Berapa Banyak Kebutuhan Asi Bayi Baru Lahir? Berikut Penjelasannya

  • Whatsapp

Memberikan nutrisi terbaik untuk bayi merupakan hal utama yang harus dilakukan seorang ibu. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menyusui atau memberikan asi. Lalu, berapa banyak kebutuhan asi bayi baru lahir?

Asi merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang bayi secara optimal. Untuk itu, anda harus mengetahui manfaat asi bagi buah hati.

Bacaan Lainnya

Pengetahuan mengenai manfaat asi untuk si kecil merupakan modal utama dalam semangat memberikannya. Sehingga para ibu dapat memberikan asi secara eksklusif demi kesehatan bayi.

Cara Menghitung Kebutuhan Asi Bayi Baru Lahir Berdasarkan Berat Badan

Sangat penting untuk menghitung kebutuhan asi bayi berdasarkan berat badannya. Hal tersebut untuk memastikan bayi telah menerima asi dengan cukup dan tidak kekurangan atau berlebihan. Sehingga kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan bisa terpenuhi.

Cara menghitung kebutuhan asi bayi baru lahir dengan mengubah satuan berat badan buah hati anda menjadi ounces. 1 kg sama dengan 35,274 ounces, atau bisa memakai converter yang tersedia di internet. Misalkan saja berat bayi 3,74 kg maka beratnya berubah menjadi 132 ounces.

Setelah mengubah dalam satuan ounces lalu hasilnya dibagi 6. Lalu hasil akan menggambarkan banyak ounces asi yang diperlukan bayi dalam 1 hari.  Jadi, berat bayi 132 ounces dibagi 6 hasilnya 22. Berarti bayi anda membutuhkan sekitar 22 ounces asi dalam satu hari.

Selanjutnya bagi hasil total ounces asi bayi dalam satu hari dengan banyaknya frekuensi menyusu. Biasanya kebutuhan asi bayi baru lahir setiap 3 jam. Dengan demikian dalam satu hari akan menyusu sekitar 8 kali. Sehingga anda bisa membagi 22 ounces menjadi 8 bagian. Hasilnya adalah 2,75 ounces.

Bila menggunakan botol dengan ukuran mililiter, maka bisa mengubahnya dengan takaran 1 ounce sama dengan 30 ml. Kemudian kebutuhan asi dengan berat bayi 3,74 kg adalah 2,75 ounces atau 82,5 ml tiap menyusui.

Manfaat Asi untuk Bayi Baru Lahir

Asi mempunyai banyak manfaat bagi bayi baru lahir. Kebutuhan asi bayi baru lahir perlu anda ketahui karena beberapa alasan. Diantaranya asi merupakan nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir. Karena asi mengandung vitamin, protein dan lemak yang memiliki rancangan pas untuk pertumbuhan terbaik.

Kemudian asi mengandung antibodi yang dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri bayi baru lahir. Bayi yang menyusu asi sang ibu akan mempunyai resiko lebih rendah mengalami alergi atau asma.

Manfaat asi berikutnya adalah menciptakan kedekatan yang semakin erat dengan ibu. Karena saat menyusui terjadi kontak langsung antara bayi dan ibu secara intens. Lalu berat badan bayi biasanya lebih ideal dan jarang mengalami overweight jika mendapatkan asi.

Asi eksklusif tanpa tambahan susu formula dapat meminimalisir terjadinya infeksi telinga, diare dan masalah pernafasan. Kemudian pemberian asi juga terkadang berhubungan dengan kecerdasan anak. Bila buah hati anda mendapatkan asi maka akan menurunkan resiko SIDS atau sindrom kematian mendadak pada bayi, kanker jenis tertentu dan diabetes.

Kebutuhan asi bayi baru lahir sangat penting untuk terpenuhi. Setelah mengetahui berbagai macam manfaat asi, tentu anda semakin semangat untuk menyusui si kecil.

Tabel Kebutuhan Asi

Anda tidak perlu merasa bingung dalam menghitung kebutuhan asi secara manual. Karena kini telah tersedia tabel kebutuhan asi bayi.

Berdasarkan usia bayi 1 hari (0-24 jam) memerlukan asi 7 ml.  Lalu untuk bayi berusia 2 hari (24-48 jam) 14 ml, bayi usia 3 hari (48-72 jam) memerlukan 38 ml, bayi 4 hari (72-96 jam) membutuhkan 58 ml dan 7 hari (144-168 jam) sebanyak 65 ml.

Sementara berdasarkan ukuran berat badan 2 kg kebutuhan asi bayi  dalam satu hari 313 ml. Berat 2,5 kg membutuhkan 391 ml, berat 3 kg 469 ml, berat  3,5 kg 548 ml, berat 4 kg 626 ml dan berat 4,5 kg 704 ml. Sedangkan berat bayi 5 kg 782 ml, berat 5,5 kg 861 ml, berat 6 kg 939 ml dan berat 6,5 kg 1000 m.

Proses menyusui memang tidak mudah dan terkadang ibu mengalami beberapa tantangan. Salah satunya adalah kekhawatiran bila asi tidak mencukupi. Untuk itu, anda perlu memahami seberapa banyak asi yang dibutuhkan bayi supaya tidak mengalami overfeeding.

Ketahui kebutuhan asi bayi baru lahir agar produksinya semakin lancar. Dengan demikian nutrisi akan terpenuhi dan mendukung tumbuh kembang buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *