijalankan dengan online sehingga memakan penggunaan data. Hal ini menjadi kelemahan tersendiri bagi Movie Maker Online. Namun dari segi kinerja dan fitur yang tersedia tidaklah mengecewakan pengguna.

Movie Maker Online

5. Lightworks

Software pengeditan video gratis sekaligus terbaik yang lainnya adalah Lightworks. Lightworks menjadi pilihan banyak editor untuk membuat hasil video berkualitas. Tidak hanya berkualitas tetapi terlihat profesional.

Hasil editan video yang maksimal bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan biaya. Versi gratis dari Lightworks telah dibekali dengan fitur yang berkelas.

Tentunya software ini juga tidak kalah saing dengan software berbayar lainnya. Kemampuan software ini untuk kegiatan editing memang sangat membantu editor.

Disamping itu, penggunaan Lightworks bisa menjadi sisi kekurangan sebab tampilannya cukup kompleks. Alhasil para editor pemula membutuhkan waktu cukup banyak untuk mempelajari cara menggunakan software ini.

Namun jika sudah lama menggunakan software ini maka akan terbiasa. Bahkan video yang dihasilkan tampak profesional dan tidak mengecewakan.

Lightworks

6. Hitfilm Express

Lain dari Lightworks, Hitfilm Express menyuguhkan tampilan antarmuka yang sederhana. Sehingga pengguna yang masih belajar bisa menyesuaikan dengan cepat. Perangkat lunak ini hadir dengan fitur paket lengkap.

Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan keseimbangan warna, memotong klip, hingga menambahkan subtitle. Set fitur yang dihadirkan software ini cukup mengejutkan karena lebih canggih.

Pengguna bisa melakukan penyesuaian pada kunci kroma layar hijau kemudian membuat topeng video khusus. Sama halnya dengan software sebelumnya, Hitfilm Express juga memiliki kelemahan yakni proses instalasi yang sedikit rumit dan diperlukan PC dengan prosesor tinggi.

Hitfilm Express

7. Shotcut

Software edit video gratis bernama Shotcut ini mulanya hadir pada perangkat Linux kemudian dipindahkan ke Windows dan Mac. Pengembang software ini memberikan peningkatan yang halus pada kinerja Shotcut.

Shotcut juga mendukung banyak format video untuk disunting melalui proyek FFmpeg. Menariknya, Shotcut memiliki tampilan antarmuka yang modular. Tidak heran jika banyak pengguna yang telah menginstall software ini.

Software yang telah banyak digunakan ini cukup mudah untuk diunduh. Aspek sistem Shotcut bisa dikatakan lebih mudah dan intuitif.

Kualitas video yang dihasilkan sangat memuaskan sehingga cocok digunakan bagi para content creator. Meskipun berpindah dari Mac ke Windows namun Shotcut masih bisa beroperasi pada OS Mac bahkan Linux.

Shotcut

8. Davinci Resolve

Proses editing video membutuhkan software yang mumpuni dan dilengkapi dengan beragam fitur. Kemudian nyaman digunakan oleh pengguna serta tidak membebani dari segi finansial.

Davinci Resolve menjadi salah satu software yang banyak disukai oleh para editor video. Selain gratis, software ini juga kompatibel di segala OS. Mulai dari iOS, Windows, hingga Linux.

Beragam fitur yang telah tersedia dari software ini adalah facial recognation, aududio scrubbing, adjusments clip, dan custom timeline settings.

Kelebihan lainnya dari Davinci Resolve adalah interface yang simpel sehingga pengguna baru lebih mudah untuk mengedit video. Dari segi downsidenya, Davinci Resolve memang jauh jika dibandingkan dengan software berskala tinggi.

Davinci Resolve

9. Pinnacle Studio

Para Editor pemula kini bisa mengedit video dengan mudah menggunakan software Pinnacle Studio. Software yang satu ini sangat direkomendasikan bagi para pemula yang masih belajar mengedit video.

Pinnacle Studio menyajikan fitur dasar yang mudah digunakan. Salah satu fitur unggulan yang disajikan Pinnacle Studio adalah Screen Recording. Fitur ini membantu pengguna untuk merekam layar dengan kualitas terbaik. Sehingga hasil akhir dari video yang diedit tidak blur.

Pengguna baru bisa berkreasi dan mencoba setiap fitur untuk menghasilkan video yang menarik. Meski terbilang dasar, software editing video yang ringan ini juga memiliki kualitas baik.

Pinnacle Studio

10. AVS Video Editor

Software editing yang ringan untuk PC menjadi incaran banyak pengguna. Salah satu software dengan kapasitas ringan yang bisa digunakan adalah AVS Editor Video. Pengembang software ini menyajikan kapasitas yang ringan sebagai salah satu kelebihan.

Selain itu, terdapat keunggulan lain yang menjadi daya tarik. Tidak lain adalah Video Cache yang bisa diedit hingga memiliki resolusi HD. Bahkan kecepatannya bisa terbilang begitu lancar.

Software yang kompatibel di Windows ini telah dibekali dengan sematan fitur penunjang. Mulai dari fitur cutting video, add text, hingga penggabungan video. Tidak hanya itu saja, AVS Editor Video juga dilengkapi dengan fitur penambahan audio.

Sekitar 300 efek dan transisi telah disiapkan untuk para pengguna. Anda bisa mencoba sepuasnya untuk membuat video. Efek dan transisi tersebut tidak akan membuat kualitas video menurun. Sehingga hasil editing video lebih menarik dan terlihat keren.

AVS Editor Video

11. Camtasia

Berbeda dengan software sebelumnya, Camtasia hadir dengan beragam fitur lebih menarik. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah Camtasia tidak hanya kompatibel pada Windows saja tetapi juga Mac.

Sajian dari software ini begitu halus dengan tampilannya yang sederhana. Selain akses yang kompatibel, Camtasia kaya akan fitur untuk menyunting video.

Camtasia Studio sangat cocok digunakan untuk membuat video tutorial. Vlogger atau Youtuber dengan konten tips dan trik sangat disarankan memiliki software yang satu ini.

Kualitas video yang dihasilkan bisa dibilang tinggi dan anti blur. Tidak mengherankan jika software ini mendapat banyak respon baik dari pengguna.

Untuk proses instalasi hingga penggunaan tidak dibebankan biaya apapun. Sehingga pengguna lebih nyaman ketika melakukan editing video dan tidak akan terkendala saat proses edit berlangsung.

Camtasia

12. Filmora

Filmora juga masuk dalam jajaran software edit video gratis dengan kualitas terbaik. Hadir dengan berbagai keunggulan membuat Filmora digandrungi banyak editor. Kurang lebih terdapat 100 efek transisi yang bisa digunakan untuk berkreasi video.

Untuk kebutuhan editing video, Filmora bisa menjadi andalan sekaligus solusi. Banyaknya transisi yang disediakan bisa disesuaikan dengan keinginan. Bahkan setelah transisi pun bisa ditambahkan efek yang lebih menarik.

Meskipun begitu cukup merepotkan untuk memilih satu per satu transisi yang cocok. Apalagi pencarian transisi tidak bisa dicari berdasarkan nama efeknya. Disamping itu, kualitas impor video bisa dikatakan sangat mumpuni dan memiliki kecepatan yang standar.

Selain Windows dan Mac, Filmora juga tersedia untuk perangkat ponsel pintar dengan spesifikasi berbeda. User interface yang dimiliki Filmora sangat membantu para pemula. Untuk pengguna baru bisa mengedit video dengan mudah dan mengeskpornya ke platform yang diinginkan.

Filmora

13. Corel Video Studio

Selain gratis, software editing video tanpa watermark juga sangat dicari oleh para editor. Salah satu video yang bisa anda gunakan adalah Corel Video Studio. Software edit video terbaik ini tidak kalah canggih dari deretan software sebelumnya.

Salah satu fitur canggih yang menjadi andalan software ini adalah New Seamless Transitions. Fitur ini membantu pengguna untuk membalik, memutar, dan memperbesar video menjadi lebih menarik. Ada beberapa fitur lainnya yang juga sangat membantu seperti Enhanced Color Correction untuk memperbaiki warna.

Kemudian fitur Split Screen Videos untuk menampilkan video streaming secara bersamaan. Sehingga anda bisa menampilkan screen recording tanpa menutupi template video asli.

Motion Tracking juga merupakan fitur yang tersedia untuk melacak suatu objek dengan akurat. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk menambahkan teks yang bergerak.

New Morph Transition yang bisa digunakan untuk mengubah gambar, bentuk, hingga urutan transisi. Dengan begitu, editor bisa mengubah klip gambar tanpa harus mengulang dari awal.

Corel Video Studio bisa diinstall dengan mudah pada perangkat Mac dan juga Windows. Selain ringan, software ini gratis selamanya sehingga tidak ada iklan untuk berlangganan. Bagi para editor yang ingin mendapatkan pengalaman editing video mengesankan bisa menggunakan Corel Video Studio.

Corel Video Studio

14. Kdenlive

Kdenlive merupakan salah satu software editing untuk video yang tidak kalah canggih. Bisa dikatakan bahwa software ini memiliki kinerja yang powerfull untuk mengedit video.

Tidak hanya itu saja, Kdenlive hadir dengan kemudahan penggunaan. Pasalnya, software ini tidak hanya kompatibel pada Windows saja tetapi juga pada Linux dan MacOS. Sehingga pengguna bisa menginstallnya pada beragam jenis PC atau laptop.

Kdenlive hadir sesuai dengan kebutuhan pengguna yang ingin melakukan proses editing video. Pengguna bisa melakukan mixing dengan beragam jenis media bahkan dengan bentuk yang berbeda. Mulai dari gambar, audio, dan video yang berbeda-beda.

Beberapa jenis file yang bisa diakses menggunakan software ini adalah MP4, H264, MPEG2, MP2, MP3, AC3. Menggunakan Kdenlive untuk kebutuhan editing memang pilihan yang tepat.

Selain ringan, Kdenlive tidak memakan biaya untuk penggunaan transisi ataupun efek. Cara untuk menginstal software ini terbilang mudah sehingga pengguna baru tidak akan merasa kesulitan.

Kdenlive

15. Cyberlink PowerDirector 17

Software yang satu ini terkenal paling ringan untuk perangkat PC atau laptop. Seperti namanya, software ini dikembangkan sendiri oleh Cyberlink. Meskipun terbilang paling ringan namun fitur yang disematkan tidak diragukan.

Express Video Creation merupakan salah satu fitur unik yang menjadi andalan software ini. Istilah Express ini juga menjadi daya tarik tersendiri sebab kemampuannya untuk mengedit video sangat cepat.

Cyberlink menghadirkan software edit video gratis yang unik dan friendly. Terutama untuk user interface yang tidak menyulitkan pengguna baru. Menariknya, pengguna yang masih pemula bisa memahami penggunaan software ini dengan cepat.

Sebelum menginstal Cyberlink PowerDirector 17, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah software ini bisa dijalankan pada PC yang memiliki RAM minimal 2GB.

Dengan spesifikasi tersebut, anda bisa menikmati beragam fitur yang menunjang proses editing video. Pastikan anda memiliki perangkat dengan RAM 2GB atau lebih agar proses penginstalan tidak mengalami hambatan.

Cyberlink PowerDirector 17

16. Sony Vegas Pro 17

Sony menghadirkan sebuah software yang sangat menunjang kebutuhan editing video. Software dengan nama Sony Vegas Pro 17 ini merupakan aplikasi edit video yang kompatibel untuk PC.

Sony Vegas Pro 17 masuk dalam kategori software editing video yang bagus dan bertaraf profesional. Para editor pro juga bisa berkreasi dengan mencoba software ini. Versi gratis dari Sony Vegas Pro 17 patut diacungi jempol.

Pasalnya, Sony telah melengkapi softwarenya dengan berbagai macam fitur. Seperti pemotongan video, penggabungan, hingga penambahan musik sesuai klip video.

Cara menggunakan software ini terbilang mudah. Pengguna hanya perlu melakukan drag pada video yang akan diedit. Kemudian Sony Vegas Pro 17 akan memproses video dengan membaginya menjadi dua kolom.

Kolom pertama untuk video dan yang kedua adalah audio. Dengan begitu, pengguna bisa menambahkan audio dengan mudah  pada klip yang akan diberi suara. Berkreasi video menggunakan Sony Vegas Pro 17 sangat direkomendasikan bagi anda yang masih pemula.

Sony Vegas Pro 17

17. Blender

Selanjutnya adalah software open source yang memiliki versi gratis yaitu Blender. Software ini tidak memiliki edisi trial sehingga pengguna bisa menikmati akses gratis selamanya. Blender hadir dengan kemampuan editing video berupa animasi 3 dimensi.

Proses editing video menggunakan software ini terbilang cukup mudah. Tidak hanya itu saja, alur editing animasi 3 dimensi juga tidak terlalu sulit. Software ini juga cocok untuk para editor yang dengan golongan pro.

Tidak dipungkiri jika para pemula juga bisa menggunakan Blender sebagai software editor videonya. Dengan begitu, para pemula juga bisa membuat video berupa animasi 3 dimensi tanpa merasa bingung tentang software apa yang akan digunakan.

Blender membantu pengguna untuk melakukan pemasangan, animasi, simulasi, rendering, hingga pengomposisian bahkan pelacakan gerak. Untuk produksi video 3 dimensi yang manis dan bagus bisa menggunakan software ini.

Tidak hanya kompatibel dengan perangkat jenis Windows saja, Blender juga tersedia pada OS Mac dan Linux. Proses instalasi Blender terbilang mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Blender

18. Freemake Video Converter

Agak berbeda dengan software sebelumnya, Freemake Video Converter hadir dengan kemampuan untuk mengubah format suatu video. Proses editing juga meliputi convert atau mengubah jenis format.

Tidak semua software dibekali dengan kemampuan converter apalagi memiliki versi gratis. Freemake Video Converter ini nyatanya tidak hanya berfungsi untuk mengubah format video saja. Tetapi bisa digunakan untuk berbagai macam proses editing.

Beragam fitur editing yang tersedia adalah rotasi, cutting, dan menggabungkan video. Jika dilihat dari segi fitur memang hampir sama dengan software lainnya. Keunggulan dari Freemake Video Converter adalah mudah untuk digunakan.

Perangkat lunak converter ini juga telah mengkonversi video ke dalam 500 format. Kemudian pengembang juga meningkatkan kinerja dan dukungan untuk convert file audio dan gambar

Kekurangan Freemake Video Comverter terlihat jika dibandingkan dengan software pada umumnya. Fungsi utama software ini adalah converter sehingga untuk varian fitur yang tersedia memang kurang lengkap. Meskipun begitu, pengguna masih tetap bisa berkreasi membuat video tanpa harus beralih ke premium.

Freemake Video Converter

19. iMovie

Pengguna Mac OS tentunya sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. iMovie hadir khusus untuk OS Mac dengan spesifikasi tertentu. Meskipun begitu, pengguna bisa melakukan proses editing tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

iMovie tergolong software yang intuitif, pasalnya banyak pengguna yang menyukai software ini. Selain itu, tampilan antarmukanya sangat menarik dan tidak terlalu kompleks. Pengguna baru bisa mempelajari hal dasar dengan mudah dan bisa berkreasi sepuasnya.

Software edit video gratis ini juga hadir tanpa watermark. Kemudian sajian menu yang lengkap mulai dari fitur efek, layar terpisah, transisi, dan masih banyak lagi.

Kekurangan dari software ini terdapat pada proses render. Proses ini akan memakan waktu yang lama sehingga membuat pengguna harus menunggu.

Kelemahan yang lainnya adalah tidak ada versi Windows sehingga pengguna Windows tidak bisa mengakses software ini. Selebihnya iMovie memberikan pengalaman editing video yang luar biasa.

iMovie

20. VideoPad Video Editor

Terakhir adalah VideoPad Video Editor yang menjadi pilihan banyak YouTuber. Mengapa software ini sangat disukai? Hal ini karena VideoPad Video Editor memungkinkan pengguna untuk mengedit dengan proses yang mudah.

Tidak hanya itu saja, pengguna bisa membuat video dengan menambahkan beberapa transisi pre-made. Kemudian menggunakan fitur edit video 3D dan memberikan efek suara. Software ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin mengedit video namun tidak ingin merasa kesulitan.

Selain mudah digunakan, VideoPad Video Editor juga memberikan opsi atau pilihan resolusi. Hasil video yang telah dibuat bisa langsung diekspor tanpa menunggu lama.

Beragam resolusi video bisa anda pilih sesuai dengan selera mulai dari yang paling rendah hingga paling tinggi. Menariknya, pengguna bisa mengekspor hasil video ke platform media sosial seperti Youtube dan yang lainnya.

VideoPad Video Editor

Deretan software edit video gratis diatas memiliki beragam fitur yang berbeda. Sehingga anda bisa memilih salah satunya yang nyaman digunakan dan tentunya kompatibel. Pengguna baru atau pemula juga bisa berkreasi dengan beberapa software diatas dan menghasilkan video terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *